Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 64525 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Omar, Asmah binti Haji
Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka , 1984
499.280 7 OMA p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Adenan Ayob
Kuala Lumpur: Oxford Fajar, 2009
499.3 AYO b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Nababan, Sri Utari Subyakto
Jakarta: Gramedia, 1993
407 SRI m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Noor Bari
"Bahasa Daerah jang mempunjai tjukup banjak pendukung dalam masjarakat tetap kita pelihara dan diadjarkan disekolah sekolah daerah masing masing (terutama Sekolah Rakjat) setjara strukturil. Pengadjaran Bahasa Indonesia bertolak dari struktur jang paling berbeda dengan bahasa daerah setempat. Pengadjaran Bahasa Indonesia dengan metode linguistik strukturil disekolah sekolah akan berdjalan dengan baik apabila didjalankan dengan tjara sedikit demi sedikit. Dan lebih baik menangguhkan istilah istilah jang dapat membingungkan murid. Untuk tudjuan ini perlu pembentukan kader kader pengadjar Bahasa Indonesia jang berfaham linguistik strukturil sebanjak banjaknja. Bahasa Indonesia telah dan sedang tumbuh dengan tjepat demikian pula kata katamadjemuk telah bertambah banjak dibanding tahun tahun jang lalu. Oleh karena itu perlu penindjauan Kamus Umum Bahasa Indonesia, terutama mengenai katamadjemuk. Dapat diambil sebagai antjar antjar lima tahun sekali_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1963
S10886
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indriani Lesmana
"Dengan judul Pengajaran Membaca Bahasa Belanda Pada Empat Universitas di Jakarta, skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang berlangsung pada pengajaran bahasa Belanda dewasa ini dan apakah tujuannya dapat tercapai. Kalau ternyata tidak tercapai, berdasarkan literatur penulis ingin mengusulkan suatu metode lain, yang mungkin dapat dipakai untuk menperbaiki pengajaran bahasa Belanda. Tujuan pengajaran bahasa Belanda, sebagai bahasa sumber, ialah agar mahasiswa memperoleh kemanpuan membaca artikel atau buku, tentang masalah yang ada hubunganya dengan bidang studi_nya, yang ditulis dalam bahasa Belanda, bila telah menyelesai_kan pendidikaanya. Kemampuan membaca artikel atau buku dalam bahasa Belanda tersebut dimakaudkan untuk memenuhi kepentingan pekerjaannya di kemudian hari. Metode yang dipakai dewasa ini, yaitu metode gramatika _terjemahan, dirasakan kurang efektif, karena meayebabkan maha_siswa sangat tergantung pada kamus, sehingga mereka tidak mampu membaca berdasarkan priasip reading for meaning, yaitu membaca secara langsung dan berdasarkan konteks. Sebaliknya, mereka berusaha memahami bacaan dengan cara menterjemahkan kata demi kata dan kalimat demi kalimat. Selain metode yang kurang efektif ini, salah satu unsur lain yang menyebabkan tujuan belajar bahasa Belanda tidak _"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1980
S15747
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: FS-UI, 1976
495.102 LOK b (1);495.102 LOK b (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ihsan
"Jurnal ini menjelaskan tentang metode ceramah dalam pengajaran bahasa korea yang digunakan pada program preeliminary training BNP2TKI Ciracas jakarta timur. Pembahasan ini mencakup kemahiran menulis dan kemahiran mendengar. Penelitian ini dilakukan pada peserta preeliminary training gelombang 294 kelas D. Metode kualitatif digunakan sebagai pendukung dalam menganalisis data yang diperoleh. Hasil deskripsi ini merupakan deksripsi mengenai metode dua kemahiran bahasa Korea serta penjabaran tingkat pemahaman seluruh peserta.

This paper describes about the Korean language teaching lecture methods used in Preliminary Training BNP2TKI Ciracas, East Jakarta. The discussion includes writing skills and listening skill. This study wasconducted on cycle 294 Class D. The qualitative methods are used as support in analyzing the data. The result of this paper describes the two methods of Korean language as well as the description of the understanding level of all participants.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Djakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1972
430.7 WOR (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Pardede, Jannes Freddy
"The objectives of this research are to find the relationship between language attitude and self-concept with English writing ability and to describe the language attitude, self-concept, and English writing ability based on social factors such as gender, ethnicity, and college background. The survey was conducted at five universities/colleges in Jakarta.
