Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87559 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Atty Kurniawati
"
ABSTRAK
Mahasiswa merupakan sumber daya yang potensial untuk menunjang keberhasilan pembangunan nasional, sehingga dengan mengetahui sistem nilai mereka saat ini dapat Iebih dikembangkan nilai-nilai positif yang sudah dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara umum mengenai sistem nilai pada mahasiswa Universitas Indonesia (UI), yang berupa hirarki dari nilai-nilai yang dianut serta tujuan akhir yang dianggap penting oleh mahasiswa UI. Selain itu karena latar belakang pendidikan yang mengarah kepada profesi dapat mempengaruhi nilai-nilai yang dianut, maka dalam penelitian ini juga dilihat hirarki dari nilai dan tujuan akhir mahasiswa yang berasal dari fakultas fakultas ilmu eksakta dan fakultas-fakultas ilmu sosial.
Pada penelitian ini, digunakan kuesioner yang mengukur hirarki dari nilai-nilai dan tujuan akhir mahasiswa. Subyek penelitian merupakan mahasiswa UI dari 12 fakultas dan berasal dari angkatan 1990-1996. Prosedur sampling yang dipergunakan adalah nonprobability sampling. sementara teknik pengambilan sampelnya adalah incidental sampling. Metode pengolahan data yang dipakai adalah koefisien konkordansi dari Kendall (II)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai yang dianut oleh mahasiswa UI adalah nilai kebahagiaan, moral, sosial, keadilan, ilmiah, kemandirian, dan manfaat. Sedangkan tujuan akhir yang dianggap penting adalah ketakwaan, kematangan moral, keberhasilan pendidikan, keberhasilan karir, kebahagiaan, pengetahuan dan wawasan yang luas, kepekaan sosial, menemukan pasangan hidup, perluasan pergaulan, serta penerapan ilmu. Selain itu, mahasiswa yang berasal dari fakultas ilmu sosial menempatkan nilai moral lebih penting daripada nilai sosial, sedangkan mahasiswa yang berasal dari fakultas ilmu eksakta mencapaikan nilai sosial lebih tinggi daripada nilai moral. Untuk tujuan akhir, selain ketakwaan yang sama-sama meletakkannya untuk peringkat pertama, kedua kelompok terlihat berbeda dalam hirarki tujuan akhir Iainnya.
Tujuan akhir yang khas pada mahasiswa UI adalah penerapan ilmu dan ketakwaan. Sistem nilai dari kelompok yang berbeda dalam suatu lingkungan akademis yang sama dapat berbeda. Pada penelitian ini perbedaan tersebut tampak pada kelompok subyek laki-Iaki dan perempuan, kelompok subyek dengan agama yang berbeda, kelompok subyek dengan suku bangsa yang berbeda, serta kelompok subyek dengan pekerjaan orangtua yang berbeda. Dalam penelitian mengenai sistem nilai mahasiswa selanjutnya, hendaknya jumlah sampel penelitian Iebih besar dan proporsional pembagiannya, disamping perlu diperhatikan instrumen penelitian yang menggali lebih mendalam mengenai nilai dan tujuan akhir dari subyek penelitian. Hal lain yang disarankan adalah mempertahankan nilai positif yang telah dimiliki mahasiswa UI, serta mengembangkan nilai estetika, politik, kepemimpinan, dan kreativitas pada mahasiswa UI. Sistem pembelajaran di UI yang ada saat ini juga perlu ditinjau kembali, sehubungan dengan rendahnya nilai ilmiah dan penerapan ilmu pada mahasiswa UI.
