Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56966 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Pengendalian vektor sering digunakan untuk memperbaiki unjuk kerja
motor asinkron. Unjuk kerja motor asinkron yang buruk menyebabkan
penggunaan motor asinkron terbatas pada aplikasi sederhana yang tidak
membutuhkan ketelitian dan unjuk kerja motor yang baik. Di lain pihak,
motor asinkron memiliki harga yang relatif murah dibanding motor DC.
Dengan semakin berkembangnya pengendalian vektor diharapkan motor
asinkron dapat dijadikan alternatif yang lebih ekonomis dibandingkan dengan motor DC.
Dalam tulisan ini, metode kontrol vektor dilakukan dengan cara
mengestimasi rotor fluks dan posisi rotor. Untuk mengendalikan fluks
rotor dan kecepatan motor di gunakan regulator PI.
Hasil simulasi menunjukkan kontrol vektor dapat mengendalikan
tanggapan kecepatan motor dengan baik. Untuk target kecepatan
100rad/sec, terjadi overshoot 1.75% dan sistem menjadi tunak pada detik
ke 0.2. Gangguan dari luar dapat diatasi dengan baik, dan sistem menjadi
tunak rata-rata adalah 0,3 detik setelah terjadi gangguan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39656
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siktimu, Bronson Paul
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39125
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ane Prasetyowati R.
"Motor Induksi di dalam perindustrian sangat banyak dibandingkan dengan motor lainnya, karena harga dan kemudahan operasi motor induksi tersebut. Banyaknya aplikasi yang menggunakan motor induksi menyebabkan cukup banyak research mengenai pengendalian motor induksi agar dapat berjalan lebih efektif, efisien, dan ekonomis.
Pada penelitian ini dibahas mengenai bagaimana menala proposional gain dan integral gain bila kecepatan referensi diubah dengan menggunakan adaptif fuzzy. Pada perancangan sistem kendali adaptif fuzzy disini menggunakan Observer Model reference adaptif system (MRAS) untuk melakukan estimasi kecepatan motor induksi. Pemodelan motor induksi tiga phasa dan MRAS dilakukan dalam kerangka acuan direct-quadrature (dq), ini ditujukan agar tidak diperlukan lagi melakukan banyak transformasi, karena bagian pengendali, fluks model, serta banyak besaran lainnya berada pada sumbu dq.
Hasil simulasi dengan C-MEX Sfunction Matlab/Simulink 6.5 menunjukkan bahwa penggunaan kendali Adaptif Fuzzy untuk self tuning PI dapat menala gain proporsional dan gain integral dengan ketepatan 97%. Respon kecepatan rotor dengan menggunakan observer MRAS lebih baik dari Observer full order, pada kecepatan referensi 140 rad/det tidak mengalami overshoot di t = 3 detik. Pada parameter motor yang sama, motor dengan nilai momen inersia besar memiliki putaran lebih stabil.

Induction motor in industrial is using more than any other motor because the price and the operation of the induction motor is easy. Many application that used induction motor causing many research about the controlling of induction motor so the motor can run more effective, efficient and economist.
In this research we are talking about how to tuned the proportional gain dan the integral gain if the motor paramaeter being changed using adaptif fuzzy. On the adaptif fuzzy planning system here we use Observer Model Adaptif System (MRAS) to do the estimating the speed of the induction motor. The using of the observer is being hope to reduce the using of speed sensor, that can reduce the cost. Induction three phases motor modeled and MRAS is done in the references of direct-quadrature (dq), this aim to not doing many transformation, because in the control part, flux model, and many other values is in the dq axis.
The simulation results with C-MEX S-function Matlab/Simulink 6.5 shown that the using of adaptive fuzzy for self tuning PI can tuned proportional gain and internal gain with the proximation of 97%. Motor speed response with observer MRSA has the better performance than the full observer order, at the 147 rad/sec reference speed doesn?t have overshoot at t = 3 second. Value of moment inertia is rather then big have rotation be stable with the same motor parameters."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T25205
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet
"This research described about speed control of three phase AC induction motor using the space - vector algorithm and proportional integral controller with constant v/f (volt/Hz) methods based on microcontroller typ e atmega 16. To determine parameters in proportional integral controller used constant v/f method as speed controller of three phase AC introduction motor. On experiment, applied speed censor from 12 volts d.c. motor functioned as generator connected by op-amp circuit. Output voltage Op-Amp interfced to ADC microcontroller as signal feedback from actual speed of of triphase AC induction motor. Then in empiric is searched transfer function of the motor. After that, determined specification of control system performance proportional integral at triphase AC motor to determine magnitude Kp (proportional gain). Ki (Integral gain) , 0(dead time) dan t(time constants), and then is applicated to the system. Testing system is don for setpoint manevver from 480 rpm to 1080 rpm, and then from 1200 rpm to 480 rpm . Based on the motor can be controller system proportional integral for speed of triphae AC motor can be controlled to reach stable condition, In maneuver set point under specification of nominal speed performance of three phasa AC induction motor."
KEENTER
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Irwan Burhan
"ABSTRAK
Pengendalian motor induksi lebih sulit dibandingkan motor arms searah pen4gnat terpisah, karena komponen arus dan f nks/rya dihasilkan oleh somber yang soma. Akibatnya pengendalian torsi dan fluky secara terpisah tidak dapat dilakukan secara langsung. Metode kontrol vektor finks dapat memisahkan keterkaitan torsi dan fluks pada motor induksi tiga fasa, sehingga memungkinkan pengendalian torsi dan fluks secara terpisah.
Skripsi ini membahas tentang pengendalian motor induksi tiga fasa menggrurakan kontrol vektor fluks tidak leingsung dengan penginderaan kecepatan dan orientasi fluks rotor. Di skripsi ini dibahas rnengenai teori kerangka acuan untuk menyederhanakan persamaan matematis, pennodelan motor induksi tiga fasa menggunakan kerangka acuan stasioner, kontrol vektor finks menggunakan kerangka =ran fluks rotor, komponen-komponen dari sistem kontrol vektor finks beserla pemodelan nya. Untuk menampilkan u juk kerja pengendalian dengan menggunakan kontrol vektor fluks tidak langsung, maka dilakukan simulasi dengan menggunakan program MA 1L.4$ dan SIMULINK.

