Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 125070 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gita Kurnia
"Bisnis pengoperasian kapal adalah bisnis yang sangat menarik namun juga dapat beresiko tinggi. Berbagai bentuk efisiensi dilakukan untuk menekan biaya operasi kapal tanpa mengorbankan biaya pemeliharaan. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi kapal ialah melalui pengurangan hambatan gesek kapal dengan menerapkan cat biopolimer. Biopolimer yang akan dicoba adalah kanji dari tepung singkong yang merupakan polimer karbohidrat dicampurkan dalam formulasi cat kapal. Kulit kapal diharapkan mampu mempertahankan sifat licinnya dalam air apabila diaplikasikan dengan cat biopolimer tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan uji coba kapal pelat datar di tangki percobaan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh cat biopolimer terhadap hambatan gesek kapal. Penggunaan cat dapat dipasarkan sebagai produk yang ramah lingkungan.

Ship operation is a very interesting business but also can cause high risks. Various efforts to increase efficiency have been done to minimize ship operation cost without cutting the repair cost. Reducing the frictional ship resistance by using biopolymer-based paints is one of the solutions to increase ship efficiency. The biopolymer is based on starch from tapioca flour, which is a carbohydrate polymer mixed in paint formulation. Ship surface is expected to be able to maintain its smooth character under water by applying biopolymer paint. The study was performed on flat plate ships towing test in a towing tank to investigate the biopolymer paint effect against frictional resistance. The use of biopolymer paint can be marketed as an environmentally friendly product. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S806
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Neni Sudiar
"Bisnis pengoperasian kapal adalah bisnis yang sangat menarik namun juga dapat beresiko tinggi. Berbagai bentuk efisiensi dilakukan untuk menekan biaya operasi kapal tanpa mengorbankan biaya pemeliharaan. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi kapal ialah melalui pengurangan hambatan gesek kapal dengan menerapkan cat biopolimer. Biopolimer yang akan dicoba adalah kanji dari tepung singkong yang merupakan polimer karbohidrat dicampurkan dalam formulasi cat kapal. Kulit kapal diharapkan mampu mempertahankan sifat licinnya dalam air apabila diaplikasikan dengan cat biopolimer tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan uji coba kapal pelat datar di tangki percobaan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh cat biopolimer terhadap hambatan gesek kapal. Penggunaan cat dapat dipasarkan sebagai produk yang ramah lingkungan.

Ship operation is a very interesting business but also can cause high risks. Various efforts to increase efficiency have been done to minimize ship operation cost without cutting the repair cost. Reducing the frictional ship resistance by using biopolymers in paints is one of the solutions to increase ship efficiency. The biopolymer is based on starch from tapioca flour, which is a carbohydrate polymer mixed in paint formulation. Ship surface is expected to be able to maintain its smooth character under water by applying biopolymer paint. The study was performed on flat plate ships towing test in a towing tank to investigate the biopolymer paint effect against frictional resistance. The use of biopolymer paint can be marketed as an environmentally friendly product."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S773
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Furqon Firmansyah
"Kapal penumpang merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut orang, tetapi ada juga kapal penumpang yang digunakan untuk mengangkut orang dan barang. Kapal penumpang pelat datar merupakan kapal penumpang dengan lambung yang terdiri dari pelat – pelat datar tanpa di bending terlebih dahulu. Kapal pelat datar (flat hull) merupakan salah satu bentuk kapal alternatif selain kapal berbentuk lengkung (streamline). Kapal pelat datar tersebut dapat memberi kemudahan dalam proses perakitan dan perbaikan, tetapi memiliki hambatan relatif lebih besar daripada kapal lambung streamline pada kecepatan tinggi. Hambatan kapal merupakan salah satu faktor penting dalam perancangan kapal karena memiliki pengaruh yang besar dalam perhitungan daya mesin induk kapal, biaya operasional kapal dan konsumsi bahan bakar. Desainer kapal melakukan berbagai penelitian dan perlakuan untuk menghasilkan kapal dengan nilai hambatan seminimal mungkin. Minyak kulit biji mete (Anacardium occidentale) adalah produk yang memiliki sifat licin sehingga memiliki potensi untuk mengurangi hambatan total dari kapal. Selain itu, minyak kulit kacang mete ini merupakan limbah dari industri kacang mete yang nilai pemanfaatannya dan nilai jualnya masih rendah sekali. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan diaplikasikan cat biopolimer berbahan dasar minyak kulit kacang mete pada kapal penumpang pelat datar model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan drag reduction cat biopolimer dari minyak kulit kacang mete dipadukan dengan resin alkid pada lambung kapal dan komposisi cat biopolimer serta varian kecepatan yang menghasilkan optimum drag reduction. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan uji tarik kapal model di towing tank untuk melihat pengaruh sifat licin minyak kulit biji meter terhadap hambatan total dari kapal. Hasil dari pengujian kemampuan drag reduction cat biopolimer dari minyak kulit kacang efektif meningkatkan performa kapal pada kecepatan relatif tinggi dan komposisi cat biopolimer cnsl : resin alkid sebesar 2:1 pada nilai Fn 0.274327 memberikan optimum drag reduction sebesar 24,50%.

