Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 46460 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1978
S15130
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Didi Tjahjadi
"Dalan dunia modern seperti sekarang ini, dengan perkembangan ilmu yang semakin maju, orang semakin membutuhkan informasi secara cepat, terus-menerus, dan sebanyak mungkin. Sumber informaai itu sebagian besar tersedia di perpustakaan-perpustakaan, baik yang berupa buku maupun bahan bukan buku. Tugas perpustakaan dalan memberikan peleyanan kepada masyarakat pemakainya tidaklah cukup hanya dengan menyediakan gedung perpustakaan lengkap dengan koloksi yang te1ah diatur, peralatan dan pegawai yang terdidik baik, serta menanti penganjung untuk datang ke perpustakaan. Dengan pelayanan socara pasif ini hanya sebagian kecil dari pengunjung yang dapat menarik manfaat dari perpustakaan, dan sumber-sumber informasi serta jasa-jasa yang tersedia di perpustakaan banyak yang tidak digunakan. Padahal tujuan perpustakaan menghimpun serta mengatur kolek_sinya itu tidak lain untuk disampaikan kepada masyarakat yang memerlukannya. Agar tujuan perpustakaan dapat tercapai sebaik-baiknya, perpus_takaan haruslah secara aktif dan kreatif neningkatkan kagiatannya, yang berarti neningkatkan jasa informasinya. Berbagai cara untuk meningkatkan jasa imformasi ini sudah banyak dilakukan di Indonesia, tetapi sebagai perpustakaan dari negara yang sedang berkembang, kegiatan kegiatan yang dilakukan masih banyak nengalami hambatan dan kurang menunjukkan hasil yang memuaskan. Salah satu cara untuk meningkatkan jasa informasi yang akan penulis kemukakan dalam skripsi ini ialah paneran bahar pustaka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1982
S15235
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andriaty Selvina
"ABSTRAK
Pengertian perpustakaan berbeda antara pengertian pa_da zaman dahulu dengan pengertian zaman sekarang. Pada zaman dahulu koleksi perpustakaan terbatas pada kumpulan buku saja, sehingga perpustakaan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku belaka. Pada masa kini koleksi perpustakaan tidak saja terbatas pada buku, melainkan juga dalam bentuk lain seperti film, pita rekaman, gambar, filmstrip, mikrofis, mikrofilm, peta dan majalah. Dengan demikian pengertian perpustakaan pada masa sekarang lebih luas di_bandingkan zaman sebelumnya.
Walaupun perpustakaan telah ada sejak zaman dahulu, namun sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa saja sebenarnya kegiatan,yang dilakukan oleh perpustakaan.
Aman (1984:1) dalam tulisannya mengatakan bahwa ang_gapan tradisional mengenai perpustakaan adalah merupakan salah satu hambatan mengapa informasi tidak dapat dipero_leh secara tuntas. Masyarakat tidak atau belum sepenuhnya mengetahui jenis jasa yang bagaimanakah yang dapat diminta atau yang akan diperoleh dari perpustakaan selain peminjaman buku. Pandangan terhadap para petugas perpustakaan belum_lah menguntungkan bagi perpustakaan_

"
1985
S14937
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julian E. Warsol
"Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen didirikan 15 tahun yang lalu, dengan tujuan mengem_bangkan dan mengamalkan manajemen. Untuk mencapai tujuan ini Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen menyelenggarakan pendidikan, pembinaan, peneli_tian dan penerbitan publikasi dalam bidang manajemen. Dalam menyelenggarakan kegiatan di atas Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen menggunakan metoda mutakhir, peralatan yang tergolong modern dan gedung yang cukup representatip, serta ditun_jang oleh fasilitas perpustakaan dalam bidang mana_jemen yang memberikan pelayanan terutama kepada staf dan langganan Lembaga. Sebagai salah satu unit penunjang program kerja Lembaga, perpustakaan diharapkan berfungsi de_ngan baik. Namun sampai saat ini, suatu penelitian mengenai efektifitas Perpustakaan dalam menunjang tugas-tugas badan induk belum, pernah diadakan. Ini_lah pokok masalah yang dirasakan baik oleh pimpinan Perpustakaan maupun oleh manajer Bidang Penelitian Manajemen, Bidang yang membawahi Perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1982
S15431
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Hayu Padma Juwita
"Skripsi ini membahas peran Perpustakaan Yayasan Mitra Netra bagi tunanetra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran yang dilaksanakan Perpustakaan Yayasan Mitra Netra dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sampel dalam penelitian ini berjumlah lima orang pengguna perpustakaan Yayasan Mitra Netra berjenis tunanetra berat (totally blind) dan tunanetra ringan (low vision).
Hasil dari penelitian ini berupa identifikasi peran Perpustakaan Yayasan Mitra Netra bagi tuna netra, dengan kesimpulan : peran yang sudah terlihat di Perpustakaan Yayasan Mitra Netra adalah peran perpustakaan sebagai tempat pendidikan, sebagai tempat pengembangan diri, kreativitas, dan rekreasi serta peran sosial perpustakaan. Penelitian ini memberikan beberapa saran untuk Perpustakaan Yayasan Mitra Netra meningkatkan keseluruhan peran utama perpustakaan.

