Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177354 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sulistami Prihandini
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S5286
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistami Prihandini
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S5932
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistami Prihandini
"Membaca wacana di media, saat ini jilbab dihadirkan sebagai tren berbusana semata. Untuk itu, penelitian ini hendak melihat bagaimana jilbab direpresentasikan pada media baru yang berideologi Islam, yaitu situs MyQuran. Dengan menggunakan paradigma konstruksionis dan teknik analisis framing, penelitian ini mencoba mengkaji teks yang terdapat pada situs MyQuran. Hasilnya, ternyata situs ini mencoba merekonstruksi kembali makna jilbab. Jilbab pada situs ini, dilihat sebagai bagian dari ajaran Islam yang harus ditaati dengan segala ketentuannya. Namun demikian, rekonstruksi tersebut tetap tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi isi media.

Nowadays, discourse in media stated that veil attended as trend dress. This research will see how veil represented at new media which have Islam as its ideology, that is MyQuran site. Contructionist paradigm and framing technique analysis, were used to analyze the text that found in the site. Its result describes that MyQuran site try to reconstruct the meaning of veil. This site sees a veil as a part of Islam?s teaching which must adhere with all its rules. However, the reconstruct not free of other factors that give influence to the media?s content."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
S4775
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Betania Gian Rusmayasari
"Analisis Situasi: Dewasa ini, perawatan wajah dan tubuh penting bagi kaum wanita hingga rela mengeluarkan dana besar. Kosmetik salah satunya, tapi ada beberapa bahan kimia dari kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan. Sadar akan bahaya ini, muncullah tren back to nature mengandalkan perawatan tradisional dengan bahan baku alami yang teruji membuat tubuh sehat dan bugar. Melihat peluang pada media online dan jurnalisme kesehatan, maka dibuatlah situs berbasis kesehatan yang diminati wanita, yaitu kecantikan alami, dikemas dengan kreatif dan unik.
Manfaat dan Tujuan: Pengembangan Prototipe Memberi informasi perawatan wajah dan tubuh dengan bahan alami yang sehat dan mendalam serta inovasi pada kecantikan Indonesia, serta meningkatkan apresiasi pada kearifan lokal. Tujuannya memberi warna baru bagi jurnalisme kesehatan dengan bahasan feature yang bisa dinikmati dan menjadi alternatif utama dalam mencari informasi kesehatan dan kecantikan tradisional Indonesia.
Prottotipe yang Dikembangkanm: Situs Ayu Indonesia adalah situs kecantikan tradisional Indonesia. Target khalayak adalah wanita berusia 20-35 tahun. Ayu Indonesia dapat diakses di www.ayuindonesia.com. Merupakan situs dinamis yang memiliki konten menarik berisi video tutorial (tips), video animasi, video dan artikel feature mengenai perawatan tubuh dan wajah dengan bahan alami khas Indonesia. Khalayak juga bisa berpartisipasi mengirimkan resep cantik khas daerah yang unik dan sehat, serta berdiskusi di kolom komentar yang telah disediakan tiap rubrik.
Evaluasi: Pre-tes media menggunakan kuesioner online yang disebar melalui email dan social media untuk mengetahui respon khalayak dan mendapatkan masukan perbaikan situs sebelum launching. Evaluasi (1) Evaluasi khalayak dengan kuesioner online untuk mengetahui kesesuaian situs Ayu Indonesia dengan keinginan khalayak. (2) Evaluasi produk (input, output, outcome) dengan analisis progress repot dalam rapat redaksi serta kuesioner online untuk khalayak tiap empat bulan.
Anggaran:
Anggaran Pembuatan Prototipe : Rp 1.750.000
Investasi Awal : Rp 91.300.000
Jumlah Pengeluaran Bulanan : Rp 49.800.000
Jumlah Pengeluaran 1 Tahun : Rp 630.100.000
Perkiraan Pendapatan Tahun Pertama : Rp 624.750.000
Perkiraan Pendapatan Tahun Kedua : Rp 1.530.000.000
Mencapai balik modal 0,13 pada tahun kedua

Situation Analysis: Nowadays, women are willing to spend a large amount of money for facial and body treatments which considered important for them. Cosmetics is one of those treatments, however there are several chemical compound in cosmetics that put health on danger. realizing this fact, there has been a growing trend of back to nature which relies on traditional treatments with natural compound. This natural ingredients are beneficial and give no side effects for health. Seeing at this promising oppotunity for online media and health journalism, thus is created a health-based website that will attract women by informing beauty information that is creatively packaged.
