Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 182039 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Retno Handayani
"ABSTRAK
Penyesuaian diri merupakan hal yang memegang peranan penting dalam
kehidupan sosial individu. Dengan dimilikinya kemampuan penyesuaian diri yang baik,
individu akan dapat menye!araskan segala tuntutan yang hadir dalam kehidupannya
sehingga dapat tercipta hubungan yang saling memuaskan antara individu dan
lingkungan sosialnya.
Kegagalan individu untuk menyesuaikan diri dengan balk, akan memberikan
dampak yang tidak menyenangkan baik bagi individu itu sendiri maupun bagi orang-
orang yang ada dl sekitarnya. Oleh karena itu kemampuan penyesuaian diri perlu
dikenali olehi ndividu sedini mungkin dan sebaik mungkin. Dengan mengetahui tingkat
penyesuaian diri, maka masalah-masalah psikologis yang tlmbul sebagai akibat dari
ketidak-mampuan individu untuk menyesuaikan diri dapat segera diatasi dengan
bantuan ahli psikologi dalam bentuk konseling atau terapi.
RISB merupakan sebuahtes kepribadian yang dapat dipakai untuk
membedakan Individu yang mampu dan yang tidak mampu menyesuaikan diri. Alat tes
ini menggunakan teknik melengkapi kalimat dengan metode penilaian proyeksi semi
terstruktur. Dalam metode ini subyek diminta untuk menuliskan sebuah kalimat untuk
setiap awal kalimat yang diberikan. RISB terdiri dari 40 item yang dilengkapi dengan sistem penilaian yang obyektif untuk mengevaluasi respon subyek. Hasil akhir dari
sistem penilaian inl adalah berupa skor tunggal yang merupakan skor total dari
keseluruhan jawaban. Skor total inilah yang dipakai untuk membedakan individu yang
mampu dan yang tidak mampu menyesuaikan diri.
Seperti halnya kebanyakan alat-alat tes psikologi yang digunakan di Indonesia
sampai saat ini, RISB juga merupakan hasil pengembangan dan penelitian dari para
ahli di luar negeri dengan latar belakang budaya dan nilai-nilai sosial budaya yang
belum tentu sejalan dengan kebudayaan dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat
Indonesia. Oleh karena itu sebelum RISB digunakan untuk tujuan praktis, RISB harus
diuji terlebih dahulu dengan pengujian validitas, reliabilitas, dan analisa item.
Pengujian validitas dalam penelitian ini menggunakan metode Concurrent
Validity dengan menggunakan krlteria rating untuk mengetahul apakah RISB dapat
mendiagnosa kemampuan penyesuaian diri individu. Pengujian reliabilitas RISB dalam
penelitian ini menggunakan metode Scorer Rellability untuk melihat derajat
kesepakatan antar penilai; dan metode Interitem Consistency untuk melihat
homogenltas item untuk mengukur hal yang sama.
Hasll dari penelitian ini menunjukkan bahwa RISB memillki validitas dan
reliabilitas yang baik dan dapat diterima untuk tujuan penelitian. Artinya sebagai suatu
alat tes, RISB merupakan alat tes psikologi yang dapat mendiagnosa kemampuan
penyesualan diri individu. Selain itu RISB juga memiliki derajat kesepakatan antar
penilai dan memiliki homogenitas item yang baik.
Namun demkian kalau RISB ini ingin digunakan untuk tujuan praktis,
sebelumnya perlu dilakukan terlebih dahulu penelitan mengenai penentuan skor titik
potong (cutoff scores) yang paling efektif untuk populasi orang Indonesia. Hal lnl
penting karena norma yang berlaku dl Indonesia belum tentu sama dengan norma
yang berlaku dl negara lain."
1998
S2575
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Amalia R.R. Ibrahim
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1993
S2252
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Anggraini Aprillia
"Neuropsikologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara fungsi otak dan tingkah laku. Neuropsikologi berhubungan dengan pemahaman, pengujian dan juga pengobatan perilaku yang secara langsung berhubungan dengan fungsi otak. A.R. Luria sebagai seorang neuropsikolog, mengembangkan sekelompok prosedur penilaian kualitatif yang dinilai sangat efelctif dalam mengidentiiikasi dan menentukan disfimgsi otak pada orang dewasa. Golden, Hammelce dan Purisch menyempumakan teknik Luria dengan membuat Luria-Nebraska Neuropsyohological Battery (LNNB)_ LNNB memilild 13 skala, dimana salah satunya adalah Skala Mcmori. Pcncliti tertarik mengadaptasi Skala Memori karena memori merupakan pusat dari iimgsi kognitif dan karakterisitik dari perilaku manusia Selain itu memori berhubungan langsung dengan proses belajar dan merupakan landasan untuk memahami perilaku dan pemikiran manusia Untuk menghasilkan alat ukur yang balk diperlukan syarat-syarat tertentu. Suatu tes dapat dikatakan baik bil tes tersebut reliabei, valid dan memiliki norma baku. Oleh karena ilu, penelitian memfolcuskan pada uji reliabilitas, uji validitas dan pembuatan nonna. Penelitian clilakukan pada kelompok partisipan mahasiswa S-l Regular Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jumlah partisipan 30 orang denan rentang usia 19 - 24 tahun. Uji reliabilitas dilakukan dengan metode koefisicn Alpha., didapatkan koefisien Alpha sebesar 0.34. Koefisien Alpha ini tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Skala Memori LNNB memiliki konsistensi intcmal yang rendah dan item-itemnya kurang homogen, Rendahnya konsistensi intemal dari Skaia Memori LNNB disebabkan oieh sedikitnya jumlah item dan sampel yang homogen.