This thesis describes about the role of Yayasan Mitra Netra's Library for the users (blind people). The purpose of this research is to identifying the roles are implemented in Yayasan Mitra Netra's Library to meet users need. This research uses descriptive qualitative approach with case study method. Sample in this research are five users in Yayasan Mitra Netra's Library, with totally blind and low vision impairment.
The result of this research is the role identification of Yayasan Mitra Netra's Library for the blind people, with the conclusion : roles that have been seen in the Yayasan Mitra Netra's Library are library's role as an education place, as a self development, creativity, and recreation place, and the social role of the library. This research give some suggests for Yayasan Mitra Netra's Library in order to prove the whole of main library's role.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46762
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Kusmayadi
"Information avaliability for researcher,case study on the library of Indonesian medicinal and aromatic crops research instute
"
[Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2007
AJ-pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhwanuliman Putera
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 pada
Perpustakaan Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi (PUSIDO) di
Badan Standarisasi Nasional (BSN). Proses implementasi itu mengikuti tatanan
yang terdapat pada klausul ISO 9001:2008. Penelitian ini bertujuan untuk
memberikan gambaran tentang proses implementasi yang dilakukan oleh staf
layanan PUSIDO. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi pada Perpustakaan Pusat
Informasi dan Dokumentasi Standardisasi (PUSIDO) di Badan Standarisasi
Nasional (BSN) mengikuti klausul yang terdapat pada ISO 9001:2008. Dengan
demikian staf layanan perpustakaan akan terbantu dalam melaksanakan pekerjaan
sehari-hari karena mereka mengimplentasikan Sistem Manajemen Mutu yang
memiliki standar internasional yang juga bermanfaat untuk merekam kegiatan
kerja mereka secara akuntabel.

ABSTRACT
This research discusses the Quality Management System ISO 9001: 2008 at the
Library of the Center for Information and Documentation of Standardization i
PUSIDO) in the Badan Standarisasi Negara (BSN). The implementation process
in accordance to ISO 9001:2008 clauses. This study aims to provide an overview
of the implementation process performed by the staff of library service.
Qualitative approach using data collection techniques such as observation and
interviews. The results showed that the process of implementation ISO 9001:2008
in Library of the Center for Information and Documentation of Standardization
(PUSIDO) in the Badan Standarisasi Negara (BSN) is in line with the clauses in
ISO 9001: 2008. Thus the process of work of the staff in library service really
concern with implementation of the Quality Management System which link to
international standards - in order all of their work will be accountable and well
recorded."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S61605
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deppy Greska
"ABSTRAK
Penelitian tentang layanan perpustakaan keliling di lima wilayah DKI Jakarta untuk mengetaui siapa pemakai perpustakaan keliling DKI Jakarta dan apa kebutuhannya. Untuk mngetahui media promosi apa yang tepat dalam menyebarluaskan keadaan perpustakaan keliling. Untuk mengetahui apakah koleksi yang tersedia di perpustakaan keliling DKI Jakarta telah cukup memenuhi kebutuhan masyarakat pemakainya atau belum, untuk mengetahui apakah staf perpustakaan keliling membantu pemakai dalam memanfaatkan perpustakaan keliling. Untuk mengetahui apakah syarat keanggotaan yang berlaku pada perpustakaan keliling cukup mudah dilakukan dan juga untuk mengetahui apakah pos layanan, frekuensi kedatangan dan jam layanan yang telah ditentukan telah sesuai dengan kebutuhn pemakai. Metode yang digunakan untuk mendapatkan informasi tersebut addlah dengan wawancara langsung kepada pemakai yang telah menjadi anggota perpustakaan keliling DKI Jakarta. Hasilnya menunjukkan bahwa kebanyakan pemakai perpustakaan keliling DKI Jakarta adalah anak-anak pelajar dan kebutuhan mereke menggunakan perpustakaan keliling adalah untuk membaca buku-buku yang bersifat hiburan.

