Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 149775 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nurkesuma
"ABSTRAK
Dalam sistem kekerabatan mathlineal, adat menempatkan perempuan di Minangkabau
memiliki kedudukan atau derajatyang sama dengan laki-laki yang disebut dengan egaliter (Naim,
1990). Dengan budaya yang ada Syarifuddin (1989) menyatakan bahwa perempuan
Minangkabu lebih mandiri dibandingkan dengan perempuan masyarakat Indonesia lainnya.
Reenen pun (1984) memperkuat bahwa perempuan Minangkabau yang berada di kota
menunjukkan ketergantungan yang cukup tinggi pada suaminya dibandingkan dengan
perempuan di desa.Tetapi Navis (1990) menyebutkan bahwa di Minangkabau saat ini telah
terjadi kecenderungan deidentifikasi budaya pada perempuan Minangkabau setelah memperoleh
pendidikan kebudayaan Baratyang memiliki sistem patrilineal. Naim (1991) mengatakan bahwa
pada saat ini, tanggung jawab dari kaum (kelompok suku) terhadap perempuan sudah mulai
berkurang, sehingga perempuan Minangkabau sudah mulai 'dilepaskan' oleh kaumnya. Dalam
arti ikatan pada adat Minangkabau makin mengendur, sehingga perempuan Minangkabau harus
lebih terikat pada keluarga intinya dibandingkan dengan keluarga besarnya.
Berdasarkan teori Identitas Sosial Tajfel (1972, dinyatakan bahwa identitas sosial (Social Identity)
adalah keadaan dimana individu merasa dirinya sebagai bagian dari suatu kelompok tertentu.
Individu mengetahui bahwa ia merupakan milik dari suatu kelompok sosial dengan nilai dan
emosio; dari kelompok dirasa penting (significance) bagi keanggotaannya dalam kelompok
tersebut. Nilai menurut Rokeach adalah keyakinan yang bertahan yang akan mengarahkan
individu untuk memilih suatu cara yang dianggapnya paling baik daripada cara yang lain dalam
bertingkah iaku atau mencapai tujuan. Berlandaskan dua teori dan situasi tersebut di atas
penelitian ini melihat perbedaan nilai kemandirian perempuan Minangkabau dan perbedaan
Identitas sosial perempuan Minangkabau yang dilihat pada dua generasi yang berbeda, yaitu ibu
dan anak. Subyek penelitian adalah 226 ibu dan anak perempuannya di 6 daerah di Sumatera
Barat yang dibagi berdasarkan pembagian wilayah Minangkabau. Data dikumpulkan melalui
kuesioner. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa ada hubungan antara nilai kemandirian
dan identitas sosial pada perempuan Minangkabau, Tidak ada perbedaan nilai. kemandirian
antara dua generasi yang berbeda, Tidak ada perbedaan identitas sosial antara dua generasi
yang berbeda di Minangkabau saat ini.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun ada perbedaan nilai
kemandirian ataupun identitas sosial pada ibu dan anak, tetapi perbedaan tersebut tidak cukup
memenuhi untuk dikatakan sebagai perbedaan yang berarti. Tetapi mungkin saja pada beberapa
vvaktu mendatang dapat menunjukkan hasil yang berbeda karena, skor yang diperoleh saat ini
hampin mendekati batas penerimaan secara statistik.
Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah penyebaran sampel yang lebih luas, perbaikan
nada alat yang dipergunakan dan penelitian lanjutan mengenai nilai kemandirian dan identitas
sosial perempuan Minangkabau dengan melakukan perbandingan dengan kelompok masyarakat non minagkabau."
