Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159623 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indah Prawitasari
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas rancang bangun dan analisis performa adaptive learning untuk homeschooling tingkat Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan metode VAK Learning Style. Skripsi ini bertujuan untuk merancang, mengimplementasikan, dan menganalisa performa sistem homeschooling adaptive e-learning berbasiskan PHP dan MySQL. Pengujian performa sistem terdiri dari pengukuran kecepatan dan survei. Hasil pengukuran dengan 50 users pada JMeter menunjukkan kecepatan yang baik yaitu rata-rata akses log in 138.3ms, kuis VAK 158.36ms, pre-test 114ms, materi video 143.72ms. Hasil survei
menggunakan kuesioner menunjukkan bahwa sistem masuk ke dalam grade 3 (skala 1-4), yaitu ?baik?, dengan nilai rata-rata kuesioner teacher dan kuesioner student sebesar 3.34.

ABSTRACT
This thesis discusses development and performance analysis of adaptive learning for homeschooling elementary school (SD) using VAK learning style method. This thesis aims to design, implement, and analyze system performance of homeschooling adaptive e-learning based on PHP and MySQL . Performance testing is consisted of speed measurement and survey. Measurement results with 50 users on JMeter showed good speed with average access of log in 138.3ms,
VAK quiz 158.36ms, pre-test 114ms, video material 143.72ms. Survey results using questionnaire showed that system goes into grade 3 (scale 1-4), which is 'good', with average value of teacher and student questionnaire at 3.34.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1700
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto
"Dewasa kini organisasi pengguna TI semakin kritis dan cerdas dalam mendapatkan sebuah solusi TI dengan kualitas yang baik. Kualitas proses pengembangan yang baik dalam pengembangan solusi TI merupakan sebuah cikal bakal dalam upaya mendapatkan sebuah produk TI yang berkualitas. Bagi organisasi penggiat solusi TI, perhatian terhadap kualitas merupakan salah satu cara untuk dapat tetap bersaing dan bertahan hidup dari persaingan industri ini. PT Sigma Metrasys Solution merupakan organisasi penggiat solusi teknologi informasi skala enterprise, mengalami beberapa permasalahan terkait kualitas perangkat lunak yang dihasilkan. Beberapa aktivitas proses pengembangan perangkat lunak berjalan tanpa prosedur yang tidak standar dan memiliki kelemahan kualitas yang mengakibatkan resiko kegagalan yang cukup tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan usulan perbaikan kualitas proses perancangan perangkat lunak secara terprioritas dengan memanfaatkan kerangka kerja CMMI-Dev 1.2 dengan representasi continuous. Penelitian akan mencakup semua proses area pada project roadmap dengan metode penilaian menggunakan SCAMPI C dan alat bantu PIID and SCAMPI Tools. Usulan perbaikan yang diciptakan akan ditentukan tingkatan prioritasnya menggunakan metode Analitical Hierarchy Process sehingga obyek penelitian mudah dalam melakukan implementasinya.
Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah rekomendasi berdasarkan best practice CMMI yang dibagi berdasarkan process area. Urutan perbaikan proses berdasarkan prioritasnya adalah Process Area Requirement Management, Project Planning, Process and Product Quality Assurance, Project Monitoring dan Control, Configuration Management.

