Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7137 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Engel, Baverly
New Jersey: John Wiley & Sons, 2004
152.47 ENG h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Cantyo Atindriyo Dannisworo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh anger management dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) terhadap individu yang memiliki masalah dalam mengelola emosi marah dalam hubungan pacaran. Hal ini dilakukan karena permasalahan dalam mengelola emosi marah dapat memiliki dampak kesehatan bagi dirinya dan dampak psikologis bagi pasangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimental one group, before after (pretest - posttest) design, yaitu dengan memberikan intervensi CBT kepada 4 orang partisipan. Selanjutnya, analisis dilakukan dengan cara membandingkan data kuantitatif maupun kualitatif dari hasil pre-test, post-test, dan follow-up.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa intervensi ini berhasil membantu dua dari tiga partisipan untuk mengelola kemarahannya. Secara kuantitatif, intervensi ini membantu menurunkan tendensi partisipan untuk marah, meningkatkan kemampuan partisipan untuk mengontrol marah, dan membantu ketiga partisipan untuk menurunkan tingkat kemarahan yang dirasakannya. Selanjutnya, secara kualitatif intervensi ini membantu dua dari tiga partisipan dalam mengelola kemarahannya dengan lebih baik.

This research was made to understand the effect of Anger Management by using Cognitive Behavioral Therapy (CBT) to an individual that has a problem in regulating their anger in a dating relationship. This is done because the problem in controlling our anger will have a negative impact for their health, as well as psychological effect for couples. This research is a form of quasi-experimental on one group, before after (pretest - posttest) design, which is by giving CBT intervention towards 4 participants. After that, the analysis will be done by comparing quantitative data, as well as qualitative data from the result of the pretest, post-test, and follow-up session.
The result shows that this intervention has successfully helped two out of the 3 participants to control their anger. Quantitatively, this intervention will help to reduce the tendency of their anger, increase the participant?s ability to control anger, and helped the 3 participants to reduce their level of anger that they felt. After that, qualitatively this intervention helped two out of the 3 participants to better control their anger.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45512
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiky Nindita
"Tesis ini membahas mengenai efektivitas dari Cognitive Behavior Therapy (CBT) ketika diterapkan untuk menangani masalah pengelolaan rasa marah (anger management) pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan subjek tunggal. Subjek merupakan anak laki-laki berusia 9 tahun yang memiliki kesulitan dalam mengelola rasa marah. Sebelum intervensi, subjek mengekspresikan rasa marah dengan sering menampilkan perilaku seperti berteriak, menangis dan berdiam diri di dalam kamar. Tingkat marah subjek juga tergolong sangat tinggi jika diukur menggunakan anger meter, sementara berdasarkan CBCL tampak bahwa ranah aggressive behavior yang berada pada area klinis. Subjek memiliki false belief bahwa lingkungan tidak menyayanginya ketika keinginannya tidak terpenuhi atau ketika ia tidak dilayani kebutuhannya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CBT efektif dalam mengelola rasa marah dan perubahan kesalahan berpikir pada anak. Hal tersebut terlihat dari menurunnya tingkat marah saat diukur menggunakan anger meter dan nilai CBCL yang menurun, terutama ranah aggressive behavior yang berada pada area normal.

