Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 80479 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
04 Sad s-2
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S41089
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ismail
"Kebutuhan akan sistem proteksi katodik anoda lwrban aluminium di lingkungan air laut meningkat dengan pesat. Struktur material logam di lingkungan air taut sangat rentan terhadap serangan korosi akibat kadar NaC1 yang sangat tinggi. Untuk mendapatkan kualitas anoda korban yang digunakcm, salah satu parameter penting yang harus diketahui adalah efisiensi dari anoda. Efisiensi memberikan gambaran tentang kemampuan anoda dalamfongsinya memproteksi struktur. Untuk mengetahui efisiensi anoda korban aluminium digunakan metodc hidrogen evolusi yang mengacu kepadar NACE Standard TMOJ90-98 Item No. 21221 tentang Impressed Current Laboratory Testing of Aluminum Alley Anodes. Hasil pengujian efisiensi selanjumya dikombinasikan drmgan hasil pengujian polarisasi dan metalografi. Pengujian polarisasi yang dilakukan mengacu pada standar ASTM G5-94 tentang Potenliostatic and Potentiodynamic Anodic Polarization Measurement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lmmposisi unsur indium dalam paduan anoda aluminium Al-Zn-In-Si (Galvalum 111)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S41370
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Angga Utama
" ABSTRAK
Paduan anoda korban konvensional untuk lingkungan operasi bawah laut adalah paduan Aluminium - Zinc - Indium Al-Zn-In . Anoda korban konvensional ini menawarkan efisiensi yang tinggi, namun pada baja berkekuatan tinggi, paduan anoda korban ini akan menimbulkan fenomena hydrogen embrittlement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alternative paduan anoda korban aluminium untuk menghasilkan potensial proteksi ldquo;low voltage rdquo; sehingga dapat mencegah timbulnya hydrogen embrittlement pada baja berkekuatan tinggi. Unsur Si ditambahkan untuk menaikan potensial proteksi dari paduan anoda koban aluminium ini. Berdasarkan hasil polarisasi, penambahan unsur Si akan menurunkan ketahanan korosi dari paduan anoda korban aluminium dengan meningkatkan rapat arus dari paduan anoda korban ini. Pengujian metalografi juga dilakukan untuk membandingkan mikrostruktur sebelum dan setelah dicelupkan pada larutan NaCl 3.5 . Kandungan unsur Si yang tinggi akan meningkatkan laju korosi-nya. Korosi terjadi pada ?-phase Zn dan disekitar fasa eutektik Si. Unsur Zn dapat membentuk second phase yang berfungsi untuk merusak lapisan pasif dari aluminium, oleh sebab itu maka akan meningkatkan efisiensi arus dan laju korosi dari paduan anoda korban aluminium. Dengan demikian, paduan anoda korban Aluminium - Zinc - Silikon Al-Zn-Si dapat menjadi kandidat sebagai alternatif paduan anoda korban low voltage.
ABSTRACT Conventional Aluminum Anode for seawater service is Aluminum Zinc Indium Alloy Al Zn In . Although it offers high efficiency and high potential protection, in high strength steel it can also increases possibility for hydrogen embrittlement and stress corrosion cracking. Purpose of this research is to develop new Aluminum alloy to produce a low voltage Aluminum Anode to prevent the hydrogen embrittlement in high strength steel. Silicon is added as an alloying element to reduces the potential protection of Aluminum anode. Based on polarization result, silicone addition could reduce corrosion resistance of aluminum by reducing corrosion current density of Aluminum alloy. Optical Metallography is also conducted to compare microstructure before and after immersion in NaCl 3.5 . Higher silicon content showed more severe in corrosion rate. Corrosion occurs on phase Zinc and around the eutectic Si phase. Zinc can make a second phase which can breakdown alumina passive film, thus increasing anode efficiency and corrosion rate of aluminium anode alloy. Therefore, sacrificial anode Aluminium Zinc Silicone Al Zn Si alloy could be new low voltage sacrificial anode candidates"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66641
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Ra'uf
