Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 135455 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Manulang, Rotua Junita V.
"Simulasi merupakan cara yang efektif untuk memodelkan sistem nyata. Pemodelan dilakukan dengan memberikan batasan-batasan sesuai dengan objektif yang ingin dicapai dari model. Simulasi dibedakan menjadi dua yaitu simulasi tradisional dan simulasi komputer. Simulasi tradisional melibatkan beberapa pemain yang berinteraksi langsung untuk memetakan sistem nyata melalui peran masing-masing. Seiring perkembangan teknologi, maka simulasi tradisional berkembang menjadi simulasi komputer yang memanfaatkan program simulasi untuk memodelkan sistem melalui model yang dibuat. Jaringan internet yang juga berkembang memungkinkan integrasi antara simulasi komputer dengan internet sehingga menghasilkan simulasi berbasis aplikasi web.
Tujuan yang akan dicapai adalah simulasi dapat dijalankan oleh beberapa peserta yang berinteraksi melalui internet. Penelitian ini merupakan penyempurnaan perancangan simulasi berbasis aplikasi web yang dilakukan dalam 4 tahap yaitu penjelasan kembali pembuatan model sistem dinamis, penyempurnaan web interface model, hosting web ke penyedia layanan internet, lalu verifikasi web. Model yang digunakan adalah Beer Distribution Game.
Penyempurnaan interface dilakukan pada sisi administrator yaitu penyempurnaan grafik, sedangkan pada sisi pemain dilakukan penambahan fitur web. Konsep perancangan dasar dari web menggunakan konsep telah dibuat pada penelitian sebelumnya termasuk database, penggunaan script ASP dan Powersim SDK. Hasil penelitian ini adalah Beer Distribution Game Online yang diakses dari internet dengan penyempurnaan web interface sebagai nilai tambah.

Simulation represents an effective methodology to model a real system. Modeling is conducted with boundaries based on the desired objectives. Simulation can be conducted in two approaches; traditional simulation and computer simulation. Traditional simulation entangles some players directly interacts each other through each role. Along technological growth, hence traditional simulation develop into computer simulation that exploits simulation program to model a system. Internet network wich also expand, enable the integration between computer simulation and internet so that yield the web-based simulation.
This research's target is simulation can be run by players which have interaction only by using internet. This research represent the completion of web-based simulation design that is performed in four phases; re-explain the making of system dynamic model, development of web interface model, hosting web to the ISP so the simulation can be played online, then result's verification. The developed model is Beer Distribution Game.
Interface development at the administrator's side that is graph completion while at the player's side that is additional web feature. Base conception of the web is developed from the previous research's concept included database, use of ASP script and Powersim SDK. The result of this research is Beer Distribution Game Online with completion of web interface as an added value.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S50390
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Laura Olivia Ramadhona
"Simulasi bertujuan untuk memodelkan sistem nyata dengan memberikan batasan tertentu sesuai dengan objektif yang ingin dicapai. Simulasi dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu simulasi kovensional dan simulasi komputer. Simulasi konvensional melibatkan sejumlah peserta yang saling berinteraksi secara nyata dengan peran masing-masing untuk memodelkan suatu sistem. Sedangkan simulasi komputer telah memanfaatkan teknologi pemrograman sehingga simulasi dapat dilakukan melalui model yang dijalankan oleh program simulasi. Konsep simulasi berbasis aplikasi web adalah menggabungkan keduanya sehingga model tersebut dapat dijalankan oleh sejumlah peserta simulasi yang saling berinteraksi secara virtual di dunia maya. Perancangan simulasi web dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu pembuatan model sistem dinamis, pembuatan web-interface model untuk multipemain dan verifikasi hasil penelitian. Model yang digunakan adalah model Beer Distribution Game. Pembuatan web-interface dibedakan menjadi 2 sisi, yaitu pemain dan administrator. Interface di sisi pemain adalah menarik dan menyimpan data ke database di server, sedangkan di sisi administrator adalah menarik data dari database lalu mengirimkannya ke model untuk disimulasikan dan hasilnya disimpan kembali ke database. Program kecil (applet) ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman ASP dan fungsi SDK sebagai library program simulasi. Hasil dari penelitian ini berupa permainan simulasi Beer Game Online untuk multi-pemain yang dapat menampilkan laporan berupa tabel dan grafik simulasi.