This study focuses on the effectivity of Cognitive Behavior Therapy (CBT) in anger management for the child. This study is single-case study. Subject of this study is a nine years old boy who has difficulty in managing anger, often yelling, crying and withdraw to stay in his room. He has 10 level of anger based on anger meter and clinical range for aggressive behavior based on Child Behavior Checklist (CBCL). His false belief is whenever his needs and wishes are not fulfilled or granted then no one cares for him or he is not loved.
The result of this study showed that CBT is effective in managing anger and changing client's cognitive distortion. This showed by the reduction of anger meter level and also the range of aggressive behavior that become normal.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T30393
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gagar Asmara Sofa
"Metafora konseptual emosi marah berupa ANGER IS THE HOT OF A FLUID IN A CONTAINER diklaim oleh Kovecses (2003: 22) sebagai metafora konseptual yang berlaku umum di setiap masyarakat bahasa. Temuan tersebut direvisi oleh Kövecses (2005: 38) menjadi the ANGRY PERSON IS A PRESSURIZED CONTAINER setelah mempertimbangkan studi Yu (1995) pada masyarakat bahasa Cina yang memahami emosi marah bukan hanya sebagai cairan, akan tetapi juga udara panas. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat metafora konseptual emosi marah pada penutur bahasa Indonesia beretnis Jawa, sekaligus menguji temuan Kövecses (2003; 2005). Penelitian ini merupakan studi kasus dengan melibatkan 6 informan (3 laki-laki; dan 3 perempuan). Terdapat dua studi, pertama, dilakukan dengan meminta informan untuk menuliskan pengalaman emosi marah yang dirasakan paling intens untuk memancing ungkapan metaforis; kedua, dilakukan dengan wawancara mendalam untuk mengonfirmasi dan mengonseptualisasi ungkapan metaforis yang terdapat pada studi pertama. Hasil penelitian turut mendukung temuan Kövecses (2003; 2005) dan Yu (1995). Di samping itu, terdapat keunikan metafora konseptual emosi marah pada penelitian ini yang belum terumuskan oleh peneliti sebelumnya yaitu emosi marah yang dipahami sebagai objek berupa benda padat yang menyebabkan rasa tidak nyaman di dalam dada.

The conceptualization of anger as metaphor ANGER IS THE HOT OF A FLUID IN A CONTAINER claimed by Kovesces (2003: 22) as conceptual metaphor which generally applied in linguistics society. The finding then was revised by Kovesces (2005: 38) as THE ANGRY PERSON IS PRESSURIZED CONTAINER after taking Yus study (1995), about people
whom speaking chinese which perceive anger as emotion as, not only fluid, but also hot air, into consideration. The purpose of this study was to see the conception of anger in emotion as metaphor in Bahasa Indonesia speaking people with Javanese ethnicity, while also testing Kovesces (2003; 2005) findings. The research held as study case involving 6 participants (3 males and 3 female). There are two studies. The first one was done by asking informan to write about the most intense anger experience to induce metaphorical phrases. The second one was done by conducting in-depth interviews to confirm and conceptualize metaphorical phrases emmited during the first study. Research result supports findings by Kovesces (2003; 2005) and Yu (1995). Besides, there is uniqueness in the conceptualization of anger as metaphores which has not been found on previous research, where anger as emotion was understood as solid object which cause uncomfortable feeling in the chest.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T52968
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Inayatullah Yafie
"[Kemampuan untuk mengelola kemarahan merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh individu, khususnya pada kelompok remaja dan kelompok sangat berbakat. Program Cognitive Behavior Therapy (CBT) merupakan pendekatan yang menekankan pada hubungan pikiran, perasaan, dan perilaku yang mempertahankan
gangguan psikologis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian single case design (N=1), yang bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan program CBT untuk meningkatkan kemampuan mengelola kemarahan pada anak berbakat. Peningkatan kemampuan mengelola kemarahan diukur melalui State-Trait Anger Expression Inventory (STAXI), yang kemudian dibandingkan skor hasilnya saat pre-test dan posttest. Sebagai pelengkap data kuantitatif yang didapatkan dari skor STAXI, digunakan juga data kualitatif yang didapat dari wawancara terhadap orang terdekat partisipan, yang mencakup observasi terhadap perilaku partisipan sebelum dan sesudah intervensi;The ability to manage anger is one of specific skills that need to be controlled by the
individual, especially the youth groups and highly gifted group. Program Cognitive Behavior Therapy (CBT) is an approach that emphasizes the relationship of thoughts, feelings, and behaviors that maintain psychological disorders. This study uses a single case study design (N = 1), which aims to look at the effectiveness of CBT program to improve the ability to manage anger at highly gifted adolescent. Improved ability to manage anger is measured through the State - Trait Anger Expression Inventory (STAXI), which is then compared to the results from the scores of pre-test and post-test. As a complement to the quantitative data obtained from the score STAXI, qualitative data obtained from interviews with participant’s significant others, which includes the partisipant behavior observation before and after the
intervention had been given., The ability to manage anger is one of specific skills that need to be controlled by the
individual, especially the youth groups and highly gifted group. Program Cognitive
Behavior Therapy (CBT) is an approach that emphasizes the relationship of thoughts,
feelings, and behaviors that maintain psychological disorders. This study uses a
single case study design (N = 1), which aims to look at the effectiveness of CBT
program to improve the ability to manage anger at highly gifted adolescent. Improved
ability to manage anger is measured through the State - Trait Anger Expression
Inventory (STAXI), which is then compared to the results from the scores of pre-test
and post-test. As a complement to the quantitative data obtained from the score
STAXI, qualitative data obtained from interviews with participant’s significant
others, which includes the partisipant behavior observation before and after the
intervention had been given]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T44580
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Rahmalia Fitriani
"ABSTRAK
Remaja yang sudah terpapar oleh tindak kekerasan yang dilakukan oleh keluarga,
peer, tokoh masyarakat, dan pihak-pihak lainnya sejak tahun-tahun awal
kehidupan mereka memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melakukan tindak
kekerasan. Hal ini dikarenakan tindak kekerasan yang dilakukan oleh orang lain
tersebut, akan semakin sering dipelajari dan digunakan oleh para remaja. Paparan
dan perilaku kekerasan yang terjadi pada masa awal perkembangan dan pada
masa remaja berakibat pada kurangnya keterampilan prososial individu. Untuk
dapat mengatasi perilaku kekerasan pada remaja diperlukan intervensi yang tidak
hanya berfokus pada pengelolaan emosi dan ekspresi dari rasa marah, namun juga
pada pengembangan perilaku prososial dalam diri individu. Salah satu metode
intervensi yang memiliki prinsip tersebut adalah aggression replacement training
(ART). Intervensi pada penelitian ini menggunakan metode intervensi kelompok
dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan prososial dan kontrol marah pada
diri Andik (Anak Didik) dalam Lapas Anak Tangerang. Partisipan yang terlibat
dalam intervensi ini adalah 7 orang tahanan remaja pria berusia antara 16 sampai
19 tahun. Intervensi dilakukan dalam 6 sesi. Berdasarkan hasil penelitian
ditemukan bahwa intervensi kelompok ART ini secara kualitatif efektif dalam
meningkatkan kontrol marah partisipan serta dalam meningkatkan pemahaman
partisipan mengenai keterampilan prososial. Namun intervensi ini tidak efektif
dalam meningkatkan kontrol marah secara kuantitatif dan dalam meningkatkan
praktik keterampilan prososial di kehidupan sehari-hari para partisi

