Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159746 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eka Purnamasari
"Kepatuhan petugas PBF yang berperan dan bertanggung jawab dalam pengelolaan cold chain di PBF dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah sikap. Sikap diperoleh melalui pengalaman dan interaksi yang terus menerus dengan lingkungannya, objek sosial atau peristiwa sosial.
Tujuan penelitian adalah Diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan sikap petugas PBF terhadap pengelolaan cold chain di empat PBF tahun 2010. Penelitian cross sectional melibatkan 188 petugas PBF, cara ukur dilakukan dengan pengisian sendiri terhadap kuesioner yang tersedia. Variabel dilihat berdasarkan teori yang dikembangkan dari Mar'at (1984), Sarwono (2009) dan Notoatmodjo (2010) yang menyatakan bahwa sikap berkaitan dengan pengetahuan. Pengetahuan dipengaruhi oleh pengalaman dan fasilitas. CFA digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas indikator, model fit (GFI=0.72, PGFI=0.64, RMSEA=0.073, AIC=5305,83, CAIC=5479.52).
Hasil penelitian didapatkan faktor yang berperan tidak langsung terhadap sikap adalah fasilitas (0.75). Faktor fasilitas berhubungan dengan pengetahuan dalam mempengaruhi sikap. Faktor yang mempengaruhi sikap adalah faktor pengetahuan (0.61). Tidak ditemukan bukti faktor pengalaman berpengaruh terhadap pengetahuan.
Kesimpulan adalah tidak semua faktor saling berhubungan mempengaruhi sikap. Disarankan Pemerintah dalam hal ini Badan POM melakukan revisi terhadap materi yang terkait pengelolaan cold chain dan vaksin dalam pedoman CDOB dan dibuat standardisasi materi pelatihan teknis prosedur pengelolaan cold chain. PBF diharapkan meningkatkan kualitas kegiatan pelatihan baik dari segi materi maupun metode pelatihan.

Measure of Compliances for Therapeutic Product Distributors personnel who in charge in cold chain operation is depends on some factors such as personnel attitude. Attitude has been gained from experiences, continuing interaction with circumstances, social object as well as social accomplishment.
Objective of this research is to identify factors that have correlation with Therapeutic Product Distributors personnel attitude in term of cold chain management in area of four Therapeutic Product Distributors during 2010. This cross sectional research involved about 188 Therapeutic Product Distributors personnel using method of self assessment survey. Variables have been achieved based on theory that developed by Mar'at (1984), Sarwono (2009) and Notoatmodjo (2010) that said attitude has relationship with knowledge. Meanwhile knowledge is dependent on experience and facility. CFA has been used to examine both validity and reliability of indicator, model fit (GFI=0.72, PGFI=0.64, RMSEA=0.073, AIC=5305,83, CAIC=5479.52).
Result of this research attain that facility factor (0.75) has indirect association with attitude factor. Facility factor has correlation to knowledge factor. Meanwhile, knowledge (0.61) has been association with attitude. Additionally, there is no evidence that experience rely on knowledge. In conclusion, its not overall factor has relationship with attitude.
It is recommended to Government particularly Badan POM to revise guideline of cold chain management in the document of Good Distribution Practices and provide standard module of cold chain management training as well. Furthermore, Therapeutic Product Distributors have been expected to improve training activity both in module and method."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
T31361
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Amalia Oktaviani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepuasan kerja dan emotional exhaustion terhadap komitmen afektif perawat di Rumah Sakit XYZ. Responden dari penelitian ini adalah 185 orang perawat di Rumah Sakit XYZ cabang Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan konklusif serta menggunakan structural equation model.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan pada komitmen afektif dan emotional exhaustion berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, sedangkan emotional exhaustion tidak berpengaruh terhadap komitmen afektif.

The aim of this research is to study the effect of job satisfaction and emotional exhaustion to nurses affective commitment at Hospital XYZ. The respondents of this study were 185 nurses in Hospital XYZ branch Bekasi. This research is quantitative descriptive and conclusive interpretive and using structural equation model.
The result of this research found that job satisfaction have positive and significant effect to affective commitment, emotional exhaustion have negative and significant effect to job satisfaction, and emotional exhaustion doesn't have effect on job satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61321
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Sena Adipraja
"

