Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26639 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Dengan semakin majunya perumbuhan ekonomi dan perindustrian di Indonesia memacu untuk membawa berbagai bid.ang lndustri untuk melakukan inovatif-inovatif agar perkembangan di bidang industri semakin pesat, sehingga membangkitkan pacta industri untuk melakukan produksi guna memenuhi kebutuhan para konsumen. PT. NOF Mas Chemical Industries salah satu perusahaan petrokimia yang ikut bagian dalam kaneah persaingan industri dibidang petrokimia. PT. NMC sekarang ini memiliki 2- Plant yaitu A- Plant yang terdiri dari AI & A2 Plant, lalu D- Plant yang terdiri dari D I, D2, D3 Plant Dengan adanya peningkatan permintaan konsumen terhadap produk terutama produk D-Piant, sehingga kine!ja proses perlu ditingkatkan pula untuk mernenuhi jumlah kapasitas produk supaya lebih maksimaL Dengar meningkatnya jumlah kapasitas produk menyebabkan meningkat pula jumlah limhah yang dihasilkan dari proses tersebut, sehingga dibutuhkan usaha unuk mengurangi dan lebih baik lagi dimanfaatkan limhah tersebut.
Salah satu altematif pengurangan dan pemanfaatan lirnbah proses D-Plant dengan cara memisahkan fasa air dan fasa minyak dJda1am separator, sebe!um dimasukkan ke waste water treatment. Diperlukan penelitian dan analisa serta pengujian lebih lanjut kandungan yang terdapat pacta limbah tersebut, yang diduga
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S49346
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmawaty
"Pemanfaatan bahan bakar yang bersumber dari fosil di PKS Sei Mangkei untuk kegiatan pengolahan kelapa sawit sudah dapat diminimalisir dengan penggunaan biomassa kelapa sawit sebagai bahan bakar ketel uap. Limbah bbiomassa kelapa sawit yang dihasilkan dari proses pengolahan kelapa sawit diantaranya, tandan kosong kelapa sawit, cangkang, dan serabut. Namun yang digunakan untuk bahan bakar ketel uap adalah cangkang dan serabut. Tandan kosong kelapa sawit tidak digunakan karena memiliki kadar air yang tinggi yang menghambat proses pembakaran. "
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2019
338 PLMD 22:4 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aldin Mahendra W.
"Bahan bakar fosil yang semakin menipis ketersediaannya akhir-akhir ini menyebabkan naiknya harga bahan bakar tersebut. Salah satu contohnya yaitu harga bahan bakar LPG, khususnya untuk sektor industri. PT. X sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri part sepeda motor, merasakan dampak dari mahalnya harga LPG, ditambah dengan begitu banyaknya produsen sepeda motor di negara ini membuat PT. X tidak leluasa menaikkan harga jual yang diakibatkan naiknya biaya produksi karena mahalnya bahan bakar. Teknologi Gasifikasi bahan bakar padat mencoba hadir sebagai solusi, dengan memanfaatkan limbah dari proses pengecatan part sebagai bahan bakar gasifikasi yang dapat menghasilkan producer gas sebagai bahan bakar pengganti LPG pada boiler di PT.X. Skripsi ini bertujuan untuk menjembatani antara penelitian-penelitian mengenai teknologi gasifikasi yang telah dilakukan dengan kebutuhan industri, yaitu PT.X, akan solusi dari masalah di atas. Studi awal dilakukan untuk mengobservasi permasalahan-permasalahan aplikasi di lapangan dengan fokus utama pada penyesuaian sistem proses gasifikasi dengan kondisi pada lokasi industri, penyesuaian proses gasifikasi dengan bahan bakar limbah cat, penyesuaian sistem boiler dengan bahan bakar producer gas dari limbah cat. Dari studi awal ini dihasilkan pertimbanganpertimbangan tambahan dalam perhitungan kapasitas sistem gasifikasi yang sesuai dengan kebutuhan boiler. Perancangan kapasitas sistem gasifikasi menghasilkan laju massa producer gas yang dibutuhkan boiler, mprodgas = 0,10037 kg/s, dengan kebutuhan udara pembakaran, mudara = 0.617 kg/s Berdasarkan kesetimbangan energi dari laju massa producer gas tersebut dibutuhkan reaktor gasifikasi berkapasitas mtotBB =221,85 kg/jam dengan kebutuhan udara gasifikasi mudara = 0.134 kg/s sampai dengan 0.268 kg/s. Maka dihasilkan reaktor dengan dimensi : diameter dan tinggi venturi 40 cm dan 750 cm, diameter utama 80 cm dan tinggi keseluruhan 2,485 m.

