Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 105172 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ribka Kristin
"Tujuan dari penulisan laporan magang ini adalah untuk melakukan analisis terhadap proyek pengembangan sistem yang dikerjakan di PT ABC, Tbk, yakni proyek BI (business intelligence). Analisis dilakukan berdasarkan tahapan pengembangan sistem yang disusun oleh Konsultan XYZ (selaku pengembang sistem PT ABC, Tbk) dengan menggunakan metodologi PADBTD (Plan, Analysis, Design, Build, Test, Deploy). Metodologi ini kemudian akan dibandingkan dengan metodologi yang berlaku secara umum, yaitu metodologi FAST (Framework Application of System Thinking). Hasil analisis menunjukkan bahwa proyek pengembangan sistem di PT ABC, Tbk sudah sesuai dengan teori yang diajarkan.

The purpose of this final internship report is to analyze information system development project of PT ABC, Tbk which is business intelligence project. This analysis is conducted based on information system development phases created by Consultant XYZ (information system developer of PT ABC, Tbk) called PADBTD (Plan, Analysis, Design, Build, Test and Deploy) methodology. The methodology, then compared with FAST (Framework Application of System Thinking) methodology, a general methodology. The results show that information system development of PT ABC, Tbk has aligned with the theory."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kelvin Setiawan Aliwinoto
"ABSTRAK
Bank memiliki fungsi untuk menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat. Untuk menghimpun dana masyarakat, maka diperlukan rekening sebagai sarana penampungan dana tersebut. Proses pembukaan rekening di Bank ABC menuai banyak keluhan dari customer terkait dengan lamanya proses pembukaan rekening tersebut. Apabila hal ini tidak diperbaiki, maka akan berdampak terhadap bisnis Bank ABC secara keseluruhan. Untuk mendapatkan proses pembukaan rekening yang lebih cepat, akurat dan dengan biaya yang lebih murah, maka diperlukan perubahan proses bisnis secara radikal. Dalam penelitian ini, dilakukanlah analisis perubahan proses bisnis dengan menggunakan metode DMAIC. Setelah diperoleh akar permasalahan, maka bisnis proses yang baru dirancang dengan perubahan mendasar yang berbasis teknologi informasi, yaitu dengan menggunakan teknologi e-KTP sebagai solusi dalam proses pembukaan rekening. Setelah dilakukan Business Process Reengineering dengan Berbasis teknologi Informasi, maka diperoleh proses pembukaan rekening yang lebih cepat, akurat serta dengan biaya yang lebih murah.

ABSTRACT
The Bank has a function to collect and disburse public funds. To collect public funds, an account is required as a means of holding these funds. The opening account process at Bank ABC reap many complaints from customers related to the duration of the opening account process. If this process is not improved, it will have a bad impact to the whole business on the ABC Bank. To get a faster, more accurate and cost effective account opening process, radical business process changes are needed. In this research, an analysis of business process changes is done using DMAIC method. Having obtained the root of the problem, the new business process is designed with fundamental changes based on information technology, namely by using e KTP technology as a solution in the opening account process. After doing Business Process Reengineering with Information Technology based, then we have the opening account process which more quickly, accurate and with cheaper cost. "
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Wicahyani Mutiara
"Teknologi Informasi di PT ABC memiliki peran penting untuk mendukung tugas dan fungsi operasional anak perusahaan. Maka dari itu, TI perlu dikelola dengan baik untuk dapat mencapai tujuan organisasi. Dalam tesis ini, Tata Kelola TI di PT ABC dievaluasi menggunakan kerangka kerja COBIT 5 untuk mendapatkan tingkat kemampuan saat ini yang kemudian diikuti oleh rekomendasi untuk memperbaiki tingkat kapabilitas.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa proses Tata Kelola TI PT ABC berada pada tingkat 2, hal ini menunjukkan bahwa proses TI telah telah terlaksana dan terkelola namun hanya sebagian besar proses yang sudah memiliki standar operasional prosedur. Rekomendasi untuk perbaikan proses mengacu pada target jangka pendek yang sudah disepakati dan memprioritaskan proses perbaikan pada proses yang masih berada pada tingkat kapabilitas 1.

