Ditemukan 44289 dokumen yang sesuai dengan query
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S38324
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Universitas Indonesia, 1998
S28423
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sirait, Alden Ronald A.
"Pada karya tulis tugas akhir ini dibahas tentang pemamfaatan mikrokontroler untuk menghasilkan pulsa PWM sebagai suatu sistem kontrol motor AC/DC. Mikrokontroler merupakan perangkat elektronika yang dapat di program dengan bahasa program tertentu yaitu suatu bahasa pemrograman yang merupakan bahasa mesin atau assembly yang dapat di-compile dan bahasa assembler atau bahasa C. PWM menerapkan suatu deretan pulsa frekwensi dan amplitude yang tetap, hanya lebar pulsa bervariasi sebanding dengan suatu tegangan masukan. Hasil Akhir adalah bahwa tegangan rata-rata di beban adalah sama dengan tegangan masukan, tetapi dengan lebih sedikit daya yang terbuangpada langkah keluaran. Dalam hal ini dilakukan studi perancangan simulasi pengaturan banyaknya/jumlah putaran motor arus bolak balik (AC) fasa tunggal berbasis mikrokontroler menggunakan PWM. Penerapan aplikasi ini dapat menghasilkan suatu sistem kontrol motor dc dan motor AC dengan sistem pengaturan terpisah berbasis mikrokontroler. Dengan penulisan karya tulis ini akan dibahas perancangan aplikasi tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40187
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ruben Hamdan P.
"Salah satu metode yang dipakai untuk mengurangi daya yang terbuang adalah suatu reknik yang disebut dengan Pulse Width Modulation (PWM). Suatu output stage yang linier konvensional menerapkan suatu tegangan kontinyu kepada suatu beban. Hal ini dapat memboroskan banyak daya. Pada sisi lain, PWM menerapkan suatu deret pulsa. Prekwensi dan amplitudo yang tetap, hanya lebar pulsa bervariasi sebanding dengan suatu tegangan masukan. Hasil akhir adalah bahwa tegangan rata-rata di beban adalah sama dengan tegangan masukan, tetapi dengan lebih sedikit daya yang terbuang pada langkah keluaran. Dalam hal ini dilakukan studi perancangan simulasi pengaturan banyaknya jumlah putaran motor arus bolak-balik (AC) fasa tunggal berbasis mikrokontroler menggunakan PWM."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40122
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anwar Husnawan
"Dalam makalah ini disajikan aplikasi kendali logika fuzzy untuk pengaturan kecepatan motor induksi dalam bentuk simulasi. Kendali logika fuzzy disimulasikan dengan menggunakan program Matlab. Pengaturan kecepatan motor dilakukan dengan mengatur tegangan motor dan menggunakan metode Pulse Width Modulation (PWM) yang ideal. Pembebanan pada motor dilakukan dengan cara bertahap. Feedback sistemnya adalah sinyal frekuensi dari alat ukur yang ideal. Sistem logika fuzzy mempunyai 2 crisp input yaitu error dan perubahan error kecepatan motor dan mempunyai 1 crisp output yaitu perubahan tegangan. Metode defuzzifikasi yang digunakan adalah center of area. Jumlah label dari membership function bervariasi yaitu 7 label. Jumlah rule mengikuti jumlah label yang digunakan. Respon sistem ditampilkan dalam bentuk grafik kecepatan motor terhadap waktu. Hasil pengujian dibandingkan dengan pengendali PI yang telah ada dan menunjukkan FLC sistem dapat menangani kecepatan tanpa overshoot dan steady-state error dengan perubahan kecepatan dan beban yang mendadak.
This paper present the application of fuzyy logic control for induction motor speed control simulation. Fuzzy logic control simulated by Matlab program. The speed control is done by adjusting motor voltage and using Pulse Width Modulation (PWM) Method. The loading on the motor is executed with step torque. The system feedback is a signal frequency from the ideal. Fuzzy logic system applies two crisps of input: error and error change of the motor speed; and an output crisp, i.e. voltage change. The dufuzzification methods used is center of area. The numbers of rules is 7 labels. The system response is displayed by graphic of the motor speed toward time. The testing result has been compare with PI controller and showed FLC system able to control the speed without overshoot and steady-state error on the different load and speed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40443
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Helly Andri
"Tesis ini bertujuan untuk merancang, membuat dan menguji inverter satu fasa yang karakteristiknya sama dengan tegangan grid. Proses tersebut dilakukan dengan mengontrol kerja inverter sehingga diperoleh amplitudo, frekuensi dan sudut fasa yang sesuai dengan tegangan grid menggunakan metode algoritma digital Phase Locked Loop (PLL), serta pengujian algoritma digital PLL secara real-time terhadap sumber tegangan grid satu fasa dengan tujuan membuktikan bahwa algoritma PLL yang dimodifikasi merupakan metode yang sederhana dengan memberikan hasil waktu steady state 1.0 detik, serta memberikan respon amplitudo, frekuensi dan sudut fasa estimasi yang sama dengan tegangan grid. Amplitudo, frekuensi dan sudut fasa dari vektor tegangan grid adalah informasi dasar data untuk melakukan sinkronisasi terhadap peralatan pengkondisian daya. Pengambilan data informasi vektor tegangan grid yang akurat, akan sangat penting untuk memastikan operasi yang benar dari sistem kontrol. PLL digital satu fasa ini di implementasikan dengan membuat fasa virtual yang tertinggal (lagging) sebesar 900 dari tegangan grid yang diukur dengan menggunakan algoritma All Pass Filter (APF) dengan hasil persentase error nol persen.
