Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 72835 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mochammad Yoerliansah Tangkari
"Layar pesawat televisi menyajikan tayangan yang menjadi media sumber informasi dan komunikasi bagi masyarakat. Oleh sebab itu, ragam tayangan televisi semakin bermunculan dan berlomba untuk menghasilkan tayangan yang berbeda. Tayangan televisi merupakan suatu produk kreatif, yang membutuhkan proses panjang dalam pembuatannya. Dengan memanfaatkan ruang khusus pengambilan gambar yang disebut studio televisi. Didalamnya terdapat ruang kosong yang dapat dimanfaatkan untuk dibangun suatu desain panggung/set yang menjadi bagian penting berlangsungnya suatu tayangan televisi. Saat pemirsa menyaksikan tayangan televisi, mereka kerap tidak menyadari bagaimana sesungguhnya kondisi di sekitar panggung. Pada layar televisi yang terlihat berupa tayangan yang telah terkemas baik antara konsep, pengisi acara, hingga background lokasi yang terlihat nyata. Kreatifitas orang-orang belakang layar mampu - mengelabui - visualisasi mata seseorang yang pada akhirnya mempengaruhi pemikiran seseorang. Desain Panggung/set dirancang sesuai konsep tayangan televisi dan dibangun dengan kualitas ruang yang sesuai. Kualitas ruang tersebut diharapkan mampu menciptakan efek tertentu dan menciptakan manipulasi arsitektur sehingga muncul tampilan yang berbeda dengan apa yang dilihat pemirsa di layar televisi. Manipulasi yang dilakukan akhirnya menghasilkan image atau citra baru, yang bahkan hasilnya bias berlawanan dengan kondisi yang sesungguhnya di studio TV.

The Television presents us the whole information and communication in consequence that there are many new kind of television shows. Television show is a product of creative idea which is required a long process to make it real. The Television show alots a special room called television studio, it is an empty space used to created a sets which is holding the important rate for the television show. When watching the TV, usually we do not notice how the conditions around the real sets. In the screen we watch finishing show that embrace good concept, professional performers & fabulous background. The creativity of the people behind the scene is able to deceive vision and mind of audience. Sets are designed in accordance with TV show concept and arrange in accordance to the certain quality space. The quality space expected to created the special effect. Architecture manipulated the space so that the display of in tv screen viewed differently by audiences. Finally manipulation produces a new image that might contradict with the real situation in the TV studio."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52283
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Santi Cipto Cahyono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S47970
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hary Arief Sofyan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S48027
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dina Andriani
"ABSTRAK
Tayangan televisi merupakan sebuah bentuk hiburan yang ditonton setiap harinya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun sesungguhnya tayangan televisi merupakan bagian dari hiperrealitas, sebuah lapisan kehidupan dimana batas antara kenyataan dan kepalsuan menjadi kabur. Sadar atau tidak sadar, tayangan televisi menjadi produk yang terus dikonsumsi oleh masyarakat sehingga produksi tayangan televisi pun semakin berkembang. Dengan tuntutan tersebut, tayangan televisi dibuat dengan berbagai metode untuk menghasilkan tontonan yang menarik. Arsitektur memiliki peran dalam produksi tayangan televisi. Melalui desain set, arsitektur disimulasikan sehingga dapat membangun dan memperkuat tayangan televisi yang diproduksi.
ABSTRACT
Television show is a form of entertainment watched everyday by most Indonesians. However, television shows actually belong to hyperreality, a layer where the border between reality and artificiality is blurred. Conciously or not, television show becomes a product that keeps being consumed by people, thus developing the production of television shows. With that kind of demand, television shows must be produced in various methods to have interesting results. Architecture plays a role in television production. Through set design, architecture is simulated so it can build and strengthen television products."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62128
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Rahmatika Hadi
"Stasiun kereta api merupakan satu bagian menarik dari sebuah kehidupan kota, dimana di tempat tersebut terjadi berbagai peristiwa. Stasiun merupakan asset permanen yang seringkali bertahan dalam hitungan umur yang lama. Dalam kenyataannya tempat ini dikunjungi oleh ratusan atau bahkan ribuan orang setiap harinya. Dengan pertambahan kebutuhan penduduk kota, stasiun saat ini bukan hanya berfungsi sebagai haltenya kereta api. Banyak ruang-ruang baru yang tumbuh daiam stasiun kereta api. Ada keinginan untuk menyediakan ruang bagi masyarakat terutama pengguna jasa transportasi ini.