1995
S2362
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistiawati
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2007
T19301
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratri Virianita
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk pertama, menyusun tipologi petani berdasarkan konsistensi antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan; kedua, menganalisis konsistensi antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan pada petani; ketiga, menganalisis peran perspektif waktu masa depan, aksesibilitas sumberdaya dan sosio-demografis, yaitu usia, pendidikan non formal, pendapatan usahatani dan luas lahan pertanian, sebagai moderator dalam meningkatkan konsistensi antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan; dan keempat, menganalisis peran identitas sosial sebagai mediator yang meningkatkan konsistensi antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan. Untuk memenuhi tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode survai dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner pada 160 petani padi sawah di Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang rendah, tetapi positif antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan. Berdasarkan konsistensi antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan, petani dapat digolongkan dalam empat tipe. Yaitu, a) Petani Konsisten Positif, petani yang bersikap dan bertingkahlaku bertani berkelanjutan secara positif; b) Petani Inkosisten Negatif, petani yang bersikap positif, tetapi bertingkahlaku bertani berkelanjutan secara negatif; c) Petani Inkonsisten Positif, petani yang bersikap negatif, tetapi bertingkahlaku bertani berkelanjutan secara positif; dan d) Petani Konsisten Negatif, petani yang bersikap dan bertingkahlaku bertani berkelanjutan secara negatif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa: 1) perspektif waktu masa depan, aksesibilitas sumberdaya, pendidikan non formal dan luas lahan pertanian berperan sebagai moderator yang meningkatkan konsistensi antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan, dan 2) identitas sosial berperan sebagai mediator yang meningkatkan konsistensi antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa identitas sosial yang didukung oleh perspektif waktu masa depan dan aksesibilitas sumberdaya, berperan sebagai mediator dalam meningkatkan konsistensi antara sikap dan tingkahlaku bertani berkelanjutan.;

ABSTRACT
The objective of this study is: 1) to compile farmers’ typology based on their attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior, 2), to analyze farmers’ attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior, 3) to analyze the role of future time perspective, resources accessibility and socio-demographic factors, such as age, non formal education, farm income and land scale, as moderators on attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior, and 4) to analyze the role of social identity as mediator on attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior. A survey methodology was conducted to achieve these objectives by collecting data using questionnaire. About 160 farmers in Magelang Regency responded to a package of questionnaire investigating socio-demografic variables, sustainable agricultural attitude and behavior, future time perspective, resources accessibility and social identity. Results indicated low, but positive correlation between attitude and sustainable agricultural behavior. Based on the attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior, farmers can be classified into four types. That is, a) Positive Consistent Farmers (positive attitude and behavior); b) Negative Inconsistent Farmers (positive attitude, but negative behavior); c) Positive Inconsistent Farmers (negative attitude, but positive behavior); and d) Negative Consistent Farmers (negative attitude and behavior). Results also revealed that future time perspective, resources accessibility, non formal education and land scale have a moderation effect on attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavor. Also, social identity has a mediation effect on attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavor. It was also revealed that moderat-ed mediation approach can strengthen attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior., The objective of this study is: 1) to compile farmers’ typology based on their attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior, 2), to analyze farmers’ attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior, 3) to analyze the role of future time perspective, resources accessibility and socio-demographic factors, such as age, non formal education, farm income and land scale, as moderators on attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior, and 4) to analyze the role of social identity as mediator on attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior. A survey methodology was conducted to achieve these objectives by collecting data using questionnaire. About 160 farmers in Magelang Regency responded to a package of questionnaire investigating socio-demografic variables, sustainable agricultural attitude and behavior, future time perspective, resources accessibility and social identity. Results indicated low, but positive correlation between attitude and sustainable agricultural behavior. Based on the attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior, farmers can be classified into four types. That is, a) Positive Consistent Farmers (positive attitude and behavior); b) Negative Inconsistent Farmers (positive attitude, but negative behavior); c) Positive Inconsistent Farmers (negative attitude, but positive behavior); and d) Negative Consistent Farmers (negative attitude and behavior). Results also revealed that future time perspective, resources accessibility, non formal education and land scale have a moderation effect on attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavor. Also, social identity has a mediation effect on attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavor. It was also revealed that moderat-ed mediation approach can strengthen attitude-behavior consistency in sustainable agricultural behavior.]"