"
1998
S2681
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatmawati
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005
340.1 FAT h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fatmawati
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006
340.1 FAT h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Zubaidillah
"Pesatnya peningkatan jumlah anak jalanan di Indonesia diikuti oleh munculnya rumah singgah yang didirikan oleh swadaya masyarakat. Tanpa bantuan dana dari pemerintah, kebanyakan rumah singgah mengalami keterbatasan finansial, sehingga orang yang berkecimpung di sana hanya bersifat sukarela, tanpa menerima upah. Adanya fenomena suami yang menjadi pengajar di rumah singgah merupakan contoh unik dari perilaku altruisme, karena hal ini berpotensi menimbulkan masalah yang terkait dengan tanggung jawabnya di keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang mendorong mereka melakukan hal tersebut, beserta nilai-nilai yang mendasarinya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap tiga orang subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua dari tiga orang subjek yang diteliti memenuhi jenis motivasi empathy-altruism hypothesis, sedangkan satu orang lainnya memenuhi motivasi negative-state relief model dan empathic joy hypothesis. Meskipun menurut Schwartz (1994) bertentangan, kedua kelompok nilai openness to change dan conservation dalam penelitian ini ditemukan dapat mendorong perilaku yang sama sekaligus, yaitu perilaku subjek mengajar di rumah singgah. Satu orang subjek memiliki keseluruhan nilai dalam dimensi tersebut, sedangkan dua lainnya memiliki nilainilai self-direction, stimulation, tradition, dan security yang mendorongnya melakukan pekerjaan tersebut.

The increasing number of children on the Street in Indonesia followed by many shelters which establish. Without any finance support from the govemment, most of them just funding theirselves with limited condition. Therefore the social workers contributing their efforts voluntary, not with Standard wage. The husbands working in shelters are unique phenomenon of the altruism behavior. It is possible to make a trouble in their family because of their responsibility. The research purpose is to know about the reason and values driving their altruism behavior. This research has qualitative approach. Researcher interviewed and observed three respondents. The result showed two of three respondents suitable for empathy-altruism hypothesis, and the one suitable for negative-state relief model and empathic joy hypothesis. About the values, Schwartz (1994) argued that openness to change and conservation values are contradicted each others. In fact, researcher have got the values compatible for emerging their altruism behavior. Only one subject has all of these values and others have self-direction, stimulation, tradition, and security values."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
S3625
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mustajab Nurhidayat
"Memang diakui bahwa nilai-nilai yang dimiliki oleh seorang remaja berpengaruh terhadap aspirasi akademiknya (Hurlock,1973). Namun demikian, belum diketahui nilai-nilai atau kelompok nilai apa saja yang benar-benar mempengaruhi aspirasi akademik seseorang. Hal ini sejalan dengan apa yang dipertanyakan oleh Dweck, Elliot dan Feather (dalam Bernd & Miller, 1990), sampai seberapa jauh harapan dalam bidang pendidikan dan nilai-nilai seseorang saling mempengaruhi. Atas dasar inilah, maka tujuan penelitian ini ditetapkan, yaitu untuk mengungkap apakah ada kelompok nilai tertentu yang memiliki hubungan dengan aspirasi akademik pada remaja pengantar koran, nilai-nilai apa saja yang memiliki hubungan dengan aspirasi akademik di kalangan remaja tersebut.