Nowadays, most of IT user has grown significantly to have a better quality IT solution. A good development process is the main foundation to produce a high quality IT product. For them, the attention to drive a high quality IT solution is another way to be able to remain competitive and survive in the industry. PT Sigma Metrasys Solution is one of the enterprise scale company whose have some problem related to the quality of their software product, which some activity in the development process are running without standard procedure and it caused very high risk of failure.
The objective of this research is to propose some input to improve the quality of software design process by continuous utilizing the priority of the framework CMII – Dev 1.2. This research will cover all the areas on the project road map by using SCAMPI C appraisal methods, PIID and SCAMPI tools. The implementation of proposed improvement will be determined by the priorities level based on Analytical Hierarchy Process method.
The result obtained from this research is recommended based on the best practice by CMMI Process area with priority order are Process Area Requirement Management, Project Planning, Process and Product Quality Assurance, Project Monitoring and Control and Configuration Management.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Samanty
"Tugas akhir ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan menganalisa suatu Online Survey System yang berbasiskan PHP dan MySQL. Pada tugas akhir ini telah berhasil dibuat sebuah sistem survei online. Pengguna dari sistem ini antara lain yaitu administrator sebagai pengelola website, surveyor sebagai pembuat survei, responden member dan responden non-member.
Dari hasil implementasi yang dilakukan pada localhost server, disimpulkan bahwa rata-rata kecepatan akses untuk membuat satu survei adalah 93,3 ms. Baik dengan tipe pertanyaan bervariasi, maupun tipe pertanyaan yang sama (Multiple Choice Only One Answer), semakin banyak pertanyaan, rata-rata kecepatan akses yang dibutuhkan untuk melihat survei (view survey) adalah 59% lebih lama, untuk menyimpan jawaban survei (save Answer) adalah 68% lebih lama, dan untuk melihat jawaban survei (view result) adalah 75% lebih lama.
Rata-rata kecepatan akses yang diperlukan untuk melihat survei (view survey), menyimpan jawaban survei (save Answer), dan untuk melihat jawaban survei (view result) dengan tipe pertanyaan yang sama (Multiple Choice Only One Answer) adalah 31,7%, 71%, dan 65,5% lebih cepat dibandingkan dengan yang mempunyai tipe pertanyaan yang bervariasi. Dari hasil penilaian berdasarkan jawaban kuesioner dari nomor 4 sampai nomor 10, maka diperoleh hasil bahwa sistem ini masuk ke dalam grade 4 (dalam skala 1-5), yaitu - baik - , dengan nilai rata-rata 4,14.

This thesis aims to design and implement an Online Survey System which is based on PHP and MySQL. This thesis has successfully created an online survey system. Users in this system are the administrator as managers of the website, the surveyors as a survey maker, member respondent and non-member respondent.
From the results of implementation on localhost server, it can be concluded that the average access speed to make one survey is 93,3 ms. Both with the vary type of questions and the same type of questions (Multiple Choice Only One Answer), the more questions, the average access speed that is required to view the survey (view survey) is 59% longer, to save the survey answers (save Answer ) is 68% longer, and to view survey answers (view result) is 75% longer.
Average access speeds needed to view the survey (survey view), save the answer surveys (save Answer), and for seeing the answer surveys (view result) with the same types of (Multiple Choice Only One Answer) is 31,7%, 71%, and 65,5% faster if compared with the vary types of questions. From the results of the assessment based on responses to questionnaires from number 4 to number 10, then the result that this system into the fourth grade (in 1-5 scale), that is 'good', with an average rating of 4,14.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51264
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dali Shoufari Arzie
"Sebuah website elearning diharapkan dinamis dan interaktif sehingga dapat lebih menarik minat para pelajar untuk ikut serta dalam proses elearning. Dengan menggunakan PHP pembuatan suatu website yang dinamik dimana PHP merupakan pemrograman script yang bekerja pada sisi server (server side) dan hasil pengolahan yang telah diproses dikirim kembali ke browser dan Flash adalah pendukung dalam pembuatan website yang interaktif karena dukungannya terhadap teks, suara, dan gambar. Implementasi PHP dan Flash pada aplikasi web ini menghasilkan sebuah website yang akan mendukung fasilitas dari website elearning, sehingga lebih interaktif dan dinamis. Hasil pengujian dari aplikasi ini didapatkan rata-rata rate untuk video conference sebesar 100.8 b/s, dan waktu akses rata-rata untuk pengaksesan tiap-tiap halaman web sebesar 1.1 s, 2.2s, 15s, dan 6s. Dengan dukungan Flash Communication Server sebagai application server dapat diwujudkan sistem e-learning melalui pendekatan multimedia dengan adanya fasilitas video conference."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40197
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wahjuni
"Mobile learning (m-learning) memungkinkan pengaksesan materi elektronic learning (e-learning) melalui perangkat mobile. Hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah adanya kemampuan adaptasi presentasi aplikasi Web yang sesuai dengan kebutuhan perangkat yang digunakan oleh client.
Tesis ini membahas tentang perancangan dan implementasi m-learning yang adaptive terhadap perangkat client, serta analisa terhadap unjuk kerja aplikasi. Salah satu teknik adaptasi yang dapat dilakukan di server adalah teknik transformasi, yaitu adaptasi yang melibatkan konversi dari suatu markup language ke markup language lainnya.
Teknologi eXtensible Markup Language (XML) yang menerapkan pemisahan antara data dengan presentasinya memberikan kemudahan untuk melakukan teknik adaptasi dengan transformasi ini. Keuntungan teknologi XML adalah pengelolaan situs Web yang lebih efisien, karena hanya diperlukan satu format data untuk sebuah konten. Tampilan yang sesuai dengan kapabilitas perangkat dihasilkan oleh stylesheet yang spesifik untuk setiap perangkat (single pipeline). Pembangunan aplikasi ini menggunakan perangkat lunak open source.

