Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5281 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wellhausen, Julius, 1844-1918
New York: North-Holland , 1975
297.8 WEL r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"The theme of this book is the early encounters between Christianity and Islam in the eastern provinces of the Byzantine Empire and in Persia from the beginnings of Islam in Mecca to the time of the Abbasids in Bagdad.
The contributions in this volume deal with crucial subjects of political and theological dialogue and controversy that characterized the varying responses of the Christian communities in the Byzantine Eastern provinces to the Islamic conquest and its subsequent impact on Byzantine society and history.
This volume opens up new research perspectives surrounding the confrontation of Christianity with the early theological and political development of Islam. The present publication emphasizes the importance of the study of the beginnings and the foundations of the relations between the two religions."
Leiden: Brill, 2006
e20498015
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Sansan Hasanudin
"ABSTRAK
Untuk menjadi pemenang pada kontestasi politik elektoral, para kandidat kepala daerah harus memiliki kekuatan politik yang kuat. Kekuatan politik ini dapat berasal dari berbagai mesin politik, diantaranya institusi pesantren yang memiliki jaringan sosial di masyarakat. Pertanyaan artikel ini yaitu mengapa pesantren dapat menjadi basis massa politik elektoral di suatu daerah dan bagaimana mekanisme keterlibatannya. Penulis memakai konsep religio-politik untuk melihat keterlibatan pesantren pada politik elektoral dan konsep jaringan sosial sebagai kerangka analisa mekanisme keterlibatannya. Objek penelitian artikel ini adalah kasus Pilkada tahun 2011 dan 2016 di Kabupaten Tasikmalaya karena penulis melihat adanya peran dari jaringan sosial institusi pesantren sebagai kekuatan politik. Penulis berargumentasi bahwa kemenangan Uu Ruzhanul Ulum ndash; Ade Sugianto pada Pilkada tahun 2011 dan 2016 merupakan hasil dari kekuatan politik jaringan sosial pesantren bernama Himpunan Alumni Miftahul Huda Hamida . Kebaruan konsep artikel ini ialah kekuatan politik dapat berasal dari jaringan informal yang berintegrasi dengan jaringan formal. Teknik pengumpulan data penelitian ini bersifat kualitatif melalui snowball indepth-interview.

ABSTRACT
To be a winner in the electoral political contestation, the regional head candidates must have a strong political force. These political forces can come from a variety of political machines, including boarding institutions that have a social network in the community. This article question is why boarding institutions or pesantren can be a mass base of electoral politics in an area and how the mechanism of involvement. The author used the concept of religio political to see the involvement of pesantren in electoral politics and the concept of social networks as an analytical framework involvement mechanisms. The research object of this article is the case of the elections in 2011 and 2016 in Tasikmalaya regency as the author sees the role of social networks pesantren as a political force. The author argues that the victory Uu Ruzhanul Ulum Ade Sugianto in the elections of 2011 and 2016 is the result of the political power of social networking pesantren named Himpunan Alumni Miftahul Huda Hamida . Novelty concept of this article is the political power can come from informal networks that integrate with formal network. This research data collection techniques are qualitative snowball depth interview. "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Huff, Toby E., 1942-
New York : Cambridge University Press, 2003
509 HUF r (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Versteegh, Cornelia H.M.
Leiden: E.J. Brill, 1993
492.75 VER a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Huff, Toby E., 1942-
Cambridge, UK: Cambridge University Press , 1995
509 HUf r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Siti Humairoh
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dapat merusak proses pendidikan, khususnya pada generasi muda. Mereka cenderung terlena oleh budaya yang tidak selaras dengan nilai-nilai kebudayaan Indonesia yang mencakup kebaikan, kesantunan, dan kesederhanaan. Lebih jauh lagi, banyak anak muda saat ini lebih memilih budaya yang tidak mencerminkan nilai-nilai Islami. Dengan pemahaman yang lebih dalam, hal ini dapat mengarah pada pergeseran nilai-nilai moral bangsa, terutama di kalangan generasi muda di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses dan strategi pendidikan Islam yang efektif di usia dini melalui studi kasus di SDIT Al-Qudwah Depok dan menganalisis implementasi penerapan Islam usia dini dalam perspektif antropologi Islam di SDIT Al-Qudwah Depok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SDIT Al-Qudwah. Data yang dipakai dalam penelitian ini berasal dari berbagai sumber, yaitu sumber tertulis dan lisan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik utama, yakni penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yang difokuskan pada pendidikan Islam di usia dini dari perspektif antropologi Islam. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan antropologi Islam di SDIT Al-Qudwah mengenai konsep kebudayaan memiliki relevansi yang signifikan. SDIT Al-Qudwah memiliki program khusus untuk mengembangkan karakter anak sesuai dengan fitrahnya, seperti pembelajaran tentang akhlak mulia, kejujuran, dan tanggung jawab. Guru mengadopsi pendekatan holistik dengan memperlakukan setiap anak sebagai individu dengan potensi unik yang harus dikembangkan, sejalan dengan perspektif antropologi Islam yang mengakui nilai dan martabat setiap individu sebagai khalifah Allah di bumi.