Information Technology at ABC Company has an important role to support the operational functions of all its subsidiaries. Therefore, information technology needs to be well managed to achieve company goals. In this research, IT governance capability at ABC Company is evaluated by COBIT 5 framework focusing on the pain points encountered at ABC Company.
Evaluation result shows that the IT governance capability process at ABC Company has achieved level 2 managed , indicates that the IT Governance processes have been large to fully perform and managed but most of the process has not yet been established. Recommendation for process improvement focuses on achieving the short and long ndash term targets based on COBIT 5 activities best practices.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrey Ardyan Hadibrata,author
"Salah satu bentuk kontribusi positif dalam perekonomian Indonesia adalah peran dan jumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun perlu diperhatian bahwa tidak sedikit UMKM yang dapat mengelola manajemen bisnis dengan baik. PT. Negawan International Group adalah salah satu UMKM yang memiliki bisnis fokus pada pemenuhan kebutuhan sandang melalui motif batik khas di Indonesia. Data dan informasi diperoleh dengan menggunakan metode business coaching, riset kualitatif untuk mengetahui kondisi dan masalah yang terjadi di UMKM, kemudian mengambil tindakan sesuai harapan UMKM untuk mengimplementasikan solusi perbaikan. Hasil yang diperoleh bahwa UMKM tidak memiliki Business Intelligence yang dapat dijadikan informasi dalam pengambilan keputusan oleh manajemen terhadap situasi dan bisnis yang dihadapi saat ini. Serta belum adanya loyalty program dan sistem kinerja karyawan. Maka solusi yang diajukan adalah pembuatan Business Intelligence, penyusunan loyalty program dan meningkatkan sistem kinerja karyawan untuk mendukung kegiatan pemasaran UMKM. Hasil dari terjemahan data menjadi informasi yang dilakukan oleh Business Intelligence, sangat membantu UMKM dalam menganalisa kondisi bisnis dalam aspek pelanggan, product, saluran, orang dan waktu akan menjadi dasar dalam pembuatan loyalty program dan sistem kinerja karyawan. Business coaching ini bertujuan untuk membantu PT. Negarawan International Group dalam mengelola kegiatan pemasarannya dengan pembuatan Business Intelligence, penyusunan loyalty program, dan peningkatan sistem kinerja karyawan.

This paper aims to coach the Fashion Retail especially how to manage the marketing activities by creating Business Intelligence, developing loyalty programs, and enhancing employee performance systems. One of the contributions to the economy in Indonesia is the role of SMEs (Small and Medium Enterprises) and the revenue should increase from year to year. However, it is a note that not all SMEs in Indonesia could manage their business especially in managing their marketing activities. NIG is the one example of the SMEs as the target business coaching that has business on selling Batik models in Indonesia. The main focus is how to utilize data and information that are obtained by using a business coaching method, combined with qualitative research to find out the real condition and problems that occur at SME to take action to improve marketing activities and management expectations to be implemented as the business solutions. After interviewed with the owner, SME does not have Business Intelligence that can be used to translate data into information that is needed for management decision making based on current business conditions. Furthermore, there is no loyalty program and employee performance system to support the goal of business coaching. Hence, the proposal is to create Business Intelligence, develop Loyalty Programs and enhance Employee Performance System in order to achieve good performance of their marketing activities. The information from data translation could be retrieved by the implementation of Business Intelligence that greatly help SME to analyses current business conditions to the necessary dimension aspects such as customers, products, channels, people and time. Those dimensions will be the base in developing loyalty programs and employee performance systems."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzul Umara Shidqi
"Laporan magang ini untuk mengevaluasi Prosedur Audit TI dalam Audit Sistem Informasi PT XXX oleh KAP ABC. Ruang lingkup audit secara khusus mengenai Information Technology General Control (ITGC) klien yang tergolong Audit Support. Kontrol akses ke fasilitas fisik, infrastruktur komputasi, aplikasi, dan data; bagian keamanan dan kepatuhan dari siklus hidup pengembangan sistem, kontrol manajemen perubahan, pencadangan, dan pemulihan, dan kontrol operasional atas sistem komputasi adalah bagian dari cakupan ITGC. Evaluasi dilakukan berdasarkan teori IT Audit Life Cycle in Core Concepts of Information Technology Auditing oleh James E. Hunton dan Information System Audit Standard yang dikeluarkan oleh ISACA. Metode evaluasinya adalah dengan membandingkan teori dan standar yang berlaku dengan praktek di lapangan. Berdasarkan evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar proses prosedur Audit TI yang dilakukan oleh KAP ABC mengikuti teori dan standar yang berlaku, namun hanya ada satu teori yang terdaftar yaitu terkait prosedur CAAT yang tidak dapat dilakukan, karena tidak wajib, relatif mahal dan membutuhkan keterampilan TI yang memadai. Laporan ini juga mencakup refleksi diri yang memungkinkan penulis untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dan juga area di mana penulis kuat. Refleksi diri ini akan menjadi batu loncatan bagi pertumbuhan penulis di masa depan.