In recent times, the insufficiency of fossil energy leads to the increase its own of money value. One of the general examples is the price of LPG fuel, principally in industrial sector; whose price growth can be numbered daily. As a company that concentrates in the manufacture of motorcycle parts, PT.X suffers the cause of LPG's price predicament. The radical development of motorcycle manufacturing companies in this country is also the reason of PT.X's inconveniency to raise the price which is caused by the growth of production cost due to the energy's money value. Derived from the background which has been informed before, solid fuel gasification technology is attempting to perform as one of the solution by taking the advantage of the paint waste as the gasification major energy that can generates gas producer as a substitution fuel of LPG in PT.X?s boiler. This paper intends to relate the technological researches concerning gasification with the industrial needs as the solution such as the PT.X case. The former studies are mainly to observe the treatment problems on field in relation to the adjustments of gasification process system on industrial location, gasification process using paint waste as the fuel, and boiler system using producer gas as the fuel generated from paint waste. These studies present additional assessments in gasification system capacity calculation that qualified the boiler requirements. Gasification system capacity design ensuing producer gas mass flow that qualified for boiler input requirements, mprodgas = 0,10037 kg/s, with the supply of air capacity for combustion, mudara = 0.617 kg/s. Based on energy balance from the producer pass mass flow, it requires the gasification reactor with capacity of mudara = 0.134 kg/s to 0.268 kg/s. Thus it results reactor dimension: diameter of venturi 40 cm and venturi height of 750 cm, main diameter of 80 cm and overall height of 2,485 m."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S37893
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Indriati
"ABSTRAK
Keadaan perekonomian masyarakat yang terus terbelenggu dengan naiknya harga BBM (Bahan Bakar Minyak), perlu dicarikan solusi untuk mencari alternatif pengganti minyak tanah. Telah banyak sumber energy yang dikembangkan mulai dari berbasis teknologi tinggi hingga sederhana, namun nilai jualnya masjh relatif mahal. Ada satu sumber energi alternatif yang belum tersentuh yaitu limbah minyak berupa lumpur minyak atau sering disebut sludge oil. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan sludge oil menjadi briket sebagai bahan bakar alternatif yang relatif mur.eh sehingga dapat dijadikan alternatif pengolahan limbah sludge oil. Dibuat tiga tipe percobaan briket dengan penambahan filler seperti jerami, serbuk gergaji dan arang dengan mencari hasil dan kondisi optimum. Parameter uji dilakukan secara fisika dan kimia. Parameter fisika adalah pencetakan, waktu pengeringan, tekstur, uji kekerasan, uji nyala, uji lelehan, uji jelaga dan untuk parameter kimia adalah kadar air, kadar abu, kandungan energi, kandungan logam berat (Cd, Cr, Cu, Hg, Pb), kandungan SOx dan NOx. Dari hasil penelitian didapatkan formulasi optimum, untuk brikeLsludge oil+ jerami optimum pada perbandingan komposisi sludge oil : jerami (3: 1 ); suhu pemanasan T 300°C; waktu pemanasan 90 men it, briket sludge oil + serbuk gergaji optimum pada perbandingan komposisi sl~dge oil : serbuk gergaji (3: 1 ); suhu pemanasan T 250°C; waktu pemanasan 150 men it dan briket sludge oil T arang optimum pada perbandingan komposisi (1: 1 ); suhu pemanasan T 250°C, waktu pemanasan 120 menit. Secara keseluruhan tipe briket yang paling baik adalah briket sludge oil+ arang. Selain dari bentuk fisiknya yang keras dan - . pad at, hasil parameter uji kimianya juga menghasilkan data analisa yang paling baik. Briket ini memiliki kandungan energi paling tinggi sebesar 4000 kkal/kg, kadar logam berat yang paling rendah bila dibandingkan dari kedua tipe briket yang lainnya, l"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Indonesia, 2006
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R.Hari Prabowo
Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2009
T26976
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Soybean curd factory is known as a small-scale industry which causes environmental pollution. The lack of capital and the limited knowledge of wastewater treatment technology among the soybean curd producers have caused the surrounding environment to be polluted by high organic content of the wastewater"
JKL 1:2 (2000)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gomgom
"Sistem pemasukan bahan bakar merupakan salah satu sistem yang penting dalamsebuah instalasi pembangkit tenaga untuk mengatur kapasitas pemakaian bahan bakarsehingga proses pembakaran berjalan dengan baik. Proses pembakaran yang menggunakanbahan bakar batubara sering mengalami kendala seperti terjadinya pemanpatan pada daerahsaluran akibat terbakarnya batubara secara dini pada pipa saluran sebelum masuk ke ruangbakar. Salah satu alternatif yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah denganmenggunakan fuel feeder tipe ulir. Sistem pemasukan bahan bakar tipe ulir pada dasarnyamemindahkan batubara sehingga dapat bergerak mengikuti ulir dengan kecepatan tertentu.Feeder dibuat dari nilon pejal dengan dimensi antar ulir 20 mm dan panjang 300 mm.Dengan kapasitas 30 ton/jam. Feeder dilengkapi dengan water jacket pada pipa saluran.Putaran motor divariasikan pada 300 Rpm – 1500 Rpm. Dari hasil penelitian didapatkanlaju aliran batubara rata-rata untuk kecepatan 300 Rpm sebesar 1 ton/jam, sedangkan untukkecepatan 1500 Rpm sebesar 30 ton/jam.Kata."
Palembang: Fakultas teknik Universitas tridinanti palembang, 2014
600 JDTEK 2:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Skripsi ini bertujuan untuk melakukan studi dan analisa tentang aspek ekonomis apabila gas bumi (CNG) digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, khususnya taksi di wilayah Jakarta. Analisa dilakukan pada investasi peralatan yang diperlukan untuk pemakaian CNG, biaya pemakaian/konsumsi bahan bakar, biaya pemeliharaan dan biaya lain yang diperlukan untuk mengoperasikan kendaraan yang ber-BBG. Pada analisa ekonomis ini dilakukan perhitungan Analisa Nilai Kini Bersih (Net Present Value-NPV), Analisa Tingkat Pengembalian Internal (Interest Rate Return-IRR), Analisa Periode Pengembalian (Payback Period), dan Analisa Sensitivitas."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49881
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>