Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 76564 dokumen yang sesuai dengan query
cover
I.R. Poedjawijatna
Jakarta: N. V. Obor, 1955
499.25 POE t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
I.R. Poedjawijatna
Jakarta: N. V. Obor, 1955
499.25 POE t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Wachendorff, F
Jogyakarta, Harapan Masa, 1955
400 W 10
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Soraya Arifianti
"Intellectual Humility (IH) merupakan suatu sifat kebajikan yang baru-baru ini dikembangkan dalam bidang ilmu psikologi dan dipercaya dapat membantu para siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) mengelola dirinya saat bertemu dengan
perbedaan berpendapat. Dewasa ini, alat ukur The Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS) telah teruji secara komprehensif mampu mengukur konsep IH
yang terdiri atas empat aspek yang berbeda, yaitu; Independence of Intellect and Ego (IIO), Openness to Revising One’s Viewpoint (OROV), Respect for Others’
Viewpoints (ROV), Lack of Intellectual Overconfidence (LIO). Tujuan dari penelitian
ini adalah mengadaptasi alat ukur CIHS ke dalam versi bahasa Indonesia pada siswa
SLTA di Indonesia. Metode penelitian kuantitatif dilakukan dalam beberapa tahap
berdasarkan pedoman adaptasi alat ukur dari International Test Commission (ITC).
Penelitian ini melibatkan 411 partisipan berusia 14-19 tahun (M = 16.10) dipilih
melalui convenience sampling. Prosedur pengujian reliabilitas dan validitas melalui
internal consistency dan confirmatory factor analysis (CFA) telah dilakukan. Hasil
perhitungan reliabilitas menunjukkan alat ukur CIHS versi Bahasa Indonesia tidak
memiliki item-item dengan nilai konsistensi internal yang tinggi, baik secara
keseluruhan maupun pada dua aspek yang termasuk di dalamnya. Sementara itu, hasil
uji validitas dengan menggunakan CFA menunjukkan model good fit, dengan
memenuhi 2 dari 3 kriteria yang berlaku. Pengembangan alat ukur ini masih
diperlukan terutama dalam meningkatkan nilai reliabilitasnya. Meskipun demikian,
alat ukur CIHS versi Bahasa Indonesia valid dalam mengukur konstruk Intellectual
Humility. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan penelitian adaptasi alat
ukur, pengembangan konstruk Intellectual Humility di kemudian hari, serta
pengembangan lebih jauh dari penelitian ini dapat membantu guru dan para psikolog
sekolah dalam proses asemen pengukuran Intellectual Humility untuk pengembangan karakter siswa SLTA di Indonesia.

Intellectual Humility (IH) is a virtue that was recently developed in the field of
psychology and is trusted to be able to help high school students manage themselves
when facing disagreements. Currently, The Comprehensive Intellectual Humility
Scale (CIHS) has been tested comprehensively to be able to measure the IH which
consists of four different aspects, namely; Independence of Intellect and Ego (IIO),
Openness to Revise Someone's Point of View (OROV), Respect for Other
Perspectives (ROV), Lack of Too Intellectual Trust (LIO). The purpose of this study
was to adapt the CIHS into an Indonesian version for secondary school students in
Indonesia. The quantitative research method was carried out in several stages based
on the guidelines for adapting measuring instruments from the International Test
Commission (ITC). This study involved 411 participants aged 14-19 years (M = 16.10)
who were selected by convenience sampling. The procedure for testing the reliability
and validity through internal consistency and confirmatory factor analysis (CFA) was
carried out. The results of reliability calculations show that the Indonesian version of
the CIHS does not have items with high internal consistency, both as an overall score
and on the two aspects included in it. Other than that, the results of the validity test
using the CFA showed a good fit, by meeting 2 of the 3 criterions. The development
of this measurement is still needed, especially in increasing its reliability score.