Pembayaran digital di Indonesia dari tahun 2016 hingga 2021 diproyeksikan akan bertumbuh sebesar 788%. Penggunaan sistem pembayaran digital yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia akan memberikan pertumbuhan inklusif, kemudahan, dan kenyamanan yang akan membuat akselerasi transaksi di Indonesia. Data penelitian diperoleh dari hasil pengumpulan kuesioner online serta didapatkan 356 responden dengan 42% dari Pulau Jawa-Bali, 19% dari Pulau Sumatera, 16% dari Pulau Kalimantan, dan 22% dari Pulau Sulawesi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling alternatif yang berbasis varians, yaitu Partial Least Square. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah trust (kepercayaan pengguna), perceived ease of use (kepercayaan pengguna terhadap pemberi layanan), perceived usefulness(kegunaan yang dirasakan oleh pengguna), perceived risk (persepsi kerusakan yang mungkin dialami pelanggan saat menggunakan layanan),convenience (kenyamanan), attitude towards service (sikap pengguna terhadap layanan yang diberikan), social influence (pengaruh sosial), dan behavioral intention.  Dari penelitian ini didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan pembayaran digital di Indonesia menggunakan model adopsi Technology Acceptance Model (TAM) adalah perceived usefulness (kegunaan yang dirasakan oleh pengguna), trust(kepercayaan pengguna), social influence (pengaruh sosial), dan attitude towards service (sikap pengguna terhadap layanan). Kelima dari faktor tersebut secara empiris berpengaruh dalam keinginan pengguna untuk menggunakan pembayaran digital di Indonesia.


Digital payments in Indonesia predicted from 2016 to 2021 will grow by 788%. The use of a digital payment system that is in accordance with the needs of the Indonesian people will provide inclusive growth, convenience, and comfort that will accelerate transactions in Indonesia. The research data was obtained from an online survey collection and obtained 356 respondents with 42% from Java-Bali Island, 19% from Sumatra Island, 16% from Kalimantan Island, and 22% from Sulawesi Island. Hypothesis testing in this study uses an alternative Structural Equation Modeling method based on variance, namely Partial Least Square. The factors used in this study are trust, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, convenience, attitudes towards services, social influence, and behavioral intentions. From this study it was found that the factors that affect the intention to use digital payment services in Indonesia using the Technology Acceptance Model (TAM) adoption model are the perceived usefulness, trust, social influence, and attitudes towards the service. These five factors empirically influence the desire of users to use digital payments in Indonesia.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Handika Putra Pamungkas
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi berimbas pada transaksi non tunai yang mendorong perubahan perilaku orang dalam bertransaksi dan membuat keputusan.Perkembangan perangkat teknologi seperti dompet digital juga memengaruhi cara seseorang dalam berdonasi. Dalam ruang lingkup yang lebih luas, perkembangan teknologi juga berdampak pada kegiatan filantropi. Dalam konteks yang lebih spesifik,penyedia layanan dompet digital perlu memberikan layananyang menarikdari teknologi yang ditawarkan.Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keberlangsungan penggunaan dompet digital dalam berdonasi.Teori extended Technology Acceptance Model (TAM) digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut. Sampel pada penelitian ini adalah 291 respondenyang pernah berdonasi melalui dompet digital dalam kurun waktu enam bulan terakhir.Dengan aplikasi Lisrel 8.8., Metode Structural Equation Modeling(SEM)digunakan untuk menjelaskan pembentukan sikap, yang selanjutnya berpengaruh terhadap intensi, persepsi kepuasan, dan keinginan untuk merekomendasikannya. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa faktor persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan fitur pada dompet digital berpengaruh terhadapsikap dalampenggunaan dompet digital sebagai media berdonasi. Selanjutnyaberpengaruh positif terhadap intensi penggunaan, persepsi kepuasan, dan rekomendasi untuk menggunakan layanan tersebut.

ABSTRACT
Technological developments have an impact on non cash transactions that encourage changes in people s behavior in transacting and making decisions. The development of technological devices such as digital wallets has also influenced the way people donate. In a broader scope, technological developments also have an impact on philanthropic activities. In a more specific context, digital wallet service providers need to provide attractive services from the technology offered. This study aims to see what factors influence the continued use of digital wallets in donating. The extended Technology Acceptance Model(TAM) theory is used to answer this problem. The sample in this study were 291 respondents who had donated through digital wallets in the last six months. With the application of Lisrel 8.8. The Structural Equation Modeling (SEM) method is used to explain the formation of attitudes, which in turn affect the intention, perception of satisfaction, and the desire to recommend it. The results of this study indicate that the perceived usefulness, perceived ease of use, and features of digital wallets affect attitudes in using digital wallets as a medium of donation. Furthermore, it has a positive effect on usage intentions, perceptions of satisfaction, and recommendations for using these services."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fienka Wiandianti
"Pertumbuhan teknologi informasi mendorong perpustakaan untuk memberikan inovasi layanan berupa perpustakaan digital atau digital library. Kemudahan mengakses informasi kapan saja dan dimana saja menjadikan digital library sebagai layanan yang berpotensi untuk dapat terus digunakan pada era digital seperti saat ini. Perpustakaan digital berperan penting dalam kehidupan mahasiswa Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi untuk kepentingan penelitian-penelitiannya. Namun saat ini, penggunanya masih merasa tidak puas dan memiliki kecenderungan untuk menggunakan mesin pencari lain. Agar tidak ditinggalkan oleh penggunanya, perlu dilakukan evaluasi pada digital library dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan loyalitas penggunanya. Penelitian ini menggunakan teori kesukesan sistem informasi, Technology Acceptance Model (TAM), dan teori afinitas perpustakaan digital. Kuesioner penelitian disebarluaskan kepada mahasiswa sarjana dan pascasarjana Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi yang menggunakan perpustakaan digital Universitas Indonesia. Sebanyak total 448 data responden didapatkan. Hasil pengolahan data dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna digital library Universitas Indonesia adalah system quality, information quality, service quality, perceived ease of use, perceived usefulness, dan digital library’s affinity. Perancangan strategi dilakukan menggunakan relationship matrix.

