Ditemukan 643 dokumen yang sesuai dengan query
Anton Kurnia
Yogyakarta: Jalasutra, 2004
899.221 ANT i
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Tariq Ali
Jakarta: Serambi, 2006
823.914 ALI bt
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
P.K. Penny S.
"Dalam kesusasteraan Rusia, Anton Pavlovich Chenkov adalah salah seorang pengarang realisme yang sangat terkenal di Rusia. Segi-segi segar dalam karya-karyanya senantiasa tampil dan mewarnai ciptaannya. la terkenal dengan sebutan tertawa dalam tangis. Yang dimaksud adalah penikmatan karya sastra dibuat tertawa terbahak-bahak atau tersenyum simpul oleh tingkah laku tokoh-tokohnya di awal dan di tengah cerita, namun sesudahnya diakhiri dengan keharuan yang mendalam. Gaya kepengarangan A. Chenkov dalam menggambarkan realitas sosial serta kritikannya itu, ia tuangkan lewat adegan-adegan kocak oleh tokoh-tokohnya. Sedangkan dalam memilih tokohnya Chenkov mengambil manusia-manusia biasa yang dengan kekuatannya mengarungi bahtera kehidupan di dunia ini dengan suka dukanya. Membaca karya Chenkov, tanpa disadari kita akan ikut terhanyut dalam kehidupan para.tokoh tersebut. Karena tokoh yang digambarkan keadaannya tidak jauh berbeda dengan kehidupan nyata. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana cerita pendek Chenkov mengandung kritik sosial."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S15085
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anggi Nurqonita
"Penelitian ini membahas tentang stereotip gender yang dialami tokoh-tokoh dalam cerpen Душечка/Dusecka/Kesayangan dan Невеста/Nevesta/Pinangan karya Anton Pavlovich Chekov. Di dalam kedua cerpen ini stereotip gender terbentuk secara internal dan eksternal dengan wujud stereotip aspektif dan kognitif. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif dan pendekatan intrinsik-ekstrinsik. Teori yang digunakan adalah tokoh dan penokohan, gender, stereotip gender, kritik sastra feminis ideologis dan sosiologi sastra.
Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana stereotip gender dapat terbentuk pada tokoh-tokoh dalam kedua cerpen, serta merepresentasikan pengaruh stereotip terhadap daya hidup perempuan dan kesejahteraan masyarakat. Latar sosial dan budaya yang dikisahkan pengarang tidak jauh dari realita masyarakat Rusia pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.
This study discusses the gender stereotypes experienced by characters in the short story Душечка/ Dusecka/The Darling and short story Невеста/ Nevesta/The Fiance by Anton Chekov. In both cases gender stereotypes can be formed internally and externally forming aspective and cognitive stereotypes. The author uses descriptive analysis methods and intrinsic extrinsic approach. The theories that are used are gender theory, gender stereotypes, ideological feminism literary criticism and literary sociology. The results of this study show how gender stereotypes can be formed in figures of short story Du e ka The Darling and short stories Nevesta The Fiance and represent the effect of stereotypes on women 39s survival and community welfare. The social and cultural background the author narrates is not far from the reality of Russia in the late 18th and early 19th centuries."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tasya Paramitha
"Skripsi ini bertujuan untuk memaparkan konsep kebebasan dari tiga tokoh utama dalam masing-masing cerpen/Ninocka/Ninochka, /Spat? Xocetsja/Mengantuk, dan /Pari/Taruhan karya Anton Pavlovich Chekhov dengan tokoh utamanya Pavel Sergeyevich Vikhlyenev, Varka dan Sang Pengacara. Ketiga tokoh ini memaknai konsep kebebasan dan melakukan pencapaian kebebasan sebagai bentuk dari pemberontakan atas kondisi hidup yang absurd. Penulis menggunakan teori absurdisme yang dikemukakan Albert Camus terkait dengan analisis konsep kebebasan dalam cerpen /Ninocka/Ninochka, /Spat? Xocetsja/Mengantuk, dan /Pari/Taruhan.
