Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 107250 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sophan Sophian
"Fungsi pemeliharaan haruslah dianggap sebagai bagian yang terintegrasi dari semua komponen yang ada pada sistem perusahaan, baik dalam rangka kegiatan operasi maupun pelayanan kepada konsumen. Untuk itu diperlukan adanya peningkatan kualitas kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan baik dari segi personil maupun sistem yang dikembangkan. Oleh karenanya diperlukan pembakuan sistem dan prosedur kerja secara menyeluruh sehingga dalam pelaksanaannya dapat lebih terorganisir dengan rapi dan dapat dievaluasi tingkat perkembangannya.
Dalam sistem pemeliharaan yang dilaksanakan di Departemen Engineering PT Texmaco Jaya Pemalang, prosedur kerja yang ada untuk setiap kegiatan hanya mengacu pada pola kerja yang telah biasa dilaksanakan. Tidak adanya sistem dan prosedur yang baku dalam kegiatan pemeliharaan ini mengakibatkan kurang terstrukturnya pola kerja setiap teknisi dalam penanganan suatu masalah yang berkaitan dengan pemeliharaan. Di samping itu manajemen data yang ada, yang diperlukan dalam rangka mendukung kegiatan pemeliharaan ini masih dilaksanakan secara manual dimana hal ini berakibat pada tingkat keefektifan waktu penyediaan informasi yang dibutuhkan.
Berkaitan dengan masalah tersebut di atas, maka penulis mencoba untuk merancang sebuah sistem informasi manajemen pemeliharaan yang diarahkan kepada pelaksanaan TPM (Total Productive Maintenance) sebagai sarana dalam peningkatan kualitas pemeliharaan melalui penentuan standar sistem dan prosedur kegiatan pemeliharaan dengan mengacu pada kondisi yang telah ada. Selain itu sebagai pendukung penyediaan informasi yang dibutuhkan, maka dibuat pula sebuah manajemen database yang terkomputerisasi yang diharapkan mampu menjadi acuan dalam analisa kondisi pemeliharaan secara menyeluruh baik bagi teknisi maupun pihak menajemen perusahaan. Adapun pengolahan data dalam manajemen basis data yang dipakai pada skripsi ini adalah Microsoft Access 97 for Windows 95 dan sistem yang dirancang ini dibatasi hanya sampai tahap pengembangan.
Dengan adanya sistem informasi menajemen pemeliharaan yang dikembangkan ini, maka diharapkan dapat meningkatkan efektivitas kegiatan pemeliharaan serta kualitas pelaksanaannya yang akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing perusahaan secara umum sehingga mampu bertahan dalam persaingan dunia usaha yang semakin ketat dewasa ini."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49871
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Purnomo
"PT. Unindo Jaya (PT. UJ) merupakan perusahaan jasa pemasok (supplier) yang bergerak dibidang penyediaan peralatan mekanik (mechanical), peralatan listrik (electrical), pemipaan, dan peralatan eksplorasi minyak bumi, guna memenuhi permintaan pasar perusahaan minyak yang ada di Indonesia.
Industri jasa memiliki kekhasan yang menentukan sukses atau tidaknya dalam suatu persaingan nanti. Karakteristik yang dimaksud antara lain adalah adanya mutu layanan yang baik, waktu pengiriman produk yang tepat waktu, kesesuaian antara produk dengan permintaan, dan pekerja yang bermotivasi. Ketiga karakteristik terakhir menentukan karakteristik yang pertama. Skripsi dengan judul Rancangan Sistem lnformasi Mancyemen Untuk Departemen Tender Di PT. Unindo Jaya disusun guna membantu terpenuhinya tingkat kehandalan ketiga karakteristik tersebut.
Dengan adanya sistem informasi yang dikembangkan, maka diharapkan tingkat akurasi dalam pengolahan data sebagai pendorong tercapainya tingkat keandalan perusahaan dalam mengamankan waktu pengiriman produk sampai ke tempat tujuan, kesesuaian antara produk dengan yang diminta, dan terpeliharanya motivasi para pekerja.
