Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 107426 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sitorus, P. Andeas
"Mesin Arus Search Tanpa Sikat (MASTS) merupakan motor aruas searah yang tidak menggunakan sikat-sikat untuk dan memiliki kecepatan yang sinkron antara medan putar stator dan rotornya. Rotor MASTS adalah magnet permanen sehingga tidak diperlukan kumparan penguat dan tidak ada arus beban yang mengalirinya. Pengaturan kecepatan pada MASTS dengan magnet permanen MASTS-MP) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu tanpa umpan batik, dimana pengaturan kecepatan hanya dftentukan oleh nilai catu daya suplainya saja, dan dengan umpan balik dimana pengafuran kecepatannya selain dengan mengatur nilai cata dayanya juga dapat dilakukan dengan variasi duty-cycle dari modulasi Iebar pulsa (Pulse Width Modulatiom PWM. Pengaturan kecepatan MASTIS-MP dengan umpan batik terbagi dua, yakni umpan balik kecepatan yang bertujuan agar motor berputar sesuai dengan kecepatan rejérensf dan umpan balfk aras stator yang bertujuan agar arus pada saat motor bekerja tidak melebihi arus referensinya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40138
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Ardiyanto Margono
"Mesin Arus Searah Tanpa Sikat (MASTS) merupakan motor arus searah yang tidak menggunakan sikat-sikat untuk komutasinya dan memiliki kecepatan yang sinkron antara medan putar stator dan rotomya. Rotor MASTS adalah magnet permanen sehingga tidak diperlukan kumparan penguat dan tidak ada arus beban yang mengalirinya. Metode pengaturan kecepatan pada MASTS ada 2 macam, yaitu pengaturan tegangan catu dan pengaturan percepatan sudut fasa (phase advance angle). Pada pengaturan percepatan sudut fasa, kecepatan optimal dapat diperoleh ketika arus dan ggl bersamaan dalam waktu atau dengan kata lain sefase. Model simulasi MASTS menggunakan SIMCAD versi 4.1 untuk prediksi unjuk kerja MASTS yang dikendalikan oleh PWM inverter. Berdasarkan simulasi diperoleh kecepatan optimal pada percepatan sudut fasa 45_ dan apabila percepatan sudut fasa terus ditingkatkan maka kecepatan akan menurun."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40082
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"S'ebuah simulasi sislem pengaturan kecepatan motor arts searah dengan jenis penguatan terpisah yang dipergunakan pada sebuah container crane berkapasilas 30 ton akan dianalisa dalam tulisan ini. Analisa dilakukan dengan mengambil data pada simulasi tersebut berupa parameter parameter tegangan lilitan, arus lilitan, kecepatan motor, daya motor, oarsi motor dan arus medan. Selanjutnya dilakukan penghitungan parameter parameter tersebut secara perhitunngan teoritis urrtuk data pembanding. Selain itu juga dilakukan pengukuran pada alat yang sesungguhnya untuk mendapatkan parameter-parameter yang sama dengan yang diperoleh dan simullasi. Pengambilan data dilakukan lerhadap sistem untuk beberapa variasi kecepatan dan beban dengan tujuan untuk mengetahui karakleristik sistem dalam interval pemakaiannya. Dari hasi1 simulasi, pengukuran dan perhitungan dibandingkan dan dianalisa mengenai pengaruh parameter-parameter tersebut terhadap kecepatan dan beban motor. Proses pembandingan dilakukan dengan membuat grafik karakterirlik dari data yang diperaleh yang dibuat dalam satu grafik. Dari grafik tersebut terlihat adanya kesamaan karakierislik khususnya pada grafik daya dan torsi untuk nilai 0 -- 15 ton dan 0 - 350 rpm sedangkan unluk nilai 15 - 30 ton dan 350 - 2090 rpm ter jadi tidal beda sebesar 3 - 5 %. Dari arralisa yang dibuat, perbedaan tersebut masih dapat ditoleransi sehingga dari karakteristik yang diperoleh tersebut proses kontrol pada sistem pengaturan kecepatan motor dc dapat dipahami, sehingga unluk mendapatkan variasi kecepatan motor dengan beban yang hervariasi dapat dengan mudah dilakukan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39827
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Mikrokontroler dizaman dijital ini bukan lagi sesuatu yang aneh dan
mungkin bukan lagi menjadi sesuatu yang rumit bagi segolongan orang. Dengan
mikrokontroler, perancangan suatu sistem kontrol akan menjadi lebih sederhana
dan relatif murah.
Pengaturan jumlah putaran motor arus searah dengan kecepapan
konstan berbasis mikrokontroller dapat dilakukan dengan mudah, baik dari
disain rangkaian pengaturannya maupun operasinya.
Pada simulasi sistem mikrokontroller untuk pengaturan jumlah putaran
motor searah ini akan diuji banyaknya putaran dan delay time motor
berdasarkan nilai setting (referensi) yang ditetapkan, dimana pengaturan
kecepatannya didasarkan pada pengaturan tegangan terminal yang diberikan ke
motor. Namun variasi tegangan terminal yang diberikan ke motor ini juga
berpengaruh terhadap posisi stop motor, sehingga bila diinginkan penyimpangan
posisi stop dari titik acu (slip) yang kecil diperlukan pengaturan tegangan yang
presisi."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39278
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Febriyanto Saputra
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39859
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eddy Prastiyo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adiprio Tritaroso
"Di industri-industri sekarang ini, motor arus searah merupakan salah satu mesin listrik yang banyak dipergunakan. Karakteristik motor arus searah menjadi sangat penting unruk dipelajari dikarenakan aplikasi motor arus searah membutuhkan suatu pengaturan yang tepat, baik itu torsi, kecepatan maupun daya yang dihasilkan.