Sebuah stasiun kereta api bukan hanya sebuah tempat persinggahan kereta api, namun juga merupakan satu ruang untuk berkegiatan pengunjungnya. dimana karakteristik yang dihasilkan pasti akan berbeda.
Apa saja ruang-ruang atau mungkin dapat dikatakan fasilitas yang ada clalam stasiun kereta api? Apakah ruang yang ada pada satu stasiun kereta api juga terjadi pada stasiun Iainnya. Bagaimana dengan fasilitas yang telah tersedia pada stasiun kereta api di Jakarta? Unluk menjawab pertanyaan itu diadakan pencarian dasar-dasar teori tentang stasiun kereta api dan studi kasus pada stasiun kereta api yang ada di Jakarta, daiam hal ini Stasiun Gambir dan Stasiun Cikini.
Ternyata benyak ditemukan ketidaksesuaian antara teori yang menjelaskan bagaimana seharusnya fasilitas yang ada pada sebuah stasiun kereta api dengan kenyataan yang diterapkan pada Stasiun Cikini dan Stasiun Gambir."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S48354
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ana Windarsih
"ABSTRAK
Tesis ini membahas masalah imperialisme media dalam dinamika televisi
nasional Indonesia -Trans TV- khususnya, Metalui teori hegemoninya Gramsci
dianalisa bagaimana TV dapat berfungsi sebagai resistensi hegemoni dalam
menghadapi imperialisme media yang masuk melalui program TV asing.
Pengembangan identitas budaya merupakan salah satu srrategi yang diterapkan
pada stasiun teievisi nasional Trans TV, Menggunakan pendekatan studi kasus
dengan teknik pengumpulan data in depth interview dan observasi. Analisa data
secara ilustratif naratif setelah melalui tahap pengkategorian data. HasH penelitian
menunjukkan bahwa Trans TV sebagai stasiun televisi late comer
tnengembangkan produksi program secara in house (90%) dengan
mengedepankan identitas budaya lokal. Namun hal tersebut belum bisa dikatakan
mengcounter hegemoni, karena Trans TV sejak awal siaran sampai sekarang
masih tetap menayangkan program impor dalam Biaskop Trans TV. Faktor
lainnya, sebagai televisi komersial Trans TV di samping mengemban tugas
memberikan edukasi kepada masyarakat. di sisi lain tetap mengembangkan
bisnisnya yang sudah barang tentu semakin melanggengkan ideologi kapitalisme.

Abstract
The focus of this study Is media imperialism within the dynamic of
(Indonesian national television especially Trans TV. With Gramsci's theory
hegemony i1 will be investigated how television could function an agent of
counter hegemony against media imperialism that infiltrated television through its
imported programs. To Develop of cultural identity is a strategy that has been
practiced by Trans TV. This research is a qualitative research that uses data
collecting technics are in depth interview and observation. The analysis of data
collected were conducted through categorization and coding which was later
systematically written imo illustrative narrative. The research findings show that
Trans TV as a late comer among all national televisions has developed an in house
production straightly (90%), with priority on local cultural identity. But it is
difficult to agree that such an action is a counter hegemony against imported
program particularly since Trans TV is still displaying imported movies through a
special program called Bioskop Trans TV. Another is the role of Trans TV as a
commercial television. so besides its function to provide educational programs for
the society, it must also pay attention to the development of its business core
which with inevitably sustain the so called capitalism ideology."
2009
T32482
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ray Fernando Tuahta
"Skripsi ini membahas tentang permasalahan antrian keluar Stasiun Bekasi. Antrian keluar yang diamati adalah antrian keluar pada jam sibuk sore yang terlihat sudah sangat panjang hingga mencapai jalur rel penglaju. Antrian ini diakibatkan adanya tundaan yang terjadi akibat oleh adanya waktu pelayanan mesin Gerbang Transaksi Otomatis. Analisis pada penelitian ini menggunakan teori antrian dan tingkat pelayanan agar dapat mengetahui kinerja dan kapasitas dari Gerbang Transaksi Otomatis terhadap jumlah penumpang yang keluar. Hasil dari analisis akan dibuat solusi permasalahan agar mampu meningkatkan tingkat pelayanan diantaranya, dengan adanya penambahan beberapa fasilitas antrian, modifikasi area antrian, dan penambahan pintu keluar di Stasiun Bekasi.

