Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 128533 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dimas Prasetyo
"Pelanggaran yang dilakukan penumpang terhadap larangan di dek kendaraan diduga diakibatkan beberapa hal, salah satunya dinilai akibat ketidaktahuan mereka terhadap adanya larangan itu sendiri, dan juga ketidaktahuan mereka akan resiko keselamatan yang bisa terjadi jika mereka melanggar larangan tersebut, kemudian apakah dengan penjelasan larangan dan resiko dalam bentuk gambar akan berpengaruh terhadap pengetahuan dan pemahaman mereka, akan menjadi tujuan penelitian ini. Metode pengukuran dengan kuesioner kepada responden yaitu para penumpang kapal jurusan Merak-Bakauheni, menjadi metode pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan penulisan. Selain dapat menghasilkan gambaran terhadap masalah dengan baik, juga dapat diuji validitasnya secara statistik, menjadi kelebihan untuk metode ini.
Responden yang menjadi obyek penelitian adalah para penumpang yang berada di dek ekonomi dan sekitarnya seperti dipinggir pagar kapal. Mereka diberikan kuesioner seputar larangan di dek kendaraan, dan juga resikonya. Data yang berhasil didapat dari responden memberikan gambaran bahwa sebagian besar responden tidak tahu sama sekali mengenai larangan apa saja yang berlaku di dek kendaraan, dan juga resiko yang mereka hadapi bila melanggar larangan tersebut. Untuk kuesioner dengan menggunakan gambar uji, didapat hasil bahwa dengan menggunakan metode gambar sebagai alat sosialisasi peraturan/larangan dan resiko, ternyata lebih dapat dipahami oleh penumpang di kapal, hal ini dibuktikan dengan perbedaan persentase responden antara sebelum dan sesudah diberikan gambar uji.
Kesimpulan secara keseluruhan, setelah dibandingkan dengan grafik, dan diuji hipotesis secara statistik, ada perbedaan tingkat pengetahuan penumpang terhadap larangan dan pemahaman terhadap resiko setelah diberikan gambar uji, artinya sosialisasi peraturan atau resiko dengan metode gambar, dinilai merupakan solusi efektif dalam meningkatkan pemahaman penumpang kapal terhadap aturan/larangan dan resiko tersebut.

The passenger's violation to car dek's prohibition are guessed resulted from several matters, which one is resulted from their unacknowledged about the car deck's rules, and from their unacknowledged about the life risk that can occur them if they are violating those rules, afterwards, how the rules and risk explanation with pictorial can affect to passenger's understanding, will be the main objective of this study. The measurement method with questionnaires to the ship's passengers from Merak-Bakauheni Route, are become the approaching method for the study achievement. The advantages of this approachment method is can give a better condition to the problems, and can be goodly tested to its validities in statistic.
The respondents that being an object to the questionnaires are the ship's passengers in commonly economic seats, and others sorrounding's areal, like the edge of ship. They are given the questionnaires on the subject of car deck's prohibition, and its life risk. The data retrieved from respondents are giving the condition that the big part of them are unacknowledged to the car deck's prohibition, as bad as their acknowledge to the risk too, if they are violating the rules. For the questionnaires using with pictorial testing, the data results said that using the pictorial explanation method to explaining the rules/prohibiton or the risk, has more better understanding for the ship passengers, proved with the big difference data results, from the respondents, before and after pictorial testing.
The total summaries, after being compared to the graphics, and being tested with statistic hypotetical, there are have been the differences to the passenger's acknowledgement level about the car deck's prohibition, and understanding its risk with the pictorial testing, which mean is, with the pictorial explanation method for understanding the rules or the risk, are being an effective solution to increasing the ship passenger's understanding related to the rules or the risk.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38094
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Christo Yosafat
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2010
S24837
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Chandra Ardika
"ABSTRAK
Kapal sebagai alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut muatan di laut dalam jumlah yang besar dengan jarak tempuh yang jauh. Sebagaimana diketahui faktor utama yang sangat diperhatikan di kapal adalah keamanan yang mana banyak sekali potensial terjadinya kecelakaan. Dalam memproduksi kapal, faktor keamanan dapat ditentukan oleh kekuatan struktur kapal tersebut karena struktur lambung kapal yang akan secara langsung menerima beban dinamis maupun statik. Maka dari itu pemakaian Stiffener sangat lah penting sebagai penguat yang berada pada double bottom, kamar mesin, dll. Penulis akan memfokuskan metode perancangan dengan perhitungan numerik beserta simulasi software untuk mengetahui ultmate strength dengan pembebanan secara longitudinal compression untuk mengetahui perbandingan dimensi dan pengaruh massa terhadap Ultimate Strength. Diharapkan pada desain dapat dilihat pengaruh dimensi terhadap Section Modulus, massa, serta Ultimate Strength agar dapat digunakan untuk perancangan Stiffener selanjutnya pada kapal.