There are three approaches used in this research. sociolinguistic, psychological, and language teaching approaches. The collecting data technique applied in this research was randomly purposive sampling. Questionnaires are used to obtain the language attitude and self-concept data. Writing tests are conducted to get the writing ability scores. The obtained writing scores are the mean provided by two qualified writing raters. All data in the form of numbers are statistically analyzed by computer using SPPS (Slalislical Packages./or Social Studies) 1 1.0 for windows by using parametric and nonparametric tests such as Pearson Product Moment, Regression, Anova, T-testnd Kruskal-Wallis H.
The study reveals that there are positive relationships between:
(1) attitude toward English and English writing ability;
(2) self-concept and English writing ability; and
(3) attitude toward English and self-concept with English writing ability.
The study also proves that:
(4) except for the kind of work that needs English, the social variables such as gender, ethnicity, college background do not seem to contribute to the attitude toward English;
(5) the social variables do not seem to contribute to the writing self-concept; and
(6) except for college background and the kind of work that needs English, the social variables do not seem to contribute to the writing self-concept.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11205
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Lestari
"Fokus penelitian ini adalah pengukuran kompetensi komunikatif dalam soal bahasa Inggris Ebtanas tingkat SLTP. Adapun tujuan penelitian ini yakni mengukur kadar kesahihan isi Ebtanas bahasa Inggris tingkat SLTP dan mengukur kadar kesahihan konstruk soal membaca dalam Ebtanas bahasa Inggris tingkat SLTP dari segi kompetensi komunikatif.
Untuk mengetahui kadar kesahihan isi Ebtanas bahasa Inggris tingkat SLTP dari segi kompetensi komunikatif yaitu dengan menganalisis seluruh butir soal Ebtanas tahun 1999-2001 (180 butir soal) dengan prinsip kompetensi komunikatif. Dan untuk pengujian kesahihan konstruk soal membaca dalam Ebtanas bahasa Inggris SLTP dilakukan secara empirik atas dasar perhitungan analisis korelasi dengan menggunakan rumus Momen-Produksi Pearson. Pengumpulan data yang berupa skor diperoleh melalui pengetesan soal membaca dalam Ebtanas bahasa Inggris SLTP dan tes isi rumpang pada 50 siswa SLTP kelas 3 semester akhir di SLTP Negeri 30 Jakarta.
Temuan dari hasil analisis terhadap 180 butir soal bahasa Inggris Ebtanas tingkat SLTP tahun 1999-2001 menunjukkan bahwa Ebtanas bahasa Inggris SLTP hanya menguji keterampilan membaca, tidak menguji seluruh keterampilan berbahasa (keterampilan berbicara, menulis, dan menyimak). Hal ini dikarenakan siswa harus membaca dengan teliti terlebih dahulu sebelum menentukan jawaban yang benar. Selanjutnya hasil analisis Ebtanas tersebut dari segi kampetensi komunikatif memiliki kadar kesahihan isi yang rendah. Demikian pula kadar kesahihan konstruk pada soal membaca bahasa Inggris Ebtanas SLTP 1999-2001 berkadar rendah. Secara keseluruhan Ebtanas bahasa Inggris tingkat SLTP 1999-2001 tidak dapat berfungsi sebagai alat uji yang mengukur kompetensi komunikatif siswa SLTP.
This study focuses on measuring English Ebtanas junior high school in competency communicative. The objectives of this study are to measure content validity of English Ebtanas junior high school and to measure construct validity of reading problems in English Ebtanas junior school seen from competency communicative.
To know the content validity of English Ebtanas junior high school seen from competency communicative is by analyzing all of problems English Ebtanas periodic 1999-2001 (180 problems) using competency communicative principles. And to examine the construct validity of reading problems in English Ebtanas is done empirically based on analysis correlation using Moment-Production Pearson. Data which are score are obtained through examining the reading problems of English Ebtanas and cloze test to 50 junior high school students grade 3rd on last semester at SLTP Negeri 30 Jakarta.
The result of this study shows that English Ebtanas junior high school just examining reading skill; it's not examining all of language skills (speaking, writing, and listening). Since students have to read all of the problems carefully before they decide the right answer. Furthermore this research fords out that degree of the content validity English Ebtanas seen from competency communicative is low. Likewise degree of the construct validity reading problems in English Ebtanas is low. So English Ebtanas periodic 1999-2001 can't be used as an instrument to measure competency communicative junior high school students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T11184
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>