Benefits and Goals of Development Prototype: To deliver thorough information regarding facial and body treatments with natural and healthy ingredients also innovation of Indonesians beauty, it also tries to increase the appreciation towards local wisdom. The objective is to bring a new color in health journalism with feature that can be enjoyed and also can be a main reference in searching for health information and Indonesia traditional beauty tips.
Development Prototype: Ayu Indonesia is a website containing Indonesian traditional beauty secrets. The target audience we set is women with age ranging from 20 years old to 35 years old. Ayu Indonesia can be easily accessed at www.ayuindonesia.com. This is a modern and interactive website which has contents of tutorial videos (tips), animation videos, videos and feature articles on how to do facial and body treatments using traditional ingredients from Indonesia. Audience can also participate by sending her beauty tips and share it a comments column that is provided in every rubric.
Evaluation: For the pre-test media, we use online questionnaire that is spread through emails and social media to obtain responses from audiences and to get feedback and insights of the website before its launching. Evaluation (1) Audience evaluation is using online questionnaire to check website's compatibility with audiences’ wants. (2) Product evaluation (input, output, outcome) by using progress analysis report at redaction meeting and also online questionnaire for audiences in every 4 months.
Budget:
Prototype establishing : Rp 1.750.000
First Investation : Rp 91.300.000
Total Monthly Expenses : Rp 49.800.000
Expenses in a year : Rp 630.100.000
Predicted income First Year : Rp 624.750.000
Predicted Income Second Year : Rp 1.530.000.000
Return of Investment up to 0,13 per month in the second year.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2001
S23962
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rina Puspitasari
"Skripsi ini membahas representasi Islam pada suatu media, dalam hal ini, pada dua artikel berita pada Situs Jurnal Perempuan dengan analisis wacana kritis (AWK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan metode AWK Norman Fairclough yang menitikberatkan analisis pada teks, praktik wacana, dan praktik sosiokultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penggambaran yang negatif dan tidak benar (misrepresentasi) terhadap Islam, yakni terdapat distorsi dalam pemberitaan tentang Islam oleh media tersebut. Dengan demikian, disarankan bahwa dalam memberi pemberitaan, media seharusnya jujur, seimbang, netral, serta memihak kepada kebenaran.

This thesis discusses representation of Islam in a media, specifically in some news articles on website of Jurnal Perempuan with critical discourse analysis (CDA). This research uses qualitative research method with descriptive design and method of CDA by Norman Fairclough. There is misrepresentation of Islam in the result of the research. There is distortion in that news articles. So, there is advice: news on each media, need the honesty, the balance, the neutral, also the right."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S104
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Cika Zakiyah Prasojo
"ABSTRAK:Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan ragam bahasa yang digunakan oleh perusahaan iklan layanan reservasi hotel pada situs internet di dua negara, yaitu Belanda dan Indonesia. Korpus yang digunakan berupa enam iklan yang terdiri dari tiga iklan perusahaan layanan reservasi hotel dari Belanda yaitu Hotelspecials.nl, Voordeeluitjes.nl dan Hotelkamerveiling.nl dan tiga iklan perusahaan layanan reservasi hotel dari Indonesia yaitu Traveloka.com, Tiket.com, dan Pegipegi.com. Penelitian ini berfokus pada ragam bahasa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara membaca dan mengamati kalimat iklan, korpus tersebut kemudian dianalisis agar memperoleh ragam bahasa yang digunakan dalam iklan kemudian dibandingkan dengan iklan lainnya. Hasil penelitian menunjukan adanya persamaan dan perbedaan ragam bahasa yang digunakan oleh kedua iklan. Ragam dalam iklan perusahaan layanan reservasi hotel di Indonesia lebih bervariasi yaitu menggunakan ragam santai, ragam akrab, ragam usaha dan campuran bahasa Indonesia dan Inggris, lain halnya dengan iklan perusahaan layanan reservasi hotel Belanda yang hanya menggunakan dua ragam yaitu ragam santai dan ragam usaha. Kata kunci : Iklan Layanan Reservasi Hotel di Situs Internet, Ragam Bahasa

his study aims to explain and describe the variety of languages ​​used by hotel reservation service advertising companies on internet sites in two countries, namely the Netherlands and Indonesia. The corpus used consisted of six advertisements, namely three advertisements for hotel reservation service companies from the Netherlands, namely Hotelspecials.nl, Voordeeluitjes.nl and Hotelkamerveiling.nl and three advertisements for hotel reservation service companies from Indonesia, namely Traveloka.com, Tiket.com, and Pegipegi.com. This research focuses on language variety. The method used is descriptive qualitative by reading and observing advertising sentences, the corpus is then analyzed in order to obtain the variety of languages ​​used in advertisements and then compared with other advertisements. The results showed that there were similarities and differences in the variety of languages ​​used by the two advertisements. The variety in advertisements for hotel reservation service companies in Indonesia is more varied, namely using the casual variety, the intimate variety, the consultative variety and a mixture of Indonesian and English, unlike the Netherland hotel reservation service company advertisements which only use two types, namely the casual variety and the consultative variety."