2014
D1968
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Dwijayanty
"ABSTRAK
Tulisan ini membahas tentang penggambaran migran di Jerman dan sikap penolakan migran oleh partai politik AfD dalam dua ilustrasi dan tagar unggahan Ralph Ruthe di laman media sosial Instagram. Melalui teori identitas sosial dan teori semiotika Pierce akan dibahas simbol yang merepresentasikan migran, AfD dan sikap masyarakat Jerman terhadap isu penolakan migran oleh AfD. Metode penelitian yang digunakan berupa metode deskriptif kualitatif berbentuk kajian studi pustaka. Hasil tulisan ini menunjukan bahwa masih terdapat jarak yang
membedakan antara masyarakat Jerman dan migran. Namun, dalam kedua ilustrasi terdapat kritik terhadap penolakan migran oleh AfD melalui tagar yang dicantumkan.

ABSTRACT
This paper discusses the depiction of migrants in Germany and the attitude of refusal of migrants by the AfD political parties in two illustrations and the hashtag uploaded by Ralph Ruthe on the Instagram social media page. Through social identity theory and Pierce's semiotic theory, a symbol that represents migrants, AfD and the attitude of German society to the issue of refusal of migrants by the AfD will be discussed. The research method used is a qualitative descriptive method in the form of a literature study. The results of this paper show that there is still a gap between German and migrant people. However, in both illustrations there was criticism of the refusal of migrants by the AfD through the hashtag stated."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Irvan Darwansyah. author
"ABSTRAK
Manusia pada dasarnya adalah mahluk sosial dan mempunyai kebutuhan
untuk bermasyarakat dan bergaul dengan sesama manusia Oleh karena itu,
manusia cenderung hidup dalam kelompok. Dalam dinamika hubungan antar
kelompok, penilaian seseorang terhadap sesama anggota kelompoknya (Ingroup
Member) dapat berbeda dengan penilaian terhadap anggota atau kelompok lain
(Outgorup Member/Outgroup). Sikap yang cenderung memihak ini kemudian
akan menutup kesempatan bagi individu untuk melihat masalah yang ia hadapi
secara objektif.
Salah satu teori yang mengkaji perilaku antar kelompok adalah teori Social
Identity. Teori ini diperkenalkan oleh Henri Tajfel dan John Tumer. Menurut
teori Social Identity, pada dasarnya manusia membutuhkan identitas diri yang
positif, dan identitas diri ini diperoleh melalui keanggotaan dalam sualu
kelompok. Keanggotaan dalam kelompok ini dapat diperoleh dengan
mengidentifikasikan diri pada kelompok atau kelompok lain yang memiliki
karakteristik, trait, atau aspek positif tertentu, sehingga dengan cara ini individu
dapat meningkatkan dan memelihara konsep dirinya Keanggotaan pemberi kritik
ternyata merupakan faktor yang cukup penting dalam menentukan reaksi pada
anggota kelompok (Ariyanto, A., 2002).
Homsey et al. (2001) dalam penelitiannya mengenai keanggotaan
seseorang dalam memberikan komentar negatif menemukan bahwa komentar
negatif lebih menimbulkan reaksi negatif apabila dinyatakan oleh outgroup
member dibandingkan ingroup member. Komentar negatif dari ingroup cenderung
lebih diterima. Fenomena penerimaan komentar negatif dari ingroup
dibandingkan dengan outgroup ini disebut intergroup sensitivity effect.
Dalam penelitian ini, peneliti melakukan replikasi dari penelitian yang
dilakukan Homsey et al. (2001) dan Ariyanto, A. (2002) dimana kedua penelitian
tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keanggotaan pemberi komentar dan status komentatoTHengan reaksi kelompok
terhadap komentar tersebut. Akan tetapi dalam penelitian ini, ada variabel yang
ditambahkan yaitu kredibilitas komentator. Hal ini dilakukan atas dasar pemikiran
bahwa kredibilitas merupakan unsur penting dalam menentukan penerimaan
informasi.
Metode yang akan dipakai adalah field studies dengan teknik Occidental
sampling di mana peneliti mengambil sampel dari sejumlah anggota senat tahun
kepungurusan 2004/2005. Metode pengolahan hasil penelitian yang dipakai
adalah metode statistik Regresi.