Every simulation aims to model a real system with certain boundaries with respect to its desired objectives. Simulation can be carried on in two kind of approaches; conventional simulation and computer simulation. Conventional simulation involves a number of participants interacts each other, each with their unique role to model a system. On the other hand a computer simulation takes advantage out of current existing programming technology that allows the simulation to be carried in a model run by a simulation program. This research focused in a web based simulation application that is a hybrid product of both simulation concepts. This simulation allows the model to be run by a number of simulation participants interacting virtually in the cyber world. The design of a web based simulation in this research is carried out in three different phases; the making of a system dynamics model, the making of webinterface for a multi player session, and the research result's verification. The model that is developed in this research is a Beer Distribution Game. The development of the program's web interface is differentiated into player and administrator's interface development. The player's side interface is to cache the data from the server database and store it back to the database, while the administrator's side interface is to cache the data from the database, send it to the model to be simulated, and store the result data back to the database. This applet or small program is developed in ASP programming language and SDK function as the simulation program's library. The result of this research is an online, multiplayer Beer Game Simulation program that can display reports in table and graphs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S50425
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moch. Noor Fathony
"Permainan simulasi bisnis telah lama dikenal dan digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang baik . Sekolah-sekolah bisnis di Amerika Serikat telah lama menggunakan permainan simulasi bisnis ini dalam kurikulum akademiknya. Manfaat dari penggunaannyapun telah banyak didokumentasikan, baik dalam bentuk jurnal maupun bentuk publikasi lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah permainan simulasi bisnis yang berbasis jaringan. Dengan demikian permainan simulasi bisnis ini dapat diakses dan digunakan setiap orang kapan saja, dimana saja, dan dengan biaya yang relatif murah. Model dasar yang digunakan pada model ini adalah permainan simulasi bisnis bernama Executive Decisions. Agar bisa dijalankan melalui jaringan, maka perlu dibuat web interface yang dapat menghubungkan model permainan ke browser yang digunakan user.
Tahapan pembuatan dimulai dengan penentuan kebutuhan variabel dalam web interface yang dibuat, untuk kemudian dikembangkan menjadi permainan simulasi bisnis yang dapat dijalankan dengan perantara jaringan. Pengembangannya sendiri melalui 4 tahap, yaitu perancangan web interface, pembuatan web interface, debug, dan verifikasi dan validasi permainan. Permainan simulasi berbasis jaringan ini menggunakan bantuan software Powersim 2005 SDK, dan bahasa ASP.
Hasil dari penelitian ini adalah sebuah permainan simulasi bisnis yang berbasis jaringan dengan nama Executive Decisions. Permainan ini merepresentasikan sebuah lingkungan persaingan usaha dimana peserta harus memasukkan variabel input berupa harga, jumlah produksi, anggaran pemasaran, anggaran penelitian dan pengembangan, dan anggaran investasi. Input peserta ini merupakan faktor menentukan dalam perkembangan perusahaan.
Permainan berbasis jaringan ini telah diverifikasi dan divalidasi dan terbukti berjalan sesuai dengan konsep yang direncanakan. Poin pembelajaran yang ingin diberikan pada peserta adalah pengenalan dan pemahaman tentang keterkaitan variabel yang mempengaruhi industri yang dimodelkan.

Business games have been long known and used as a good learning tool. Business schools in United States have been using business games in their academic curriculum. The benefit of business games have been greatly documented, either in journals or other forms of publications.
This research is aiming to make a web-based business games. By this way, this business games is accessible and usable by anybody, anytime, anywhere, and with relatively cheap cost. Basic model of the model was taken from a business game labeled Executive Decisions. To be able to run in network environment, it is necessary to build a web interface that is capable in connecting the model in the server to the client's browser.
Building steps were started with determining variable necessity of the web interface, then developed to be a fully working web-based business games. The development itself consist of 4 phase, which is the web interface design, web interface building, debug, and verification and validation of the simulation. This web-based simulation is using Powersim 2005 SDK and ASP programming language support.
The expected result from this research is a web-based business simulation games labeled Executive Decisions. The game represent a business competition environment where player should submit some input variable such as price, production quantity, marketing budget, R&D budget, and investment budget. Player input would be the determining factor of the firm growth.