Passenger Ship is ships transporting passengers or transporting passengers and cargo. Passenger ship flat plate is passenger ship which of hull consist of flat plates without bending. Ship flat plate is an alternatif ship design that gives simplicity in assembling and repairing process, but it has bigger ship’s total resistance than streamline ship in high velocity. Ship’s resistance is one of the most important factor in ship design because it has great influence in calculation main engine power of ship, ship’s operation cost and fuel consumption. Naval Architect undertake researches and treatments to create ship which of minimal resistance. Cashew Nut Shell Liqud or CNSL (Anacardium occidentale) is natural product which has slippery properties thus potentially to reduce the ship’s resistance especially the drag resistance. futhermore, Cashew Nut Shell Liqud is industrial waste of cashew nut industry which has not been widely used and has very low price. Therefore, in this Final Project will apply biopolymer coating from cashew nut shell liquid (CNSL) on passanger ship flate plate model. The purpose of the Final Project is to know the ability Biopolimer Coating from Cahsew Nut Shell Liquid with Alkyd Resin in reduction the ship’s resistance and which composition gives the optimum drag redution . Research method used is by doing towing test to the ship model in towing tank at Hydrodynamic Laboratorium to determine the effect of Cashew Nut Shell Liquid sliperry properties in ship model resistance. The result of towing test method is use of biopolymer coating from cashew nut shell liquid with alkyd resin gives significant effect inreasing ship’s performance on the high speed and the composition of biopolimer coating which of cnls : alkyd resin for 1 : 1 on Froude’s number 0.274327 gives optimum drag reduction for 24.05%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S57700
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raini Alfida
Jakarta: Universitas Indonesia, 1984
S22657
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad As`adi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S37391
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Julianto
"ABSTRAK
Suatu sistem perpipaan mempunyai koefisien gesek yang dapat terjadi
pada saat fluida mengalir. Pada saat fluida mengalir maka terjadi fenomena
kerugian jatuh tekanan (Pressure Drop). Kerugian jatuh tekanan (pressure drop)
memiliki kaitan dengan koefisien gesek dan merupakan hal penting dari sistem
aliran fluida di dalam pipa karena berhubungan dengan penggunaan energi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari kondisi optimal pengoperasian
dimana nilai kerugian jatuh tekanan dapat sekecil mungkin. Pada kecepatan
tertentu diharapkan nilai kerugian jatuh tekanan paling optimal sehingga akan
mengurangi konsumsi energi
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kerugian jatuh tekan yang
terjadi pada aliran fluida di dalam pipa acrylic Ø 1 inch pada masing masing
konsentrasi penambahan zat adiktif biopolimer lendir lele yakni 250 ppm, 300
ppm , 400 ppm dan 500 ppm. Dari pengujian ini didapatkan data debit aliran,
perbedaan ketinggian air, kecepatan aliran dan viskositas fungsi temperatur.
Spesifikasi dari alat pengujian yang diperlukan juga didapatkan untuk diolah
menggunakan persamaan-persamaan empiris sehingga didapatkan hasil
pengolahan, tampilan grafik hasil pengolahan yang akan dibandingkan dengan
grafik secara teoritis. Di peroleh melalui percobaan ini hubungan antara friction
factor dengan bilangan reynolds, grafik turbulent boundary layer dan drag
reduction dalam masing masing konsentrasi lendir lele.

