Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gonchar, Oles
"Buku ini merupakan novel terjemahan dari karya Oles Gonchar yang berjudul Циклон = Tsiklon. Novel merupakan novel yang terdiri dari dua babak."
Moscow: Progress, 1972
891.74 GON c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hatsari Mitsudharmadi
1993
S38383
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nugraha W.S.
"Motor diesel sebagai motor bakar dengan prinsip kerja "Pressure Ignition" dapat menggunakan "Cyclone" pada "air intake manifold" untuk menimbulkan efek olakan dalam pola pemasukan udara sehingga terjadi pencampuran yang homogen agar kinerjanya meningkat. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan sudut pengarah cyclone terhadap perubahan kinerja motor, dilakukan percobaan.
Berdasarkan hasil pengujian, ternyata penggunaan cyclone bersudut 300 dapat menurunkan BSFC rata-rata sebesar 2,8 % dan meningkatkan nilai efisiensi mekanik rata-rata sebesar 7,8 %. Sedangkan pada penggunaan cyclone bersudut pengarah 450 terdapat suatu fenomena pada pola pembakaran motor diesel sehingga sulit untuk dianalisa meskipun juga dapat menurunkan nilai BSFC dan meningkatkan efisiensi mekanik rata-rata sebesar 1,89 % dan 2,71 %.
Tetapi juga terdapat dampak negatif dari pemasangan cyclone pada motor diesel, yaitu menurunnya efisiensi volumetrik dan daya keluaran sebesar 1,33 % dan 4,81 % untuk cyclone bersudut pengarah 300. Sementara untuk cyclone bersudut pengarah 450 dapat menurunkan daya keluaran rata-rata sebesar 3,09 % meskipun efisiensi volumetrik meningkat rata-rata sebesar 1,31 %. Dari nilai tersebut, menunjukkan bahwa penggunaan cyclone bersudut pengarah 300 lebih tidak efektif dibandingkan cyclone bersudut pengarah 450 untuk meningkatkan kinerja motor diesel.

Diesel engine as a pressure ignition type of engine can use cyclone on it's air intake manifold to build a swirl effect on air supply so the air and fuel can be homogenically mixed to increase its performance. To find our how big the change of the cyclone 's direction angle can influence the performance of diesel engine.
Some tests are taken. From the result, we know that cyclone with 300 of direction angle can decrease BSFC to 2.8% in average and increase mechanical efficiency to 7.8% in average. Mean while, the use of cyclone with 450 of direction angle can make bizarre phenomena to diesel engine, as it's hard to analyze, although it can decrease BSFC and rise mechanical efficiency to 1.89 % and 2.71 % in average.
Unfortunately, there are some weaknesses of using cyclone to the diesel engine, such as the decreaseing of volumetric efficiency and output power to 1.33 % and 4.81 % in average for cyclone with 300 of direction angle. While for cyclone with 450 of direction angle can decrease output power to 3.09 % in average, although the volumetric efficiency is rised to 1.31l % in average. lt means that the use of cyclone with 300 of direction angle to diesel engine is more inefficient than cyclone with 450 of direction angle to increase the performance of diesel engine.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37688
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novrizal A.P.
"Penggunaan turbo cyclone telah banyak dipakai dalam dunia otomotif Saat ini sudah banyak dipasarkan turbo cyclone berbentuk aliran aksial dan aliran radial. Hal ini disesuaikan dengan bentuk saluran udara sebelum masuk kedalam karburator. Dalam penulisan ini yang dilakukan pengujian turbo cyclone untuk aliran radial, dimana udara masuk tegak lurus terhadap sumbu turbo cyclone. Alai ini dipilih karena disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan oleh penguji yaitu toyota kijang 1800 cc dimana peletakan turbo cyclone lepat berada diatas karburator sehingga aliran udara yang masuk tegak lurus terhadap sumbu turbo cyclone.
Pengujian dilakukan dalam kondisi ideal yaitu temperatur kamar 25°C, pada tekanan atmosfer 1 atm dimana fluida yang dipakai dalam pengujian adalah udafa dengan p = 1,2 kg m`3 , kondisi udara steady, dengan viscositas menurut pada asas newtonian dengan pola aliran laminar. Titik berat dalam penelitian ini adalah analisa bentuk aliran udara setelah keluar dari turbo cyclone dengan variasi 3 kecepatan, dari itu dapat diketahui bentuk aliran udara didalam karburator.
Hasil dari pengujian ini adalah berupa eksperimentasi turbo cyclone berupa peragaan percobaan yang dibandingkan dengan gambar hasil dari simulasi program fluent disertai dengan beberapa lampiran berupa diagram dan gralik. Dari perbandingan eksperimentasi dan simulasi dapat dianalisa bentuk aliran yang terjadi, kesesuaian pendekatan realita eksperimen dengan hasil simulasi FLUENT dan lain sebagainya yang berkaitan dengan fenomena fluida.