Sistem informasi yang dikembangkan berisikan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan oleh Kepala Departernen Tender, yaitu :
1. Informasi tentang rincian permintaan produk dari pelanggan, yang meliputi apa produk yang dipesan, durasi waktu yang dibutuhkan, nama produk, jumlahnya, dansebagainya
2. Informasi nilai transaksi
3. Informasi tender yang sedang berjalan
4. lnformasi total biaya permintaan
5. Informasi keuntungan yang diperoleh
Perancangan sistem informasi dilakukan untuk menggantikan sistem manual yang berlaku selama ini, dimana sistem yang ada sudah tidak memadai lagi untuk digunakan terutama bila kondisi frekuensi permintaan-penawaran harga produk yang cukup tinggi.
Pengolahan data dalam basis data dilakukan melalui Sitem Manajemen Basis Data (Data Base Management System, DBMS). DBMS yang dipakai dalam skripsi ini adalah Microsoft Access 97 For Windows 95. sistem yang dikembangkan dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36829
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihite, Josep Franklin
"PT. DKB merupakan perusahaan pembangunan bangunan baru kapal dengan sistem produksi job order. Diperkirakan dimasa yang akan datang permintaan akan bangunan baru kapal akan meningkat. Dengan meningkatnya permintaan bangunan baru kapal ini, maka kebutuhan material ataupun komponen-komponen kapal akan meningkat sehingga diperlukan penanganan pengadaan material yang baik.
Proses pengadaan material yang dilaksanakan Departemen Logistik PT. DKB belum memiliki peta aliran dan proses dengan baik sehingga jika terjadi kesalahan prosedur atau ketidaktepatan waktu akan sulit untuk diketahui. Disamping itu penanganan sistem informasi pengadaan material masih secara manual sehingga untuk menghubungkan dan mengetahui status material di dalam Departemen Logistik maupun antar departemen yang terkait dirasakan kurang effektif. Hal ini dikarenakan banyaknya material yang diperlukan pada waktu yang bervariasi dan banyaknya perusahaan pemasok serta banyaknya proyek yang ditangani sekaligus pada waktu yang bersamaan.
Pada skripsi ini akan dilakukan pemetaan aliran dan proses yang dilalui dalam pengadaan material berdasarkan data yang ada pada perusahaan, dengan demikian diharapkan pengadaan material bisa lebih efektif dengan didukung adanya sistem informasi manajemen yang terkomputerisasi. Pemetaan aliran dan proses ini diharapkan menolong para pengambil keputusan untuk mengatasi masalah yang ada pada proses pengadaan material.
Pemetaan aliran dan proses yang didukung sistem informasi manajemen ini masih sederhana sehingga perlu dikembangkan untuk dapat menangai masalah yang lebih kompleks lagi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S49621
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudi Mulyadi
"PT. TGI merupakan perusahaan pembuatan pompa jenis industri dengan sistem produksi job order. Diperkirakan dimasa yang akan datang permintaan akan pompa akan meningkat. Dengan meningkatnya permintaan pompa tersebut, maka kebutuhan material ataupun komponen-kornponen pompa akan meningkat sehingga diperlukan penanganan material yang baik.
Sistem informasi penanganan material yang dilaksanakan Departemen Logistik/Gudang PT. TGI masih secara manual sehinga untuk menghubungkan dan mengetahui status material didalam departemen terkait dirasakan kurang efektif. Hal ini dikarenakan banyaknya material yang ditangani pada waktu yang bervariasi.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis menganalisa proses penanganan material di departemen Iogistik/gudang PT. TGI berdasarkan data yang ada pada perusahaan maupun wawancara langsung. Dari hasil analisa proses tersebut kemudian dirancang sistem informasi manajemen penanganan material di departemen logistik. PT. TGI yang berbasiskan komputer.