The growth of information technology encourages libraries to provide service innovation in the form of digital libraries or digital libraries. The ease of accessing information anytime and anywhere makes the digital library a service that has the potential to continue to be used in the digital era like today. Digital libraries play an important role in the life of students of the Science and Technology Cluster for their research interests. However, currently, its users are still dissatisfied and have a tendency to use other search engines. In order not to be abandoned by the users, it is necessary to evaluate the digital library by understanding the factors that affect user satisfaction and loyalty. This research uses information system success theory, Technology Acceptance Model (TAM), and digital library affinity theory. The research questionnaire is distributed to undergraduate and postgraduate students of the Science and Technology Cluster who use the digital library of the University of Indonesia. A total of 448 respondent data were obtained. The results of data processing using the Structural Equation Modeling (SEM) method show that the factors that influence the satisfaction and loyalty of the University of Indonesia's digital library users are system quality, information quality, service quality, perceived ease of use, perceived usefulness, and digital library's affinity. The strategy design is done using a relationship matrix.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Irma Suryani
"Politeknik Negeri Padang merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi yang terbaik di Sumatera. Sebagai perguruan tinggi terbaik, Politeknik Negeri Padang sudah mengimplementasikan beberapa sistem informasi, salah satunya adalah sistem informasi kepegawaian. Hanya saja, pada praktiknya sistem tersebut belum bisa dimanfaatkan secara optimal sebagai alat pendukung pengolahan data dan alat yang strategis untuk memperoleh keuntungan-keuntungan stratejik yang sekaligus mampu menunjang berkembangnya organisasi ke tingkat yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendorong penggunaan sistem informasi kepegawaian PNP. Untuk mencapai hal tersebut, penulis mengirimkan survei ke dosen dan pegawai yang menjadi pengguna dari sistem informasi kepegawaian. Dari 160 kuesioner yang disebarkan, diperoleh kuesioner yang kembali sebanyak 121. Kuesioner tersebut kemudian diolah dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat bantu Amos v.21.
Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mendorong penggunaan sistem kepegawaian di PNP adalah Information Quality, Service Quality dan System Quality.

Padang State Polytechnic is one of the best vocational Polytechnic in Sumatera. As the best college, Padang State Polytechnic has implemented several information systems; such as the Information System in the Human Resource Civil Service Department. However, the system still was not optimally utilized within the institution as a tool to support data processing and strategic tool to gain strategic advantages and to support the growth of the organization to a better level.
This research was conducted to analyze the factors that encourage the usage of information system in the Human Resource Civil Service Department in PNP. In order to collect data survey, author has sent questionnaires to all faculties including lecturers and administration staffs in Padang State Polytechnic as user of Information System in the Human Resource Civil Service Department. Among 160 questionnaires that were distributed, only 121 questionnaires were returned. Furthermore, the questionnaires were proceeded with the Structural Equation Modeling (SEM) method by using Amos Software v.21.
In conclusion, the factors that encourage the usage of Information System in the Human Resource Civil Service Department in PNP are Information Quality, Service Quality and System Quality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Paramitha Mansoer
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor kualitas dan harga dalam mempengaruhi kesetiaan pelanggan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Pengambilan data dilakukan kepada pengguna traditional airlines dan low-cost carrier sebagai responden. Faktor-faktor kualitas dan harga yang digunakan dalam penelitian ini adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman pembelian tiket (ticket purchase experience), pengalaman di bandara (airport experience), pengalaman dalam penerbangan (flight experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna traditional airlines adalah penawaran penerbangan (offer of flights and destination), pengalaman dalam penerbangan (flight experience) dan kehandalan layanan (service reliability). Sedangkan faktor-faktor yang terbukti mempengaruhi kesetiaan pelanggan pada pengguna low-cost carrier adalah pengalaman di bandara (airport experience), kehandalan layanan (service reliability) dan harga (price).