Mobile learning (m-learning) allowed electronic learning materials accessing trough mobile device. The important thing to consider is the Web applications presentation adaptation capability to meet the client's device requirement.
This thesis research about the design and implementation of m-learning adaptaivity towards client's device as well as application performance analysis. transformation. In this design open source software is choosed. One of adaptation techniques runs in server side is transformation technique, the one that involves conversion from one markup language to other markup language.
eXtensible Markup Language (XML) technology that implemented data and presentation separation gives easy way to use this adaptation techique through transformation. The advantage of the XML technology is eficiency in Web sites management, because it only single data format neede for each content. The presentation that meet the device capability is produced by specific stylesheet for each device (single pipeline). The development of this application using open source software.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T38870
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nivvori Barada
"Survei dapat digunakan untuk memantau opini publik terhadap suatu permasalahan. Survei umumnya dilakukan dengan membuat kertas angket, menyebarluaskan, mengumpulkan dan mengolah data survei, sehingga cenderung memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Dalam tugas ini dilakukan pengambilan dan pengolahan database survei online.
Hasil pengolahan dapat dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan responden. Hasil dapat ditampilkan dalam bentuk diagram batang, garis dan lingkaran. Selain itu dapat diketahui juga nilai statistik mean, median dan modus dari masing-masing jenis jawaban pilihan ganda. Pengolahan data statistik ini mampu mengolah lima jenis metode pertanyaan berganda, dengan maksimal masing-masing lima pilihan berganda.
Dari hasil pengujian ditunjukkan bahwa berdasarkan pengambilan data soal dengan 1 dan 10 responden menghasilkan kecepatan rata-rata akses 9x10-3 dan 13.4x10-3 detik. Ditunjukkan pula bahwa pengujian kecepatan akses penyimpanan jumlah soal untuk 2 dan 20 soal menghasilkan kecepatan rata-rata berturut-turut 14 x10-3 dan 51x10-3 detik. Pengujian kecepatan akses ini dilakukan dengan menggunakan localhost XAMPP APACHE dan processor Intel Core 2 Duo (2.00Ghz, 997MHz FSB, 1G DDR2).

Surveys can be used to monitor public opinion on an issue. Usually surveys are done by creating a paper questionnaire, distributing, collecting and processing survey data, it takes time and cost. In this project data retrieval and processing data from online database of survey results are carried out. Processing result can be grouped by gender, age and occupation of respondent.
Result can be displayed in the form of bar charts, line and circle. Moreover, the value of statistical mean, median and mode of each type of multiple choice answer can also be obtained. This statistic data processing has the capability to process five different methods of regression, each of with a maximum of five multiple-choices.
From the test results of certain question it is shown that data sampling for 1 and 10 respondents have an average access speed at about 9x10-3 and 13.4x10-3 seconds respechtively. It is also shown that access recording of 2 and 20 question have an average speed at about 14x10-3 and 51x10-3 seconds respechtively. Testing speed access is performed using Apache XAMPP localhost and processor Intel Core 2 Duo (2.00Ghz, 997MHz FSB, 1G DDR2).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51321
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Anugerah Ramadhan
"Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara hidup dan bekerja manusia, mendorong evolusi cepat dalam industri perangkat lunak yang kini mengandalkan alat pemodelan untuk merancang, menguji, dan menganalisis aplikasi sebelum dibangun. Di Laboratorium RSE Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, dikembangkan PRICES-IDE yang mengimplementasikan paradigma Software Product Line Engineering (SPLE). Paradigma SPLE memungkinkan aplikasi perangkat lunak dengan menggunakan platform dan mass customisation, termasuk pemodelan user interface menggunakan Interaction Flow Modeling Language (IFML). IFML memungkinkan pengembang memodelkan interaksi pengguna secara visual dan menghasilkan kode frontend melalui User Interface Generator (UI Generator). Meskipun pengembangan lebih lanjut telah mengintegrasikan plugin Eclipse dengan UI Generator, belum ada pengujian usability terhadap developer dalam penggunaan IFML UI Generator. Penelitian ini mengevaluasi usability dari UI Generator pada PRICES-IDE yang meliputi proses menggambar model IFML, generate UI, dan running program menggunakan metode User-Centered Design (UCD) dan wawancara kontekstual untuk memahami perilaku, kinerja, dan kepuasan pengguna, serta memberikan rekomendasi desain alternatif. Desain antarmuka alternatif yang dihasilkan dari penelitian ini mencakup dari ketiga proses tersebut. Hasil rancangan desain antarmuka mencakup tutorial, FeatureConcept, DataType, tooltip, dan icon pada halaman palette yang menjawab hambatan yang didapat dari pendekatan metode UCD dan wawancara kontekstual. Terdapat saran untuk penelitian selanjutnya dalam melanjutkan pengujian usability IFML UI Generator.