This internship report is to evaluate the IT Audit Procedure in Auditing the Information System of PT XXX by KAP ABC. The scope of an audit was specifically regarding the Information Technology General Control (ITGC) of the client which is classified as Audit Support. Access control to physical facilities, computing infrastructure, applications, and data; security and compliance parts of the system development life cycle, change management controls, backup, and recovery, and operational controls over computing systems are all part of the ITGC's scope. The evaluation is carried out based on the IT Audit Life Cycle theory in Core Concepts of Information Technology Auditing by James E. Hunton and Information System Audit Standard issued by ISACA. The method of the evaluation is by comparing the applicable theory and standard with practice in the field. Based on the evaluation, it can be concluded that the majority of the IT Audit procedure process carried out by KAP ABC follows applicable theories and standards, however, there is only one theory listed regarding CAAT procedure that could not be performed, it is mainly because it was not mandatory, relatively expensive and requires sufficient IT skills. This report also includes self-reflection which enables the author to identify areas for improvement and also areas where the author is strong. This encounter will serve as a springboard for the author's future growth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Renny Rahmadi Putra
"Industri asuransi rangka kapal (H&M) memperoleh profitabilitas rendah yang berdampak pada keberlanjutan industri asuransi, salah satunya terjadi pada bisnis fakultatif di reasuransi PT. ABC. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis proses bisnis asuransi H&M yang dijalankan saat ini, (2) mengidentifikasi permasalahan yang menyebabkan ketidakefektifan proses bisnis, (3) mengevaluasi parameter underwriting, dan (4) merancang bisnis proses baru di reasuransi PT. ABC. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif. Metode delphi dilakukan terhadap tujuh expertise di industri asuransi H&M yang dipilih melalui metode purposive sampling untuk mendukung pengumpulan data. Business process digambarkan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Analisis proses bisnis diselesaikan menggunakan root-cause analysis, value added analysis, waste analysis, dan direct weighting analysis digunakan untuk menentukan tingkat relevansi parameter underwriting. Transformasi business process dilakukan dengan (1) menambahkan parameter risiko yang penting diperhatikan dalam proses underwriting,(2) menghapus aktivitas waste dan non value added,(3) meningkatkan aktivitas analisis risiko yang memberikan business value added terhadap proses akseptasi bisnis (underwriting),(4) memperbaiki manajemen data dengan mengoptimalkan adminsitrasi sebagai agen bank data dan sistem, dan (5) pengaplikasian pricing rate untuk menjaga tarif dan kecukupan premi. Analisis statistik yang menunjang penilaian tingkat risiko dan pricing rate untuk menjaga kecukupan premi sangat diperlukan untuk penelitian selanjutnya.