"
1996
S15474
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Dwi Yunianti
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai penerapan berbagi pengetahuan di Perpustakaan lingkup Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) wilayah DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penerapan berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh staf perpustakaan dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan berbagi pengetahuan beserta kendalanya. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga jenis, yaitu wawancara, studi dokumen dan observasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan kegiatan berbagi pengetahuan telah diterapkan oleh staf perpustakaan sejak lama dengan faktor-faktor yang mendasarinya seperti sifat pengetahuan, budaya kerja, kesempatan untuk berbagi, dan motivasi untuk berbagi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa staf Perpustakaan lingkup KKP Wilayah DKI Jakarta lebih banyak melakukan penerapan berbagi pengetahuan melalui sarana informal yang didominasi dengan faktor budaya kerja yang mendorong mereka dalam penerapannya. Adanya right sizing organisasi memberikan kendala terhadap faktor-faktor yang mendasari penerapan berbagi pengetahuan antar staf. Dukungan organisasi diharapkan mampu mengatasi kendala dalam penerapan berbagi pengetahuan oleh staf bukan hanya pada wilayah DKI Jakarta tetapi secara menyeluruh di Perpustakaan KKP lingkup Indonesia.

ABSTRACT
This study discusses the application of knowledge sharing in the Library of the Ministry of Maritime Affairs and Fisheriess scope in DKI Jakarta area. The aim of this research is to understand the meaning of the knowledge sharing process carried out by the library staff and to determine the factors that influence it and its impediment. The approach used in this research is qualitative approach with case study method. The data collection is done through interview, document studies and observation. Findings shows that knowledge sharing activities have been applied by each library staff for a long time with underlying factors such as the nature of knowledge, working culture, opportunity to share, and motivation to share. The results shows that the staff are more likely to sharing their knowledge in an nonformal setting, dominated by their own working cultures in implementing it. There are also several impediments that are found as the result of the knowledge sharing process done by library staff. With support from the ministry itself, it is hoped that these impediments could be overcome not only in DKI Jakarta, but in other libraries in Indonesia as well.
"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arnola Dewinta Hasan
"Perpustakaan Khusus, Kementerian di Jakarta merupakan lembaga informasi yang tidak luput dari ancaman bencana. Pengalaman bencana seperti kebocoran, vandalisme dan lainnya membuat keamanan koleksi menjadi terancam. Untuk itu, kesiagaan menghadapi bencana merupakan suatu upaya yang harus dimiliki oleh perpustakaan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiagaan menghadapi bencana berdasarkan lima tahap kesiagaan menghadapi bencana yang dikeluarkan oleh IFLA yaitu risk assessment, prevention, preparedness, response, dan recovery. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan khusus telah melakukan kesiagaan menghadapi bencana sesuai standar IFLA yang meliputi tahap risk assessment, prevention, preparedness, response, dan recovery. Namun kesiagaan menghadapi bencana yang dilakukan masih dalam tahap awal. Kesadaran staf dan anggaran perpustakaan merupakan faktor utama yang harus ditingkatkan oleh perpustakaan khusus.

The Special Library, Ministry in Jakarta is an information institution that cannot escape the threat of disaster. Disaster experiences such as leaks, vandalism, and others make the collection's security threatened. For this reason, disaster preparedness is an effort that must be owned by a special library. This study aims to analyze disaster preparedness based on the five stages of disaster preparedness issued by IFLA, consist of risk assessment, prevention, preparedness, response, and recovery. This study uses a qualitative case study method. Data collection was carried out through observation, interviews, and document studies. The results of the study show that special libraries have carried out disaster preparedness according to IFLA standards which include the stages of risk assessment, prevention, preparedness, response, and recovery. However, disaster preparedness is still in its early stages. Awareness of library staff and budget is the main factor that must be increased by Special Libraries."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>