Dengan demikian penanganan material di departemen logistik PT. TGI dapat lebih cepat, akurat dan dapat diandakan. Sistem informasi manajemen penanganan material di departemen logistik PT. TGI yang terkomputerisasi ini juga dapat menolong para pengambil keputusan untuk mengatasi masalah yang ada pada proses penanganan material."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S49922
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudy Gunawan
"Saat ini, banyak perusahaan yang memandang pemeliharaan sebagai fungsi terakhir yang dapat dikontrol dimana mereka mempunyai pe|uang untuk menurunkan biaya produksi. Karena itu. banyak prusahaan saat ini berusaha menerapkan strategi dan taktik pemeliharaan seperti TPM (Totai Productive Maintenance), RCM (Reliability Centered Maintenance), Predictive Maintenance dan CMMS (Computerized Maintenance Management System) untuk menekan biaya pemeliharaan.
Jika strategi dan taktik yang disebutkan di atas ingin diterapkan secara sukses, maka pemeliharaan tidak dapat dipandang sebagai sebuah sumber biaya yang sederhana tetapi harus dilihat sebagai sebuah investasi.
Dalam perkembangannya saat ini, CMMS Iebih berkembang dan banyak diminati oieh perusahaan dibandingkan strategi dan taktik yang lain. Maka pada skripsi ini penuiis berusaha untuk membuat sebuah Sistem |nfom'|asi Manajemen Pemeliharaan yang merupakan sebuah CMMS untuk perusahaan dengan skaia menengah ke bawah.
Sebuah CMMS adalah sebuah program perangkat Iunak komputer yang dikembangkan untuk membantu dalam perancanaan, manajemen dan prosedur administritif yang dibutuhkan untuk menciptakan fasilitas pemeliharaan yang efektif. CMMS juga berarti sebuah cara untuk membagi informasi secara efektif diantara pekerja dan manajemen, dan bagian pemeliharaan dan bagian operasi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36848
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Riska Komala Putri
"Proyek konstrulcsi menghasilkan satuan informasi yang sangat besar dan kompleks. Dengan sistem informasi yang balk, masalah yang timbul dapat dideteksi lebih awal, sedemikian sehingga altematif-altematif penyelesaian dapat diperoleh. Oleh karena itu telah dikembangkan suatu sistem infoxmasi manajernen pengendalian proyek (Project Management Information Control System) yaitu sebuah sistem informasi berbasis komputer yang berfungsi sebagai database dalam suatu proyek konstruksi. Berkaitan dengan hal tersebut maka dalam penulisan skripsi ini akan clilakukan suatu Analisa Wewenang yang merupakan tahap awal dalam penerapan PMICS. Analisis yang dilakul-can adalah mempelajari sejumlah inforrnasi dalam penanganan suatu proyek yang dikhususkan pada kegiatan engineering dan memetakan berbagai jenis informasi yang ada terhadap iimgsi manajemen konstruksi atau personil yang bertanggung jawab menyediakan dan juga mengakses informasi tersebut. Metode yang digunakan adalah studi kasus yang dilakukan di PT Rekayasa Engineering. Pengoiahan data dilakukan dengan menggmmakan alat bantu analisis berupa model matriks. Diharapkan dcngan hasil analisis tahap awal dari PMICS bempa Matrix Personil terhadap Fungsi dan Matrix Personil terhadap Informasi dan kemudian dilanjutkan dengan tahap-tahap berikumya pada akhirnya akan dapat dikembangkan suatu sistem informasi yang berbasis komputer untuk meudukung penanganan berbagai permasalahan pada manajemen informasi proyek.