Hull and Machinery (H&M) insurance industry suffered low profitability which impacted the sustainability of insurance industry, one of which occurs in reinsurance company PT. ABC. This study aim to (1) analyze current business process of H&M insurance,(2) identify problem of business process uneffectiveness,(3) evaluate underwriting parameters, and (4) propose new business process in PT. ABC. This study use qualitative method. Delphi method is carried out to seven expertises in H&M insurance who are choosen by purposive sampling to support data collection. Business processes are described by Business Process Model and Notation (BPMN). Business process analysis is completed by using root-cause analysis, value added analysis, waste analysis, and direct weighting analysis specifically used to determine underwriting parameters relevancy degree. Business process transformation is carried out by (1) completing underwriting parameters,(2) eliminating waste and non-value added activities,(3) increasing risk analysis activities that provide business value added to the underwriting process,(4) improving data management by optimizing administration as a data bank agent and system, and (5) applying pricing rates to maintain tariff and premium adequacy. Statistical analysis that supports the assessment of the risk level and pricing rate that maintain premium adequacy are urgently needed for proceeding observation."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Arsy Fajar Permana
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan studi kelayakan bisnis yang dilakukan PT ABC sebagai perusahaan rintisan properti untuk menilai apakah proyek baru Rent-to-Own (RTO) yang sedang direncanakan layak dijalankan atau tidak. Pelaksanaan magang di PT ABC berlangsung selama empat bulan dari bulan Agustus 2021 sampai dengan Desember 2021. Untuk mengevaluasi kesesuaian proses studi kelayakan bisnis yang dilakukan PT ABC dengan teori yang ada, penulis menggunakan pendekatan Feasibility Assessment Framework (FAF) dan berbagai teori pendukung lainnya berdasarkan literatur strategi manajemen, pemasaran, manajemen keuangan, tata kelola perusahaan dan manajemen risiko. Hasil evaluasi yang dilakukan penulis menunjukan bahwa sebagian besar proses studi kelayakan bisnis yang dilakukan PT ABC telah sesuai dengan teori yang digunakan, baik dari segi tahapan maupun proses analisis dari setiap atribut kerangka analisis studi kelayakan bisnis yang digunakan. PT ABC telah melakukan studi kelayakan bisnis dengan menganalisis faktor internal, eksternal, dan risiko bisnis yang dapat menentukan kelayakan dari proyek RTO. Selain itu, PT ABC juga telah menyusun semua hasil analisis tersebut ke dalam satu laporan yang telah disusun secara sistematis. Sehingga, berdasarkan proses studi kelayakan bisnis yang telah dilakukan, PT ABC sepakat untuk menyetujui pengembangan proyek RTO. Namun demikian, penulis masih menemukan beberapa ketidaksesuaian yang dilakukan PT ABC selama melakukan studi kelayakan bisnis dengan teori yang digunakan. Oleh karena itu, penulis mengusulkan tiga rekomendasi untuk PT ABC yaitu melakukan studi kelayakan bisnis berdasarkan teori yang lebih relevan, mendorong penggunaan data primer ketika melakukan analisis, dan menambah area analisis seperti teknis dan sosial untuk menguji kelayakan proyek RTO.

This internship report aims to evaluate the implementation of a business feasibility study conducted by PT ABC as a property startup company to assess whether the new Rent-to-Own (RTO) project that is being planned is feasible or not. The internship at PT ABC lasts for four months from August 2021 to December 2021. To evaluate the compatibility of the business feasibility study process conducted by PT ABC with existing theories, the author uses the Feasibility Assessment Framework (FAF) approach and various other supporting theories based on the literature on strategy management, marketing, financial management, corporate governance and risk management. The results of the evaluation conducted by the author show that most of the business feasibility study processes carried out by PT ABC are in line with the theory used, both in terms of stages and process analysis of each attribute of the business feasibility study analysis framework used. PT ABC has conducted a business feasibility study by analyzing internal, external, and business risk factors that can determine the feasibility of the RTO project. In addition, PT ABC has also compiled all the results of the analysis into a report that has been compiled systematically. Thus, based on the business feasibility study process that has been carried out, PT ABC agreed to approve the development of the RTO project. However, the author still finds some discrepancies made by PT ABC during a business feasibility study process with the theory used. Therefore, the author proposes three recommendations for PT ABC, namely conducting a business feasibility study based on more relevant theories, encouraging the use of primary data when conducting analysis, and adding analysis areas such as technical and social factors to test the feasibility of the RTO project."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Pattikawa, Grace Rubeka Yuliana
"Laporan magang ini mengevaluasi proses pengembangan sistem yang dilakukan oleh PT PFO untuk PT MNO. PT MNO merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolahan air bersih. Hasil dari evaluasi proses pengembangan sistem yang dilakukan oleh PT PFO, secara umum telah sesuai dengan pendekatan waterfall[reviu1] , akan tetapi PT PFO belum menggunakan alat bantu seperti REA Model data dan Diagram E-R dalam proses membuat data modeling. Selain itu, laporan magang ini juga akan membahas mengenai hasil refleksi diri dari penulis selama menjalani masa magang.

