Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115139 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wina Sanjaya
Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
375 WIN k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Tujuan penelitian dimaksudkan untuk memperoleh informasi tentang polarisasi sosialisasi pengembangan KTSP, stratrgi penmge,bangan KTSP yang dilakukan oleh satuan pendidikan, dan hasil - hasil dokumen KTSP yang telah dikembangkan oleh satuan pendidikan serta kendala yang dalam mengembangkan KTSP
..."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Mudlofir
Jakarta: Rajawali, 2011
375.006 ALI a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Made Putra; Ni Wayan Suniasih
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai kurikulum 2013 dalam mata kuliah Microteaching melalui kaji tindak pembelajaran (lesson study) mahasiswa semester VI PGSD Den-pasar. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VIPGSD Denpasar sebanyak 43 orang yang ter-diri dari 5 orang laki-laki dan 38 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan ke-las (PTK) yang dirancang dalam dua siklus tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan pencatatan dokumen. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan merancang pembelajaran, dan lem-bar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan melaksanakan pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor rata-rata kemampuan mahasiswa merancang pembelajaran adalah 68 pada siklus I menjadi 78,51 pada siklus II), dan skor rata-rata melaksanakan pembelajaran adalah 69,04 pada siklus I menjadi 78,1 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan kaji tindak pembelajaran (lesson study) dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran pada mata kuliah Microteaching mahasiswa semester VI PGSD Denpasar."
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015
370 JPP 48 (1-3) 2015
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Lathifah
"Tesis ini membahas tentang Implementasi KTSP di SMA N di Kabupaten Brebes, bertujuan untuk membahas permasalahan Implementasi KTSP di SMA Negeri yang ada di Kabupaten Brebes dan Apakah faktor ? faktor yang berhubungan dengan Implementasi dapat mendukung atau menghambat pelaksanaan KTSP.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Positivisme, mengingat tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengungkap proses yang terkait dengan manusia dan fisik, memahami fenomena yang ada di organisasi yang dijadikan sasaran penelitian, yakni masih belum optimalnya penerapan kebijakan tentang KTSP di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan wawancara mendalam, diharapkanakan ditemukan penjelasan dan fakta dari obyek atau subyek yang akan diteliti.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Neteri yang ada di Kabupaten Brebes yaitu :(1) Faktor komunikasi tidak berjalan secara efektif dan intensif, mulai dari sosialisasi tahap awal hingga supervisi dan monitoring. (2) Faktor sumberdaya manusia belum sepenuhnya optimal untuk mendukung pelaksanaan KTSP di sekolah. (3) Faktor isi kebijakan KTSP,dalam beberapa aspek dokumen KTSP di sekolah masih perlu dikembangkan dan diperbaiki, sehingga pada akhirnya bisa sesuai dengan ketentuan. (4) Lingkungan Kebijakan seperti guru, siswa, komite sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten dan Dewan endidikan Kabupaten, dijumpai kurangnya keterlibatan dan dukungan konkret terhadap pelaksanaan kebijakan kurikulum/KTSP di sekolah.

This thesis discusses about the implementation of education unit level curriculum of state senior high school in Brebes Regency is aimed to answer the research question: How is the implementation of Education Unit Level Curriculum of state senior high school and are the factors that is related to the implementation will support or disturb it.
The research used positivism approach, since the main purpose of this research is to unfold the process that is related to the human being and materials, to understand the phenomena in the organization as a subject research, is still not optimal yet of implementation of this curriculum in senior high school. The method is used in the research is qualitative with detailed interview in order to find the explanation and the fact of the object and subject will be researched.