Dalam penelitian ini dipilih subyek remaja pengantar koran karena mereka merupakan remaja yang secara ekonomis kurang beruntung, sehingga terkadang aspirasi akademis mereka terkalahkan oleh adanya pemikiran bahwa mereka sudah dapat mencari uang dan tidak perlu sekolah lagi. Gejala pemikiran ini ditimbulkan karena interaksi mereka dengan lingkungan. Pengaruh Iingkungan ini bisa positif atau negatif tergantung dari nilai-nilai yang mereka anut dan nilai-nilai yang dianut teman sebayanya serta bagairnana persepsi mereka terhadap orientasi teman sebayanya tersebut (Sharifah,1996). Selain itu mereka memiliki waktu kerja yang relatif sedikit, sehingga sebenarnya mereka masih memiliki waktu yang cukup banyak untuk belajar. Namun kenyataannya waktu tersebut sering digunakan bukan untuk belajar. Atas dasar pertimbangan itulah maka dalam penelitian ini dicoba untuk menelaah nilai-nilai mereka dalam hubungannya dengan aspirasi akademiknya.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen nilai dan instrumen aspirasi akademik. Untuk instrumen nilai digunakan Schwartz Value Survey, sedangkan aspirasi akademik digunakan pengukuran dengan metode Study of Wishes. Keduanya tergabung menjadi suatu kuesioner yang diberikan kepada 60 orang sampel penelitian. Teknik pengambilan sarnpel yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan proses incidental untuk rnempermudah jalannya penelitian. Setelah kuesioner ini terkumpul, diadakan uji reliabilitas terhadap kedua instrumen tersebut dengan menggunakan teknik statistik Abha Cronbach. Apabila terdapat item-item yang kurang memenuhi persyaratan validitas/homogenitas, maka item tersebut digugurkan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kelompok nilai (Tipe nilai motivasional) benevolence, self direction, hedonism, security, stimulation dan universalism dengan aspirasi akademik di kalangan remaja pengantar koran. Terdapat hubungan yang signifikan antara kelompok nilai (Tipe nilai motivasional) achievement dan conformity dengan aspirasi akademik dikalangan remaja pengantar koran. Dengan adanya kesimpulan ini maka tujuan penelitian telah dapat terpenuhi.
Hasil penelitian ini belum dapat digunakan untuk saran-saran yang bersifat aplikatif karena keluasan dan pemahaman yang diberikan masih terasa jauh dari memadai. Walaupun demikian penelitian ini sangat berguna sebagai bahan acuan informasi bagi penelitian mengenai remaja dengan nilai-nilai dan aspirasi akademiknya. Untuk itulah disarankan diadakan penelitian berkelanjutan mengenai nilai-nilai dan aspirasi akademik pada remaja yang bekerja di sektor informal. Dari penelitian yang berkelanjutan mengenai rnereka, maka akan diperoleh pemahaman dan wawasan yang lebih luas dan mendalam. Untuk penelitian selanjutnya disarankan : 1) Untuk memperhatikan komposisi item dari instrumen aspirasi akademik. Selain itu, kedua instrumen ini perlu diuji validitas eksternalnya. 2) Subyek yang mengikuti penelitian ini sebaiknya tidak hanya pengantar koran saja tapi juga remaja yang bekerja di sektor lainnya, sehingga dapat dilakukan generalisasi secara lebih luas. 3) Perlu diteliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi aspirasi akademik, sehingga pemahaman kita rnengenai rernaja yang bekerja di sektor informal ini semakin luas dan mendalam. Dengan demikian, kita dan pihak-pihak yang terkait dengan mereka dapat memberikan bimbingan dan arahan terhadap rernaja tersebut secara lebih kongkrit dan lebih seksama."