This web-based simulation games has already been verified and validated and proven to act the same as the planned concept. The learning point that this game would like to provide to the player is about identifying and understanding the variables interrelatedness which have influence the simulated industry.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S50049
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yahya Kurniawan
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2002
005.758 21 YAH a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kresna Dewantara
"Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) merupakan sebuah unit ventura yang menawarkan layanan pengembangan perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak di Pusilkom UI umumnya menuntut waktu pengerjaan yang singkat, sedangkan sumber daya manusia yang dimiliki sangat terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut, Pusilkom UI menerapkan metodologi Agile Unified Process (AUP). Metodologi tersebut diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan tanpa memerlukan banyak pembuatan dokumentasi. Dengan demikian, perangkat lunak dapat diselesaikan tepat waktu, sesuai dana yang ditetapkan, dan dapat ditangani dengan sumber daya manusia yang terbatas. Agar kualitas sistem yang dikembangkan Pusilkom UI dengan metodologi AUP tetap dapat terjaga, maka Pusilkom UI membuat sebuah Panduan AUP yang dapat menjadi pedoman bagi para pengembang perangkat lunak di Pusilkom UI. Dalam proyek mahasiswa yang penulis lakukan, penulis diberikan tanggung jawab untuk mengevaluasi Panduan AUP v2.2.2 yang telah dibuat oleh Pusilkom UI. Evaluasi dilakukan dengan mengembangkan sistem informasi e-Passport dengan menggunakan metodologi AUP. Pengembangan dilakukan dengan beracuan pada Panduan AUP v2.2.2 yang dibuat Pusillkom UI. Penulis melaksanakan setiap fase, mulai dari inception, elaboration, construction, sampai transition. Setelah melakukan pengembangan perangkat lunak dengan metodologi AUP, penulis menyimpulkan Panduan AUP v2.2.2 masih perlu disempurnakan serta ada bagian-bagian yang perlu ditambahkan, dimodifikasi, dan juga dihilangkan. Dokumen laporan hasil proyek mahasiswa ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan Panduan AUP v2.2.2 yang nantinya dapat meningkatkan kinerja para pengembang, serta perangkat lunak yang dihasilkan. "
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eki Rahmadian
"Skripsi ini membahas tentang perancangan sistem informasi untuk diaplikasikan pada sistem perparkiran. Sistem informasi ini terhubung dengan alat-alat tambahan, yaitu modul Radio Frequency Identification (RFID) dan kamera web. RFID berperan sebagai tanda pengenal otomatis, dan kamera web dipergunakan untuk sistem pengawasan sederhana. Pada sistem ini, RFID reader sebagai terminal pembaca RFID tag melakukan komunikasi secara serial dengan PC, dengan standar RS-232. Dengan menggunakan Java API untuk komunikasi serial, maka RFID terhubung dengan PC. Selanjutnya dengan Java Database Connectivity (JDBC), aplikasi berbasis bahasa pemrograman Java tersebut dapat terhubung ke sebuah sistem basis data, yang dalam skripsi ini digunakan basis data MySQL. Untuk menampilkan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dan operator parkir, dipergunakan antarmuka web yang dibangun dengan bahasa pemrograman web dinamis Java Server Pages (JSP). Sistem informasi ini diharapkan mampu memberikan informasi yang cukup bagi setiap individu yang mengaksesnya, serta dapat membantu operator dalam hal pendataan dan keamanan.
Dari sistem yang telah dibuat, dilakukan tiga jenis pengujian. Pengujian ini dilakukan pada perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan. Pengujian fungsional sistem menunjukkan bahwa modul RFID mampu membaca tag kartu dengan baik, kemudian modul kamera membutuhkan jeda waktu minimal 0,5 detik untuk mengambil foto berdasarkan pergerakan objek, dan semakin besar objeknya, semakin sensitif kamera dalam mendeteksi pergerakan objek. Pengujian kompatibilitas menunjukkan bahwa dari kelima web browser yang digunakan, dua di antaranya kurang kompatibel dengan sistem informasi yang dibuat. Selain itu dari pengujian performa halaman web diperoleh rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan load setiap halamannya, yaitu berkisar pada 6000 sampai 18000 mikrosekon bergantung pada browser yang digunakan.

