Ditemukan 11752 dokumen yang sesuai dengan query
Firth, John Rupert
London: Oxford University Press, 1964
400 FIR t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Firth, John Rupert
London: Watts, 1937
400 FIR t
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
MUL 11 (1-2) 2012
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Rivers, Wilga M.
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1985
418.007 1 RIV s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Muysken, Pieter
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 2000
404.2 MUY b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Setiyo Prutanto
"Penelitian ini membahas ciri-ciri bahasa laki-laki dan perempuan yang terdapat pada rubrik Wat zou u doen? dalam majalah suplemen Het Volkskrant Magazine. Rubrik ini merupakan rubrik tanya jawab yang melibatkan pembaca De Volkskrant, baik laki-laki maupun perempuan. De Volkskrant adalah sebuah media massa yang berbentuk surat kabar di Belanda dan Het Volkskrant Magazine merupakan suplemen dari koran tersebut yang disisipkan pada setiap akhir pekan. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis tanggapan-tanggapan yang terdapat dalam rubrik tersebut dan mengaitkannya dengan ciri-ciri bahasa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, dan bertujuan untuk mendeskripsikan serta menjelaskan ciri-ciri bahasa laki-laki dan perempuan melalui tanggapan mereka dalam rubrik tersebut. Penulis menggunakan data berupa 13 tanggapan yang diperoleh dari dua rubrik Wat zou u doen? yang berjudul Wanneer vertel ik mijn dochtertje dat ik van travestie houd? dan Klikken over de oppas? yang dianalisis dengan menggunakan teori ciriciri bahasa laki-laki dan perempuan. Setelah dianalisis, ciri-ciri bahasa laki-laki yang dominan adalah adanya unsur bahasa yang menunjukkan ketegasan dan mengaitkan masalah dengan pengalaman atau fakta, sedangkan ciri-ciri bahasa perempuan yang ditemukan adalah penggunaan bentuk pertanyaan, penggunaan unsur emosi atau perasaan, dan mengaitkan masalah dengan kehidupan sehari-hari atau aspek kehidupan lainnya.
This research explains about the differences between language characteristics and ‒behavior of men and women in Wat zou u doen? column in Het Volkskrant Magazine. This is a question and answer column which involves the readers of De Volkskrant. De Volkskrant is a newspaper in the Netherlands and Het Volkskrant Magazine is a supplement which is published on weekends. In this research, the writer tries to analyze the feedbacks from each dialogue and to connect them with the characteristics of the language of men and women. This research is based on the qualitative and quantitative methods, which is aimed to explain the characteristics of men and women‟s languages through dialogues within the column of the supplement pages. As primary data, the writer uses 13 dialogues from Wat zou u doen? titled Wanneer vertel ik mijn dochtertje dat ik van travestie houd? and Klikken over de oppas?. The dialogues are analyzed by the writer with the theory of the language of men and women. Concluding the research, men tend to be more assertive and connect the problem with facts or experiences, while women tend to use a question which is influenced by emotions or feelings and tend to connect the problem with daily life or other aspects."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Widya Tri Yusma
"Surat kabar merupakan salah satu media komunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi tentang berbagai macam hal. De Telegraaf, De Volkskrant, Trouw, NRC Handelsblad dan De Pers merupakan lima surat kabar populer Belanda. Seperti kebanyakan surat kabar lainnya, kelima surat kabar tersebut memiliki moto. Moto merupakan kalimat, frasa, atau kata yg digunakan sebagai semboyan, pedoman, atau prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya bahasa apa yang digunakan pada moto dan menjelaskan keterkaitan antara ideologi dengan moto yang digunakan lima surat kabar tersebut. Berdasarkan hasil analisis ditemukan adanya keterkaitan antara moto dan ideologi surat kabar. Selain gaya bahasa ellips yang ditemukan pada moto kelima surat kabar Belanda tersebut, terdapat pula beberapa gaya bahasa lainnya seperti metonimia, pars pro toto, sinekdote dan totum pro parte, repetisi, paradoks, dan personifikasi.
The newspaper is one of the communication medium that can meet the needs of the public to gather various of information. De Telegraaf, De Volkskrant, Trouw, NRC Handelsblad and De Pers are five popular newspapers in the Netherlands. Like many other newspapers, all the newspapers have a motto. The motto is a sentence, phrase, or word which is used as a slogan, guidelines, or principles. This study aims to identify the figure of speeches that are being used in the motto's of the 5 most populair newspapers and to identify the association between the motto’s and the ideology of the newspapers. The analysis shows a strong correlation and association between the motto's and the ideology of the newspapers. Besides the elliptical styles, other figures of speech, such as metonymy, pars pro toto, sinekdote and totum pro parte, repetitions, paradox, and personification are identified in all five newspapers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dik, Simon Cornelis
Jakarta: RUL , 1994
410 DIK i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
McArthur, Thomas Burns
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1983
400 MCA f (2)
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Lyons, John
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1991
410 LYO n
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library