Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 99606 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Madila Awalini
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S40858
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Hayatul Jihad
"ABSTRAK
Komposit termoset serat kontinyu telah digunakan secara komersial selama beberapa tahun dan digunakan dalam industri dirgantara, otomotif dan peralatan olah raga. Pemakaian komposit termoplastik dimasa mendatang sangat tergantung pada kemampuannya untuk berkompetisi secara efektif dengan komposit termoset dan almunium. Kekurangan utama, dan pendorong utama pemakaian termoplatik adalah relatif lamanya waktu siklus yang dibutuhkan untuk proses termoset. Keunggulan lainnya adalah termoplastik memberi ketahanan impak, infinite shelf life, daur ulang sekrap dan lebih mudah untuk dilakukan pengerjaan ulang dan perbaikan dari kerusakan. Kelemahan utama termoplatik adalah biaya bahan baku yang tinggi dan dibutuhkannya temperatur proses yang tinggi.
Tujuan dari studi ini adalah membandingkan komposit termoplatik dan termoset secara tekno-ekonomi. Manufakturing dengan autoclave telah dipelajari, karena proses ini merupakan proses yang banyak dipergunakan.
Hasil studi menunjukkan komposit termoplastik unggul secara teknis tetapi tidak secara ekonomis. Jika proses autoclave diterapkan pada termoplastik, maka termoplastik tidak dapat bersaing dengan termoset. Hal ini dikarenakan tingginya biaya bahan baku dan tool yang diperlukan. Peningkatan dalam teknik pembuatan bahan baku (penurunan harga) memperlihatkan pengaruh yang dramatis dalam biaya manufakturing termoplastik secara keseluruhan. Ini menyebabkan termoplastik akan mampu bersaing dengan termoset.

ABSTRACT
Continuous fiber thermosetting composites have been commercially available for many years and are currently used in aerospace, automotive, and sporting goods industries. The future of thermoplastic composites depends upon its ability to compete effectively with thermoset composites dan aluminum. The major drawback of thermoset system, and the main driving force for thermoplastic, is the relatively long cycle time involved in curing thermoset. in addition, thermoplastic can offer impact resistance, infinite shelf life, recyclability of scrap and potentially easier reworking and repairing of defects. The most prominent disadvantages of thermoplatic are the high raw material cost and the high processing temperatures required.
The goal of this study was to compare thermoplastic and thermoset composites . Autoclave consolidation was examined because it is, by far, the most prominent manufacturing technique currently employed.
The results show that thermoplastic composite leads technically, but not economically. If autoclave processing techniques are applied to thermoplastic, they are not likely to be cost competitive with thermosets. This is due to high material and tooling cost for thermoplastics. Dramatic improvement in cost competitiveness are more likely to come from new innovative processes.
"
Lengkap +
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anton Suharmono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S35918
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Rico J.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36695
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernardus Aditya Y.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
TA2428
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam sebuah pepatah sering kita dengar tentang "Tidak ada gading yang tak retak”, ternyata ungkapan ini juga berlaku pada suatu bahan struktur yang disebut dengan beton, sebaik-baiknya proses pengawasan dan pengerjaan beton di lapangan, seringkali dapat ditemukan adanya keretakan pada pada material beton tersebut.
Bila keretakan yang terjadi masih berada dalam batas-batas yang diijinkan maka permasalahan retak tidaklah terlalu membahayakan bagi struktur bangunan, namun bila keretakan yang terjadi sudah merupakan keretakan yang dapat mempengaruhi struktur bangunan maka disinilah akan ditemukan masalah-masalah yang perlu rnendapat perhatian dari seseorang yang berkecimpung di bidang Teknik Sipil.
Untuk itu dalam makalah seminar ini akan dibahas masalah keretakan yang terjadi pada beton akibat dari korosi tulangan sehingga dihasilkan metode untuk mengantisipasi keadaan-keadaan yang tidak diinginkan (sampai pada akibat yang paling parah yaitu bangunan menjadi runtuh/failure karena retak.
Penelusuran terhadap literatur-literatur, laporan pengujian terhadap keretakan yang terjadi pada beton, standar-standar serta buku-buku yang membahas keretakan pada beton merupakan langkah yang digunakan untuk menyusun makalah seminar ini.
Beberapa tujuan penulisan makalah “Korosi pada Beton, penyebab dan akibat yang ditimbulkan serta metode pencegahan dan perbaikan kerusakan akibat Korosi" diantaranya adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadi keretakan terutama akibat korosi dan mencari cara pencegahan sebelum terjadi keretakan serta cara mengatasi ketika telah terjadi keretakan.
Hasil akhir yang akan didapatkan adalah mengetahui bahwa struktur beton bertulang walaupun biaya konstruksinya Iebih murah dibandingkan dengan konstruksi lainnya akan tetapi memiliki kelemahan yaitu dapat mengalami keretakan yang cukup berpengaruh terhadap struktur beton bertulang itu sendiri maupun struktur gedung/bangunan secara keseluruhan."
Lengkap +
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S35634
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39130
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
TA2530
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Suzanna Mubin
"Pada pesawat terbang terutama dibagian-bagian yang berhubungan dengan mesin penggerak pesawat terbang, sangat besar pengaruh panas yang akan diterima atau disalurkan melalui bahan sebelum diterima) dimanfaatkan pada bagian lain.
Oleh sebab itu kami berusaha untuk mengetahui sejauh mana pengaruh panas dan mesin penggerak pesawat terbang pada pipa saluran atau kabel-kabel yang berhubungan. Pada umumnya bahan pesawat terbang dipergunakan bahan alloy 2024. Diharapkan dari hasil yang didapat akan memberikan masukan bagi kalangan pengguna bahan pesawat terbang."
Lengkap +
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Anwari
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
TA2392
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>