This final assignment discusses the design of an information system to be applied in parking system. This information system is connected with several devices including Radio Frequency Identification (RFID) module and web cameras. The RFID module is used as an automatic identification whereas the web cameras are used for simple surveillance system. The RFID reader which is used as the reader for RFID tag communicates with the PC using the serial port with an RS-232 standard. Using Java API for serial communication the RFID is connected to PC. Furthermore, Java Database Connectivity (JDBC) connects application to the database. To deliver informations which are needed by its user, a web interface built with dynamic web programming language -Java Server Pages (JSP) in this case- is developed. This information system is expected to deliver any kind of information required by anyone who is accessing it, and could help the operators and users in terms of physical security.
Three kinds of tests have been performed on hardware and software part of the system. System's functionality tests showed that the RFID module run well and read the tag properly. The cameras need minimum 0.5 seconds to capture photos based on motion detection. The bigger the object, the more sensitive the camera in detecting the motion of object. System's compatibility tests show that among five web browsers, two of them are not compatible with the information system. System's performance tests show that the average time which is needed to load every page is ranging from 6000 to 18000 microseconds subject the type of the browsers.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51388
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Eva Clara
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S34959
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Triyuniardi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S36798
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isaiah Kurnia
"Fakultas Teknik Universitas Indonesia merupakan salah satu fakultas rumpun ilmu sains dan teknologi universitas indonesia, yang berada di bawah Universitas Indonesia, dan termasuk ke dalam salah satu fakultas dengan penghasil limbah B3 cair dalam jumlah yang besar. Analisis dan simulasi pemodelan, melalui perangkat lunak VENSIM, dilakukan untuk limbah cair anorganik di laboratorium. Nilai laju timbulan yang didapatkan adalah sebesar 0,66 L/praktikan.minggu untuk Laboratorium Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, serta 3 L/praktikan.minggu untuk laboratorium Departemen Teknik Kimia. Hasil pemodelan selama 10 tahun menunjukkan bahwa timbulan limbah B3 cair anorganik memiliki nilai puncak sebesar 754,85 L. Nilai tersebut berpengaruh kepada pengujian total biaya pengelolaan, dengan besar Rp5.965.150,00, di minggu inisial. Dalam hal ini, skenario intervensi yang diberikan adalah penambahan luas TPS, penambahan jumlah pengangkutan, dan penggunaan thermal cracking unit. Analisis untuk ketiga skenario menunjukkan bahwa skenario terbaik adalah penambahan jumlah pengangkutan, dengan total biaya sebesar Rp13.765.150,00. Sesuai dengan hasil pemodelan, skenario tersebut akan diperlukan pada minggu ke 489, yang disebabkan lebih lanjut akibat kenaikan jumlah civitas FTUI, sebagai parameter yang paling sensitif terhadap perubahan timbulan limbah B3 cair anorganik. Keberadaan limbah anorganik yang berlebihan di lingkungan dapat memberikan dampak buruk jika secara kontinu tidak dilaksanakan fungsi pengelolaan yang memadai.

The Faculty of Engineering, University of Indonesia is one of the faculties of the science and technology cluster at the University of Indonesia, which is under the University of Indonesia, and is included in one of the faculties that produce large amounts of liquid B3 waste. Analysis and modeling simulations, via VENSIM software, were performed for inorganic wastewater in the laboratory. The generation rate obtained was 0.66 L/practitioner.week for the Laboratory of the Department of Civil and Environmental Engineering, and 3 L/practice.week for the laboratory of the Department of Chemical Engineering. The results of modeling for 10 years show that the generation of inorganic liquid B3 waste has a peak value of 754.85 L. This value affects the total management cost test, with an amount of IDR 5,965,150.00, in the initial week. In this case, the intervention scenario provided is to increase the TPS area, increase the number of transports, and use a thermal cracking unit. The analysis for the three scenarios shows that the best scenario is an additional number of transportation, with a total cost of IDR 13,765,150.00. In accordance with the modeling results, this scenario will be required in week 489, which is further due to the increase in the number of FTUI members, as the parameter that is most sensitive to changes in the generation of liquid inorganic B3 waste. The existence of excessive inorganic waste in the environment can have a negative impact if adequate management functions are not carried out continuously."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
TA2827
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>