ABSTRACT
Adolescents who have been exposed to acts of violence perpetrated by family,
peer, community leaders, and other parties since the early years of their lives have
a higher risk to commit violent acts. It’s because the acts of violence that
committed by the other person, will be studied and used more often by the teens.
Exposure and violent behaviors that occur during early development and in
adolescence stage could results in lack of pro-social skills. To be able to cope with
violent behavior in adolescents, the intervention that not only focus on the
management of emotions and expressions of anger but also on the development of
pro-social behavior within the individual is needed. One method of intervention
that has this principle is Aggression Replacement Training (ART). The
intervention in this study using the method of group intervention and aims to
increase pro-social skills and anger control in Andik (Anak Didik) within Lapas
Anak Tangerang. Participants involved in this intervention are 7 male juvenile
detainees aged 16 to 19 years old. The intervention conducted in 6 sessions. Based
on the results of this study, it is found that the ART group intervention is
qualitatively effective in improving the anger control in all participants, and also
in improving the understanding of the participants' pro-social skills. However, this
intervention is not effective in improving the anger control quantitatively, and also
in improving pro-social skills practice in the everyday life of all participants."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42057
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Motinggo, Quito R.
Bandung: Mizan, 2005
297.261 MOT a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Rebecca M. Liony
"ABSTRAK
Emosi dan ekspresi emosi sangat dipengaruhi oleh budaya tempat seseorang tinggal. Budaya Batak adalah salah satu budaya yang memiliki pengaruh besar terhadap kedua hal tersebut, khususnya emosi marah dan pengekspresiannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan anger rumination dalam memprediksi hadirnya kecenderungan physical aggression, verbal aggression, hostility, dan anger pada kelompok Batak Tradisional dan Batak Modern. Penelitian ini menggunakan Anger Rumination Scale untuk mengukur kecenderungan anger rumination dan Buss-Perry Aggression Questionnaire untuk mengukur kecenderungan trait agresi responden. Penelitian dilakukan terhadap kelompok Batak Tradisional n = 105 dan kelompok Batak Modern n = 175 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok Batak Tradisional, anger rumination secara signifikan memprediksi kecenderungan physical aggression t = 102 = 7.075, p < 0.001 , verbal aggression t = 102 = 6.05, p < 0.001 , hostility t = 102 = 5.39, p < 0.001 , dan anger t = 102 = 6.219, p < 0.001 . Pada kelompok Batak Modern, anger rumination terbukti secara signifikan memprediksi kecenderungan physical aggression t = 172 = 4.926, p < 0.001 , hostility t = 172 = 6.64, p < 0.001 , dan anger t = 172 = 7.221, p < 0.001 , namun tidak terhadap verbal aggression t = 172 = 2.447, p < 0.15.

