Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 81457 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"The major problem in serviceability degradation of steel truss bridge is interaction of moving vehicle
load with the bridge 's upper structure. One of the improvement efforts is to strengthen the bridge system
by using eternal pretension tendon. Pretension tendons with polygonal, kingpost and horizontal
configuration are designed as an active control equipped with the actuator. Based on adaptive control
technique, fuzzy logic algorithm was used to activate the tendon control in the bridge as a Fuzzy Logic
Control feedback ( FLC feedback) system, where the change of control force can be set to be
proportionalbr adaptable to the displacement. From the simulation with various cable configurations,
with various velocities of continuous and discontinuous vehicle models, and various types of tendons, it
shows that the Kingpost tendon configuration has a better performance to reduce the displacement of the
bridge 's upper structure and to minimize tensile stresses at bottom chord element.
"
Jurnal Teknologi, 20 (1) Maret 2006 : 10-19, 2006
JUTE-20-1-Mar2006-10
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Junaedy Rahman
"Salah satu perhatian utama dalam masalah penurunan kemampuan layanan jembatan rangka baja adalah interaksi antara beban pergerakan kendaraan dengan superstruktur jembatan. Dalam retrofit strategy, beberapa upaya yang telah dilakukan adalah dengan penambahan sistem perkuatan pada jembatan dengan menggunakan
tendon pretension ekstemal. Dalam analisis respon dinamik, kabel tendon pretension ekstemal dengan konigurasi poligonal, kingpost dan horisontal didesain untuk berperilaku sebagai kontrol aktif yang dilengkapi dengan aktuator. Dengan konsep teknik adaprive
control, algoritma fuzzy logic digunakan untuk mengoperasikan penontrolan tendon pada jembatan melalui sistem Fuzzy Logic Control feedback (FLC feedback) dengan gaya kontrol yang dapat dirancang menjadi beradaptasi secara proporsional terhadap
lendutan. Pada penelitian ini, respon superstruktur jernbatan rangka dengan sistem kontrol tendon, diuji melalui analisis menggunakan SIMULINK dari software MATLABQ. Dari hasil simulasi terhadap berbagai kontigurasi, variasi kecepatan darl
model kendaraan yang secara kontinyu maupuu tidak kontinyu dan pada variasi tipe tendon yang dipakai, menunjukkan bahwa koniigurasi Kingpost memiliki kemampuan yang lebih baik dalarn mereduksi respon lendutan superstruktur jembatan dibanding konfigurasi yang lain. Dari investigasi terhadap tegangan-tegangan maksimum pada elemen batang, juga memperlihatkan terjadinya penurunan
tegangan-tegangan tank, utamanya pada elemen chord bawah, dan juga terjadi peningkatan tegangan tekan pada batang-batang tertentu sebagai konsekuensi dari reaksi pengangkuran tendon.