In this internship report, the system development process that PT PFO carried out for PT MNO is discussed and evaluated. PT MNO is A company that processes dirty water to clean water. The results of the evaluation of the system development process at PT PFO generally follow the waterfall approach, but PT PFO did not use tools like REA data models and E-R diagrams while developing data modeling. The results of the author's self-reflection during her internship at PT PFO will also be covered in this internship report."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Steven Bahari
"Laporan ini bertujuan untuk memaparkan proses remeasurement yang terdapat pada PT ABC sebagai dampak berlaku efektifnya PSAK 10 sejak Januari 2012. Pembahasan dimulai dari mengapa PT ABC terkena kewajiban implementasi PSAK 10 dalam penyusunan laporan keuangannya. Pembahasan kemudian akan menjelaskan mengenai penentuan mata uang fungsional yang digunakan oleh PT ABC dan berlanjut dengan penjelasan proses remeasurement atau pernyataan kembali nilai laporan keuangan PT ABC. Dan terakhir, pembahasan juga akan mengungkapkan hal-hal terkait dengan proses remeasurement laporan keuangan PT ABC, termasuk peraturan-peraturan lain dan standar-standar yang berlaku dan berpengaruh terhadap proses remeasurement laporan keuangan PT ABC.

This report will describe the remeasurement process of the financial statement PT ABC as an impact of PSAK 10 that is effective since January 2012. The analysis starts with why PT ABC must do the remeasurement process in its financial statement. Later, the analysis will determine the functional currency of PT ABC and the remeasurement process itself. And finally, analysis will disclose the related standards and laws with the remeasurement process of the financial statement of PT ABC."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54705
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arlina
"Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi prosedur rekonsiliasi jumlah PPN tercatat oleh divisi akuntansi dan divisi pajak KAP XY untuk laporan keuangan PT. ABC. Pemeriksaan jumlah pajak tercatat dilakukan untuk periode 1 Januari – 31 Juni 2019. Selanjutnya, akan dibahas lebih detail mengenai tugas-tugas yang diberikan selama kegiatan magang, diantarnya yaitu membuat dan mengisi working paper, pencatatan jurnal transaksi, rekonsiliasi jumlah pajak tercatat, dan diskusi dengan divisi pajak. Berdasarkan tugas yang diberikan selama magang, dijelaskan bahwa tugas-tugas yang diberikan telah dapat mendukung pencapaian tujuan dari kegiatan rekonsiliasi jumlah pajak tercatat untuk laporan keuangan PT. ABC.

This internship report aims to evaluate reconciliation procedure of the number recorded VAT by accounting and tax division of KAP XY for financial reporting of PT. ABC. The examination of the number recorded taxes is implemented for period January 1 – June 31, 2019. Furthermore, it will be discuss in more detail about the assignments given during internship, includes make and fill working paper, recording of journal transaction, reconciliation of the number recorded taxes and discuss with tax division. Based on the assignments given durin internship, it was explained that the assignments capable to achieve the aims from activity of reconciliation of the number recorded taxes for financial reporting of PT. ABC."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>