ABSTRACT
A pipeline system has a coefficient of friction that can occur when the
fluid flows. At the time of the fluid flows down, the pressure loss phenomenon
(Pressure Drop) occured. pressure loss (pressure drop) related to the coefficient of
friction and is a highlight of the system of fluid flow in the pipes because they
relate to energy use. The purpose of this research is to find optimal operating
conditions where the pressure drop losses can be as small as possible. At a certain
speed is expected to value the loss most optimal pressure drop that will reduce
energy consumption.
The research was conducted to determine the losses that occurred in the
fluid flow inside the acrylic pipe Ø 1 inch at each concentration of the addition of
addictive substances catfish slime biopolymers with concentrations of 250 ppm,
300 ppm, 400 ppm and 500 ppm. Data obtained from this test flow rate, the
difference in water level, flow rate and viscosity function of temperature.
Specification of the necessary testing equipment is also available to be processed
using the empirical equations to obtain the results of processing, graphic display
processing results will be compared with the theoretical graphs. Obtained through
this experiment are the relationship between the friction factor with reynolds
numbers, graphs and turbulent boundary layer and drag reduction in the each
concentrations of catfish slime."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42274
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjorang, Bartolomeus Ridwan
"ABSTRAK
Batubara adalah salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia, namun pengangkutan batubara masih belum efisien dalam penggunaan bahan bakar. Terbatasnya cadangan minyak dunia memerlukan inovasi dalam rangka mecnapai pengurangan konsumsi bahan bakar pada kendaraan laut. Salah satu solusi untuk meningkatkan efisiensi adalah dengan mengurangi hambatan total kapal dengan menggunakan cat biopolimer. Biopolimer dipilih karena bersifat biodegradable. Biopolimer yang akan diuji coba adalah minyak kulit mete (Cashew Nut Shell Liquid/CNSL). Penelitian dilakukan dengan uji coba tongkang pelat datar model di kolam percobaan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh cat biopolimer dari CNSL terhadap hambatan total kapal. Hasil ditunjukkan dalam grafik hubungan koefisien hambatan total dengan variasi bilangan Froude. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cat biopolimer dari CNSL dapat mengurangi hambatan gesek kapal dimulai pada bilangan Froude 0.3466 pada kondisi tanpa beban dan 0.3178 pada kondisi diberikan beban 3 kilogram.

ABSTRACT
Coal is one of Indonesia?s largest export commodity, yet still not efficient in fuel use. Limited world?s oil reserve requires innovation in order to achieve fuel consumption reduction on marine vehicles. One solution to improve efficency is to reduce ship?s total resistance by using biopolymer paint. Biopolymer chosen because it has biodegradable properties. Biopolymer to be tested is the cashew nut shell liquid (CNSL). The study was conducted by using a flat plat barge models to investigate the biopolymer paint effect against ship?s total resistance. The results are shown on the graph as a function of the drag coefficient and Froude number. It shows that the use of CNSL biopolymer paint can reduce ship?s total resistance begins at Froude number 0.3466 with no-load and 0.3178 with 3 kilograms load.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54989
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simatupang, Ido J. H.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36813
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Luminar flow and turbulent of dilute polymer guar gum (fatter) solutions in smooth and in rough pines
was studied This experiment use in 25.4 mm of diameter pipe (PVC), which roughened by (k) 0, 34. 0,8
and 1, 59 mm roughness value of sand grain and 250, 500 and 1000 ppm for additive concentration. The
results show that flow properties ore influenced by polymer addition and surface roughness. In the
transition and turbulent flow regime without additive the increasing of friction coefficient appeared to be
effcted by wall condition alone. Addition of polymer to water is effective for rough pipe. For example
with addition of 1000 ppm of polymer reduced drag in k/D = 0,03 rough pipe by 24 percent at Reynolds
number 2 x 10 , whereas in 250 ppm addition tested drag was reduced only 5 percent
"
Jurnal Teknologi, 21 (2) Juni 2007 : 125-134, 2007
JUTE-21-2-Jun2007-123
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Ship resistance is very importance to learm as we we need to calculate the main power of the ship to reach the defined spees
.."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>