Abstract
One of the principal considerations in the deficient of the steel truss bridge?s
service capacity problems is the interaction between the moving vehicle load and the bridge superstructure. In term of retrofit strategy, some efforts to strengthen the bridge system have been frequently done by using extemal pretension tendons. In the dynamic response analysis, the extemal pretension tendons with polygonal, kingpost and horizontal configurations are designed as an active control
equipped with an actuator. According to the adaptive control concept, fuzzy logic algorithm is used to activate the tendons in the bridge as a Fuzzy Logic Control feedback (F LC feedback) system with the control forces are designed to be adaptive and proportional to the displacement. In this research, the response of truss, bridge superstructure with tendon control system is examined by a computer analysis using SIMULINK from MATLABĀ® software. From the simulation with various configurations, various speeds of continuous and discontinuous vehicle model, and various types of tendons,
it shows that the Kingpost tendon configuration have a better performance to reduce the displacement of the bridge superstructure than the other configurations. The investigation of maximum stresses in the tmss? members also show the decreasing of tensile stresses, especially for the members at bottom chord, and also the increasing of compressive stresses of certain members as the compensation of the tendons? anchoring reaction forces"
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T16051
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar
"Kasus-kasus terjadinya keruntuhan pada struktur jembatan, seperti keruntuhan jembatan rangka baja Cipunagara pada tanggal 23 Juli 2004, telah menunjukkan perlunya upaya rehabilitasi dan pengontrolan pada struktur tersebut. Berbagai sistem kontrol, mulai dari sistem kontrol pasif, aktif, semi-aktif dan hybrid telah diperkenalkan dan terus dikembangkan, dengan berbagai algoritma kontrol aktif seperti Neural Network. Salah satu metode kontrol aktif adalah melalui penggunaan tendon aktif untuk memberikan gaya perlawanan terhadap beban yang terjadi guna mengurangi lendutan dan tegangan yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selain besar gaya kontrol yang diberikan, konfigurasi tendon aktif dan metode pelatihan pada sistem kontrol Neural Network memainkan peranan penting dalam tingkat keberhasilan pengontrolan tersebut. Penerapan tendon aktif pada jembatan rangka baja untuk melawan gaya dinamik yang bekerja memberikan hasil berupa pengurangan lendutan yang terjadi pada tengah bentang dan penurunan tegangan tarik maupun tekan pada sebagian besar elemen-elemen rangka. Akan. tetapi, konsenstrasi gaya reaksi tendon aktif pada beberapa nodal juga menyebabkan terjadinya kenaikan tegangan tekan pada beberapa elemen rangka horizontal atas yang sifatnya sangat ditentukan dari konfigurasi tendon aktif yang digunakan.

Steel bridges' failure cases, as occurred at Cipunagara on 23th July 2004, have shown us the need of measures on the structural rehabilitation and control. Various control systems, such as passive, active, semi-active and hybrid control system have been introduced and are being studied and examined with various control algorithms like the Neural Network algorithm. One of the active control methods is an active control tendon. Those tendons control the structural system by applying forces counteracting the external forces on that structure, so that it reduces the deformation of the bridge and the stresses occurred in its elements. The result of this research shows us that besides the value of the applied control forces, the configuration of the tendons itself and the method of the control system?s training plays a very important role in determining the success of this control system. The application of the active tendon for counteracting the dynamic forces working in a steel truss bridge can reduce the deformation at mid-span and reduce the tensile and compressive stresses of most of the truss' elements. However, as the compensation of the concentration of tendon's reaction forces at certain points, the compressive stresses of some top horizontal elements might be increased depending of the tendons' configuration."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
T16061
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andre Yogi Yuniarto
"ABSTRAK
Dalam skripsi ini akan dibahas salah satu aplikasi logika fuzzy dalam sistem kendali, yaitu pengendali suspensi aktif mobil. Melalui suatu proses perancangan dan data-data dari operator atau hasil percobaan sistem, besarnya sinyal pengendali yang mempengaruhi jalannya proses pada suatu sistem atau plant, dapat ditentukan secara linguistik dan tidak kaku seperti jika menggunakan logika digital biasa.
Metode pada logika fuzzy yang digunakan adalah metode mamdani dengan operasi maximum-minimum pada fuzzyfikasi dan metoda sentroid pada defuzzyfikasi untuk menghasilkan sinyal pengendali yang diinginkan. Dalam skripsi ini akan dikendalikan peredaman gaya yang timbul pada suspansi akibat dari berbagai masukan jalan.
Serangkaian percobaan akan dilakukan untuk mengamati pengaruh bentuk jalan pada dinamika pergerakan body mobil dan pergerakan suspensi mobil. Kemudian akan ditentukan nilai-nilai dari fungsi keanggotaan dan basis aturan pada pengendali fuzzy dari hasil percobaan yang dilakukan untuk mendapat hasil yang diinginkan. Semua proses perancangan dan simulasi menggunakan perangkat lunak MATLAB versi 5.3.