"
2000
S39639
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Energi listrik merupakan salah satu energi alternatif untuk menggantikan Bahan Bakar Minyak pada dunia transpotasi, salah satu sistem yang saat ini dikembangkan adalah penggunaan motor induksi 3 phasa, untuk membuat sistem yang tangguh maka dikembangkan metoda vector control untuk mengatasi kelemahan motor induksi. Pada sistem ini inverter sebagai salah satu komponen yang digunakan pada sistem. Dalam penelitian ini akan diteliti penggunaan kontroler logika fuzzy pada inverter sebagai pengendali kecepatan motor induksi. Kontroler logika fuzzy digunakan sebagai rangkaian switching inverter, perancangan inverter ini berdasarkan metode inverter yang telah ada. Inverter kontroler logika fuzzy yang dihasilkan kemudian disimulasikan pada motor induksi sehingga didapatkan suatu bentuk inverter yang dapat mengontrol kecepatan motor induksi dengan respon yang baik.

Abstract
In response to concerns about energy cost, energy dependence, and environmental damage, a rekindling of interest in electric vehicles (EV?s) has been obvious. Thus, the development of power electronics technology for EV?s will take an accelerated pace to fulfill the market needs, regarding with the problem in this paper is presented development of fuzzy logic inverter in induction motor control for electric vehicle propulsion. The Fuzzy logic inverter is developed in this system to directed toward developing an improved propulsion system for electric vehicles applications, the fuzzy logic controller is used for switching process. This paper is describes the design concepts, configuration, controller for inverter fuzzy logic and drive system is developed for this high-performance electric vehicle."
[Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Fakultas Teknologi Industri], 2008
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Telah dilakukan identifikasi motor DC menggunakan PID Kontrol. Motor DC
merupakan jenis motor yang banyak digunakan di industri, elektronik dan komponen
pendukung untuk beberapa peralatan atau instrumentasi elektronik. Aplikasi industri
motor DC yang dipergunakan dalam industri pada umumnya memiliki kapasitas daya
yang relatif besar dan disesuaikan dengan beban mekanis dan volume produksi.
Identifikasi motor DC dengan sistem kontrol menggunakan PID kontroler dengan HP
besar menggunakan simulasi program komputer akan banyak membantu dalam
pengamatan karakteristik dinamis motor tersebut.. Alasan lain identifikasi motor DC
dengan program komputer adalah dapat dilakukannya proses simulasi gangguan pada
sistem tersebut tanpa harus mempertaruhkan keselamatan sistem. Dalam pembuatan
model motor DC yang optimal dalam artian mendekati karakteristik nyata."
[Universitas Indonesia, ], 2007
S29275
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Surawan
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1992
S27965
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siktimu, Bronson Paul
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
TA3356
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"This paper discusses optimal control of continuous-time systems,especially continuous-time linear quadratic regulator (LQR).The LQR will be implemented to determine the optimal feedback control of a scalar system....."
SIGMAAB
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>