Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 63026 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fertiana Santy
"Komunikasi verbal dan nonverbal yang baik merupakan dasar hubungan antar manusia yang memberi kesenppatan kepada seseorang dalam mempertahankan dan meningkatkan hubungan dengan orang lain. Komunikasi nonverbal merupakan pemindahan pesan tanpa menggunakan kata-kata dan cara yang paling meyakinkan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Infant (0-1 tahun) mengalami perubahan dramatis pada tubuh dan otak termasuk perkembangan motorik, afektif) dan kapasitas intelektual. Perkembangan afektif masa infant adalah percaya vs tidak percaya. Rasa percaya timbul jika orangtua memenuhi kebutuhan fsik, psikologis, dan sosial secara adekuat. Sementara rasa tidak pemaya timbu! bila kebutuhan dasar tidak terpenuhi secara adekuat, Penelitian ini menggunakan desain deskripsi korelasi dan selanjutnya ditabulasi dengan menggunakan mmus Exact Fisher Probability Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa p > a artinya ada pengaruh antara komunikasi nonverbal dan perkembangan afektif anak infant, namun tidak signifikan (not significant sign)."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
TA4975
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Agung Saryanto
"Migrasi mempengaruhi perkembangan sumber daya manusia, termasuk anak-anak. Meski migrasi berpotensi meningkatkan kesejahteraan keluarga, namun dampaknya terhadap perkembangan anak-anak yang tertinggal masih menjadi pertanyaan. Anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya untuk bermigrasi merupakan kelompok yang rentan terhadap masalah selama tumbuh kembangnya. Kemampuan kognitif mungkin terganggu jika orang tua bermigrasi. Tesis ini membahas tentang pengaruh migrasi orang tua terhadap perkembangan kognitif anak tertinggal dengan menggunakan data IFLS 4 dan 5. Dari estimasi model OLS diketahui bahwa ketidakhadiran orang tua akibat migrasi oleh ayah berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif anak. Sedangkan migrasi ibu berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap skor kognitif anak. Sedangkan model 2SLS menjelaskan pengaruh migrasi orang tua dan kognitif anak melalui jalur peningkatan kesejahteraan keluarga. Hasilnya, migrasi ayah berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pengeluaran rumah tangga, dimana peningkatan pengeluaran ini dapat sangat meningkatkan kecerdasan anak. Terakhir, penelitian ini juga membuktikan bahwa kemampuan kognitif anak juga dipengaruhi oleh karakteristik dan masukan anak saat lahir, keluarga, dan kondisi sosial ekonomi

Migration affects the development of human resources, including children. Although migration has the potential to improve family welfare, its impact on the development of children who are left behind is still a question. Children who are left by their parents to migrate are a group that is vulnerable to problems during their development. Cognitive abilities may be impaired if parents migrate. This thesis discusses the effect of parental migration on the cognitive development of underdeveloped children using IFLS 4 and 5 data. From the estimation of the OLS model, it is known that the absence of parents due to migration by fathers has a positive effect on children's cognitive abilities. Meanwhile, maternal migration has a negative but not significant effect on children's cognitive scores. Meanwhile, the 2SLS model explains the effect of parent and child cognitive migration through the pathway of increasing family welfare. As a result, father migration has a positive and significant effect on increasing household expenditure, where this increase in expenditure can greatly increase children's intelligence. Finally, this study also proves that children's cognitive abilities are also influenced by the characteristics and input of children at birth, family, and socio-economic conditions."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soemiarti Patmonodewo
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Carlina Cornain Abdullatif
"ABSTRAK
Asma merupakan suatu kelainan yang kompleks dengan banyak faktor penyebab Yang turut berperan untuk menimbulkan serangan asma. Sebagian besar dipengaruhi oleh faktor-faktor pencetus yang banyak terdapat di lingkungan rumah tangga dan dapat dihindari. Serangan asma dapat terjadi pada setiap waktu dan kadang-kadang selain mendadak juga dapat terjadi serangan yang berat. Disinilah terdapat peran serta orang tua yang harus disadarkan dan ditingkatkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pencetus yang umumnya berada di lingkungan rumah tangga.
Salah satu tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah agar orangtua dapat memahami asma-anak dengan baik supaya dapat menanggulangi asma secara optimal, sehingga tercapai keseimbangan yang serasi dan selaras antara anak-asma dan lingkungannya dengan demikian anak-asma tersebut dapat tumbuh dan berkembang seoptimal mungkin sesuai dengan umurnya.
"
Lengkap +
1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Perwira Yudha Wijasa
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S5924
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This article describes verbal and nonverbal responses of preschool children toward fairy tales. The preschool is the appropriate period of age to grow and improve a moral intelligence...."
2008
370 JPUNP 30:2 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari online game terhadap perkembangan bahasa anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu yang memusatkan perhatian pada efek (dampak) dari berbagai faktor, memberikan makna (pemaknaan) pada gejala sosial. Berdasarkan hasil pengolahan kuesioner dan hasil wawancara dari 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, online game memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak. Hal ini terlihat dari penghitungan uji signifikansi regresi dan diperoleh nilai F hitung = 179,64 sedangkan F tabel = 4,1. Kedua, terdapat korelasi positif antara variabel X yaitu online game dengan variabel Y yaitu perkembangan bahasa anak, di mana uji signifikansi koefesien korelasi melalui uji t menunjukan bahwa t hitung (13,80) > t tabel (1,67), sehingga koefesien korelasi berdasarkan hasil perhitungan adalah signifikan dengan dk 99 a= 0,05."
Lengkap +
TEKNODIK 19:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Sunarto
"Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik (TKT) anak sekolah pada anak, orang tua dan guru terhadap peningkatan pengetahuan, psikomotor dan perkembangan industri. Desain penelitian ?quasi experimental pre-post test with control group? melibatkan 117 anak sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan, psikomotor dan perkembangan industri meningkat secara bermakna setelah terapi kelompok terapeutik pada kelompok anak, orang tua dan guru dan lebih tinggi secara bermakna dibandingkan pada kelompok anak (pvalue ≤ 0.05). TKT anak sekolah pada anak, orang tua dan guru direkomendasikan pada anak usia sekolah untuk meningkatkan perkembangan industry anak lebih optimal.

