Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112591 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rama Darmawan
"Skripsi ini membahas mengenai pengembangan model finansial dari suatu industri biodiesel berbahan baku kelapa sawit untuk dijadikan basis analisis ketertarikan sektor swasta dalam penyediaan bahan bakar alternatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dari aspek finansial bisnis dari perusahaan kelapa sawit dan perusahaan biodiesel dalam bentuk spreadsheets.
Hasil dari penelitian ini berupa model finansial yang dapat mengeluarkan output laporan keuangan perusahaan berupa neraca, laba-rugi, dan aliran kas. Kemudian laporan keuangan ini dijadikan dasar untuk meneliti kelayakan ekonomis usaha dalam industri biodiesel. Analisis keuangan dilakukan untuk mengetahui proyeksi keadaan perusahaan terhadap waktu selama industri berjalan.
Bentuk informasi dan saran yang dapat disampaikan dari penilitian ini adalah estimasi profitabilitas perusahaan yang disajikan dengan nilai NPV, IRR dan payback period; proyeksi batas minimum perubahan kenaikan harga jual dari produk agar industri dapat berjalan secara ekonomis; dan margin keuntungan yang wajar dari harga jual minyak kelapa sawit dan harga biodiesel.
Adapun hasil yang diperoleh yakni estimasi profitabilitas perusahaan kelapa sawit (IRR 22.27%, NPV Rp226,548,337,015.64, payback period 7 tahun) dan biodiesel (IRR 19.71%, NPV Rp112,316,718,523.22, payback period 4 tahun); perubahan harga MKS (CPO) per tahun berkisar 3.77% sampai dengan 5.43% agar kedua perusahaan bertahan layak ekonomis; margin keuntungan dari harga jual CPO berkisar 34.70% sampai dengan 40.99%, dan margin minimal untuk biodiesel adalah 7.11% dari harga jual biodiesel. Dengan demikian, industri biodiesel menjadi ekonomis untuk dikembangkan.

The focus of this study is about financial modeling of the industry of palm oil based biodiesel. This financial model is used to an analysis basis in learning the attractiveness from private sector to support alternative fuel supply. This study is quantitative study related to financial aspect in spreadsheets form.
The output of this study is financial model resulting financial statements such as balance sheet, cash flow, cost of good sold, and profit/loss statement. Then, these financial statements are used for financial analysis in figuring out the company's financial projection.
Information and suggestion that can be derived from this study are profitability estimation represented by IRR, NPV, and payback period; the minimum average threshold of change price of a product so that the industry would be profitable sustainably; and reasonable profit margin of crude palm oil and biodiesel product's price.
The results of the calculation are profitability estimation for palm oil company (IRR 22.27%, NPV Rp226,548,337,015.64, payback period 7 years) and biodiesel (IRR 19.71%, NPV Rp112,316,718,523.22, payback period 4 years); change in CPO price per years is about 3.77% to 5.43% so that both company would economically profitable; profit margin for CPO price is about 34.70% to 40.99%, and minimum margin for biodiesel price is 7.11%. In conclusion, biodiesel industry would be economically profitable to be developed.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52098
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Carissa
"Skripsi ini membahas potensi dampak lingkungan dari rantai suplai industri biodiesel berbahan baku minyak kelapa sawit. Metode life cycle assessment digunakan untuk mempelajari dampak lingkungan yang dihasilkan dari tiga unit utama dalam rantai suplai ini yaitu perkebunan, mill CPO, dan pabrik biodiesel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit perkebunan menyumbang potensi dampak lingkungan yang terbesar. Selain itu, potensi dampak lingkungan terbesar adalah kontribusi terhadap pemanasan global yang sumbernya didominasi oleh emisi dari unit perkebunan. Sejumlah skenario input pada perkebunan dipelajari untuk dapat mengevaluasi skenario terbaik dalam hal kelas lahan, luas lahan, teknik pembukaan lahan serta tipe lahan.