Hasil dari penelitian ini adalah tidak didapatkannya hubungan yang
signifikan antara tingkat identifikasi, variasi kredibilitas dan status keanggotaan
komentator dengan reaksi kelompok terhadap komentar negatif kecuali pada
salah satu dimensi reaksi kelompok yaitu dimensi keinginan untuk berubah yang
dipengaruhi oleh tingkat identifikasi yang tinggi, variasi kredibilitas, dan variasi
keanggotaan pemberi komentar."
2004
S3450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Irwina Savitri
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh batasan antarkelompok dan identitas target terhadap perilaku menolong antarkelompok agama. Partisipan dalam penelitian ini adalah 74 orang mahasiswa yang beragama Islam di Universitas Indonesia. Terdapat dua manipulasi kondisi batasan antarkelompok, yaitu kentara dan semu. Perilaku menolong diukur melalui skala perilaku menolong berorientasi kemandirian dan ketergantungan yang akan diberikan kepada target yang berasal dari ingroup (sesama orang Islam) atau outgroup (orang Kristen) dalam empat ilustrasi kasus. Hasil dari pengujian MANOVA menunjukkan tidak ada pengaruh batasan antarkelompok dan identitas target terhadap perilaku menolong.

This study aims to see how the influence of group boundaries and group identity on helping behavior between religious groups. Participants in this study were 74 Muslim students at a university in University of Indonesia. Researchers provide treatment to manipulate the boundaries between groups in two conditions (salient versus not salient). Helping behavior was measured through helping behavior -oriented scale (autonomous and dependency-oriented helping) will be given to targets derived from the ingroup (fellow Muslims) or outgroup (Christians) in the four illustrative cases . The statistical test by MANOVA showed no effect of group boundaries and target‟s identity on helping behavior.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56444
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meutia Nauly
"Perspektif laki-laki perlu dicermati dalam konteks ketidakadilan jender sebab komunitas inipun ternyata bagian dari korban ketidakadilan jender tersebut. Peningkatan kemampuan ekonomi, emosi dan sosial dari perempuan di satu sisi memerlukan pengembangan identitas baru laki laki, antara lain memperbesar bagiannya dalam hal pengasuhan dan perawatan. Sehingga perempuan tidak dibebani berlebihan dan laki-laki memiliki kebanggaan akan peran sebagai ayah. Menghadapi pengembangan identitas ini, laki-laki cenderung menghadapi dilema. Di satu sisi harus menyesuaikan diri dengan nilai-nilai baru seperti pengasuhan anak, di sisi lain masih dituntut dengan nilai-nilai tradisional yang bertentangan. Kondisi ini dapat menjadi sumber konflik peran jender bagi laki·laKi.
Teori yang menjelaskan mengenai konflik peran jender dan keterkaitannya dengan kondisi masyarakat yang seksis dan patriarkhal adalah teori konllik peran jender dari O'Neil. Konflik peran jender adalah suatu keadaan psikologis, dimana sosialisasi peran jender memiliki konsekuensi negatif terhadap orang tersebut maupun orang lain. Konflik peran jender ini terdiri dari 4 aspek. yaitu (1) sukses, kekuasaan dan kompetisi, yaitu konflik dan tekanan yang berlebihan di antara berbagai peran yang berkaitan dengan sukses kekuasaan dan kompetisi; (2) restrictive emotionality, (3) restrictive affectionate behavior betweeo men; (4) konflik antara pekerjaan dan keluarga.
Umumnya di Indonesia kondisi masyarakat masih patriarkhat, namun tuntutan untuk perubahan ke arah kesamaan (equality) perempuan dan laki-laki cukup bergema, sehingga perlu meneliti konllik peran jender laki-laki ini di Indonesia. Konflik peran jender erat kaitannya dengan budaya melalui proses sosialisasi penanaman peran jender. Salah satu faktor pembeda budaya adalah prinsip keturunan yaitu patrilineal, matrilineal dan bilateral, yang digunakan pada penelitian ini. Prinsip keturunan ini berperan dalam menentukan peran dan kedudukan laki-laki dan perempuan di suatu masyarakat. Kelompok masyarakal matrilineal menempatkan perempuan dalam posisi yang lebih tingi dibandingkan bilateral dan patrilineal. Pada penelitian ini kelompok masyarakat patrilineal diwakili suku bangsa Batak, matrilineal suku bangsa Minang dan bilateral suku bangsa Jawa.
