Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17287 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yudianto Setyowidodo
"Tingginya biaya pemeliharaan diantaranya disebabkan biaya akibat persediaan suku cadang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jumlah pemesanan yang meminimumkan biaya-biaya yang terkait dengan pengadaan suku cadang kritis forklift. Berdasarkan distribusi weibull dua parameter dapat diketahui laju kerusakan suku cadang terhadap kelompok equipment yang sejenis sehingga kebutuhan suku cadang dapat diramalkan.
Model Economic Order Quantity digunakan untuk mengoptimalkan jumlah pemesanan yang meminimumkan biaya inventori dan biaya pemesanan suku cadang. Hasilnya diperoleh suku cadang yang memiliki demand terbesar pertahun adalah Load Wheel 27631330/EJC-15G dengan ekspektasi kebutuhan sebanyak 16 unit, jumlah order quantity sebesar lima unit dan reorder point sebesar empat unit.

High expenses spent by maintenance some of them are caused by expenses of spare parts inventory. The goal of this research is to minimize all the cost associated with the replenishment forklift critical spare parts. Based on twoparameter weibull distribution, the failure rate of spare parts in a group of identical equipments can be predicted, so that the needs of spare parts can be predicted.
Economic Order Quantity model is used to optimize order quantity of spare parts which minimize the combination of inventory cost and purchasing cost of spare parts. The results obtained spare part that has the highest annually demand is Load Wheel 27631330/EJC-15G with the expected needs of as many as 16 units, total order quantity of five units and the reorder point for four units.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52078
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gerets Land
"Gas Turbine Compressor merupakan peralatan kritikal yang berfungsi untuk mengalirkan gas melalui jaringan pipa dari lokasi produksi ke lokasi pengguna gas tersebut. Kegiatan preventive maintenance dan corrective maintenance untuk keandalan dari peralatan tersebut, mempertimbangkan strategi manajemen suku cadang terutama suku cadang critical/insurance. Diperlukan analisa suku cadang dengan kategori critical/insurance pada gas turbine compressor GT-2600 di PT X berdasarkan data histori work order yang didapat dari CMMS (Computer Maintenance Management System) di PT X, dimana terdapat 82 items KIMAP (Material Code) yang merupakan kategori critical/insurance yang terdiri dari 42 items KIMAP yang dikategorikan critical/insurance sedangkan 40 items KIMAP lainnya bisa di- take down dari kategori critical/insurance, dengan metode dan acuan flow chart ROP Insurance Parts Management Procedure, yang sudah melewati beberapa tahapan yaitu reliability study, failure management study sesuai data referensi dari OREDA, dan FMEA study yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari 40 items yang diajukan untuk di take-down, dapat mengurangi holding cost untuk material inventory dari material dead stock tersebut sebesar USD 128.503,13. Analisa yang didapatkan dari Preventive Maintenance, Corrective Action, dan Predictive Maintenance, dan redundancy system dengan merujuk PMR dan FMEA pada gas turbine compressor sehingga didapatkan optimalisasi suku untuk menghindari terjadinya unplanned shutdown.