"
2000
S39681
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benny Benyamin
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pengendali logika fuzzy yang digunakan untuk pengendalian proses pewarnaan benang sintetis. Model dinamika proses pewarnaan benang sintetis diturunkan berdasarkan laju penurunan berat bahan pewarna di dalam hopper dari feeder dan laju aliran bahan pewarna tersebut di dalam screw conveyor. Kemudian disimulasikan dengan bahasa Delphi versi 2.0 dari Borland.
Fungsi keanggotaan yang digunakan berbentuk segitiga dan dikelompokkan dalam tujuh kelompok.
Kaidah logika fuzzy yang digunakan pada tesis ini disusun berdasarkan kaidah logika fuzzy dari King dan Mamdani, yang terdiri dari 13 (tiga belas) aturan pengendali logika fuzzy.
Untuk melihat kinerja pengendali logika fuzzy, dilakukan dengan cara membandingkan hasil simulasi pengendali logika fuzzy dengan pengendali PID.

ABSTRACT
Application Fuzzy Logic Controller to the Control of Colouring Process of Synthetic YarnThis thesis describes fuzzy logic controller to control the coloring process of synthetic yarn. Dynamic model of the process is derived based on the loss in weight rate of the granulated coloring substance in the feeder and its flow in the screwed conveyor. The model is simulated using Borland Delphi language ver. 2.
The fuzzy logic controller uses seven fuzzy set, for input with triangular membership function. By referring to the desired step response of a second order system, and by heuristic approach it can be defined thirteen rules for the controller. The fuzzy implication is done by King's and Mamdani's fuzzy reasoning.
The performance of the fuzzy logic controller is then compared with a PID controller using simulations.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Much Chanief Yuniatmoko
"Dalam kendali mutu rubber, sampel-sampel keluaran Hash drum diambil teratur guna dianalisis di Iaboratorium. Hasilnya disampaikan ke operator untuk diambil aksi yang tepat untuk melengkapi loop umpan balik. Kelambatan proses dan pengukuran yang tidak akurat mengakibatkan banyak operator menunggu dan sering lidak sabar untuk mengubah aliran kata!is lebih dari yang diminta. Akibatnya, kendali yang tetap terhadap viskositas Mooney tidak akan tercapai. Strategi kendali analisis Iaboratorium yang telah dikembangkan pada reaktor rubber dapat ditingkatkan jika analisis on line dapat dilakukan untuk mengukur Iangsung viskositas Mooney. Cara operator dalam menghadapi karaktenstik tersebut digambadcan secara baik dalam permodelan Iogika fuzzy. Perancangan pengendali logika fuzzy (FLC) berlujuan mendapatkan suatu pengendali yang dapat menggambarkan cara kerja operator (manusia)_
Dengan sinyal uji masukan waktu tangga dan analisis respon transien, simuiasi kendali fuzzy mencoba beberapa pola kaidah aturan (FAM) dan perubahan range 'kondisi' maupun 'aksi' untuk melihat perubahan yang terjadi terhadap harga keluaran (respon gratik) yang diinginkan dan sekaligus mencari hasil terbaiknya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S48871
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafizh Malik H.T., author
"Hidrogen merupakan salah satu zat/gas yang sangat banyak kegunaannya, terutama dalam industri kimia. Banyaknya unit pada sebuah pabrik membuat banyak gangguan yang akan terjadi pada suatu proses pabrik, gangguan tersebut akan berdampak kepada keefektifan dan kestabilan operasi pabrik tersebut yang juga berpengaruh kepada lingkungan sekitar. Kompresor dan steam reformer merupakan unit-unit yang penting dalam pabrik biohidrogen dari biomassa. Kompresor berguna untuk mencapai tekanan tinggi pada kondisi operasi selanjutnya sedangkan Steam Reformer merupakan proses utama dari pabrik ini yang berguna untuk menghasilkan gas H2.