Nowadays there are so many Turbo Cyclone in the market. Turbo Cyclone have two kinds of flow type, axial flow and radial flow, depends on the geometry where Turbo Cyclone is fitted In this investigation the type of Turbo Cyclone is radial low type. This type has been used for toyota kijang i800 liters engine where it puts on the inlet of the carburetor and the air flow is orthogonal on the axis of the Turbo Cyclone.
The condition of the experimentation was on the ideal condition which is in 25°C temperature and I atm atmosphere pressure, the air density is p = 1.2 /cg m`3. steady and using the newtonian law with laminar and turbulen air flow. the objective of this investigation is to compare and anaiize the pattern ofthe air flow through Turbo Cyclone with three kinds of speed variations.
The result of this investigation is visualization of air pattern after experimentation process compared with images and plot diagram of Fluent simulation programe.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37663
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Indra Siswantara
"Penggunaan turbo cyclone telah banyak dipakai dalam dunia otomotif. Saat ini sudah banyak dipasarkan turbo cyclone berbentuk aliran aksial dan aliran radial. Hal ini disesuaikan dengan bentuk saluran udara sebelum masuk kedalam karburator. Dalam penulisan ini yang dilakukan pengujian turbo cyclone untuk aliran radial, dimana udara masuk tegak lurus terhadap sumbu turbo cyclone. Alat ini dipilih karena disesuaikan dengan kendaraan yang digunakan oleh penguji yaitu toyota kijang 1800 cc dimana peletakan turbo cyclone tepat berada diatas karburator sehingga aliran udara yang masuk tegak lurus terhadap sumbu turbo cyclone."
Depok: Universitas Indonesia, 2002
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Respati
"Producer gas hasil gasifikasi biomassa masih mengandung pengotor berupa abu. Pembersihan producer gas dilakukan menggunakan cyclone separator. Sebuah model cyclone separator konfigurasi standar 2D2D berdiameter 150 mm telah dibuat. Tiga variasi panjang (3/8 D; 5/8 D; 1 D) dan tiga variasi diameter (35; 70; 85) vortex finder digunakan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap performa cyclone. Eksperimen dan simulasi CFD menggunakan Ansys Fluent telah dilakukan. Simulasi CFD bertujuan untuk mengetahui profil kecepatan didalam cyclone separator. Hasil eksperimen menunjukkan semakin panjang vortex finder, collection efficiency semakin tinggi. Hasil simulasi CFD mendukung kesimpulan hasil eksperimen. Didapatkan dimensi vortex finder optimum dengan diameter 35 mm (1/4 D) dan panjang 1D (150 mm).

Producer gas produced from biomass gasification still contain particulate ash. Producer gas is cleaned by use of cyclone separator. A cyclone separator model with 2D2D standard configuration with diameter150 mm was made. Three variation of length (3/8 D; 5/8 D; 1 D) and three variation of diameter (35; 70; 85 mm) of vortex finder are used to identify their influence on cyclone performance. Experimental study and CFD Simulation using Ansys Fluent were performed. CFD simulation goal is to determine the velocity profile inside cyclone separator. Experimental results shows that increasing vortex finder length can increase the collection efficiency. The optimum vortex finder dimension is 35 mm (1/4 D) in diameter and 1 D (150 mm) in length.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63470
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Choky Jonathan
"Penelitian ini memperlihatkan fenomena aliran fluida campuran antara udara dan gas sintetik di dalam cyclone gas burner. Pengamatan berfokus pada fenomena intensitas turbulen, energi kinetik turbulen, dan kecepatan aliran percampuran udara dan gas sintetik akibat variasi posisi inlet cyclone gas burner dengan pemodelan menggunakan ANSYS Fluent. Pengamatan pemodelan fenomena percampuran ini digunakan untuk melihat desain yang paling optimum untuk cyclone gas burner dengan debit konstan aliran udara dan gas sintetik masing-masing 11,38 x 10-4 m3/s dan 8,06 x 10-4 m3/s. Gas sintetik merupakan produk gasifikasi biomassa sekam padi tipe fixed bed downdraft gasifier dengan komposisinya 50% N2, 3% CH4, 18% H2, 19% CO, dan 10% CO2.