Gas Turbine Compressor is a critical equipment that functions to deliver gas through pipelines from the production location to the gas user location. Preventive maintenance and corrective maintenance activities for the reliability of the equipment, considering spare parts management strategies, especially critical / insurance parts. It is necessary to analyse spare parts with critical/insurance categories on the GT-2600 gas turbine compressor at PT X based on historical work order data obtained from CMMS (Computer Maintenance Managemeny System) at PT X, where there are 82 KIMAP (Material Code) items which are critical/insurance categories consisting of 42 KIMAP items categorised as critical/insurance while the other 40 KIMAP items can be taken down from the critical/insurance category, with reference to the ROP Insurance Parts Management Procedure flow chart, which has gone through several stages, namely reliability study, failure management study according to reference data from OREDA, and FMEA study which is not discussed in this study. Of the 40 items proposed to be taken down, it can reduce the holding cost for the material inventory of the dead stock material by USD 128,503.13. Analysis obtained from Preventive Maintenance, Corrective Action, and Predictive Maintenance, and redundancy systems with reference to PMR (Planned Maintenance Routine) and FMEA (Failure Mode Effect and Analysis) on the gas turbine compressor so as to obtain optimisation of spare parts to avoid unplanned shutdown."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hoyanto
"ABSTRACT
One of several efforts to keep the smoothness of production process in industry is making the Maintenance Program continuously. Continuous Maintenance Program must be supported by sufficient supply, on time delivery, and compatible in quality of spare parts.
To optimize the spare part's inventories, we need to know the reliability of a small number of items account for a large dollar volume, so we can estimate their annual demand, and count the optimize inventory level.
This research presented the reliability study of spare parts, started by collecting the 'time to failure' data, and test their distribution function. The result is, that 'time to failure' data are two-parameter Weibull distributed with β > 1. After β and θ parameters of Weibull distribution are counted, reliability, average failure rate, and demand of spare parts can be determined.
By including that demand into 'Economic Order Quantity' equation, we can determine the order quantity, reorder point which includes safety stock, and inventory cycle length. So that the main spare part's inventory can be optimized with total annual purchasing cost : Rp. 342,361,611,-

ABSTRAK
Salah satu usaha untuk menjaga kelancaran proses produksi pada suatu industri adalah melakukan pemeriksaan dan perbaikan terus menerus terhadap peratatan / permesinan yang digunakan. Untuk melaksanakan program perawatan tersebut perlu didukung dengan pengadaan suku cadang yang cukup, kuatitas yang sesuai, dan tepat waktu.
Dalam mengoptimalkan pengadaan suku cadang, perlu diketahui keandalan dari sekelompok suku cadang yang dibutuhkan, tetapi mengambil porsi terbesar dari penggunaan anggaran pembelian. Sehingga kita dapat menduga kebutuhannya persatuan waktu (misal : tahun), dan menghitung tingkat persediaan yang optimal.
Dalam penelitian ini dilakukan studi keandalan dari suku cadang tersebut dengan mengumpulkan data waktu antar kerusakan, kemudian diteliti pola distribusinya. Dan hasil pengujian, data waktu antar kerusakan suku cadang tersebut ternyata mengikuti pola distribusi Weibull dua parameter dengan nilai parameter β > 1. Setelah parameter β dan θ dari distribusi Weibull dihitung, maka keandalan, laju kerusakan rata-rata, dan dugaan jumlah kerusakan / kebutuhan akan suku cadang tersebut dapat ditentukan.
Dengan memasukan dugaan jumlah kebutuhan suku cadang kedalam persamaan jumlah Pesanan yang Ekonomis (Economic Order Quantity / EOQ), kita dapat menentukan besarnya pesanan yang ekonomis, titik pemesanan kembali yang memasukan unsur persediaan pengamanan, dan waktu antar pesanan dari suku cadang. Sehingga pengadaan suku cadang utama cukup optimal dengan anggaran pembelian tahunan sebesar Rp. 342,361,611,-"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Disma Nidya Ghaisani
"Pengadaan suku cadang pesawat sangat penting untuk efisiensi operasional dan keselamatan perusahaan Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) dalam sektor penerbangan. Namun, secara aktual, proses pengadaan suku cadang yang ada di salah satu perusahaan MRO di Indonesia mengalami keterlambatan dimana pengadaan suku cadang dari proses Repair Order (RO) memiliki Turnaround Time (TAT) yang belum memuhi target standar TAT yang telah ditetapkan. Sehingga penilitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan desain proses pengadaan suku cadang pada perusahaan MRO di Indonesia menggunakan pendekatan Rekayasa Bisnis Proses (BPR). Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) digunakan untuk memprioritaskan faktor pengaruh utama pengadaan suku cadang serta Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk membantu dalam pemilihan teknologi yang sesuai. Pada penelitian ini dihasilkan bahwa faktor time management sangat berpengaruh pada proses pengadaan serta dengan penerapan penggabungan teknologi process automation dan intelligent monitoring system menjadi teknologi yang sesuai karena dapat menghasilkan pengurangan waktu proses sebesar 21%.