ABSTRAK
Emotions and its rsquo expression is highly affected by the culture we lived in. Batak culture is one of the culture that has a great impact to both o fit, especially anger and its rsquo expression. The aim of this study is to find the role of anger rumination to predict the tendency of physical aggression, verbal aggression, hostility, and anger in Traditional and Modern Batak. This study used Anger Rumination Scale to measure the tendency of anger rumination, and Buss Perry Aggression Questionnaire to measure aggression trait in respondent. Respondents of this study were a group of Traditional Batak n 105 and a group of Modern Batak n 175 . This study shows that anger rumination has a significant effect towards physical aggression t 102 7.075, p 0.001 , verbal aggression t 102 6.05, p 0.001 , hostility t 102 5.39, p 0.001 , and anger t 102 6.219, p 0.001 in Traditional Batak respondents. Meanwhile, anger rumination has a significant effect towards physical aggression t 172 4.926, p 0.001 , hostility t 172 6.64, p 0.001 , and anger t 172 7.221, p 0.001 , but has less impact towards verbal aggression t 172 2.447, p 0.15 in Modern Batak participant. "
[;, ]: 2017
S69135
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sunu Bagaskara
"

Peran emosi dalam performa mengemudi mulai mendapat perhatian khusus dalam studi mengenai perilaku mengemudi dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini mengingat bahwa pengalaman emosional, terutama marah, memiliki hubungan dengan perilaku mengemudi berisiko, yang merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan. Melalui pendekatan afek heuristik dan appraisal tendency framework, penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara emosi marah (disposisional/trait dan situasional/state) dengan memperhitungkan peran sikap pro risiko sebagai mediator. Disertasi ini terdiri dari dua studi. Studi pertama meggunakan metode survei yang melibatkan 202 pengemudi mobil; studi kedua menggunakan metode eksperimental terhadap 100 pengemudi berusia 19-25 tahun. Hasil kedua penelitian tersebut menunjukkan bahwa emosi marah, baik dalam perspektif trait maupu state memengaruhi munculnya perilaku mengemudi berisiko. Secara lebih spesifik, pengemudi dengan trait driving anger tinggi dan pengemudi yang merasakan pengalaman emosi marah menunjukkan perilaku mengemudi berisiko yang lebih sering. Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa pengaruh state marah terhadap perilaku mengemudi berisiko terjadi secara independen dari peran trait driving anger. Artinya, situasi yang membangkitkan state marah pengemudi mampu meningkatkan munculnya perilaku mengemudi berisiko, terlepas dari tingkat trait driving anger yang dimiliki pengemudi. Analisis mediasi menemukan bahwa hubungan antara emosi marah dan perilaku berisiko tersebut dimediasi oleh sikap positif terhadap risiko. Dengan kata lain, pengemudi yang pemarah ataupun dalam keadaan marah cenderung membentuk sikap yang positif terhadap perilaku mengemudi berisiko, yang pada akhirnya mendorongnya untuk menampilkan perilaku mengemudi berisiko. Temuan-temuan ini berimplikasi pada pentingnya pemahaman dan pengelolaan dampak emosi marah terhadap keselamatan berlalu-lintas. Sejumlah intervensi perlu dikembangkan dalam upaya meminimalisasi dampak negatif dari emosi negatif terhadap performa mengemudi.