This research showed the phenomena of fluid flow between the mixing flow between air and synthetic gas in cyclone gas burner. The observations focused on the phenomenon of turbulence intensity, turbulent kinetic energy, and the flow velocity of air and synthetic gas mixture as a result of variations in cyclone gas burner inlet position using ANSYS FLUENT modeling. Observating of mixing phenomena modeling is used to view the most optimum design for cyclone gas burner with constant air and synthetic gas each flow rates is 11,38 x 10-4 m3/s and 5,5 x 10-4 m3/s. Synthetic gas is rice husk biomass gasification product using fixed bed downdraft gasifier with 50% N2, 3% CH4, 18% H2, 19% CO, and 10% CO2 composition."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S63471
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
F.X. Eko Arianto
"Potensi biomassa di Indonesia sangat melimpah baik dari limbah hewan maupun tumbuhan. Limbah pertanian dan perkebunan yang cukup besar dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Salah satunya adalah sekam padi. Pada eksperimen ini pemanfaatan energi dari sekam padi dilakukan dengan metode gasifikasi menggunakan downdraft gasifier untuk mengubahnya menjadi gas-gas mampu bakar yang selanjutnya akan dibakar pada cyclone combustor. Keuntungan menggunakan metode gasifikasi dibandingkan pembakaran langsung adalah pembakaran lebih bersih, partikulat dan kontaminan dapat dihilangkan sebelum dibakar. Cyclone combustor dapat menghasilkan pencampuran yang baik sehingga cocok digunakan untuk gas dengan nilai kalor rendah.
Komposisi syngas yang dihasilkan dari gasifikasi sekam padi adalah H2 13,6%, CO 14,9%, CO2 12,9% dan CH4 2,3% [1]. Setelah melewati cyclone separator untuk menghilangkan uap air dan kontaminan kemudian masuk ke storage tank yang selanjutnya masuk ke dalam cyclone combustor untuk dibakar setelah dicampur dengan udara melalui inlet yang berbeda. Kemudian akan divariasikan dengan berbagai AFR untuk mengetahui perubahan temperatur api, letak api pada combustor dan bentuk apinya. Dari hasil eksperimen pada AFR = 1,59 terletak di dalam combustor pada daerah antara plane 1 dan 2, AFR = 1,14 api terletak di dalam pada plane 2, AFR = 0,69 api terletak di dalam pada plane 3 sedangkan pada AFR = 0,27 tidak terbentuk api di dalam tetapi di luar setelah bercampur dengan udara luar.

Biomass potential in Indonesia is very abundance whether from animal or plant waste. Farming and plantation waste that abundance enough can be utilized as energy sources. One of them is rice husk. On this experiment energy utilization of rice husk was used gasification method with downdraft gasifier to convert it to combustible gases which would be burn in a cyclone combustor. The advantages of gasification method compare to direct combustion are cleaner combustion and particulates and contaminants can be eliminated prior to burn. Cyclone combustor can generate a good mixing then suitable to use for gases with low calorific value.
Composition of syngas that produced by gasification of rice husk are H2 13,6%, CO 14,9%, CO2 12,9% dan CH4 2,3% [1]. After syngas leaves the reactor it enter cyclone separator to eliminate water vapor and contaminants and then goes to the storage tank and finally goes to cyclone combustor to be burned after mixed with air through different inlet. After that different value of AFR would be varied to see the change of flame temperature, flame postion in combustor and flame shape. Kemudian akan divariasikan dengan berbagai AFR untuk mengetahui perubahan temperatur api, letak api pada combustor dan bentuk apinya. From the result of eksperimen at AFR = 1.59 the flame in the combustor beetween plane 1 and 2, at AFR = 1.14 the flame in the combustor at plane 2, at AFR = 0.69 the flame in the combustor beetween plane 3 and at AFR = 0.27 the flame on the outside of the combustor after mixed with fresh air.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46556
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triwibowo
"Sektor transportasi mempakan sektor yang paling banyak mengkonsumsi bahan baka:r minyak sebagai sumber energi. Penggunaan bahan bakar ini semakin menunjukkan peningkatan terlihat dengan semakin maraknya kendaraan bermotor terutama di kota-kota besar. Akibatnya, polusi udara yang ditimbulkan karena kurang baiknya kualitas pembakaran di dalarn ruang bakar akan semakin meningkat pula. Usaha-usaha untuk mengatasi kondisi ini yaitu penghematan sumber energi dan pengurangan polusi udara telah banyak dilalcukan oleh pemerintah dan instansi yang terkait disamping usaha untuk mencari altematif sumber energi pengganti bahan bakar minyak. Segala usaha yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan energi sehingga penggunaan bahan bakar dapat terkontrol dengan memperhatikan faktor linglcungan.
Faktor yang menentukan dalam peningkatan efisiensi dan optimalisasi energi berlcaitan erat dengan fenomena pembakaran yang terjadi. Semakin baik kualitas pembakaran, akan semakin baik emisi gas buang yang dihasilkan sehingga semakin hemat bahan bakar yang digunakan. Kondisi seperti ini ditentukan oleh sistem yang berhubungan dengan proses pembakaran di dalam silinder. Pencampuran antara udara dan bahan bakar merupakan salah satu faktor vital yang harus diperhatikan pencampuran yang homogen akan membuat pembakaran lebih sempurna.
Salah satu upaya untuk mcmperbaiki lcondisi di atas yaitu dengan menggunakan cyclone pada kendaraan. Cyclone yang dipasang pada sislem pemasukan berrujuan untuk membentuk pola aliran turbulensi dari campuran homogen sehingga daya yang dihasilkan akan meningkat dan konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang semakin turun. Untuk itu pada penelitian ini dibuat beberapa variasi cyclone dengan sudut masuk dan jumlah sudu pengaxah sebagai vadabel yang beruhah. Sehingga hasil dari pengujian ini akan didapatkan cyclone dengan jumlah sudu dan sudut yang baik yang dapat meningkatkan etisiensi pembakaran Dan dalam penelitian lebih lanjut dapat dihasilkan desain yang baik dari cyclone."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36597
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>