Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 55137 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ritonga, Efri NP
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S41496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S41270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasyam Eddy
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2003
T40260
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melati Sarnita
1999
S47875
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, [date of publication not identified]
04 Suh a
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
"Materials used in the manufacture of single - cylinder diesel engine is very diverse, which is determined by the function and the load experienced by the engine parts...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nurokhim
"ABSTRAK
Pemanfaatan selubung battery bekas pakai akan menambah nilai ekonomis Serta membantu mengurangi pengotoran lingkungan. Secara sederhana selubuug dibuka dengan menggunakan alat bantu Disamping kurang produktif cara ini juga kurang aman.
Pengamatan pada proses pembukaan tersebut dapat diupayakan dengan menggunakan mesin yang dioperasikan secara manual sehingga cocok untuk Pekerjaan yang bersifat padat karya Disamping itu juga harus ekonomis, produktif Serta aman untuk dioperasikan. Dengan menggunakan prinsip pemotongan proses membubut, maka parameter pemotongan seperti kecepatan potong V (m/mnt), kecepatan pemakanan f (mm/r) serta kedalaman pemakanan a (mm) bisa diatur. Tetapi hanya besar f yang berpengaruh, karena tebal selubung sekitar 0,5 (mm) sehingga cukup satu kali pemakanan saja. Juga karena mesin dioperasikan secara manual maka kecepatan potong dianggap stabil atau tetap_ Jadi hanya besar f yang akan mempengaruhi produktifitas. Jika nilai f besar malca tebal geram akan besar, dan produktifitas naik, tetapi cliperlukan penambahan daya potong. Begitu juga dengan sebaliknya
Dengan merencanakan kecepatan pemakanan f = 3 (mm/nmt), putaran battery n = 25 (rpm) serta siklus pemotongan TP = 90 (detik) maka akan dihaeilfcan selubung battery sekitar 40 buah tiap jam.

"
2000
S37652
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arif Budiyanto
"Tujuan dari penelitian yaitu malakukan simulasi pembakaran mesin diesel bahan bakar ganda antara solar dan gas yang meliputi proses pembakaran dan pembentukan emisi di ruang bakar. Simulasi menggunakan paket perangkat lunak AVL Fire, data yang dihasilkan kemudian dibandingkan dengan data pengujian eksperimen. Simulasi merupakan sebuah solusi untuk mengurangi jumlah pengujian eksperimen karena keterbatasan fasilitas dan biaya. Model pembakaran yang digunakan sangat mempengaruhi hasil simulasi. Beberapa parameter model pembakaran harus diterapkan sesuai dengan pendekatan eksperimen seperti pengaturan nilai turbulent kinetic energy. Metodologi penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan dua parameter model pembakaran yaitu Eddy break-up model (Ebu) dan Extended Coherent flamelet model (Ecfm). Hasil simulasi menunjukkan kesepakatan yang baik apabila dibandingkan dengan data pengujian. Hasil simulasi yang memprediksi paling mendekati dengan data pengujian adalah dengan menggunakan model pembakaran Extended coherent flamelet model (Ecfm).

The objective of this study is to simulate combustiuon process and pollutant formation in the combustion chamber of a DI diesel engine converted to work as a dual fuel (Diesel/Natural Gas) engine. The simulation result obtained by using the AVL FIRE code are compared with experimental data. Computational fluid dynamics (CFD) is able to significantly reduce the number of experimental test and measurement and lower the development time and costs. Some parameter which are needed for CFD calculation must be achieved experimentally such as turbulence lenght scale. The CFD simulations demonstrated good agreement to the measured data. The results show that, applying appropriate constant of each combustion model including eddy break up model (Ebu) and extended coherent flamelet model (Ecfm) causes the computaional result to be in agreement with experimental results. Furthermore the result show that the nearest prediction in comparasion with experimental result is by applying the Ecfm model."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T30682
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Irma R. Dandian
"Telah dilakukan penelitian kerusakan pada cylinder liner mesin diesel penggerak kapal yang terbuat dari bahan besi cor. Cylinder liner yang diteliti berasal dari mesin diesel merk MAN type KSZ 70/ 125 BL sebanyak 2 buah. Kerusakan yang terjadi membentuk retakan-retakan pada bagian dalam, kerusakan ini terjadi jauh dibawah umur pengoperasian yang direncanakan sehingga menimbulkan kerugian baik biaya maupun waktu. Penelitian dilakukan dengan Pengujian komposisi, metalografi, pengujian sifat mekanis dan pengujian pengaruh temperatur terhadap perubahan struktur dan sifat mekanis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan terjadi akibat beban termal dan getaran yang ditimbulkan oleh kondisi operasi mesin diesel dan dipercepat oleh kualitas bahan yang tidak memenuhi persyaratan sebagai bahan cylinder liner mesin diesel. Bahan cylinder liner tersebut adalah besi cor kelabu dengan kadar karbon dan silikon yang rendah serta kadar fosfor yang tinggi, kondisi ini menyebabkan ketahanan bahan terhadap temperatur tinggi menjadi rendah sehingga bahan mudah mengalami retak pada suhu tinggi (hot shortness)."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1992
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dedy Indriatmono
"Mesin diesel silinder tunggal banyak digunakan pada bidang pertanian dan perikanan dimana sistem injeksi bahan bakarnya masih menggunakan Direct injection. Saat ini sistem injeksi bahan bakar tersebut telah digantikan CommonRail Direct Injection yang pada otomotif tekenal mesin menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan. Sistem injeksi bahan bakar dengan kendali open loop pada mesin diesel silinder tunggal telah dikembangkan pada penelitian ini.
Pada penerapannya mengganti seluruh komponen sistem injeksi pada mesin diesel silinder tunggal Kubota RD 85 dan telah dipetakan tekanan injeksi, timming injection dan durasi untuk mendapatkan daya yang optimal dari mesin tersebut. Pada paper ini akan di perkenalkan disain perangkat sistem injeksi bahan bakar, metode pemetaan karakteristik mesin dan metode uji yang digunakan untuk mengetahui unjuk kerja mesin diesel silinder tunggal. Dari penelitian ini dengan memodifikasi sistem injeksi bahan bakar didapatkan penurunan unjuk kerja mesin <<23%. Dengan menambahkan biodiesel B10 dan B20 pada bahan bakar dengan mesin yang menggunakan teknologi CommonRail Direct Injection didapatkan hasil penurunan unjuk kerja <<3% untuk campuran 10% Biodiesel dan <<5 % untuk campuran 20 % biodiesel.

Single cylinder diesel engines are widely used in the fields of agriculture and fisheries which is the fuel injection system still uses Direct injection . Currently the fuel injection system has been replaced by commonrail Direct Injection which already applied for automotive engines that becoming more efficient and environmentally friendly . Fuel injection system with an open loop control in single cylinder diesel engine has been developed in this research.
In its application to replace all components of the injection system on a single -cylinder Kubota diesel engine RD 85 has been mapped injection pressure , injection timming and duration to obtain optimal power from the engine . In this paper introduced the design of the fuel injection system , a method of mapping the characteristics of the engine and the test method used to determine the performance of a single -cylinder diesel engine . From this research by modifying the fuel injection system obtained a decrease in engine performance << 23 % . By adding B10 and B20 biodiesel fuel engine technology that uses commonrail Direct Injection showed a decrease in performance << 3 % for 10 % of biodiesel and << 5 % for 20 % of biodiesel."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T46026
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>