The focus of this study is to analyze potential environmental impact in the supply chain of palm oil biodiesel industry. Life cycle assessment is applied to analyze impacts, produced by the three main units, which are plantation, CPO mill, and biodiesel plant. This study shows that plantation gives biggest contribution to environmental impact. The biggest potential environmental impact is the contribution to global warming which emissions are produced mostly from the plantation. A number of input scenarios are assessed to evaluate the best scenario in term of land quality, land area, deforestation, and type of land."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52355
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lindi Anggraini
"Skripsi ini membahas analisis rancangan kebijakan industri biodiesel berbahan baku minyak kelapa sawit di Indonesia yang mengadopsi dari kesuksesan sistem kebijakan Brazil. Model sistem dinamis digunakan untuk mendapatkan proyeksi dari setiap alternatif kebijakan. Selain itu teori analisis kebijakan menjadi dasar dalam menganalisis setiap alternatif kebijakan dan dampaknya terhadap indikator keberlanjutan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif kebijakan yang berfokus kepada perusahaan Kelapa Sawit-CPO dan perusahaan Biodiesel memberikan dampak yang paling baik terhadap indikator keberlanjutan namun memerlukan biaya pemerintah yang paling besar. Beberapa alternatif kebijakan dianalisis untuk menjadi bahan pertimbangan mengenai kebijakan pemerintah terhadap industri biodiesel di Indonesia.

The focus of this study is to analyze policy design for palm oil biodiesel industry in Indonesia which adopt and learn from Brazil policy success strory. System Dynamis model is used to obtain projection of every alternative policy. Besides that, policy analysis is a basic to analyze every alternative policy and its outcome as sustainable indicators.
This study shows that alternative policy which focuses on both company, palm plantation-CPO mills and biodiesel plant, gives best sustainable indicators outcome, though it costs a lot by government. Some alternative policy are analyzed to be considered in government policy for biodiesel ndustry.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52063
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Ramdhani
"Penelitian ini membahas mengenai parameter-parameter yang berpengaruh dalam aspek indikator keberlanjutan ekonomi, sosial dan lingkungan dalam bisnis bahan bakar nabati kelapa sawit di Indonesia. Penelitian ini menggunakan sistem dinamik untuk melihat perilaku model dan kesensitivitasan parameter yang digunakan dalam indikator keberlanjutan tersebut.
Hasil penelitian membuktikan bahwa parameter tingkat inflasi dan kurs rupiah terhadap dolar mempunyai pengaruh yang paling signifikan dalam model indikator keberlanjutan. Selain itu, Indikator yang paling merespon perubahan parameter adalah subsidi pemerintah dan nilai NPV perusahaan kelapa sawit.