This mini thesis aims to explain the freedom concept in the short stories /Ninocka/Ninochka, /Spat? Xocetsja/Sleepy, and /Pari/The Bet by Anton Pavlovich Chekhov with main characters Pavel Sergeyevich Vikhlyenev, Varka and The Lawyer. These three main characters define the freedom concept and achieve freedom as a rebellion of an absurd life condition. The author uses the absurdism theory by Albert Camus associated with the analysis of freedom concept on the main characters in the short story /Ninocka/Ninochka, /Spat? Xocetsja/Mengantuk, and /Pari/Taruhan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43464
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Arief Muliawan
"Artikel ini berisi tentang representasi kehidupan bangsawan Rusia yang digambarkan oleh Anton Čhekhov melalui kedua tokoh yaitu; Anna Sergeyevna dan Dmitri Dmitritch Gurov yang sarat akan intrik perselingkuhan. Metode yang digunakan untuk meneliti dalam artikel ini adalah metode deskriptif-analitis dengan penerapan teori Kesusasteraan dari Alan Swingewood, Renee Wellek dan Austin Warren. Hasil penelitan menjelaskan bahwa kehidupan bangsawan Rusia yang gemar berselingkuh. Pernikahan tanpa dasar cinta yang membawa masyarakat Rusia terbiasa dengan adanya hubungan terlarang.
This article contains a representation of the life of the Russian aristocrats described by Anton Čhekhov with two figures which they are Anna Sergeyevma and Dmitri Gurov Dmitritch with intrigue-laden affair. The method used to examined this article is descriptive-analytical method with the application of the theory of Literature. Research results explained that the life of the Russian aristocrats who love to make an affair. Marriage without a base of love that brings Russian people familiar with the forbidden relationship."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Tasya Nandynanti Demautami
"Jurnal ini membahas cinta tokoh utama dalam t iga cerita pendek (cerpen) karya Anton Pavlovich Chekov: В Цирульне/ V Ciru l‟nye/Di Tempat Cu kur, Трагик/Tragik/Tragis dan Супруга/Supruga/Belahan Jiwa . Penelit ian ini menggunakan metode deskriprif analisis sedangkan pengambilan data dilakukan dengan metode studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelit ian ini adalah cerpen karya Anton Checkov ber-genre romantisme. Analisis terhadap cerpen tersebut dilakukan dengan menggunakan teori psikologi sastra, teori tokoh dan penokohan serta teori segitiga cinta. Dari hasil penelitian menggunakan ketiga teori tersebut, didapat kesimpulan bahwa cinta yang dimiliki tokoh Makar Kuzmitch Blyostkin dalam cerpen В Цирульне/V Cirul‟nye/Di Tempat Cukur termasuk ke dalam kategori Intimacy; perasaan cinta yang dimiliki oleh tokoh Masha Sidoretskaya dalam cerpen Трагик/Tragik/Tragis termasuk ke dalam kategori Companionate Love; dan perasan cinta tokoh Nikolay Yevgrafitch dalam cerpen Супруга/Supruga/Belahan Jiwa termasuk ke dalam kategori Fatuous Love.
This journal discusses about the main character love in three Anton Pavlovich Chekhov short stories V Cirul'nye At The Barber's, Tragik Tragic and Supruga The Helpmate. This research uses analitical descriptive method, whereas literature study method is used for collecting data. Data source for this research are Anton Chekhov romantic short stories. Literature Psychology theory, character and characterization theoryand triangular of love theory are used to analyze the data. The results are Makar Kuzmitch Blyostkin's love in V Cirul'nye At The Barber's included in Intimacy category Masha Sidoretskaya's love in Tragik Tragic included inCompanionate Love and Nikolay Yevgrafitch's love in Supruga The Helpmate included in Fatuous Love."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Rushdie, Salman, 1947-
"Summary:
On February 14, 1989, Salman Rushdie received a call from a journalist informing him that he had been "sentenced to death" by the Ayatollah Khomeini. It was the first time Rushdie heard the word fatwa. His crime? Writing a novel, The Satanic Verses, which was accused of being "against Islam, the Prophet, and the Quran." So begins the extraordinary story of how a writer was forced underground for more than nine years, moving from house to house, with the constant presence of an armed police protection team. Asked to choose an alias that the police could use, he thought of combinations of the names of writers he loved: Conrad and Chekhov: Joseph Anton. How do a writer and his family live with the threat of murder for over nine years? How does he go on working? How does despair shape his thoughts and actions, and how does he learn to fight back? In this memoir, Rushdie tells for the first time the story of his crucial battle for freedom of speech. He shares the sometimes grim, sometimes comic realities of living with armed policemen, and the close bonds he formed with his protectors; of his struggle for support and understanding from governments, intelligence chiefs, publishers, journalists, and fellow writers; and of how he regained his freedom. What happened to Salman Rushdie was the first act of a drama that is still unfolding.--From publisher description"
New York: Random House, 2012
823.914 RUS j
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library