Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 119115 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50089
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saflinawati
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S34851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yosep Halim
"Memiliki pemahaman mengenai kedinamisan sistem dunia bisnis dan industd secara terintegrasi dan menyeluruh merupakan suatu hal yang vital di dalarn industri yang kompetitif dewasa ini. Penilainan simulasi bisnis dapat memberikan suatu lingkungan yang interaktitl memotivasi, dan bebas resiko untuk mempelajari dinamika sistem dunia bisnis dan industri serta untuk menguji keputusan berdasarkan teori yang telah dipelajari. Perancangan permainan simulasi pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Sistem Dinamik yang dapat mendukung proses berpikir menyeluruh dan terpadu.
Dua permainan simulasi yang digunakan sebagai dasar di dalam penelitian ini adalah Management and Economic Simulation Exercise (MESE) oleh korporasi Hewlett Packard (HP) dan Construction Contracts in A Competitive Market (C3M) oleh Khaled Nassar dari Universitas Bradley. Perancangan diawali dengan membuat diagram loop sebab akibat dari kedua permainan simulasi tersebut. Pada tahap kedua, dirancanglah suatu kasus dan diagram loop sebab akibat permainan simulasi bisnis yang baru, yang dinamakan Perrnainan Simulasi GeneShoes (PSG). Pada tahap ketiga, dirancanglah konsep perhitungan untuk PSG Pada tahap keempat dan terakhir, dirancanglah model Sistem Dinamik PSG beserta persamaannya dengan menggunakan program Powersim Constructor versi 2.51.
Hasil analisis yang dilakukan terhadap model PSG menunjukkan adanya kesesuaian antara konsep pemainan simulasi tersebut dengan hasil perilaku yang diharapkan. Agar proses penerapan PSG menjadi efektif, pedoman PSG bagi pemain dan administrator permainan juga disertakan di dalam penelitian ini.

Having integrated and comprehensive understanding of dynamic systems of business world and industries is vital in competitive industries nowadays. Business simulation game can give an interactive, motivating, risk-free environment to learn the dynamics of system in business world and industries as well as to test decisions based on theory which has been studied. Design of simulation game in this paper was conducted with System Dynamics approach that can support comprehensive and integrated thinking process.
Two simulation games that been used as basis in this paper are Management and Economic Simulation Exercise (MESE) by Hewlett Packard (HP) Corp. and Construction Contracts in A Competitive Market (C3M) by Khaled Nassar from Bradley University. The design is initiated by making causal loop diagram of both simulation game. In the second step, a case and causal loop diagram of a new business simulation game, called GeneShoes Simulation Game (GSG) are designed. In the third step, calculation concept of GSG is designed. ln the fourth and last step, System Dynamics model of GSG is designed along with its equations using Powersim Constructor 2.51.
Result of analyses that have been done to GSG model showed conformities between concepts of the simulation game and expected behaviour results. In order that application process of GSG can be effective, GSG manual for players and game administrator are also included in this paper.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50183
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Eva Clara
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S34959
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ganjar Prihartono, Author
"Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap perusahaan pasti mempunyai tujuan untuk meraih keuntungan di dalam persaingan bisnis dengan menjadi yang terbaik diantara pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu sebagai penunjang kinerja perusahaan dalam bersaing, maka konsep dan tools yang digunakan dalam operasional perusahaan harus efisien dan efektif. Efisien berarti semua biaya operasional harus dapat serendah mungkin, sedangkan efektif berarti segala sesuatu yang dikeljakan harus dapat menciptakan nilai lebih untuk perusahaan.
Salah satu konsep yang digunakan dalam operasional perusahaan adalah manajemen rantai pengadaan (supply chain management) yang menggambarkan bagaimana suatu organisasi saling terkait dan terhubung satu sama lainnya. Keterkaitan ini dapat berupa alur informasi, material, dan jasa, mulai dari supplier selanjutnya di dalam pabrik, kemudian melalui gudang dan berakhir pada end customer.
Keuntungan-keuntungan dari manajemen rantai pengadaan ini adalah mengurangi inventory barang yaitu dengan menekan penimbunan barang di dalam gudang agar biaya penyimpanan barang (inventory carrying cost) dapat ditekan menjadi sedikit mungkin, menjamin kelancaran penyediaan barang dan menjamin mutu barang.