The procurement of aircraft spare parts is crucial for the operational efficiency and safety of Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) companies in the aviation sector. However, in reality, the spare parts procurement process at one MRO company in Indonesia is experiencing delays, with the procurement of spare parts through the Repair Order (RO) process having a Turnaround Time (TAT) that does not meet the established standard TAT targets. Therefore, this research aims to optimize the design of the spare parts procurement process in MRO companies in Indonesia using a Business Process Reengineering (BPR) approach. The Analytic Hierarchy Process (AHP) method is used to prioritize the main influencing factors in spare parts procurement, and the Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) is used to assist in selecting the appropriate technology. This study found that time management is highly influential in the procurement process, and the implementation of combining process automation technology and intelligent monitoring system is the appropriate technology as it can result in a 21% reduction in process time.

"
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Faiq Haidar
"Pengelolaan yang efisien dan berkelanjutan dari limbah suku cadang telah menjadi perhatian utama di berbagai fasilitas industri modern. Fasilitas-fasilitas ini menghadapi tantangan dalam mengendalikan, mengelola, dan  meminimalkan limbah yang dihasilkan selama pergantian rutin suku cadang. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini melakukan analisa terhadap limbah suku cadang, lalu dilakukan analisa dan pengelompokan limbah suku cadang, merancang dan menambahkan modul ke dalam Sistem Manajemen Pemeliharaan Terkomputerisasi (CMMS) untuk meningkatkan pengelolaan limbah suku cadang di fasilitas industri. Penelitian ini melakukan analisa terkait limbah spare part pada sektor industri tertentu, melibatkan survei terhadap proses pengelolaan limbah suku cadang yang ada untuk dilakukan perancangan CMMS disertai dengan penambahal modul dan mengidentifikasi dimana manajamen limbah suku cadang dapat diterapkan pada sebuah CMMS sehingga didapatkan rekomendasi penerapan manajemen limbah suku cadang pada CMMS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan modul pengelolaan limbah suku cadang pada CMMS melalui fungsi manajemen suku cadang di fasilitas industri dapat dilakukan dan menghasilkan output . Dengan menerapkan kriteria analisis yang tepat, dapat mengidentifikasi spare part mana yang sebenarnya dapat digunakan kembali, dijual, atau didaur ulang. Penelitian ini menyoroti pentingnya implementasi CMMS dalam pengelolaan limbah suku cadang di fasilitas industri. Hasilnya memberikan panduan bagi fasilitas sejenis untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan limbah dan mengurangi dampak lingkungan serta biaya operasional yang tidak perlu.

The efficient and sustainable management of waste parts has become a major concern in many modern industrial facilities. These facilities face challenges in controlling, managing, and minimising the waste generated during the routine turnover of spare parts. In an effort to address these issues, this research analyses spare part waste, develops criteria for spare part waste, and implements it into a Computerised Maintenance Management System (CMMS) to improve spare part waste management in industrial facilities. This research analyses spare part waste in a particular industrial sector, involves a survey of the existing spare part waste management process to design a CMMS along with adding modules and identifying where spare part waste management can be applied to a CMMS so as to obtain recommendations for implementing spare part waste management in CMMS. The results showed that the addition of spare parts waste management modules to the CMMS through the spare parts management function in industrial facilities can be carried out and produce output. By applying the right analysis criteria, it can identify which spare parts can actually be reused, sold, or recycled. This research highlights the importance of CMMS implementation in spare parts waste management in industrial facilities. The results provide guidance for similar facilities to improve waste management efficiency and reduce environmental impact and unnecessary operational costs."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Muhammad Malik
"Transportasi udara merupakan salah satu mode transportasi yang telah menjadi kebutuhan mendasar masyarakat. Pengelolaan persediaan suku cadang merupakan salah satu cara bagi perusahaan penerbangan untuk menjaga operasional dan mengurangi waktu tunggu yang tidak penting.
Tujuan utama dalam penelitian ini ialah untuk membuat pengelolaan persediaan suku cadang pesawat terbang yang praktis berdasarkan klasifikasi multi-kriteria yang akurat. Penelitian ini juga bertujuan untuk menginvestigasi kriteria yang relevan yang digunakan di dunia industri penerbenagan.

