Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 143379 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S4699
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andalusia
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4410
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Andriani Winoto
"Peranan hubungan masyarakat atau public relations (PR) semakin dirasakan penting dalam menunjang keberhasilan program komunikasi perusahaan secara umum, maupun secara khusus dalam lingkup kegiatan pemasaran, baik pemasaran produk maupun jasa. Kegiatan ini umum dikenal sebagai marketing public relations. Sejalan dengan semakin dirasakan pentingnya dukungan PR, maka humas internal ataupun konsultan PR semakin pula diperlukan.
Tesis ini menelaah kekuatan, kelebihan serta kekurangan dan kelemahan humas internal dan konsultan PR, dalam menjalankan peranannya ditinjau dari evaluasi kegiatan media relations dalam konteks marketing public relations. Industri yang menjadi bahan telaah adalah penerbangan, khususnya pembukaan jalur penerbangan baru Jakarta-Melbourne. Pemilihan industri penerbangan adalah karena sifatnya yang rentan terhadap krisis sehingga dukungan PR mutlak diperlukan.
Tujuan penelitian adalah memberi masukan dan penimbangan dalam penetapan pilihan untuk mengelola secara internal divisi humas, atau memanfaatkan jasa konsultan, atau memakai kombinasi ke duanya. Dan bagaimana mengevaluasi kegiatan media relations sehingga dapat dilakukan upaya peningkatan kualitas hubungan yang ada.
Evaluasi dilakukan atas tahap persiapan dan implementasi program media relations, yaitu isi dan format materi informasi ke media massa, analisis isi liputan, dan wawancara dengan lima media massa berjangkauan nasional. Analisis isi liputan mengacu pada sistim skoring Quentin Bell. Metode penelitian adalah deskriptif.
Hasil evaluasi menunjukkan sistim skoring Bell bermanfaat untuk menganalisa isi liputan secara sederhana namun meliput hampir semua aspek yang mewakili karakteristik yang dianggap panting oleh media. Hasil lainnya adalah kriteria keberhasilan media relations bukan kuantitas tapi kualitas liputan. Merpati Nusantara Airlines memperoleh liputan secara luas tapi dari sisi kualitas memiliki nilai skor lebih rendah dibandingkan Ansett Australia Airlines, sehingga kegiatan media relations Ansett Australia dikatakan lebih berhasil.
Penerapan evaluasi dalam jangka panjang akan memungkinkan proyeksi hasil analisis kualitas kegiatan media relations secara lebih tepat. Data yang ada akan bermanfaat untuk memahami kelemahan dan kekuatan program PR dan karakteristik media secara lebih akurat, sehingga upaya perbaikan dan perencanaan dapat dilakukan lebih efektif.
Sesuai tujuan dan karakteristik perusahaan, maka pilihan Merpati Nusantara Airlines untuk rnengelola humas secara internal sudah tepat, demikian pula Ansett Australia Airlines dalam memanfaatkan konsultan PR. Namun dalam melaksanakan peranan dalam media relations, hasil wawancara menunjukkan masih perlunya peningkatan kualitas masing-masing.
Guna meningkatkan kinerja praktisi PR, penulis menyampaikan saran: diterapkannya analisis isi liputan secara intensif, ditingkatkannya upaya mendukung citra perusahaan bagi humas internal, dan pemahaman produk lebih mendalam oleh konsultan PR. Praktisi PR perlu lebih proaktif menjalankan peranannya dalam media relations. Evaluasi kegiatan PR secara berkala dan berkesinambungan perlu dilakukan, baik melalui analisis isi liputan maupun dengan membuka forum komunikasi dengan media massa sebagai mitra utama."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Owners, Pir
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4891
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bangun, Cendera Rizky Anugrah
"Setiap perusahaan mempunyai persepsi yang ingin ditampilkan kepada khalayaknya. Persepsi tersebut bisa dilihat dari luar dan membentuk citra. Dalam membentuk citra, perusahaan bisa melakukan promosi melalui kegiatan komunikasi eksternalnya maupun membangun identitas melalui komunikasi internalnya. Hampir setiap perusahaan mempunyai strategi komunikasi yang dicanangkan untuk meraih perhatian dari khalayak yang ditujunya, kebanyakan di antaranya adalah khalayaknya di luar, yaitu konsumennya. Akan tetapi, belum banyak perusahaan yang memulai dari dalam, dari kegiatan komunikasi internalnya untuk memperkuat identitas perusahaannya melalui nilai-nilai perusahaan yang ditujukan kepada khalayaknya di dalam, yaitu para karyawannya.
Tesis ini akan membahas mengenai sosialisasi nilai perusahaan melalui saluran komunikasi internal, khususnya bulletin internal perusahaan yang dimiliki oleh Departemen Corporate Communication PT Darya-Varia Laboratoria Tbk. Setiap perusahaan mempunyai nilai-nilai perusahaan yang dibangun oleh perusahaan itu sendiri untuk membentuk identitas yang kuat di dalam perusahaan tersebut. Nilainilai perusahaan tersebut disosialisasikan termasuk menggunakan media-media yang dimiliki komunikasi internal dari Departemen Corporate Communication PT Darya-Varia Laboratoria Tbk. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T29522
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Tulisan ini bertujuan untuk mengulas gaya dan peranan kepemimpinan yang dalam pelaksaaan revolusi mental. penulis hanya menggunakna studi pustaka dalam mengembangkan tulisan ini. Adapun hasil yang dicapapi yaitu ditemukannya gaya dan peranan kepemimpinan yang harus diterapkan oleh seorang pemimpin dalam melaksanakan revolusi mental. kesimpulan dari tulisan ini adalah dengan gaya dan peranan kepemimpinan yang tepat maka pola pikir dari orang-orang yang dippimpin akan terbentuk dengan baik, dengan terbentuknya pola pikir yang baik maka secara otomatis akan terbentuk motivasi yang benar dalam melakukan tanggung jawab masing-masing akan terbentuk kinerja yang baik dan benar, dengan adanya kinerja yang baik dan benar maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan, dengan adanya hasil yang memuaskna maka kesejahteraan, kemakmuran dan keharmonisan akan tercipta. "
330 ASCSM 33 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1994
TA3929
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Pratiwi
"Perkembangan teknologi internet beriringan dengan perkembangan komunitas-komunitas diseluruh dunia, terutama komunitas virtual. Komunitas-komunitas virtual tersebut pun menggunakan internet untuk membangun dan menjaga kohesivitas internal mereka. Internet memberikan mereka berbagai pilihan dan kemudahan untuk tetap menjalankan kegiatan komunitas. Nebengers, merupakan salah satu komunitas virtual yang memanfaatkan penggunaan internet sebagai media informasi mereka. Nebengers memanfaatkan Twitter untuk menjadi jembatan antara komunitas dengan seluruh anggotanya. Dengan demikian, terdapat hubungan timbal balik antara komunitas dengan anggotanya dalam menciptakan dan menjaga kohesivitas internal komunitas.

Social Sciences are increasingly interested in understanding the characteristics of Computer Mediated Communication and its effects on people, groups and organisations. The first effect of this influence is the revolution in the metaphors used to describe communication through social media. The paper considers the implications of these in communication studies. Nowadays, Virtual community are evolving rapidly. The use of social media become one of community favorite tools to improve their internal cohesivity. Nebengers, is one of the community that has been using social media, such as Twitter to build their cohesivity and to spread the information between it members.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>