Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 54562 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Tugas akhir ini membahas perancangan alat pengatur panjang suatu bahan
dalam gulungan dalam bentuk prototipe. Pengertian bahan adalah yang mempunyai
panjang, tidak kaku dan tidak sulit untuk digulung, dalam hal ini penulis
menggunakan benang dengan ketebalan 0.8 mm. Panjang bahan digulung dengan
menggunakan motor DC 15V/2A, yang dapat diprogram sesuai dengan keinginan
yaitu dengan pengesetan melalui papan kunci yang terdiri dari angka 0 sampai 9 dan
ditambah tornbol * atau # yang berfungsi sebagai tombol start. Angka-angka desimal
tersebut akan diubah menjadi kode biner dengan menggunakan IC MCI-4419 yang
berlimgsi sebagai enkoder, kemudian kode biner tersebut akan disimpan dalam
IC CMOS 4029 yang berfungsi sebagai lacth (pengunci). Sebelum angka tersebut
terbaca pada tampilan 7 segmen jenis common anoda dan common katoda yang terdiri
dari tiga digit, diubah dahulu menjadi angka desimal dengan menggunakan IC
CMOS 4513 yang berfungsi sebagai dekoder. Pengesetan dapat dilakukan untuk
berbagai satuan panjang yang dikehendaki yaitu dengan cara memasang dioda-dioda
program yang terdiri dari dioda penyearah 0.5 amper pada pencacah pulsa (IC
CMOS 4020), sesuai dengan jumlah keseluruhan pulsa persatuan panjang dari
kalibrasi satuan panjang yang di-set.
Penginderaan panjang dalam tugas akhir ini menggunakan sensor opto coupler
jenis slated optical switch transistor output tipe H22 A2 yang bekegia mengubah sinar
cahaya menjadi sinyal listrik. Opto coupler diletakkan disisi gulungan penahan yang
dilewati bahan yang merupakan batas pengesetan panjang bahan. Di dalam
percobaan, prototipe hanya dirancang untuk melakukan pengaturan panjang dalam
rentang 1 sampai 50 satuan panjang (meter) karena keterbatasan dari kapasitas
selinder gulungan dan kemampuan motor DC penggerak gulungan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39281
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1995
TA169
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Triantono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39053
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1997
S28389
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1995
S28335
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imran Taufik
"Tugas akhir ini merancang suatu aplikasi pengendali NeuroFuzzy (pengendali fuzzy berbasis jaringan saraf buatan - Neural Network) untuk mengendalikan suhu pada suatu sistem pengatur suhu ruangan.
Pada dasarnya pengendali NeuroFuzzy ini menyatukan pengendali logika fuzzy biasa dengan suatu jaringan saraf tiruan dengan tujuan untuk memperbaiki karakteristik respon transien pengendali dan mampu beradaptasi dengan masukan yang diberikan dengan cara mengoptimalkan kemampuannya membentuk fungsi keanggotaan yang baru.
Pada awalnya proses pengedalian mempunyai rentang waktu yang lebih lama, namun dengan semakin banyak dilatih sistem menjadi semakin 'pinta!"" dan cepat memberikan respon yang optimal.
Dengan penerapan jaringan NeuroFuzzy, pengaturan suhu menjadi Iebih mudah dan efisien karena sistem pengendali memiiiki kemampuan belajar yang cepat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada dan mampu memperkecil error yang terjadi dengan cara memperbaiki bobot-bobot neuron pada jaringan sarafnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39706
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadi Wijaya
"Menurut Internatonal Standard (ISO 8713:2002) mobil listik dikenal dalam istilah Electric road vehicles yang di Amerika dikembangkan menjadi dua (2) jenis, diantaranya Zero Emission Vehicles(ZEV) dan Low Emission Vehicles (LEV). Mobil listrik yang di kategorikan menjadi Zero Emission Vehicles adalah Mobil Batterai (Battery Operate) dan Mobil Fuel cell. Sedangkan yang dikategorikan menjadi LEV adalah mobil yang sistem penggeraknya memadukan antara convensional engine dengan motor listrik (mobil Hybride).
Mobil Batterai (Battery Operate) dan Mobil Fuel cell sistem penggeraknya dengan menggunakan motor dc karena kecepatan mudah diatur dan mempunyai variasi kecepatan yang lebar.Tugas akhir penggerak mobil listrik ini menggunakan motor dc seri yang terdapat pada stater mobil.Sebelum digunakan menjadi motor penggerak motor stater dimodifikasi bagian luar dan lilitan didalamnya. Motor dc stater mobil mempunyai torsi yang besar dan kecepatan tinggi,tetapi mempunyai kelemahan dengan arus yang besar sehingga motor cepat panas.Pengontrolan kecepatan menggunakan mikro AVR Atmega8535 dengan mengunkan metode PWM. Untuk pensaklaran elektronis menggunakan mosfet dan relay. Perubahan jumlah kumparan dan pengecilan diameter kawat email kumparan motor dapat menaikan hambatan motor sehingga dapat mereduksi arus, sehingga motor dapat bekerja lebih lama,untuk pengotrolan kecepatan pada saklar elektronik diperlukan rangkaian snubber untuk meniadakan tegangan balik yang disebabkan oleh beban yang bersifat induktif yang merusak saklar elektronik.