Masalah besar yang sering dihadapi oleh banyak perusahaan di dalam proses supply chain adalah waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan barang atau produk (lead time). Seringkali pelanggan harus menunggu terlalu lama untuk barang atau produk yang dibutuhkan. Hal ini dapat membuat perusahaan kehilangan kesempatan (lost opportunity) untuk pangsa pasarnya.
Agar masalah-masalah yang terdapat di dalam supply chain dapat segera terpecahkan, maka diperlukan sebuah analisa yang kompleks. Dengan menggunakan perangkat analisis simulasi model diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah yang selalu timbul di dalam rantai pengadaan (supply chain). Simulasi model yang baik adalah simulasi yang dapat menggambarkan perilaku sistem yang sesungguhnya (the real word). Mengingat perilaku parameter sistem yang dinamis serta kompleksitas permasalahan, maka pemodelan dilakukan dengan pendekatan sistem dinamik. Simulasi model dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer. Untuk itu digunakan perangkat lunak Powersim. Kelebihan system dinarnik adalah karena pada sistem ini terdapat feed back loop yang dapat saling mempengaruhi.
Pemodelan supply chain dibangun atas dasar data aktual historis untuk suku cadang engine oil filter sejak bulan January 2002 sampai dengan Desember 2003 atau selama 24 bulan. Diagram sirnpal kausal dibuat berdasarkan kerangka konsep model mental supply chain. Setelah melalui proses validasi dan model sudah dianggap valid atau sahib, maka model dapat digunakan untuk simulasi uji kombinasi kebijakan.
Berdasarkan hasil simulasi terhadap tiga skenario kebijakan, maka diketahui dengan mengintervensi fungsional terhadap variabel yang berpengaruh yaitu correction speed, shipment time dan time pipeline in stock dapat membuat delayed shipment atau service level menjadi baik dan seimbang, membuat jumlah barang yang dikirim (product shipped) relative stabil dan juga stok inventory meningkat sehingga persediaan selalu tercukupi."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T13559
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Amelia Makmur
"Kerusakan - kerusakan yang terjadi pada permukaan perkerasan tidak dapat kita hindari seining dengan adanya perubahan waktu, temperatur, cuaca, lingkungan dan sebagainya, yang memberikan pengaruh terhadap tingkat pelayananan dan kinerja jalan. Hal yang mungkin dilakukan untuk menaikkan kembali tingkat pelayanan jalan dan kinerja jalan adalah melalui perbaikan dan pemeliharaan perkerasan jalan.
Perencanaan yang efisien bagi perbaikan dan pemeliharaan tersebut adalah dengan mempertimbangkan masalah waktu ( jadwal ) dilakukannya perbaikan dan pemeliharaan dan juga mempertimbangkan faktor biaya yang dikeluarkan untuk itu. Karena adanya ketenkatan terhadap jumlah anggaran tertentu yang dialokasikan terhadap pemeliharaan dan perbaikan perkerasan, maka pertimbangan biaya sangat panting untuk diperhitungkan. Disamping itu, pemilihan terhadap segmen atau bagian perkerasan mana yang terpenting untuk diperbaiki lebih dahulu, sehubungan dengan keterbatasan dan anggaran biaya pemeliharaan dan perbaikan tersebut.
Tujuan dari penulisan tests ini adalah untuk membuat pengembangan model pemeliharaan jalan dengan pendekatan sistim dinamika, dimana model optimasi biaya dibuat melalui metoda riset operasi ( operation research ). Kondisi perkerasan jalan , kerusakan perkerasan, pertumbuhan lalu lintas, kelelahan material dan faktor - faktor yang berhubungan dengan itu akan berinteraksi dengan membentuk suatu hubungan sebab, dimana suatu faktor akan memberikan dampak bagi faktor lainnya. Interaksi faktor-faktor tersebut benibah secara dinamis seiring pertumbuhan waktu. Sedangkan tuntutan akan pelayanan yang memadai harus dipenuhi melalui perbaikan dan pemeliharaan. dengan keterbatasan anggaran yang tersedia dapat dibuat suatu model melalui program linier untuk mengoptimasikan biaya tersebut dan menentukan bagian segmen) mana saja yang diprioritaskan untuk diperbaiki terlebih dahulu.
Karena keterbatasan data, maka dalam tesis ini tidak dilakukan pengujian validitas model.