Depok: Universitas Indonesia, 1998
S2540
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sriwahyuni Saptasiwi
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1982
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Gunawan
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menunjukkan bahwa citra perpustakaan dan profesi pustakawan dapat memotivasi maupun demotivasi (melemahkan motivasi) mahasiswa baru program Studi Ilmu Perpustakaan FIB UI tahun 2006/2007 dalam memanfaatkan perpustakaan, jasa pustakawan dan memasuki profesi pustakawan setelah menempuh pendidikan bidang ilmunya. Citra yang dimiliki mahasiswa baru Program Studi Ilmu Perpustakaan tahun 2006/2007 adalah positif, setelah mereka menempuh studi di Program Ilmu Perpustakaan sebagai gerbang awal memasuki profesi pustakawan. Mereka memiliki pengalaman berinteraksi dengan perpustakaan dan pustakawan yang berbeda-beda dan memiliki pengetahuan tentang perpustakaan dan profesi pustakawan yang berbeda-beda dimana keduanya mempengaruhi citra yang mereka miliki terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan. Perkuliahan di program Studi ilmu Perpustakaan membuat mahasiswa baru tahun 2006/2007 akan memperoleh kurikulum tentang perpustakaan dan Profesi pustakawan. Masalah penelitian adalah sejauhmana pengalaman yang mereka miliki untuk mendapatkan pengetahuan tentang perpustakaan dan profesi pustakawan dapat menggeser pandangan negatif mereka terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan menjadi lebih baik, sehingga dapat memotivasi mereka untuk memanfaatkan perpustakaan dan jasa pustakawan serta memasuki profesi pustakawan sebagai dunia kerja mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yaitu penelitian dengan mengolah data-data kuantitatif berupa angka kemudian menyajikannya dalam bentuk deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru program studi ilmu perpustakaan FIB UI 2006/2007 yang berjumlah 53 orang mahasiswa. Sebagai alat pengumpul data utama digunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh mayoritas oleh responden sangat minim, seiring dengan citra perpustakaan sekolah yang mereka miliki. Sedangkan intensitas pemanfaatan perpustakan perguruan tinggi oleh mayoritas responden sangat baik, seiring dengan citra perpustakaan perguruan tinggi yang mereka miliki. Dengan demikian, telah terjadi tingkat pergeseran tentang peran perpustakaan dan profesi pustakawan antara ketika responden masih sekolah dengan ketika responden memasuki kuliah di perguruan tinggi bidang Ilmu Perpustakaan. Sehingga ada pengaruh positif antara kuliah di Program Studi Ilmu Perpustakaan dengan terjadinya perubahan citra terhadap perpustakaan dan profesi pustakawan. Ada pengaruh positif antara citra perpustakaan dan profesi pustakawan dengan pemanfaatan perpustakaan dan jasa pustakawan. Namun hasil lain menunjukkan bahwa citra yang dimiliki responden kurang mempengaruhi mereka memilih studi Ilmu Perpustakaan sebagai gerbang awal memasuki profesi pustakawan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15678
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
01/Wid/m
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyoweni Widanarko
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1988
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Deborah Y.N.N.
"Sistem Informasi merupakan salah satu bidang yang baru berkembang sejak tahun 1960-an. Karena tergolong baru, maka penelitian bidang Sistem Informasi berkembang di berbagai bidang ilmu penelitinya seperti ilmu komputer, Fisika, Bisnis dan Manajemen, Teknik Elektro, dan lain-lain sehingga penelitian bidang Sistem Informasi menjadi lebih sulit ditelusuri. Tugas Akhir ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi arah perkembangan penelitian Sistem Informasi di lingkungan universitas pada umumnya dan lingkungan mahasiswa strata satu UI pada khususnya. Salah satu penelitian Sistem Informasi Manajemen di Indonesia adalah penelitian yang dilakukan di lingkungan Universitas Indonesia yang mengkaji penelitian bidang Sistem Informasi di lingkungan mahasiswa S1 Fasilkom UI[3].
Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan suatu metodologi penelitian yang bersifat eksploratif. Oleh karena itu, varian dari Grounded Theory Methodology (GTM) digunakan sebagai acuan kerangka kerja penelitian. Metodologi ini dipilih karena GTM merupakan metodologi yang lazim digunakan untuk penelitian bidang Sistem Informasi. Penelitian ini akan mengeksplorasi empat jenis klasifikasi yaitu klasifikasi subyek, metodologi, referensi dan pembimbing tugas akhir di ke-12 Fakultas UI yang diteliti. Klasifikasi subyek memilki 30 kategori kecil yang dapat digeneralisasikan kembali menjadi lima kategori besar. Sedangkan klasifikasi metodologi terdiri dari tujuh kategori dan terakhir klasifikasi referensi terdiri dari delapan kategori. Untuk hasil klasifikasi pembimbing tugas akhir, dapat diketahui bahwa satu pembimbing biasanya hanya membimbing untuk satu sampai tiga topik saja, namun ada juga pembimbing yang membimbing lebih dari tiga topik."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>