The purpose of this research is to identify factors that influence motivation of cycling by using Structural Equation Modeling (SEM). The data is taken from traditional airlines and low-cost carrier users. Factors used in this research are offers of flight and destination, ticket purchase experience, airport experience, flight experience, service reliability, and price.
The result of the research on traditional airlines users show that offers of flight and destination, flight experience, and service reliability positively influence customer loyalty. While the low-cost carrier users show that airport experience, service reliability, and price have the positive influence to customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1135
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farrel Alonzo Hamid
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah oleh konsumen di wilayah Jabodetabek serta merumuskan strategi pemasaran bagi sebuah perusahaan properti di Jakarta Selatan agar dapat terus bersaing dan mempertahankan nilai penjualan. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk pengolahan data menggunakan metode partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) dan dengan melakukan wawancara mendalam kepada pihak perusahaan untuk perumusan strategi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan faktor yang berpengaruh secara terhadap keputusan pembelian rumah, yaitu trust, environment, characteristics, attitude, dan legality, serta lima usulan alternatif strategi pemasaran yang dapat dilakukan, yaitu peningkatan nilai brand equity, perbaikan fasilitas proyek, skema promo baru, dan kerja sama dengan pihak eksternal.

This study aims to analyze the most influential factors in the decision-making process of home purchases by consumers in the Jabodetabek area and formulate marketing strategies for a real estate company in South Jakarta to remain competitive and maintain sales value. Data for this research were collected using questionnaires for the data processed using the partial least squares-structural equation modeling (PLS-SEM) method, and in-depth interviews were conducted with company representatives to formulate a marketing strategy. Based on the findings of this study, the factors influencing house purchase decisions were identified as trust, environment, characteristics, attitude, and legality. Additionally, five alternative marketing strategy proposals were suggested, including enhancing brand equity, improving project facilities, introducing new promotional schemes, and collaborating with external parties."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nara Pangestika Vidyani
"Pembahasan terkait dengan komitmen afektif menjadi salah satu permasalahan dalam pengelolaan sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran mediasi pengembangan kompetensi terhadap pengaruh antara knowledge sharing dengan komitmen afektif. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Gen Y di PT PP Persero, Tbk pusat yang berjumlah 152 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif cross sectional. Pengolahan data penelitian dilakukan menggunakan program olah data Lisrel 8.50 dengan teknik Structural Equation Modeling SEM.
Berdasarkan hasil penelitian ini, knowledge sharing terbukti secara signifikan memiliki pengaruh terhadap pengembangan kompetensi dan komitmen afektif pada karyawan gen Y di PT PP Persero, Tbk pusat dan pengembangan kompetensi terbukti secara signifikan dan positif menjadi mediator pengaruh antara knowledge sharing dengan komitmen afektif pada karyawan gen Y di PT PP Persero, Tbk pusat.

Discussion related to affective commitment becomes one of the problems in human resource management. This study aims to determine the mediation role of competency development on the effect of knowledge sharing with affective commitment. Respondents in this study were Gen Y employees in PT PP Persero, Tbk Head Office of 152 people. This research uses descriptive research design cross sectional. The research data processing by using Lisrel 8.50 software with Structural Equation Modeling SEM technique.
Based on the results of this study, knowledge sharing proved to have a significant effect on the competency development. And also, affective commitment on the Gen Y employees in PT PP Persero, Tbk Head Office and competency development proved significantly and positively mediate the influence between knowledge sharing with affective commitment to employees gen Y in PT PP Persero, Tbk Head Office.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Makhriyani
"Penelitian ini membahas tentang pengaruh store elements terhadap repatronage decision dengan dimediasi oleh emotional response dan overall evaluation dalam industri restoran etnis. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program LISREL 8.51. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat dari lima store elements berpengaruh positif dan signifikan terhadap emotional response, tetapi tidak berpengaruh signifikan dan secara langsung terhadap overall evaluation. Empat dari lima store elements dapat mempengaruhi overall evaluation melalui emotional response. Dan pada akhirnya overall evaluation secara positif dan signifikan dapat mempengaruhi repatronage decision.

This research aims to analyze the effects of store elements to repatronage decision, mediated by emotional response and overall evaluation in the context of an ethnic restaurant. Data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with LISREL 8.51 software. The result of this research suggest that four out of five store elements indicate positive and significant effect toward emotional response, but they do not exhibit significant influence toward overall evaluation. Four out of five store elements can influence overall evaluation through emotional response as mediating variable. Ultimately, overall evaluation would positively affect repatronage decision."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>