Model Predictive Control (MPC) merupakan suatu pengendali yang dapat bekerja dengan basis model yang diharapkan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik daripada pengendali lainnya. Pemodelan proses dilakukan dengan menggunakan model empirik sedangkan proses optimasi dilakukan dengan penyetelan terhadap paramter-parameter pengendali MPC seperti waktu sampel (T), prediction horizon (P), dan control horizon (M). Hasil pengendalian tekanan kompresor dan suhu steam reformer adalah pengendali MPC memiliki kinerja yang lebih baik dari pada pengendali PI dengan melakukan reidentifikasi sistem untuk mendapatkan pemodelan yang sesuai.

Hydrogen is one of the substances / gases that used by people, especially in the chemical industry. The number of units in a factory making many distractions that will occur in a process plant, the interference will affect the effectiveness and stability of the plant's operations that also affect the surrounding environment. Compressors and a steam reformer are the important units in biohidrogen from biomass plant. The compressor is useful for achieving high-pressure operating conditions while Steam Reformer next is the main process of this plant are useful to produce H2 gas.
Model Predictive Control (MPC) is a controller that can work with the base model is expected to has better performance than other controllers. Process modeling is done by using the empirical model while the optimization process is done by setting the parameter-MPC controller parameters such as sample time (T), prediction horizon (P), and the control horizon (M). The results of the compressor pressure control and temperature control of steam reformer is the MPC controller has better performance than the PI controller by performing system reidentification to obtain appropriate model.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54815
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan Setyo Prabowo
"ABSTRAK
Dalam tesis ini, akan dirancang sistem pengendalian gerak longitudinal dari suatu wahana roket dengan kode RKX-300 milik LAPAN dengan menggunakan pengendali logika fuzzy. Pengendalian dilakukan untuk memperoleh kestabilan pitch rate (laju sudut angguk) dan mengatur pitch attitude (posisi sudut angguk).
Dinamika roket dimodelkan dengan persamaan matematik dalam bentuk state space, model tersebut diturunkan terhadap kondisi keseimbangan trim dan mengasumsikan gangguan kecil, sehingga diperoleh model roket liner time invariant orde satu. Dengan mensubstitusikan data numerik dad karakteristik dinamika roket pada kecepatan tertentu akan diperoleh persamaan dalam bentuk numerik yang siap untuk diimplementasikan.
Bentuk numerik tersebut dapat ditransformasikan ke dalam bentuk fungsi alih (domain "s"), selanjutnya fungsi alih ini akan digunakan sebagai model yang akan diuji dalam simulasi dengan menggunakan simulink.
Selanjutnya akan dilakukan simulasi dan analisis pada kecepatan 34 m/detik untuk pendekatan model kecepatan rendah dan 170 m/detik untuk pendekatan model kecepatan tinggi. Simulasi dilakukan dengan bantuan MATLAB Simulink dan penyusunan pengendaliannya dengan MATLAB Fuzzy Toolbox.

ABSTRACT
In this thesis, will be design the longitudinal controlled movement system of LAPAN ROC-300 rocket using fuzzy logic control. The control system is used to acquire pitch rate stability and to control the pitch attitude.
Dynamic Rocket is modeled by mathematic equation in the state space model. This model is derived based on trim condition by assuming small disturbance in order to get time invariant linier rocket model in the order one.
By substitute numeric data dynamic rocket's characteristics at particular speed, we will abstain the equations in the numeric form which in ready to be implemented. This numeric form can be transformed into transfer function or "s" domain, and this transfer function will be used as a model and will be tested using the simulink program.
The simulation and analysis study will use 34 m/second for the low speed approach and 170 m/second for the high speed approach. The simulation is done with the help of MATLAB Simulink and MATLAB fuzzy toolbox.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parlindungan, Hapri
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38472
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Argo Wibowo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38521
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>