Berdasarkan model yang sudah dibuat, dilakukan simulasi dengan 3 skenario , yaitu : simulasi 1 ,dimana dilakukannya perbaikan rutin setiap 4 tahun , terlihat bahwa anggaran biaya yang dibutuhkan cukup besar, namun kinerja jalan selalu dapat dipertahankan , kondisi ini sangat diharapkan bagi pemakai jalan. Simulasi 2, dimana perbaikan dilakukan saat jalan mengalami kerusakan yang cukup berarti ( IR1 = 6 ), dan segi biaya dan tingkat pelayanan jalan adalah cukup memadai, sehingga bagi pemberi dana, pemilihan waktu perbaikan dengan kondisi kerusakan tertentu dapat menjadi salah satu alternatif pemilihan. Sedangkan simulasi 3 , dimana tidak dilakukannya perbaikan sama sekali selama umur rencana jalan , akan berdampak terhadap pembengkakan biaya perbaikan pada akhir umur rencana dengan kondisi jalan yang sudah tidak memadai lagi.
Untuk menentukan model mana yang akan digunakan sangatlah perlu untuk mempertimbangkan variabel-variabel yang berpengaruh seerta interaksinya satu sama lain. Sehingga dalam merancang model proses identifikasi dan definisi hubungan variabel sangat menentukan .
Daftar Pustaka (tahun 1975 - tahun 1999 )
"
2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silalahi, Dapot Eskana
"Permodelan menggunakan program komputer untuk melihat reaksi suatu struktur terhadap beban dinamik yang diberikan pada pondasinya telah banyak digunakan untuk memudahkan proses perhitungan dalam sebuah penelitian. Dengan memberikan input yang akan dianalisis dan batasan-batasan permodelan yang sesuai dengan teori, sistem permodelan dengan komputer dapat memberikan jaminan terhadap valid data output yang dihasilkan. Sifat tanah lunak yang memberi efek redaman yang semakin besar terhadap gelombang seiring bertambahnya volume tanah yang dilaluinya, dianggap sulit diabaikan. Untuk itu, batasan terhadap mesh yang terlibat sebagai representasi tanah di sekitar struktur yang dimodelkan, dirasa perlu diverifikasi. (Mesh adalah elemen-elemen kecil yang menghubungkan nodal-nodal sebagai diskritisasi suatu sistem yang lebih kontinyu sebagai dasar analisis elemen hingga yang digunakan komputer). Berdasarkan efek di atas, lebar mesh terlibat yang relatif sempit diduga akan memberikan output yang berbeda apabila permodelan dilakukan dengan lebar mesh yang lebih luas. Untuk melihat pengaruh batasan ini, dilakukan pendekatan dengan permodelan uji seismic down-hole dengan program PLAXIS. Dengan menggunakan kecepatan gelombang geser sebagai indikator, Akan dilakukan perbandingan hasil output yang diperoleh terhadap pemakaian mesh yang berbeda-beda. Dengan pendekatan ini diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai pengaruh lebar mesh yang terlibat.

Modeling using computer programs to see the response of a structure when it is subjected to dynamic loads have been widely used to facilitate the calculation process at any interest. By providing the input required and setting up the boundaries in accordance with theoretical manner, the computer system can provide an assured valid output of data generated. However, in some cases, it is often hard to determine the maximum effective boundaries for the mesh involved (Mesh is the small elements that connected by the nodes as a result of discretization process of a more continuous system as the basic principle for finite element analysis used by the computer system). With concomitant increase in the volume of soil along its path, the effect of the damping will cause the amplitude of the travelling wave to be gradually decreased. Thus, it is difficult to ignore the boundaries by setting a point of boundaries at random distance from the structure. Boundaries of the mesh involved as the representation of the soil around the structure, perceived need to be verified. Based on the above effects, the relatively narrow mesh involved will allegedly give a different output compared with when it is modeled with a wider mesh geometry. To see the effect of this mesh boundaries, the approach by modeling the down-hole seismic test with program PLAXIS is conducted. By doing so, clearer explanation about the mesh boundary is expected."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42139
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Dwi Haryadi
"ABSTRAK
Industri otomotif di Indonesia sangat khas, dibandingkan dengan negara-negara lain. Kebijaksanaan pemerintah sangat kuat mempengaruhi perkembangan industri ini. Secara tidak langsung kebijakan yang dibuat akan mempengaruhi pangsa permintaan kendaraan baik dari jenis niaga maupun penumpang (sedan).