The development of information technology has transformed the way people live and work, driving rapid evolution in the software industry, which now relies on modeling tools to design, test, and analyze applications before they are built. At the RSE Laboratory of the Faculty of Computer Science, University of Indonesia, PRICES-IDE has been developed, implementing the Software Product Line Engineering (SPLE) paradigm. The SPLE paradigm enables software applications using a platform and mass customisation, including user interface modeling using the Interaction Flow Modeling Language (IFML). IFML allows developers to visually model user interactions and generate frontend code through the User Interface Generator (UI Generator). Although further development has integrated an Eclipse plugin with the UI Generator, there has not yet been any usability testing on developers using the IFML UI Generator. This research evaluates the usability of the UI Generator in PRICES-IDE, including the processes of drawing IFML models, generating UI, and running programs using the User-Centered Design (UCD) method and contextual interviews to understand user behavior, performance, and satisfaction, and provides alternative design recommendations. The alternative interface designs produced from this research encompass all three processes. The interface design outcomes include tutorials, FeatureConcept, DataType, tooltips, and icons on the palette page addressing the barriers identified through the UCD method and contextual interviews. There are recommendations for further research to continue usability testing of the IFML UI Generator"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Switzerland: UNESCO, 1966
370 Uni m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rooijakkers, Ad.
Jakarta: Gramedia, 1986
371.102 ROO m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Sundari Husen
"Pada abad-abad 16, 17 dan 18, gagasan reformasi pendidikan di Prancis muncul pertama-tama dalam karya sastra. Dimulai oleh Rabelais dalam dongeng-dongengnya Pantagruel (1532) dan Gargantua (1534), tulisan tentang pendidikan dikembangkan dalam Essais (tiga jilid) karangan Montaigne (1580), dan dalam roman Jean-Jacques Rousseau, Emile (1762). Gagasan yang sama didukung pula antara lain oleh Descartes dalam Discours de la Méthode [Risalah tentang Metode] (1637) dan oleh Voltaire dalam dongengnya L?Ingénu (1767). Intinya adalah pertentangan antara sistem pendidikan lama yang mementingkan hafalan dan teori dengan sistem pendidikan baru yang mereka usulkan, yang lebih mementingkan pembinaan nalar, cara berpikir, dalam suasana belajar yang menyenangkan, yang dikaitkan dengan kehidupan nyata serta alam sekitar. Secara resmi reformasi pendidikan Prancis baru dicanangkan Menteri Pendidikan Jules Ferry pada tahun 1880 dengan pembuatan peraturan wajib belajar di sekolah dasar, biaya belajar cuma-cuma dan pemisahan pendidikan formal di sekolah dari pendidikan keagamaan.

In the 16th., 17th. and 18th. century, the first ideas of educative reform in France appeared in litterary master pieces. Rabelais wrote his critics and proposals on child education in his stories Pantagruel (1532) and Gargantua (1534), developped later in the Essays (three volumes) written by Montaigne and in Rousseau?novel, Emile. Actually the same ideas were supported also by Descartes in Discours de la Méthode (1637) and Voltaire in L?Ingénu (1767). The central issue was the opposition between the old system of education focusing on learning by heart and theories and the system they proposed which gave importance on the formation of the way of thinking, in a pleasant learning atmosphere, in relation to real life and nature. Officially French education reform was started by the Minister of Education Jules Ferry in 1880 in the decrees proclaming compulsory education in the primary school, free of charge, and the separation between secular and religious education."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2002
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>