ABSTRAK
Ships as a means of transportation used to transport cargo in the sea in large numbers with long distances. As it is known that the main factor that is noticed on the ship is the security which is a lot of potential accidents. In producing ships, the safety factor can be determined by the strength of the ship 39 s structure because the hull structure of the ship will directly receive dynamic or static loads. Therefore, the use of Stiffener is very important as a support in double bottom, engine room, etc. The author will focus on the design method with numerical calculation along with software simulation to know Ultimate Strength with longitudinal compression loading to know the ratio of dimension and mass effect to Ultimate Strength. It is expected that the design can be seen the effect of dimension on Section Modulus, mass, and Ultimate Strength in order to be used in designing the next Stiffener on the ship."
2017
S67837
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadli Akbar Sumarlan
"Salah satu cara untuk memastikan tindakan yang diambil sebelum kecelakaan terjadi adalah penggunaan proses yang dikenal sebagai formal safety assessment FSA . Hal ini penting karena, antisipasi terhadap terjadinya kecelakaan lebih penting daripada membuat aturan setelah adanya kecelakaan. Terkait kasus kebakaran Kapal Zahro Express, kapal penumpang Muara Angke ke Kepulauan Seribu, merupakan hal yang penting untuk melakukan FSA pada kapal tradisional penumpang yang juga kapal penyeberangan Muara Angke-Kepulauan Seribu. Pada kapal tradisional, FSA dilakukan terhadap 4 subjek, yaitu unsur manusia, kapal, lingkungan dan manajemen. Hasil dari FSA terhadap kapal tradisional adalah daftar bahaya, analisis risiko, pilihan kontrol risiko, analisis biaya-manfaat, dan rekomendasi ke berbagai pihak terkait dalam rangka meningkatkan keselamatan. Pada penelitian ini diperoleh hasil hampir semua kapal tradisional di Kali Adem memiliki bahaya yang hampir sama. Urutan bahaya yang harus di perbaiki adalah pertama pihak manajemen atau pengelolah kapal, kedua unsur kapal, ketiga manusia, dan terakhir adalah lingkungan.

One way of ensuring that action is taken before a accident occurs is the use a process known as formal safety assessment FSA . This is important because the anticipation of accidents is more important than making rules after an accident. Related to Zahro Express ship fire case, Muara Angke passenger ship to Kepulauan Seribu, it is important to conduct FSA on traditional passenger ship which is also crossing Muara Angke to Kepulauan Seribu. On the traditional ship FSA conducted on 4 subjects, the human element, ship, environment, and management. The results of the FSA on traditional vessels are a list of a hazards, risk analysis, risk control option, cost benefit analyzes, and recommendations to various stakeholders in order to improve safety. In this study the authors get almost all the traditional ships in Kali Adem have almost the same problem. The order of issues to be improved is first the management, the second elements is the ship, the third is human, and the last is the environment."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69637
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bross, Steward R.
Cambridge, UK: Cornell maritime Press, 1956
387 BRO o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tridoyo Kusumastanto
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003
639.2 TRI o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, karena memiliki luas laut dan jumlah pulau yang besar. Dengan potensi fisik yang besar, Indonesia dikaruniai sumber daya kelautan yang besar dan memiliki prospek ekonomi maritim yang sangat potensial...."
JKKM 4:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Alderton, Patrick M.
London: Adlard Coles Nautical, 2015
387.5 ALD r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Cambridge, UK: Cornell Maritime Press, 1957
623.88 AME
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Panji Kusuma
"Transportasi laut merupakan hal yang sangat diperlukan di negara kepulauan seperti Indonesia. Ketika ferry berlayar melintasi laut pasti akan menghadapi ombak yang dapat mengancam keselamatan. Faktor stabilitas merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada keselamatan kapal. Oleh karena itu penyusunan muatan dalam kapal sangat diperlukan. Namun penyusunan muatan saja masih belum cukup untuk menjaga keselamatan kapal, karena masih ada kemungkinan muatan tersebut bergeser. Oleh karena itu perlu juga diketahui mengenai sistem lashing pada muatan untuk keselamatan kapal.

Sea transportation is necessity in archipelago nation like Indonesia. When a ferry sail pass through the sea, surely will face some wave that can be dangerous the ship. Stability factor is the important factor for ship safety. Therefore, arranging loads on the ship is necessity. But, arranging loads is not enough to make the ship safe, because the loads still can be move on the ship. Therefore, sistem lashing in needed to be known for ship safety."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S38091
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>