The role of emotions in driving performance began to receive special attention in studies of driving behavior in recent years. This is considering that emotional experience, especially anger, has a fairly strong relationship with risky driving behavior, which is one of the main causes of accidents. Utilising heuristic affect and appraisal tendency framework approaches, this study aims to examine the relationship between anger (both dispositional/trait and situational/state) by taking into account the role of pro-risk attitudes as the mediator. This dissertation consists of two studies. The first study used a survey method involving 202 car drivers; the second study used an experimental method for 100 drivers aged 19-25 years. The results of the two studies show that anger, both in the perspective of trait and state, influence the risky driving behavior. More specifically, drivers with high trait driving anger and those who experience anger while driving show risky driving behavior more frequently. The results of this study also show that the influence of state anger on risky driving behavior occurs independently of the role of driving anger trait. That is, situations that elicit the drivers anger state is able to increase the likelihood of risky driving behavior, regardless of the level of drivers trait driving anger. Mediation analysis found that the relationship between anger and risky behavior was mediated by positive attitude towards risk. In other words, drivers high on trait driving anger or those who experience high anger while driving tend to form positive attitudes towards risky driving behaviors, which in turn encourages them to engange risky driving behavior. These findings have implications for the importance of understanding and managing the effects of anger on traffic safety. A number of interventions need to be developed in an effort to minimize the negative impact of negative emotions on driving performance.

"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
D2781
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harum Saraswati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi respon agresif saat marah pada remaja dengan inteligensi borderline melalui penerapan anger treatment dengan pendekatan cognitive-behavioral. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak perempuan berusia 13 tahun yang memiliki kesulitan dalam mengelola marah yang termanifestasi dalam bentuk perilaku agresif. Program intervensi yang diterapkan mengacu pada program anger treatment dengan pendekatan cognitive-behavioral untuk individu yang memiliki keterbatasan intelektual yang disusun oleh Taylor dan Novaco 2005 . Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah intervensi melalui self-report berupa Anger Expression Scale for Children AESC dari Steele, Legerski, Nelson, dan Phipps 2009 ; self-rating berupa anger termometer dari Taylor dan Novaco 2005 ; dan skala inventory berupa Child Behavior Checklist CBCL dari Achenbach 1991.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan anger treatment dengan pendekatan cognitive-behavioral dapat mengurangi respon agresif saat marah pada remaja dengan inteligensi borderline. Perubahan itu terlihat dari terjadinya perubahan dalam ekspresi kemarahan yang ditampilkan partisipan antara sebelum dan sesudah intervensi diberikan. Sebelum intervensi diberikan, partisipan mengekspresikan kemarahannya dengan cara-cara yang agresif seperti bereriak, mengucapkan kata-kata kasar anjing , memukul, menendang, melempar, atau merusak barang. Setelah intervensi diberikan, partisipan cenderung lebih dapat menahan kemarahannya dengan tidak menampilkan respon yang agresif. Perilaku berteriak, mengucapkan kata-kata kasar sudah jarang muncul.

The aim of this research is to reduce aggressive responses when angry in an adolescence with borderline intelligence through implementation of anger treatment with a cognitive behavioral approach. The participant of this research is a thirteen year old girl who has difficulty in managing her anger that manifested in aggressive behavior. The program of this research refers to anger treatment with cognitive behavioral approach for people with intellectual disabilities developed by Taylor and Novaco 2005. Measurements were taken before and after intervention program through self report such as Anger Expression Scale for Children AESC from Steele, Legerski, Nelson, and Phipps 2009 self rating such as anger thermometer from Taylor and Novaco 2005 and inventory scale such as Child Behavior Checklist CBCL from Achenbach 1991.
The result of this study indicate that anger treatment with a cognitive behavioral approach is succeed in order to reduce aggressive responses when angry in an adolescence with borderline intelligence. These result are seen from the changes in the expression of anger shown by participant between before and after the intervention is given. Before the intervention, participant express her anger with a various aggressive ways, such as yelling, utter harsh words, hitting, kicking, throwing, or destroying thing. After the intervention, participant tend to be able to control her anger by not displaying aggressive responses. Yelling, utter harsh words are rarely appear.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T47354
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>