This theses aims to design, make and test an inverter that has same characteristic with grid voltage. The process have been done by controlling of inverter (dc to ac) so we have temporary amplitude, frequency, and phase angle that suit to grid voltage use algorithms digital Phase Locked Loop (PLL), and testing algorithms digital PLL in real-time to single-phase grid voltage source aims to prove the modification algorithms is a simple method and provide the results of a steady state about 1.0 second, and response amplitude, frequency and phase angle estimations equal to the grid voltage. Amplitude, frequency and phase angle of the grid voltage vector is a data base of information to synchronize power conditioning equipment. An accurate information data retrieval of voltage vector is important to make sure the correct operation of control system. Single-phase digital PLL is implemented by creating a virtual phase, which is delayed by 900 of the grid voltage that measured using the algorithm All Pass Filter (APF). The results of the phase shift using APF is almost close to zero percent error."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31600
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Fajar Ardiyanto Margono
"Mesin Arus Searah Tanpa Sikat (MASTS) merupakan motor arus searah yang tidak menggunakan sikat-sikat untuk komutasinya dan memiliki kecepatan yang sinkron antara medan putar stator dan rotomya. Rotor MASTS adalah magnet permanen sehingga tidak diperlukan kumparan penguat dan tidak ada arus beban yang mengalirinya. Metode pengaturan kecepatan pada MASTS ada 2 macam, yaitu pengaturan tegangan catu dan pengaturan percepatan sudut fasa (phase advance angle). Pada pengaturan percepatan sudut fasa, kecepatan optimal dapat diperoleh ketika arus dan ggl bersamaan dalam waktu atau dengan kata lain sefase. Model simulasi MASTS menggunakan SIMCAD versi 4.1 untuk prediksi unjuk kerja MASTS yang dikendalikan oleh PWM inverter. Berdasarkan simulasi diperoleh kecepatan optimal pada percepatan sudut fasa 45_ dan apabila percepatan sudut fasa terus ditingkatkan maka kecepatan akan menurun."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40082
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"Tugas akhir ini menyajikan suatu perancangan dan pembuatan alat untuk mengatur kecepatan putaran motor induksi satu fasa dengan menggunakan komputer. Rangkaian pokok pada pengaturan kecepatan putaran motor ini terdiri dari rangkaian interface RS 232 rangkaian mikrokontroler ATC89MCS51, rangkaian driver, rangkaian inverter dan snubber, motor induksi satu fasa, rangkaian encoder dan perangkat kaiak . Bahasa assembly berfungsi untuk mengatur frekuensi keluaran inverter sebagai pengatur kecepatan putaran motor induksi sates fasa. Melalui sebuah metode switching , mikrokontroler digunakan untuk mentrigger pasangan transistor pada inverter."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40142
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S38021
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Irvan Hidayat
"Motor Induksi tiga fasa merupakan salah satu jenis motor listrik arus bolak-balikyang digunakan sebagai motor penggerak pada bus listrik. Namun motor ini memilikisatu kelemahan yaitu sulit untuk dikendalikan. Dalam mengendalikan kecepatan motor induksi dibutuhkan sistem decoupling agar torsi dan fluks dapat dikendalikan secara terpisah. Sistem pengendalian seperti ini disebut dengan pengendalian vektor medan (Field Oriented Control). Skripsi ini membahas simulasi pengendali kecepatan motor induksi tiga fasa dengan menggunakan metode pengendalian yang berorientasi pada vektor medan rotor (Rotor Field Oriented Control).
Hasil simulasi dari penelitian ini menunjukkan pengendalian kecepatan motor induksi dengan beban yang besar dari bus listrik dapat dikendalikan dengan baik. Sistem ini dapat mencapai kecepatan yang diinginkan yaitu 1400 rpm dalam watu 0.2 detik dengan menggunakan pengendali PID. Hal ini didukung oleh model decoupling tegangan yang tepat sehingga kecepatan motor induksi dapat dikendalikan.
Three phase Induction Motor is one type of alternating current electric motor that is used as a driving motor for electric bus. But induction motor has disadvantage, which is difficult to control. To control the speed of an induction motor, a decoupling system is needed, so that torque and flux can be controlled separately. This control system is called Field Oriented Control. This bachelor thesis discusses the simulation of a three phase induction motor speed controller using the rotor field control method (Rotor Field Oriented Control).
The simulation results from this study indicate the speed control of an induction motor with a large load of electric buses can be controlled properly. This system can reach the desired speed of 1400 rpm in 0.2 seconds using the PID controller. This is supported by the right voltage decoupling model so that the speed of the induction motor can be controlled."
Depok: Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library