Uji validitas dilakukan dengan mctode criterion prediction validation dcngan tcknik concurren! validation dan kriteria yang digunakan adalah previously available test, yaitu Wechsler Memory Scale I yang sama-sama mengukur fungsi memori. Hasil korelasi yang didapat adalah signifikan Ini berarti Skala Memori LNNB valid daiam mengukur fungsi memori. Norma dibuat dengan menggunakan nonna dalam kelompok dengan transformasi linear dengan tcknik T score. Pada penyusunan nonna, jumlah partisipan yang sedikit membuat skor tjdak menyebar sccara proporsional. Norma yang disusun juga hanya dapat diaplikasikan pada sampel normal saga.
Untuk selanjutnya disarankan melalcukan uji coba terhadap partispan yang terdiri dari mereka yang masuk dalam kategori nominal dan mereka yang mengalami gangguan neurologis. Hal ini berguna untuk meningkatkan variabiiitas skor sehingga dapat meningkatkan reliabilitas Skala Memori LNNB. Dengan partisipan yang beragam maka dapat dibuat nonna gabungan, sehingga dapat diketahui posisi skor individu yang normal dan posisi skor individu yang mengalami gangguan neurologis dan yang mengalami gangguan psikiairi. Validasi metode lain contrasted group juga perlu dilakukan untuk melihat apakah Skala Memori LNNB mampu membedakan mereka yang masuk dalam kategori normal dengan mereka yang mengaiami gangguan neurologis."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
TA34186
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Anggraini Aprillia
"ABSTRAK
Neuropsikologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan antara fungsi otak dan tingkah laku. Neuropsikologi berhubungan dengan pemahaman, pengujian dan juga pengobatan perilaku yang secara langsung berhubungan dengan fungsi otak. A.R. Luria sebagai seorang neuropsikolog, mengembangkan sekelompok prosedur penilaian kualitatif yang dinilai sangat efektif dalam mengidentifikasi dan menentukan disfungsi otak pada orang dewasa. Golden, Hammeke dan Purisch menyempurnakan teknik Luria dengan membuat Luria-Nebraska NeuropsychologicaI Battery (LNNB). LNNB memiliki 13 skala, dimana salah satunya adalah Skala Memori. Peneliti tertarik mengadaptasi Skala Memori karena memori merupakan pusat dari fungsi kognitif dan karakterisitik dari perilaku manusia. Selain itu memori berhubungan langsung dengan proses belajar dan merupakan landasan untuk memahami perilaku dan pemikiran manusia.
Untuk menghasilkan alat ukur yang baik diperlukan syarat-syarat tertentu. Suatu tes dapat dikatakan baik bila tes tersebut reliabel, valid dan memiliki norma baku. Oleh karena itu, penelitian memfokuskan pada uji reliabilitas, uji validitas dan pembuatan norma. Penelitian dilakukan pada kelompok partisipan mahasiswa S-l Reguler Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jumlah partisipan 30 orang dengan rentang usia 19 - 24 tahun. Uji reliabilitas dilakukan dengan metode koefisien Alpha, didapatkan koefisien Alpha sebesar 0.34. Koefisien Alpha ini tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Skala Memori LNNB memiliki konsistensi internal yang rendah dan item-itemnya kurang homogen. Rendahnya konsistensi internal dari Skala Memori LNNB disebabkan oleh sedikitnya jumlah item dan sampel yang homogen.
Uji validitas dilakukan dengan metode criterion prediction validation dengan teknik concurrent validation dan kriteria yang digunakan adalah previonsly available tesi, yaitu Wechsler Memory Scale I yang sama-sama mengukur fungsi memori. Hasil korelasi yang didapat adalah signifikan, ini berarti Skala Memori LNNB valid dalam mengukur fungsi memori. Norma dibuat dengan menggunakan norma dalam kelompok dengan transformasi linear dengan teknik T score. Pada penyusunan norma, jumlah partisipan yang sedikit membuat skor tidak menyebar secara proporsional. Norma yang disusun juga hanya dapat diaplikasikan pada sampel normal saja.
Untuk selanjutnya disarankan melakukan uji coba terhadap partispan yang terdiri dari mereka yang masuk dalam kategori ?normal? dan mereka yang mengalami gangguan neurologis. Hal ini berguna untuk meningkatkan variabilitas skor sehingga dapat meningkatkan reliabilitas Skala Memori LNNB. Dengan partisipan yang beragam maka dapat dibuat norma gabungan, sehingga dapat diketahui posisi skor individu yang ?normal? dan posisi skor individu yang mengalami gangguan neurologis dan yang mengalami gangguan psikiatri. Validasi metode lain contrasted group juga perlu dilakukan untuk melihat apakah Skala Memori LNNB mampu membedakan mereka yang masuk dalam kategori ?normal? dengan mereka yang mengalami gangguan neurologis."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T38040
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Linawati Hambali
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1978
S2123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Latif Sugandakusumah
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1978
S2066
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Permasari
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1990
S2282
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>