Menghadapi pengaruh luar seperti tuntutan keadilan jender, yang cenderung bertolak belakang dengan nilai-nilai Budaya Batak dan Jawa. Laki-laki ke dua suku bangsa ini diduga mengalami konflik peran. Sedangkan pada laki-laki Minang, dimana peran dan posisi laki-laki dan perempuan lebih egaliter, dan sosialisasi peran jender tidak terlalu menekan dibandingkan ke dua masyarakat Batak dan Jawa, peneliti berasumsi menghadapi pengaruh akan tuntutan keadilan bangsa terdiri dari 100 orang laki-laki suku bangsa Batak, Minang dan Jawa.
Penelitian di laksanakan di Medan. Pengolahan data menggunakan anova 1 arah untuk permasalahan 1 dan 2 serta multiple regression untuk masalah 3, dengan bantuan program SPSS versi 11.00.
Hasil penelitian adalah (1) terdapat perbedaan secara signifikan dalam hal konflik peran jender di ketiga kelompok suku bangsa. Konllik peran jender laki-laki Salak secara signilikan lebih tinggi dari konllik peran jender laki-laki Jawa, yang secara signilikan lebih tinggi dari konflik peran jender laki-laki Minang: (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal seksisme diantara ketiga kelompok: (3) Terdapat peran yang signifikan dari seksisme dan suku bangsa lerhadap konflik peran jender pada ketiga kelompok suku bangsa.
Diskusi mengenai : (1) hasil perbandingan konflik peran jender, yaitu adanya pengaruh budaya dalam konflik peran jender, dikaitkan dengan pendapat dan hasil penelitian dari Ihromi, 1975, Sipayung, 1986 dan Rodgers, 1990 untuk budya Salak. Sedangkan pendapal dan hasil penelitian Hatley (1990) digunakan untuk menguraikan konflik peran jender dan budaya Jawa serta Navis (1985). Prindiville (1980) dan Ok-Kyung Pak mengenai budaya Minang. Didiskusikan mengenai hasil penelitian pada masing-masing aspek, seperti budaya "Batak" dibandingkan budaya Minang dan Jawa berperan meningkatkan konflik pada aspek sukses, kekuasaan dan kompetisi. Sedangkan budaya 'Minang' dibandingkan budaya Batak dan Jawa berperan menurunkan konflik peran jender pada aspek homphobia. Juga didiskusikan penelitian dari Kim (1990) mengenai kemungkinan variabel tingkatan akullurasi berperan meningkatkan konflik pada aspek sukses, kekuasaan dan kompetisi serta menurunkan konflik diantara pekerjaan dan hubungan keluarga: (2) mengenai seksisme yaitu perbedaan yang signifikan dalam hal seksisme di antara ketiga kelompok suku bangsa. Didiskusikan pengaruh budaya dengan pendapat dan penelitian dari Ihromi (1980) mengenai suku Batak; Sawitri (1987) untuk suku Minang dan Tjirosubono (19::38): Hatley (1990) dan Kayam (1998) mengenai suku Jawa: (3) adanya peran yang signi!ikan dari suku bangsa dan seksisme terhadap konflik peran jender. Didiskusikan peran yang cukup besar berkaitan dengan hasil penelitian dan teori Konflik peran jender dari O'Neil (1994).