The maintenance in airline industry is very strictly considered. Spare part inventory management is one of airline rsquo s strategy to maintain the operational availability and reduce the unnecessary downtime such as delay and cancelation due to component failure.
The main purpose of this research is to build a practical based on accurate multi criteria classification of aircraft spare part inventory management with AHP approach. It also aims to investigate the relevant criteria used in the airline industry.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48384
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Restuningsih
"Tesis ini dilatarbelakangi kebutuhan perusahaan pemasok suku cadang otomotif (PT X) akan keberlangsungan bisnisnya pasca bencana, melalui penerapan program Business Continuity Plan. Selain bertujuan untuk menganalisa tingkat pelaksanaanya secara standar internasional, PT X juga berminat memperbaiki program yang sudah ada mengikuti perkembangan dunia usaha dan ancaman terhadap kelangsungan bisnisnya baik faktor internal maupun eksternal, untuk kemudian diterapkan di area pengembangan cabang PT X.
Menurut beberapa hasil survey yang pernah dilakukan Allianz Risk Barometer tahun 2015, JICA 2015, dan biro pusat statistik Indonesia 2015, penyebab tertinggi bencana yang sering timbul mengancam perusahaan manufaktur di Asia adalah gangguan rantai pasok, bencana alam, kebakaran dan ledakan.
Dari data di atas PT X berusaha memenuhi persyaratan rantai pasok pelanggan PT X sebagai salah satu pemasok suku cadang otomotif, dengan menerapkan standar ISO TS16949:2009 untuk diintegrasikan dalam program Business Continuity Plan. Sedangkan untuk kecukupan penerapan BCPnya, PT X membandingkan dengan standar internasional ISO 22301:2012 (mengenai manajemen keberlangsungan bisnis yang mengatur pedoman business continuity management system) dan NFPA 1600:2016 (mengenai standar manajemen bencana/darurat dan program kelangsungan bisnis) melalui hasil audit dan wawancara.