Depok: Fakultas ilmu Pengetahuan Budaya, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Metodius Anwir
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2003
S19357
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febri Sri Lestari
"Dunia informasi tumbuh semakin mengglobal. Kebutuhan akan informasi tersebut semakin memicu tumbuhnya media-media sebagai sarana komunikasi. Di antara media-media tersebut adalah internet sebagai satu produk media elektronik modem. Penggunaan internet berawal untuk keperluan pendidikan dan penelitian hingga kini berkembang untuk keperluan berbagai sisi kehidupan, termasuk keagamaan. Berbagai macam agama di dunia tersentuh untuk mentransformasikan gagasan keagamaannya melalui media internet ini, termasuk agama Islam. Oleh karena itu kini, situs-situs Islam banyak terdapat di internet. Latar belakang inilah yang mendorong penelitian deskriptif mengenai deskripsi dan karakteristik pengguna situs-situs Islam di Internet. Pendekatan uses & gratifications mendasari kerangka pemikiran untuk menjelaskan tujuan penelitian ini. Pada penelitian-penelitian sebelumnya, pendekatan ini memang sering digunakan untuk penelitian media baru. Dengan pendekatan ini, harapan dan kepuasan pengguna media lebih dapat digambarkan. Secara operasional konsep, konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan media (media use), gratifications sought, gratifications obtained. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa secara umum pengguna situs-situs Islam mengharapkan informasi mengenai dunia Islam, wawasan dan kajian keislaman, bimbingan dan konsultasi, pembelajaran, dan pembanding dengan berita dari media umum. Secara umum pengguna situs-situs Islam mengharapkan identitas pribadi perihal nilai-nilai pribadi muslim, akhlak (tingkah laku), model atau contoh perilaku, semangat (giroh) diri, dan introspeksi. Secara umum pengguna situs-situs Islam mengharapkan integrasi dan interaksi sosial berupa mengetahui keadaan muslim lain, mencari bahan percakapan dan interaksi sosial, mencari teman baru sesama muslim, sarana dakwah, membantu menjalankan peran sosial, diskusi dalam forum yang ada di situs Islam, membentuk atau mencari komunitas yang punya interes sama, serta mencari pasangan hidup. Secara umum pengguna situs-situs Islam mengharapkan hiburan berupa sarana melepaskan diri dari kepenatan atau rutinitas, mengisi waktu luang dengan lebih bermanfaat, kenikmatan jiwa dan estetis. Pernyataan responden tentang kepuasan yang didapatkan dari penggunaan media situs Islam di internet untuk informasi, kebanyakan responden menyatakan puas, sedangkan untuk identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta hiburan, kebanyakan responden menyatakan biasa saja. Kegunaan adanya media situs-situs Islam di internet adalah sebagai media informasi, media konsultasi, media pembelajaran, media dakwah, media interaksi, media hiburan, media penyeimbang/ pembanding dengan media umum, media pengingat kajian keagamaan (refresh), dan media introspeksi."
2004
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>