The focus of this study are policy options that have impact in economic, social and environmental sustainability indicators of Biodiesel based-CPO business in Indonesia. This study use system dynamic approach in order to observe the behavior of the system and the sensitivity of those parameters in the system.
The result of study shows that inflation rate and rate of exchange have the biggest impact in the model. In the other hand, indicators that have highest respond are governmental subsidy and NPV value of company of CPO.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52329
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Subhan Nafis
"Pemanfaatan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif solar merupakan hal yang gencar dilakukan, terutama pemanfaatan minyak sawit sebagai bahan baku biodiesel di Indonesia, mengingat ketersediannya yang cukup besar. Namun disisi lain hal ini menimbulkan kontroversi akan kekhawatiran bahwa pemanfaatan minyak sawit sebagai biodiesel akan bersaing dengan pemanfaatannya sebagai bahan baku minyak goreng. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan usaha untuk mengurangi pemanfaatan minyak sawit dengan melakukan pencampuran (blending) dengan minyak jarak pagar.
Studi ini berusaha mencari data tentang performan mesin diesel yang menggunakan bahan bakar biodiesel 10% (B-10), 20% (B-20), 30% (B-30), dan 100% (B-100). Komposisi bahan bakar biodiesel itu sendiri terdiri atas campuran 60% biodiesel sawit dengan 40% biodiesel jarak. Pada studi kali ini proses pembakaran diruang bakar dipelajari dengan menggunakan analisa heat release dan tekanan puncak silinder. Dari analisa ini dapat diketahui bahwa perubahan Static Injection Timing (SIT) bakar dan kecepatan putaran mesin sangat mempengaruhi tekanan yang dihasillkan dalam ruang bakar.
Bahan bakar yang lebih dahulu mengalami proses pembakaran cenderung memiliki puncak tekanan (Pmax) yang lebih tinggi, dan cenderung menyebabkan emisi Nox dan HC menjadi lebih tinggi. Untuk putaran rendah, dalam hal ini 1500 rpm pembakaran pada bahan bakar solar lebih cepat terjadi dibandingkan dengan bahan baker biodiesel, sehingga tidak terdapat perbedaan yang berarti antara penggunaan bahan bakar solar dan biodiesel. Penggunaan bahan bakar biodiesel baru menunjukkan hasil yang lebih baik dari bahan bakar solar pada kecepatan tinggi, baik dari heat release dan emisi yang dihasilkan. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T41205
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Subhan Nafis
"Pemanfaatan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif solar merupakan hal yang gencar dilakukan, terutama pemanfaatan minyak sawit sebagai bahan baku biodiesel di Indonesia, mengingat ketersediannya yang cukup besar. Namun disisi lain hal ini menimbulkan kontroversi akan kekhawatiran bahwa pemanfaatan minyak sawit sebagai biodiesel akan bersaing dengan pemanfaatannya sebagai bahan baku minyak goreng.
Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan usaha untuk mengurangi pemanfaatan minyak sawit dengan melakukan pencampuran (blending) dengan minyak jarak pagar. Studi ini berusaha mencari data tentang performan mesin diesel yang menggunakan bahan bakar biodiesel 10% (B-10), 20% (B-20), 30% (B-30), dan 100% (B-100). Komposisi bahan bakar biodiesel itu sendiri terdiri atas campuran 60% biodiesel sawit dengan 40% biodiesel jarak. Pada studi kali ini proses pembakaran dituang bakar dipelajari dengan menggunakan analisa heat release dan tekanan puncak silinder. Dari analisa ini dapat diketahui bahwa perubahan Static Injection Timing (SIT) bakar dan kecepatan putaran mesin sangat mempengaruhi tekanan yang dihasillkan dalam ruang bakar. Bahan bakar yang lebih dahulu mengalami proses pembakaran cenderung memiliki puncak tekanan (Pmax) yang lebih tinggi, dan cenderung menyebabkan emisi Nox dan HC menjadi lebih tinggi. Untuk putaran rendah, dalam hal ini 1500 rpm pembakaran pada bahan bakar solar lebih cepat tegadi dibandingkan dengan bahan bakar biodiesel, sehingga tidak terdapat perbedaan yang berarti antara penggunaan bahan bakar solar dan biodiesel. Penggunaan bahan bakar biodiesel baru menunjukkan hasil yang lebih baik dari bahan bakar solar pada kecepatan tinggi, baik dari heat release dan emisi yang dihasilkan.

The combustion and heat release of engines using diesel fuel and bio-diesel have been investigated. The bio-diesel consists of palm and jatropha oil, and were tested in variation of static injection timing (SIT) with 1500, 2500, 3000, and 3500 Rpm engine speed. The research conduct in a Ricardo Hydra Research Single Cylinder Direct Injection Diesel Engine. Engine in cylinder pressure data were collected and use to evaluate the rate of heat release with respect to crank angle. It was observed that commonly the peak rates of heat release for all fuel blends were less than diesel fuel on low engine speed. But some of bio-diesel getting higher than diesel fuel on high speed of engine. Static Injection Timing (SIT) will give significant effect of heat release rate and emissions. The emissions from bio-diesel and diesel fuel are compared paying special attention to the most concerning emission: Nox, HC, and CO. The result show that smoke emissions further reduced when engine speed was increased. A reduction in charged temperature can reduce NO emission."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T25977
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>