This research aimed to determine the effect of therapeutic group therapy (TGT) in elementary school children, parents and teachers on increase their cognitif, psychomotor and industrial development. Using "quasi experimental pre-post test with control group" involving 117 school children.
Results show an increase in cognitif, psychomotor and industrial development increased significantly after therapeutic group therapy of children, parents and teachers, significantly higher than in TGT groups of children (pvalue ≤ 0.05). School children TGT in children, parents and teachers are recommended to improve children's industrial development."
Lengkap +
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyuningsih Andariyanti
"ABSTRAK
Kepuasan hidup dapat menjadi faktor psikologis pelindung yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan positif remaja (Gadermann, Schonert-Reichl, & Zumbo, 2010). Salah satu faktoryang berkaitan dengan kepuasan hidupremaja adalah komunikasi yang baikantara orang tua dengan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungankomunikasi ayah dengan kepuasan hidup remaja awal laki-laki dan perempuan serta komunikasi ibu dengan kepuasan hidup remaja awal laki-laki dan perempuan. Penelitian ini jugaingin mengetahui komunikasifigur orang tuayangberhubunganpalingkuat dengan kepuasan hidup remaja awalpada setiap jenis kelamin. Responden penelitian terdiri dari 108 remaja awal berusia 10-15 tahun yang tinggal bersama kedua orang tua kandungnya. Alat ukur yang digunakan adalah Parent-Adolescent Communication Scale (PACS; Barnes & Olson, 1985)dan Satisfaction with Life Scale adapted for Children (SWLS-C; Gadermannet al., 2010).Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang positif antarakomunikasi ayah serta ibu dankepuasan hidup remaja awal laki-laki dan perempuan yang tinggal bersama kedua orang tua kandungnya.Komunikasi ayah dan ibu memprediksikan kepuasan hidup remaja awal laki-laki dan perempuan. Berdasarkan kekuatan regresi dengan kepuasan hidup, komunikasi ayah (R2 = 0.294, remaja awal laki-laki; R2 = 0.228, remaja awal perempuan) memilikihubungan signifikan positif lebih kuat daripada komunikasi ibu (R2 = 0.104, remaja awal laki-laki; R2 = 0.147, remaja awal perempuan)."
Lengkap +
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margareta Triastuti Pristiwa
"ABSTRAK
Dalam interaksi orangtua dan anak terjadi proses komunikasi, baik verbal maupun
nonverbal. Salah satu tipe komunikasi dalam interaksi orangtua dan anak yang
dapat memicu konflik adalah kontrol. Komunikasi orangtua yang penuh dengan
evaluasi, penilaian, kritik, nasehat, peringatan, anjuran moral, dan perintah
memunculkan beberapa dampak negatif pada anak serta pada hubungan antara
orangtua dan anak. Peneliti melihat bahwa penerapan MOE efektif untuk
memberikan pengetahuan bagi orangtua mengenai komunikasi yang efektif
sehingga orangtua dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, yang
pada akhirnya dapat menumbuhkan komunikasi efektif serta hubungan yang intim
dan hangat antara orangtua dan anak. Penelitian dilakukan terhadap 1 kasus, Dina
dan Bu Ria, dengan pelaksanaan sesi sebanyak 7 (tujuh) kali. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa MOE efektif untuk memberikan pengetahuan bagi orangtua,
namun orangtua belum dapat mempraktekkan MOE secara konsisten.

ABSTRACT
During interaction between parent and child, there is a verbal and non verbal
communication process. One of its communcation’s type that can trigger conflict
is control. Parent’s communication that full of evaluation, judgement, criticism,
preaching, moralizing, and commanding can give negative effects to child and
parent-child relationship. Researcher believe that Parent Effectiveness Training is
effective in giving knowledge to parent about effective communication, so parent
can apply it on daily life, and at the end will build effective communication as
well as warm and intimate relationship between parent and child. This research
was conducted on 1 case, Dina and Bu Ria, with 7 sessions meeting. The result
shows that PET is effective in giving knowledge to parents about effective
communication, but parent hasn’t use PET consistently.;"
Lengkap +
2010
T37886
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>