Pengendalian keceparan putar motor arus searah harus memiliki syarat-syarat yaitu, cepat mencapai kondisi runak, persentasi lewat jelajah yang kecil dan kesalahan kondisi tunak yang kecil, dengan demikian proses produksi industri dapat berjalan dengan baik.
Hal ini dapat dilakukan dengan pengendalian untaian tertutup menggunakan metode fuzzy, dimana dengan metode fuzzy ini kecepatan putar motor cepat mencapai kondisi tunak, persentasi lewat jelajah yang kecil dan persentasi kesalahan kondisi tunak yang kecii."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39772
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahadian Dewantoro
"Berkembangnya teknologi kecerdasan buatan merupakan suatu hal yang berimbas pula kepada teknologi sistem kendali. Proses automatisasi industri bahkan alat-alat rumah tangga telah banyak yang menggunakannya Salah satu teknologi yang digunal-can dalam sistem kendali adalah logika fuzzy. Logika fuzzy merupakan suatu bentuk logika yang merepresentasikan cara rnanusia berpikir yang tidak pasti, penuh keraguan. Dalam peranoangan sistem kendaii dengan logika fuzzy, yang perlu dilakukan adalah mernbuat suatu sistem berdasarkan pengalaman operator selama mengoperasikan alat yang dikendalikannya. Hal ini tentu Sangat memudahkan desain suatu sistem dan outputnya akan lebih baik daripada sistem dengan pengendali klasik. Pada skripsi ini akan dibahas unjuk kerja pengendali logika firny dengan pengendali PI dengan penerapannya pada pengendalian kecepatan putar motor arus searah penguatan ter-pisah.
Motor arus scarab banyak digunakan dalam sistem kendali misalnya sebagai penggerak elevator, lift, dan tangan robot. Koniigurasi motor arus searah pada skripsi ini rnenggunakan koniigurasi tluks variabel untuk merepresentasikan kerja yang sesungguhnya dari motor arus scarab. Teknik pengendalian membutuhkan 2 parameter yang harus dikendalllcan secara bersamaan yaitu keoepatan dan arus karcna pada proses start, arus jangkar motor saugat tinggi, sehingga harus dirancang sistem kendaii yang juga rnampu mcngendaiikan arus jangicar tersebut Pada skripsi ini dapat diaualisa bagaimana pengendali PI dan logika iirzzy mampu menangani masalah tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39742
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deniza Riski Vianggi
"Motor Arus Searah Tanpa Sikat MASTS Magnet Permanen disebut juga dengan motor BLDC Brushless Direct Current Motor adalah salah satu jenis motor listrik yang mulai banyak dipergunakan pada industri. Salah satu parameter yang menentukan pengoperasian MASTS adalah torsi cogging, dalam hal ini MASTS dalam kondisi beban penuh. Metode yang digunakan untuk mengurangi nilai torsi cogging dalam studi ialah melakukan pergeseran kutub magnet pada rotor. Berdasarkan, simulasi yang dilakukan berbasis computer dengan menggunakan bantuan perangkat lunak yaitu MagNet yang berbasis FEA Finite Element Analysis, didapatkan sudut pergeseran optimum sebesar 5o. Secara grafis, terlihat bahwa torsi dengan pergeseran ini menghasilkan gelombang yang lebih halus dengan ripple yang lebih sedikit.

BLDC Brushless Direct Current Motor or in Bahasa called Motor Arus Searah Tanpa Sikat MASTS Magnet Permanen is one of electric motors that are used nowadays especially in industrial district operational because of its many superirority. One of its parameters that affects BLDC motors operation is cogging torque, which in this case will be focused on full load condition. On this thesis there will be simulated one of several ways to reducing cogging torque, that is magnetic pole shifting on motor's rotor. By computer based simulation with FEA Finite Element Analysis basic software called MagNet, minimum cogging torque and optimum output torque achieved by the shifting of magnet with 5o. In which, by graphic analysis were shown that the torques have smoother wave with less ripples detected."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fanny Oktoriadi
"ABSTRAK
Motor arus searah penguat terpisah dapat dioperasikan di empat kuadran, berdasarkan moda kerja motor dan moda kerja pengereman regeneratif di dua arah putaran. Pengendalian tegangan catu motor di empat kuadran menggunakan penyearah jembatan tiristor tiga fasa anti parallel, yang tegangan keluarnya divariasikan dengan pengendalian sudut penyalaan tiristor.
Untuk memperbaiki unjuk kerja kecepatan motor digunakan umpan balik kecepatan dan untuk membatasi arus jangkar, baik saat pengasutan maupun saat peralihan akibat pembebanan, digunakan umpan balik arus jangkar. Kedua sinyal umpan balik akan dibandingkan dengan sinyal acuannya Sinyal kesalahan yang merupakan selisih sinyal acuan dan sinyal umpan balik dikendalikan agar diperaleh tanggapan sistem yang diinginkan.
Pada skripsi ini, pengendali kecepatan dan arus jangkar berupa pengendati PI (Proporsionat - Integral), yang digunakan untuk memperbaiki kesatahan keadaan tunak dan untuk memperoleh tanggapan sistem yang cepat dan stabil. Pemodl/an dan simulasi sistem kendali empat kuadran motor arus searah penguat terpisah ini menggunakan fasilitas Simulink pada program Matlab 5.3,

"
2001
S39099
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>