The background of this thesis is the substantial need from an automotive spare-part company (PT X) to resume the business following an emergency or disaster event, by implementing a Business Continuity Plan (BCP). Besides aiming to analyze adequacy level of the BCP implementation based on International Standards, PT X is also interested to improve the existing programs that follow the business world growth and the threats to the continuity of its business both internal and external factors, so that it can be applied within areas that develop it at different locations of PT X.
According to some survey results that have been done by Allianz Risk Barometer 2015, Japan International Community Agency in 2015, and the Central Bureau of Statistics Indonesia in 2015, shows that the highest causes of disasters that frequently arise threaten to business survival of manufacturing companies, including automotive industries in Asia-Pacific region is the supply chain disruptions, natural disasters and fires & explosions.
Base on that survey, PT X trying to meet the requirements of the customer? supply chain, as one of the automotive spare-parts supplier, by applying the standard ISO TS16949: 2009 to be integrated into the Business Continuity Plan program. As for the adequacy of the implementation of the BCP Program, PT X verified it's program to the international standard ISO 22301: 2012 (regarding management of business continuity which set the guidelines for business continuity management system: societal security ? business continuity management systems - requirements) and National Fire Protection Association Standards NFPA 1600:2016 (regarding management standard on disaster/emergency management and business continuity/continuity of operations programs) base on the results of audits and Interviews.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
T46296
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Haikal Hakim
"Pemeliharaan berfungsi untuk memperpanjang umur aset atau barang. Pemeliharaan dibagi menjadi empat klasifikasi yaitu reaktif, preventif, proaktif, dan prediktif. Pemeliharaan preventif bertujuan untuk meminimalkan risiko kegagalan dengan melakukan pemeliharaan secara berkala. Dalam pemeliharaan preventif, hal-hal yang perlu dicari adalah Median Time to Failure (MTTF), Distribusi Kegagalan, Analisis reliabilitas, Kurva Hazard dan Cumulative Failure. Analisis reliabilitas adalah estimasi benda tetap berfungsi melewati waktu tertentu. Model yang biasanya digunakan adalah reliabilitas parametrik, yang menggunakan pendekatan distribusi dalam perhitungan reliabilitas. Metode yang digunakan umumnya adalah Maximum Likelihood Estimation (MLE). Objek penelitian yang digunakan adalah mesin vertical packaging dalam pengemasan makanan ringan. Penelitian berfokus kepada reliabilitas mesin dan suku cadangnya (Pin Bushing, Thermocouple, Heater, dan lainnya) serta failure mode terhadap reliabilitas mesin. Analisis dimulai dengan Fault Tree Analysis (FTA) untuk membuat hirarki failure mode yang ada. Failure mode berguna dalam pengelompokkan efek kegagalan terhadap distribusi. Hasil men unjukkan data berdistribusi Weibull CR (Competing Risk), yang menunjukkan failure mode jamak. Pada contoh pin bushing, ditemukan bahwa kurvanya paling mendekati hasil analisis mesin  Hasil analisis menunjukkan bahwa reliabilitas mesin pada 90% sekitar 150 jam dan 80% sekitar 480 jam. MTTF dari mesin yang digunakan mendekati 2500 jam.  Temuan lebih buruk daripada acuan, temuan dapat menjadi dasar improvement kepada pemeliharaan preventif. Temuan kurva hazard yang umum terjadi pada suku cadang elektronik juga muncul pada suku cadang mekanik yaitu “monotone decreasing hazard” dengan likelihood hazard selalu menurun sepanjang waktu

Maintenance functions to extend the life of assets or goods. Maintenance is divided into four classifications, namely reactive, preventive, predictive, proactive, and predictive. Preventive maintenance aims to minimize the risk of failure by carrying out regular maintenance. In preventive maintenance, the things you need to look for are Median Time to Failure (MTTF), Failure Distribution, Reliability Analysis, Hazard Curve, and Cumulative Failure. Reliability analysis is an estimate of whether an object will continue to function over a certain time. The model usually used is parametric reliability, which uses a distribution approach in calculating reliability. The method used generally is Maximum Likelihood Estimation (MLE). The research object used is a vertical packaging machine for packaging snacks. The research focuses on the reliability of the machine and its spare parts (Pin Bushing, Thermocouple, Heater, etc.) as well as failure modes on machine reliability. The analysis begins with Fault Tree Analysis (FTA) to create a hierarchy of existing failure modes. Failure mode is useful in grouping the effects of failure on distribution. The results show that the data has a Weibull CR distribution, which indicates multiple failure modes. In the example of the pin bushing, it was found that the curve was closest to the engine analysis results. The analysis results showed that engine reliability at 90% was around 150 hours and 80% was around 480 hours. The MTTF of the engine being used  is close to 2500 hours. Even though the results are in contrast to other research, the findings can be the basis for improvements to preventive maintenance. The common hazard curve finding that occurs in electronic spare parts also appears in mechanical spare parts, namely "monotone decreasing hazard" with the likelihood hazard always decreasing over time."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sijabat, Gilbertha Ayu
"Kebutuhan dan konsumsi listrik yang terus meningkat menuntut pasokan listrik yang harus terus tersedia dengan kapasitas maksimal. Pemilihan pemasok adalah proses yang penting untuk penanggulangan resiko kegagalan dalam pengadaan, namun sulit karena banyak kriteria yang harus dipertimbangkan. Penelitian ini mengusulkan model pemilihan pemasok suku cadang pada pembangkit listrik dengan menggunakan penggabungan metode Analitical Hierarchy Process (AHP) dan Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE). AHP digunakan untuk menentukan bobot kepentingan kriteria dan PROMETHEE untuk menghasilkan urutan peringkat pemasok. Model ini diterapkan dalam pemilihan pemasok fin tube dan solenoid valve. Dari empat pemasok, pemasok D yang memiliki lead time tercepat walau bukan yang termurah adalah pemasok terbaik untuk fin tube, sedangkan dari tiga pemasok solenoid valve, pemasok E yang memiliki harga paling murah dengan lead time terpendek meskipun memiliki histori keterlambatan adalah yang terbaik.