The purpose of this research is to analyse the problem of queueing at exit gate in Bekasi Station. The queue focused at exiting queue on evening peak hour which showed extremely long queue and reach the active railway. The queue caused by delay which happened by the service time at gate fares. This study is using queueing theory and level of service theory to identify the gatefares rsquo performances and capacity campared to the amount of passanger who want to leave Bekasi Station. The results of this study will make some solutions to increase the level of service of gate fares, such as adding extra queueing facilitites, modifying queueing area, and adding a new Gate in Bekasi Station."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67281
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Wulandari
"Perkembangan stasiun televisi di Indonesia semakin marak setelah 10 stasiun TV Swasta dan TVRI melaksanakan siarannya setiap hari. Untuk mempertahankan eksistensinya, maka persaingan gencar antar stasiun TV Swasta pun terjadi.
TRANS TV sebagai salah satu stasiun TV Swasta yang relatif masih muda menunjukkan eksistensinya dengan menempati peringkat ke-4 di antara stasiun TV Swasta pada usianya 10 bulan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana manajemen TRANS TV melaksanakan strategi programming untuk menarik pemirsa yang didukung faktor promosi, teknologi, dan masalah sumber daya manusia. Berkaitan dengan hal tersebut menarik untuk diketahui strategi penjualan slot iklan TRANS TV untuk memperoleh iklan semaksimal mungkin untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya sebagai stasiun TV Swasta.
Metodologi yang dgunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui in depth interview dengan para narasumber/informan yang diambil dengan teknik snow ball. Dari hasil interview tersebut dan didukung oleh data-data sekunder diperoleh gambaran yang jelas dan terurai mengenai permasalahan dalam penelitian.
TRANS TV memiliki manajemen yang solid dengan mengandalkan budaya perusahaan yang diidentifikasikan sebagai good corporate governance. Perubahan yang mendasar dalam strategi programming yang semula mengutamakan acquisition program menjadi in-house production membawa implikasi pada perubahan kebijakan human capital dan strategi keuangan. Strategi penjualan yang 'menjemput bola' juga menghasilkan revenue yang tinggi, sementara overhead cost yang rendah. Hal ini berpengaruh pada bargaining position yang baik dalam bidang penjualan. Aktivitas promosi dilakukan baik dengan on air dan off air promo, sedangkan pemanfaatan teknologi digunakan serba digital. Selain itu sumber daya manusia yang digunakan TRANS TV adalah 80% berusia muda di bawah 27 tahun dan 20% tenaga yang sudah berpengalaman.
Setelah mendapatkan temuan-temuan penelitian, maka dibuatkan ikhtisar, kesimpulan dan implikasi baik dari sisi akademis, yaitu perlunya penelitian lebih lanjut mengenai strategi TV Swasta secara lebih mendalam, juga dengan membandingkan dengan stasiun TV Iainnya. Sedangkan implikasi praktis, penelitian semacam ini menjadi masukan dan pemahaman bagi pengelola media elektronik, khususnya televisi, maupun mitra kerja media televisi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
T14285
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mpshkovitz, Moshe
Boston: Focal Press, 2000
791.450 MOS v
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Lukmiyati
"[ABSTRAK
Industri televisi di Indonesia semakin berkembang pesat. Saat ini ada
sekitar lebih dari 200 stasiun televisi yang tersebar di berbagai propinsi. Semakin
sesaknya pasar membuat persaingan di industri ini semakin ketat sehingga
diharapkan setiap stasiun televisi memiliki positioning yang jelas di benak
khalayak untuk dapat bertahan. Namun tidak selamanya proses positioning dapat
berjalan sesuai harapan, ada kalanya sebuah perusahaan mengalami kesalahan
dalam positioning yang disebabkan oleh beberapa hal. Pada penelitian ini, Jak tv,
sebagai salah satu stasiun televisi lokal di Jakarta, mengalami confused
positioning akibat terlalu banyaknya informasi yang diberikan kepada khalayak
dan bahkan salah satu informasi kesehatan menimbulkan image yang berbeda bagi
khalayak. Kondisi ini menjadi salah satu alasan Jak tv melakukan repositioning
untuk membangun image menjadi televisi informasi. Metodologi dalam penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma post-positivis. Teknik
pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap 3 orang
informan yaitu Direktur Utama Jak tv, Direktur Pemberitaan NCA, dan mantan
Manajer R & D Jak tv, selain itu juga dilakukan observasi partisipatori dan
penelusuran dokumen terkait tema penelitian. Penelitian ini bersifat evaluasi
untuk menganalisis strategi repositioning yang dilakukan Jak tv yang mengalami
confused positioning untuk membangun image sebagai televisi informasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi repositioning yang dilakukan yaitu
penyesuaian kembali STP (segmentation, targeting, positioning), perubahan
manajerial di bidang SDM, perbaikan alat dan teknologi serta perubahan dan
perbaikan program tayangan. Dalam rangka meraih posisi yang baru, Jak tv terus
melakukan komunikasi dengan khalayak yakni penonton dan pemasang iklan,
dengan memanfaatkan media promosi on air dan off air termasuk memanfaatkan