Untuk mengetahui permintaan pada kurun waktu 1997-2005 diperlukan suatu metode peramalan jangka panjang yang tepat. untuk itu digunakan pendekatan sistem dinamik, yang merupakan suatu kinerja yang terdiri dari subsistem yang saling berhubungan dan berubah terhadap waktu. Peramalan permintaan mobil Jeep ditentukan oleh berbagai faktor yang berpengaruh, antara lain ; laju pertumbuhan ekonomi; bunga bank; inflasi; kebijakan pemerintah dibidang ekonomi. Kebijakan pemerintah di bidang otomotif terlihat tidak mempengaruhi volume total permintaan, karena volume total sangat ditentukan oleh daya beli masyarakat yang semuanya tergantung faktor eksogenous diatas.
Dengan menggunakan model permintaan mobil yang menggunakan pendekatan sistem dinamik dan bantuan perangkat lunak Powersim, diketahui prilaku penjualan kendaraan niaga kategori IV (Jeep), yaitu terjadi pergeseran permintaan kendaraan niaga kategori IV (Jeep) yang akan naik melebihi pangsa pasar sedan, pada suatu titik waktu tertentu, bila jenis kendaraan niaga ini dijadikan program mobil nasional dengan fasilitas babas Ppn barang mewah dan bea masuk.
Dari simulasi yang ada,dengan mengubah faktor harga dengan menggunakan parameter bea masuk dan pajak pertambahan nilai barang mewah pada kendaraan penumpang (sedan), terlihat bahwa pangsa permintaan kendaraan niaga kategori I terhadap permintaan total juga cenderung mengalami penurunan, walaupun permintaannya naik. Hal ini disebabkan permintaan kendaraan jenis lain juga meningkat, sehingga pada akhirnya pangsa permintaan dari jenis kendaraan niaga dan penumpang akan seimbang (hampir sama ). Kondisi demikian mempunyai anti bahwa konsumen akan lebih realistis menentukan pilihannya berdasarkan penilaian seluruh aspek yang ada pada product attractivenes.

ABSTRACT
Automotive industry in Indonesia has a very specific characteristic compare to other countries. Government policy influences the development of this industry very strongly, The policy will influence the demand share of either commercial car or sedan indirectly.
To find out the demand in 1997-2005 needs an accurate long run forecasting method. So that, the dynamic system is used, which constitutes a system come from subsystem which are connected to each other and could change toward the time. Forecasting demand of jeep is determined by some factor, such as; the economy growth, interest rate, inflation, Government economy policy. Government policy in automotive industry will not influence the total demand volume since the total volume is determined by purchasing power, which depends on the exogenous factor mentioned above.
By using the car demand model with the dynamic system approximation and the powersim software, the selling behavior of commercial car category IV is known, the demand curve of commercial car category IV will shift upward exceeds the market share of sedan up to the specific point and a fixed time. This condition will be achieved if this commercial car becomes a national car with a free luxury goods tax and a free import duty facilities.
From the simulation, by changing the price factor using the import duty and luxury goods tax parameters for sedan, it is seen that the demand share of category I car toward the demand total is decreasing even though the demand increases. It is caused by the increasing of the demand of other car. Finally, the demand share of commercial car and sedan, will be equal or almost equal this condition have a specific meaning, that consumer will be more realistic in choosing their wants base on their judging from all aspect in product attractiveness."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fauzan
"Skripsi ini membahas tentang proses adopsi aplikasi Depok Single Window di masyarakat Kota Depok. Proses adopsi digambarkan dengan pemodelan dengan metode sistem dinamis. Model yang digunakan dalam metode sistem dinamis dalam penelitian ini adalah model difusi bass. Data yang digunakan dalam model adalah data kualitatif yang diperoleh dari data primer melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil simulasi model pada penelitian ini memprediksi jumlah pengguna aplikasi Depok Single Window dalam lima tahun ke depan. Penelitian ini menghasilkan suatu analisis yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok dalam mengambil keputusan dalam pembangunan aplikasi Depok Single Window khususnya dari segi jumlah pengguna.

This thesis discusses the adoption process of the Depok Single Window application within the Depok City community. The adoption process is described by modeling with the dynamic system method. The model used in the dynamic system method in this study is the bass diffusion model. The data used in the model is qualitative data derived from primary data through questionnaires and secondary data obtained from various sources. The results of the model simulation in this study predict the number of users of the Depok Single Window application in the next five years. This research produces an analysis that can be used as a basis for decision making for the Depok City Communication and Information Office in making decisions in the development of the Depok Single Window application, especially in terms of the number of users.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>