Construction project produce a complex and large amount of information. With a good information system, manager can detect problems earlier, so some alternative solutions can be deiined. Because of that, Project Management Injbrmation Control .Sjvstem (PMICS), a computer based of information system as a database in a construction project, has been developed. Related with that matters, so in this Enal assignment will be discussed a Domain Analysis as the first phase of PMICS implementation. This paper describes a study of the extent information in project handling of engineering activities and mapped a various types of project information against the construction management functions that provide and access the information. The analysis using case study method at PT Rekayasa Engineering and using matrix as a analysis tools. With the analysis result of PMICS first phase, matrix of Personnel versus Function and matrix Personnel versus Information and then continued with the next phase, we can develop a computer based information system to support tasks on construction project management."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S35265
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Komarudin
"Dalam dunia bisnis, dashboard eksekutif perusahaan adalah Key Performance Indicator (KPI). KPI dapat memberikan informasi kepada pihak eksekutif dan manajer mengenai tingkat kinerja perusahaan saat ini sehingga eksekutif dan manajer dapat mengendalikan jalannya organisasi dengan lebih baik. Selain itu, dari KPI dapat dibuat sebuah perencanaan strategis (strategic planning) untuk mencapai perbaikan yang berkesinambungan (continons improvement). Eksekutif dan manajer adalah orang-orang yang sibuk dan sedikit sekali mempunyai waktu luang, termasuk untuk berkunjung ke perguruan tinggi untuk membaca hasil penelitian tentang Key Performance Indicator (KPI) di sana. Selain itu, membaca hasil penelitian yang terpisah-pisah semakin menyulitkan mereka. Mereka menginginkan informasi dalam bentuk yang ringkas dari keseluruhan data yang ada dan diperielas dalam format grafik. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem informasi yang akan menampilkan Key Performance Indicator dalam Manajemen Pemeliharaan. Sistem informasi yang dirancang dapat diakses melalui internet sehingga memudahkan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan informasi tersebut. Selain itu, penelitian ini dapat menampilkan berbagai variasi resultan ataupun resultan dari KPI yang digabungkan dari dua industri atau lebih. Dengan demikian, pihak-pihak yang memerlukan informasi mengenai Key Performance Indicator dalam Manajemen Pemeliharaan dapat memperoleh kemudahan dan data yang ditampilkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

In business environment, company's executive dashboard is Key Performance Indicator (KPI). KPI can provide information for executives and managers about company's performance level. So, they can operate company in better ways. They can also develop a strategic planning to attain continuous improvement. Executives and managers are very busy people and have less time for visiting university only for read researches done about KPI. On the other hand, read separated research results give them more confusion. They need information in simpler form from all data exist and presented in graph mode. There fore, this research done to design an information system that would provide Key Performance Indicator in Maintenance Management. Information System designed could be accessed by using Internet. So, it would be easy for anyone to get the information. The result is also can provide many variation of resultant or KPI resultant mixed from two or more industry. At the end, any one who need information about Key Performance Indicator in Maintenance Management could get that easily and they could conform the data as their preference."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S50050
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kresna Priawan Djokosoetono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35376
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Rio Basa Sesko
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S36876
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Damayanti
"Along with the development of information technology, when the computer is no longer a luxury thing, it is common for government's institutions to optimize computer's usage to support their operational activities. One of its additional values is to obtain time and energy efficiency, ease and simplicity in organizing internal data for the purpose of increasing their employees' performance. Information technology in E-government field has the capacity in actuating this additional value, with its characteristic for having no limit of time, distance, and territorial border. As one of government institution in educational field, The Center of Education and Training (Pusdiklat), Ministry of Public Works is continually trying to offer additional values in every aspects of its services, such as, increasing operational performance quality and efficiency in organizing Widyaiswara's data. Therefore, Pusdiklat PU took the initiative to develop an application of the web based Widyaiswara's Management Information System (SIMWI) to make it accessible by Widyaiswara in every areas by utilizing the internet connection. In this research, the writer tried to analyze by using the System Development Life Cycle approach to produce SIMWI application design for Pusdiklat PU. From this analysis, it is hoped that the physical form of the application planning will meet the purpose of the E-Government developing project. In the end of this paper, the writer tried to make conclusions and gives recommendations for successful achievement of final objectives of implementing the application in Pusdiklat PU."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>