"Penelitian ini dilakukan terhadap anoda korban Zn-Al-Cd untuk mengetahui pengaruh unsur Cadmium yang ditambahkan terhadap karakrerisiik Anoda korban, seperti : Open Circuit Potential, weight loss, kapasitas arus, efisiensi, Iaju korosi anoda, potensial korosi, dan pola korosi anoda korban Zn-AI-Cd. Anoda korban paduan Zn-Al-Cd diuji dengan larutan elektrolit NaCI 3% ( Synthetic Seawater ) pada temperatur ruang. Metode yang digunakan untuk pengujian ini berdasarkan standar DnV RP B401 (1993) dan ASTM G-59 tentang polarisasi. Penambahan unsur cadmium sebagai unsur pemadu dilakukan untuk mengetahui pengaruh unsur Cadmium terhadap kinerja anoda korban seng. Pengujian dilakukan terhadap specimen anoda korban Zn-AI-Cd dengan komposisi Cadmium yang bervariasi dengan komposisi 0,0229% dan 0,03757%Wt Cd. Dengan penambahan unsur cadmium sebesar 0,0229% pola korosi yang dihasilkan akan cenderung merata, jika ditambahkan Iagi unsur cadmium sampai 0,08757% maka pola korosi yang dihasilkan akan cenderung tidak merata dan memiliki kapasitas arus sebesar 667,438 Amp.H/Kg dengan efisiensi sekitar 81,3988%. Penambahan cadmium sebesar 0,0229% akan menghasilkan kapasitas arus anoda sebesar 691,15 Amp.Hr/Kg sehingga menghasilkan efisiensi sebesar 89, 22% dan Iaju proteksinya berada pada -1,0322 V."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S41371
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susie
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S41145
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S41598
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S41495
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Pengujian kapasitas arus material anoda korban dilakukan untuk mengetahui karakteristik material anoda yang akan digunakan pada sistem proteksi katodik yang meliputi potensial anoda, kapasitas dan efisiensi arus anoda. Untuk anoda dengan material aluminium, pengujian didasarkan pada standar NACE TMO 190-98 tentang Impressed Current Laboratory Testing of Aluminum Alloy Anodes. Berdasarkan standar tersebut pengujian dilakukan dengan dua metode yaitu metode kehilangan berat dan metode evolusi hidrogen. Metode kehilangan berat merupakan pengujian kapasitas arus yang desain sesuai kondisi aktual pemakain anoda dan memerlukan waktu pengujian yang lama. Besarnya nilai kapasitas arus diperoleh dengan menggunakan persamaan yang diturunkan dari persamaan faraday. Sedangkan pengujian kapasitas arus dengan metode evolusi hidrogen didesain untuk menjaga kontinuitas kualitas anoda yang diproduksi sehingga waktu pengujian fidak boleh berlangsung dalam waktu yang terlalu lama. Pada metode evolusi higrogen, nilai efisiensi arus anoda ditentukan oleh persamaan yang memiliki konstanta yang besarnya 132. Konstanta tersebut diperoleh dari pengujian dengan mempertimbangkan kondisi pengujian dan pertimbangan Iain yang mendukung.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik material anoda korban dan penurunan nilai konstanta pada persamaan efisiensi anoda dengan melakukan pengujian kapasitas arus anoda korban pada temperatur 32 °C. Pengujian kapasitas arus pada temperatur tersebut bertujuan untuk menjamin agar anoda korban memiliki kapasitas arus yang memadai pada saat melindungi struktur yang terkorosi dalam lingkungan air laut dengan remperatur yang mencapai 32 ºC. Selain komposisi kimia anoda, nilai kapasitas arus dipengaruhi oleh temperatur lingkungan yang dapat mempercepa! reaksi pelarutan anoda selama pemakaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kapasitas arus yang diperoleh dari pengujian dengan metode kehilangan berat pada temperatur 32 C masih sesuai dengan nilai yang telah dipersyaratkan pada standar NACE TMO 190-98. Kenaikan temperatur sebesar 5 °C dari temperatur ruang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai kapasitas arus sehingga anoda tersebut layak digunakan pada lingkungan air laut dengan temperatur yang dapat mencapai 32ºC. Dari pengujian tersebut diketahui bahwa besarnya nilai konstanta pada persamaan efisensi arus dengan metode evolusi hidrogen yaitu 133,87 dengan interval kepercayaan 133.87 ± 7,91. Konstanta tersebut merupakan konstanta yang diperoleh dari pengujian kapasitas arus pada temperatur 32 °C dengan material Al-Zn-Si-Ti-In."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S41416
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luhulima, D.M.F.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
04 Luh s-2
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>