However, the Indonesian version of the CIHS is valid in measuring the construct of
intellectual humility. The results of this study can be used as a reference for measuring instrument adaptation research, the development of the intellectual humility construct in the future, and further development of this study can assist
teachers and school psychologists in the process of measuring Intellectual Humility for building characters of secondary school students in Indonesia.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Ramlan
Yogyakarta: Andi, 1985
499.22 RAM t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, 2004
R 499.2213 KAM
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Muhammad Ichsan
"Information Retrieval (IR) secara umum merupakan suatu teknik untuk menemukan informasi di dalam kumpulan-kumpulan dokumen atau di dalam media-media lainnya dengan memberikan query atau pertanyaan berupa teks, suara, gambar atau bentuk-bentuk lainnya. Penerapannya yang paling sering dijumpai adalah search engine atau mesin pencari. Untuk meningkatkan jumlah dokumen yang diperoleh salah satunya dilakukan dengan menggunakan pemotong kata berimbuhan (stemmer). Stemmer merupakan salah satu alat bantu paling sederhana dalam bidang Information Retrieval. Stemmer digunakan untuk mendapatkan kata dasar atau bentuk yang lebih umum dari suatu kata sehingga mengurangi variasi kata pada dokumen-dokumen. Dengan demikian dokumen yang diinginkan akan semakin banyak diperoleh. Contohnya dokumen yang mengandung kata-kata berimbuhan pendapat, pendapatan, didapat dan sebagainya akan dirujuk oleh kata dasar yang sama yaitu dapat. Namun beberapa kata berimbuhan yang mempunyai kata dasar yang sama, memiliki makna yang berbeda. Sehingga kurang tepat apabila menyamakan seluruh variasi kata tersebut kepada kata dasarnya dengan menggunakan stemmer. Misalnya kata pendapat dengan pendapatan. Meskipun keduanya memiliki kata dasar yang sama, tapi hakikatnya keduanya memiliki makna yang sangat berbeda. Selain masalah perbedaan makna di atas, juga ada masalah terkait dengan jenis korpus. Jenis korpus yang dapat mempengaruhi makna kata. Misalnya, kata membintangi dan bintang. Pada korpus astronomi kata membintangi tidak mempunyai makna yang sama dengan kata bintang. Sebaliknya pada korpus perfilman kedua kata ini bermakna sama yaitu pemain film. Sebuah penelitian mengenai stemmer yang berdasarkan pada korpus telah dilakukan untuk menghindari penyamarataan makna variasi kata. Stemmer yang telah diujikan pada bahasa Inggris dan Spanyol tersebut telah meningkatkan efektifitas sistem IR dalam mendapatkan informasi. Stemmer ini disebut stemmer corpus-based dengan menggunakan statistik co-occurrence dari variasi kata. Pada tulisan ini penulis mencoba untuk menggunakan teknik yang sama untuk menghindari penyamarataan makna variasi kata pada bahasa Indonesia. Karena pada bahasa Indonesia terdapat banyak variasi kata yang berakar pada kata dasar yang sama, namun memiliki perbedaan makna. Penulis mencoba memperbaiki efektifitas penggunaan stemmer Indonesia yang sudah ada dengan teknik stemmer corpus-based dengan menggunakan statistik co-occurrence dari variasi kata. Penulis tidak melakukan penelitian pada masalah yang terkait dengan korpus topik tertentu karena keterbatasan korpus pada bahasa Indonesia. Berdasarkan pembahasan dan uji coba yang telah dilakukan dengan menggunakan korpus yang berisi dokumen dari Tempo dan Republika, dapat disimpulkan bahwa penggunaan stemmer corpus-based dengan menggunakan statistik co-occurrence dari variasi kata (SVC) hanya menunjukkan sedikit perbaikan pada efektifitas sistem IR. Dibandingkan dengan perbaikan yang diperoleh dengan menggunakan stemmer masing-masing, dengan bantuan SVC, pada stemmer morfologi untuk bahasa Malaysia terjadi peningkatan"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsul Hadi
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press , 2015
499.221 SYA k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>