The result of the research shows that there are 4 factors which have significant effect toward this, they are: (1) communication factors which does not run effectively nor intensively since socialization up to monitoring and evaluation stage; (2) manpower factor, it does not fully support the implementation of school based curriculum in school; (3) the content of the school based policy factor, in some parts of the school based curriculum document, they need to be completed; (4) stakeholder factor namely: teachers, students, school cometee, Dinas Pendidikan, Dewan Pendidikan, they have less in supporting the implementation of educational unit level curriculum in school.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2011
T29525
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhadi, translator
Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004
378.19 NUR k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Eko A. Meinarno
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
375 EKO r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurfitri Bustamam
"Latar belakang: Kurikulum bcrbasis kompctcnsi mulai diimplementasikan di Fakultas Kedokteran Universitas Pem bangunan Nasional “Veteran” Jakarta pada tahun akadcmik 2006/2007- Mengingat problem-based learning baru diimplcmcntasikan, pcrlu dilakukan evaluasi sebagai umpan batik bagi institusi. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengevaluasi kinerja tutor dalam menstimulasi proses pembelajaran dalam diskusi kelompok, dan 2) mengevaluasi harapan mahasiswa terhadap kinerja tutor serta pengalaman belajar dan prcstasi akadcmik yang mcmpengaruhi harapan tersebut.
Metode: Pcnelitian ini merupakan penelitian cross sectional mcnggunakan kucsioner yang mendeskripsikan karakteristik mahasiswa dan tutor sorta daftar tilik. Daftar tilik terdiri atas 24 butir yang dikelompokkan kc dalam empat dimensi, yaitu: mendorong claborasi, mcngarahkan proses pembelajaran, mendorong integrasi pengetahuan, serta intcraksi dan tanggung jawab individu. Mahasiswa diminta mengisi daftar tilik yang menggambarkan kinerja tutor yang mereka amati dan hurapkan. Pengisian daflar tilik dilakukan dua kali, setelah fase analisis kasus dan fase melaporkan hasil bolajar mandiri.
HasiI:. Sejumlah 163 mahasiswa dan I6 tutor berpanisipasi dalam penelitian. Terdapat ketidakscsuaian antara kiuerja tutor yang diamati dan yang diharapkan oleh mahasiswa (p < 0,050). Karakteristik mahasiswa (jenis kelamin, umur, pelatihan pcmbelajaran siswa aktif] dan pengalaman belajar siswa aktif di SMA) tidak berkorclasi dengan harapan mahasiswa terhadap kinerja tutor. Namun, prestasi akademik mahasiswa berdasarkan nilai .student oral case analysis (SOCA) mcnunjukkan bahwa mahasiswa yang mendapat nilai 60-95 secara modcrat (77%) mempunyai harapan yang lebih baik terhadap kincrja tutor [risiko relatif = l,77; 95% interval kepercayaan = 0,82-3,78; p =0,l-43] dibandingkan dengan mahasiswa dengan nilai 45-59.
Kesimpulan: Ada ketidaksesuaian antara kincrja tutor yang diamati dan yang diharapkan oleh mahasiswa dalam memfasilitasi pembelajaran dalam diskusi kelompok.

Background: Competency-based curriculum has been implemented in Faculty of Medicine, University of UPN Veteran Jakarta since the academic year 2006-2007. Due to the first time implementation of problem-based leaming, it has to be evaluated as a feedback for the institution. The aims of this study arc: l) to evaluate the level of tutor performance in stimulating learning process in tutorial discussion, and 2) to evaluate student expectations on tutor performance and to identify student’s learning experience and academic achievement which have correlation with the expectation.
Methods: This is a cross-sectional study using a questionnaire describing student and tutor characteristics and checklist about tutor performance. The checklist has 24 items grouped in four dimensions, i.e. elaboration, directing the learning process, integration of knowledge, stimulating interaction and individual accountability. 'I`he students were asked to till out the checklist twice, after the initial case analysis phase and the reporting phase.
Results: A number of l63 students and 16 tutors participated. There are discrepancies between student expectation and the level of tutor performance (p < 0.050). Student‘s characteristic (gender, age, student-centered training, student- centered experienced in high school) were not correlated with the expectation. However, students with the result of student oral case analysis (SOCA) test 60-95 are moderately (77%) have good expectation on tutor performance [risk ratio = l.77; 95% confidence interval = 0.82-3.78; p = 0.l43] compare to students with SOCA 45-59.
Conclusion: There are some discrepancies between student expectation and the level of tutor performance in stimulating learning process in tutorial discussion.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2007
T32043
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
JPK 17:2(2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>