The increasing electricity demand and consumption compel that electricity supply must always be available with maximum capacity. Selection of suppliers is an important process to overcome the risk of failure in procurement, but it is a difficult task because it takes many consideration based on the criterias. This study proposes a selection model of spare parts suppliers in power plants using a combination of Analytical Hierarchy Process (AHP) methods and Preference Ranking of Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE). AHP is used to determine the importance weight of criteria and PROMETHEE to produce a outranking of suppliers. This model is applied on the selection of fin tube and solenoid valve suppliers. From four suppliers, supplier D, which has the shortest lead time even not the lowest price is the best one for fin tube, while from the three suppliers of solenoid valve, supplier E which has the lowest price with the shortest lead time even has a delay history is the best one."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laras Shahtyaningrum
"Pengendalian persediaan suku cadang merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan minyak bumi dan gas melihat perannya sebagai penunjang pemeliharaan, perbaikan, serta pendukung berjalannya kegiatan operasional. Dengan beberapa tantangan berupa permintaan suku cadang pada Perusahaan Migas yang bersifat tak menentu, banyaknya jenis material, resiko tertundanya produksi akibat kekurangan persediaan, serta persediaan berlebih yang akan mengurangi pemasukan perusahaan, pemilihan kebijakan persediaan harus diberi perhatian khusus.
Penetapan kebijakan persediaan yang sesuai dimulai dengan peramalan permintaan untuk mengestimasi parameter pengendalian persediaan, yang dilanjutkan dengan perhitungan jumlah pemesanan (Q) dan titik pemesanan kembali (ROP) pada metode Continuous Review, serta review interval (T) pada Periodic Review.
Pada kasus ini, hanya ROP dari metode Continuous Review yang dapat diterapkan pada data historis perusahaan. Hasil dari perhitungan dan analisis Re-Order Point kebijakan persediaan Continuous Review berupa penurunan inventory level sehingga membuat nilai turnover ratio material suku cadang meningkat.

Spare parts inventory control is extremely important for oil and gas companies due to their role in supporting the maintenance and repair of the operations. With several challenges in the form of spare parts demand on oil and gas companies that are erratic, the many types of materials, the risk of delays in production due to shortage of inventory, as well as excess inventory that will reduce the company's revenue, the selection of inventory policies should be given special attention.
Determination of the appropriate inventory policy starts with demand forecasting for estimating inventory control parameters, which is followed by the calculation of the order quantity (Q) and reorder point (ROP) in the continuous review method, and the review interval (T) on the Periodic Review method.
In this case, only ROP of the Continuous Review can be applied to the historical data of the company. The results of the calculation and analysis of Re-Order Point in the Continuous Review inventory policy is lower inventory levels and with that increasing the value of the turnover ratio from spare parts material.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53907
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>