Recognized as Electric road Vehicles that in America is expanded in two category such as: Zero Emission Vehicles(ZEV) dan Low Emission Vehicles (LEV). The ZEV one is knowed as battery car and fuel cell car, while the LEV one is the car with the driver is colaboration between convensional engine and electrical motor (Hybride car).
Battery and fuel cell car use DC motor as a driver because the ease of speed adjusment and have a width variation speed. This final assignment use DC motor that be in car starter. Before used as motor driver to drive motor starter, this DC motor is modified in outer edge and the winding inside. This one have a big torque and high speed, but it has a big current as a weakness so the motor will be heat quickly. The speed control use AVR Atmega8535 microcontroller with PWM method. For electronical switching use a mosfet and relay.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40439
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ariadi Hendrawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S39412
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Andri Zumain
"Konsep mobil listrik bukanlah barang baru. Seiring bertambah majunya teknologi baterai pada akhir abad ke 19, beberapa kendaraan listrik sudah mulai dibuat. Perkembangan dunia otomotif, menyebabkan peningkatan kebutuhan akan bahan bakar minyak yang dipakai sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Dengan kenaikan harga minyak bumi yang terus meningkat, maka pengembangan mobil listrik berpeluang besar menjadi penyelesaian masalah tersebut. Penggunaan mobil listrik dirasa efektif selain tidak menimbulkan polusi udara dan konstruksi mesinnya yang lebih sederhana. Penggunaan mobil listrik tentunya membutuhkan mesin listrik.
Pada skripsi ini telah dilakukan pembuatan mobil listrik sederhana yang menggunakan motor listrik jenis motor dc dengan magnet permanen pada statornya. yaitu motor dc, karena motor dc lebih mudah diatur kecepatan putarnya dibandingkan dengan motor ac. Disebut sebagai motor dc magnet permanen karena motor ini menggunakan dua atau lebih magnet permanen pada statornya. Sedangkan bagian motor yang berputar, atau rotor, terdiri dari lilitan yang akan terhubung pada suatu komutator mekanik melalui karbon brush.
Dengan berkembangnya teknologi baterai maka berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan dan kecepatan mobil listrik, karena fungsi baterai yang sangat vital sebagai sumber tenaga listrik yang dapat diisi kembali. Pada akhirnya mobil listrik ini diharapkan untuk dapat lebih cepat dan lebih bertenaga serta memiliki ketahanan (kemampuan yang lebih) dibandingkan dengan mobil konvensional berbahan bakar minyak fosil.

The concept of the electric car is not new thing. The essential battery technology was developed in the late nineteenth century and many such cars were being manufactured by 1900. The advances in the automotive technology have increased the need of the fossil fuel for the conventional vehicle. With the increased of the fossil fuel price, so the electric car developments would be the problem solver on this case. The uses of the electric car is considered as an effective way to reduce the impact of the air pollution problem and The other reason of uses of the electric vehicles is because of it has more simple machines construction. Every electric car needs an electric machine to move it on.
So that, in this final assignment is released a simple electric car which uses a dc motor with permanent magnet at its stator. The reason of uses of this motor is because the dc motor is well proven device and has been used for many years on electric car. It is called as dc motor with permanent magnet because it uses two or more permanent magnet in its stator. Mean while the rotating part or rotor consists of winding that connected to mechanical commutator through the carbon brush.
The advances in battery technology have increased the range of power and speed of the electric vehicles. Battery is considered as important component in the electric car because of its function as the source of the renewable energy. So that electric car is expected to be powerful and mechanically more dependable and durable than its fossil fuelled car equivalent.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51119
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nugroho Nandar Dyto
"Sebuah prototipe sistem pengendali posisi motor dc telah dirancang dan dibangun sebagai pengendali sistem aktuator pergerakan sirip pada roket kendali berbasis mikrokontroler ATmega yang menggunakan metode pengendalian logika fuzzy. Pengaturan posisi gerak motor dilakukan dengan mengatur tegangan motor dan menggunakan metode PWM (Pulse Width Modulation). Mekanisme umpan-balik sistem mengunakan sebuah sensor putaran yang membaca posisi dari motor dc. Metode fuzzy yang dirancang memiliki 2 nilai crisp input (error dan Δerror) dan satu nilai crisp output yaitu perubahan tegangan. Metode defuzzifikasi yang digunakan adalah metode centre of gravity (COG). Respon sistem ditampilkan dalam bentuk sudut posisi aktuator terhadap waktu dan didapatkan nilai Tr = 0,32 detik, Tp = 0,47 detik, Ts = 0,72 detik dengan nilai persentase overshoot sebesar 21,57% dan kesalahan tunak sebesar 20 %.

A prototype of dc motor position control system has been designed and built as a controller of fin control actuator system. This prototype uses fuzzy control method that has been embeded in ATmega microcontroller. Regulation of motor angular position has been inplemented by adjusting motor voltage and used PWM (Pulse Width Modulation). Feedback mechanism has been done using rotation sensor that reads the angular position of dc motor. Fuzzy method is designed to have two crisp input (error and Δerror) and one crisp output i.e voltage change. Defuzzification method used is Center Of Gravity (COG). From system respon, it has been shown that Tr = 0,32 sec, Tp = 0,47 sec, Ts = 0,72 sec, percentage of overshoot 21,57 % and steady-state error of 20 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43328
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>