unit jaringan dalam grup Mahaka Media dan Artha Graha Network

ABSTRACT
The television industry in Indonesia is growing fast. Nowaday, there are
more than 200 tv stations in Indonesia. Regarding that, each station must has a
good and clear positioning for the audience to win the competition. However, the
positioning process can not always going well, some of them had positioning gap,
which is caused by many factors. This research took Jak tv, one of the local tv
station in Jakarta, as a case study which had confused positioning. There were too
many various information for Jak tv audiences, e.g one of the health information
had made misperception of Jak tv image for the audience. Then the repositioning
was made to build image of Jak tv as the information television. This research
using a qualitative approach and a post-positivism paradigm. The researcher did
an in-depth interview to the 3 resources: the CEO, the NCA Directors and ex R &
D Manager of Jak tv. In order to be more accurate and comprehensive data, the
researcher also did participatory observation and documents study. This is an
evaluation research to analyse the repositioning strategi of Jak tv which had
confused positioning to build image as the information television. The result
showed that Jak tv had made some repositioning strategies include readjustment
of the STP (segmentation, targeting, positioning), the managerial transformation
of the human resources, renew the broadcasting equipments and technologies, and
change over of the on air look and the content of broadcast programs. Jak tv
always share with the audience and the advertiser of the new positioning. Jak tv,
as unit part of two groups, the Mahaka Media and the Artha Graha Network, used
media promotion both on air and off air to inform their new positioning;The television industry in Indonesia is growing fast. Nowaday, there are
more than 200 tv stations in Indonesia. Regarding that, each station must has a
good and clear positioning for the audience to win the competition. However, the
positioning process can not always going well, some of them had positioning gap,
which is caused by many factors. This research took Jak tv, one of the local tv
station in Jakarta, as a case study which had confused positioning. There were too
many various information for Jak tv audiences, e.g one of the health information
had made misperception of Jak tv image for the audience. Then the repositioning
was made to build image of Jak tv as the information television. This research
using a qualitative approach and a post-positivism paradigm. The researcher did
an in-depth interview to the 3 resources: the CEO, the NCA Directors and ex R &
D Manager of Jak tv. In order to be more accurate and comprehensive data, the
researcher also did participatory observation and documents study. This is an
evaluation research to analyse the repositioning strategi of Jak tv which had
confused positioning to build image as the information television. The result
showed that Jak tv had made some repositioning strategies include readjustment
of the STP (segmentation, targeting, positioning), the managerial transformation
of the human resources, renew the broadcasting equipments and technologies, and
change over of the on air look and the content of broadcast programs. Jak tv
always share with the audience and the advertiser of the new positioning. Jak tv,
as unit part of two groups, the Mahaka Media and the Artha Graha Network, used
media promotion both on air and off air to inform their new positioning, The television industry in Indonesia is growing fast. Nowaday, there are
more than 200 tv stations in Indonesia. Regarding that, each station must has a
good and clear positioning for the audience to win the competition. However, the
positioning process can not always going well, some of them had positioning gap,
which is caused by many factors. This research took Jak tv, one of the local tv
station in Jakarta, as a case study which had confused positioning. There were too
many various information for Jak tv audiences, e.g one of the health information
had made misperception of Jak tv image for the audience. Then the repositioning
was made to build image of Jak tv as the information television. This research
using a qualitative approach and a post-positivism paradigm. The researcher did
an in-depth interview to the 3 resources: the CEO, the NCA Directors and ex R &
D Manager of Jak tv. In order to be more accurate and comprehensive data, the
researcher also did participatory observation and documents study. This is an
evaluation research to analyse the repositioning strategi of Jak tv which had
confused positioning to build image as the information television. The result
showed that Jak tv had made some repositioning strategies include readjustment
of the STP (segmentation, targeting, positioning), the managerial transformation
of the human resources, renew the broadcasting equipments and technologies, and
change over of the on air look and the content of broadcast programs. Jak tv
always share with the audience and the advertiser of the new positioning. Jak tv,
as unit part of two groups, the Mahaka Media and the Artha Graha Network, used
media promotion both on air and off air to inform their new positioning]"
2015
T43747
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>