Ada pun saran yang diutarakan antara lain: perlunya pendekatan kualitatif, penelitian banding pada lingkungan asal budaya, penambahan variabel yang lain, seperti tingkat akulturasi dan kesehatan mental, serta saran aplikatif perlunya penelitian konllik peran jender pada kasus­ kasus laki-laki yang berhubungan dengan jender seperti kenakatan remaja laki-laki, kekerasan di rumah tangga dan lain-lain serta pelibatan laki-laki dalam perbincangan mengengai permasalahan anak dan keluarga."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
T4938
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitrah Munir
"Tesis ini membahas proses pembentukan orang kuat lokal di Jakarta Pasca Orde Baru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan jaringan sosial dan identitas sosial berperan besar dalam proses pembentukan orang kuat lokal di Jakarta. Dalam lanskap sosial politik Indonesia pasca orde baru dimana sumber-sumber daya (sosial, politik, dan ekonomi) tidak lagi terpusat, jaringan sosial mampu menciptakan ruang bagi seorang agen/aktor untuk memperoleh atau meminjam berbagai sumber daya tersebut dari berbagai sumber untuk tujuan-tujuan instrumental dirinya. Sementara identitas sosial sebagai sumber pemaknaan yang sangat penting bagi manusia berperan dalam menciptakan solidaritas kelompok berbasis identitas. Kelompok elit dapat menggunakan solidaritas kelompok ini dengan menawarkan tujuan-tujuan yang dianggap sebagai tujuan bersama meskipun secara samar, tujuan-tujuan tersebut sangat menguntungkan elit tersebut.

This thesis describes the process in the making of local strongmen in the Jakarta Post New Order. This study is a qualitative research with case study design. The results showed social networks and social identity plays a major role in the formation of local strong men in Jakarta. In the social landscape of Indonesian politics after the new order in which the resources (social, political, and economic) is no longer centralized, the social networks is able to create space for an agent / actor to obtain or borrow these resources from various sources for his instrumental purposes. While social identity as a source of meaning that is very important for the human, has a role in creating a group solidarity based on identity. The elite group can use this group solidarity by offering some goals which is considered as a common goal though vaguely, these goals are very profitable for elite."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Syarfuan
"Pengaruh musik dalam kehidupan sehari-hari secara pribadi maupun sosial sangat besar. Dibandingkan dengan pentingnya pengaruh musik, penelitian mengenai musik dalam hubungannya dengan psikologi sosial masih jarang terdengar. Hubungan antara musik terhadap seseorang sangat kompleks. Dalam satu waktu yang bersamaan setiap individu mempunyai kapasitas maupun kemampuan untuk menyukai berbagai jenis musik yang berbeda.
Dalam memenuhi kebutuhan manusia, musik dapat memberikan kepuasaan dalam konteks pribadi dan sosial. Salah satunya adalah pemilihan jenis musik mempunyai fungsi pada saat seseorang menentukan posisi mereka dalam sebuah lingkungan dan pandangan mereka akan diri sendiri.
Selain itu pemilihan jenis musik juga dapat membantu kita untuk menggali informasi lebih dalam akan kepribadian seseorang serta mengukur identitas sosial, dengan melihatnya dari tingkat kesukaan seseorang dari pemilihan jenis lagunya, band atau artis, jenis kategori musik secara keseluruhan maupun sub-kategorinya, ataupun ciri dari musik secara keseluruhan.
Temuan-temuan yang dihasilkan oleh penelitian ini masih sangat kurang untuk melihat hubungan antara selera jenis musik dan trait kepribadian. Sedangkan dalam mengukur identitas sosial, terdapat temuan yang berbeda dari penelitianpenelitan sebelumnya. Seperti yang telah diprediksi, penelitian ini tidak akan menemukan hasil yang sama karena adanya perbedaan budaya yang sangat besar.
Hal ini dapat terjadi karena kurang banyaknya jumlah subyek penelitian untuk mendekati populasi atau adanya kemungkinan bahwa pengelompokan jenis musik dalam dimensi kurang dapat merepresentasikan setiap jenis musik yang diteliti. Selain itu masalah perbedaan budaya yang mempengaruhi hasil dari penelitian, Oleh karena itu, selain berbedanya nilai-nilai yang dipegang oleh masyarakat, hasil penelitian yang berbeda juga mungkin terjadi karena kurang tepatnya pemilihan kata dan pemilihan trait kepribadian yang kurang merepresentasikan cara pandang masyarakat Indonesia."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3459
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
LP370 ERN l
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>