This research is motivated by problems that can undermine the educational process, especially in the younger generation. They tend to be influenced by cultures that are not in harmony with Indonesian cultural values, which include goodness, decency, and humility. Furthermore, many young people today prefer cultures that do not reflect Islamic values. With a deeper understanding, this could lead to a shift in the moral values of the nation, especially among the younger generations of the future. This study aims to identify effective Islamic education processes and strategies at an early age through a case study at SDIT Al-Qudwah Depok and to analyze the implementation of early childhood Islamic education from the perspective of Islamic anthropology at SDIT Al-Qudwah Depok. The data used in this research comes from various sources, both written and oral. Data collection techniques are carried out using two main methods, namely field research and library research. Data analysis techniques use content analysis that focuses on Islamic education at an early age from the perspective of Islamic Anthropology. The findings of this study show that the view of Islamic anthropology at SDIT Al-Qudwah on the concept of culture has significant relevance. They have special programs to develop children’s character according to their nature, such as learning about noble morals, honesty, and responsibility. The teachers adopt a holistic approach by treating each child as an individual with unique potential to be developed, in line with the Islamic anthropological perspective that recognizes the value and dignity of each individual as the caliph of Allah on earth."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewa Gede Abisha Yogananda
"Fallout: New Vegas is a western RPG made by Obsidian taking place in a post-apocalyptic western coast United States, specifically the Mojave desert, located in modern-day Arizona. The game, among other things, is well known for its surprisingly deep and nuanced narrative and world-building, particularly regarding the main factions and how they fit into the narrative and world-building of the game. However, this paper aims to highlight a far less discussed aspect of the factions: how the factions work as parts of the long-standing tradition of the Fallout franchise as a commentary on American Society. This paper analyzes specifically three factions within the game that the player encounters and interacts with the most: the New California Republic, Caesar’s Legion, and Mr. House. Qualitative Analysis was conducted between the nature and behavior of the three factions and various aspects of American society based on the question of which aspect of American society corresponds the best to each of the three factions around the time of the game’s release of 2010 and earlier. This paper shows that the three main factions of New Vegas, the New California Republic (NCR), the Caesar’s Legion, and Mr. House can indeed work as a form of commentary on various aspects of the United States, specifically for the US government in the Bush era, the American right-wing militia movements, and the capitalist system and figures of the United States during the 2000s. This comparison provides insight into the socio-political situation of the 2000s United States. It shows how the faction’s structure, behavior, and options they provide to the player through the quest allow the player to gain insight into the game’s view on the socio-political context of 2000s America.

Fallout: New Vegas adalah permaian Role-Playing Game (RPG) ciptaan Obsidian yang berlatar di pesisir barat Amerika Serikat pasca-kiamat, khususnya di gurun Mojave, Arizona. Gim ini terkenal karena narasi dan pembangunan dunia yang sangat dalam dan bernuansa, khususnya mengenai faksi-faksi utama dan bagaimana mereka masuk ke dalam narasi dan pembangunan dunia gim tersebut. Makalah ini bertujuan untuk menyoroti aspek faksi-faksi yang kurang dibahas: bagaimana faksi-faksi tersebut bekerja sebagai bagian dari tradisi Fallout sebagai komentar mengenai Masyarakat Amerika Serikat. Makalah ini menganalisis secara khusus tiga faksi dalam gim yang paling sering ditemui dan berinteraksi dengan pemain: New California Republic, Caesar's Legion, dan Mr. House. Analisis Kualitatif dilakukan untuk menghubungkan sifat dan perilaku ketiga faksi dengan berbagai aspek masyarakat Amerika berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tentang aspek masyarakat Amerika mana yang paling sesuai dengan masing-masing dari ketiga faksi tersebut dalam sekitar waktu perilisan gim (2010) dan sebelumnya. Makalah ini menunjukkan bahwa tiga faksi utama New Vegas, New California Republic (NCR), Caesar’s Legion, dan Mr. House memang dapat berfungsi sebagai bentuk komentar tentang berbagai aspek Amerika Serikat, khususnya untuk pemerintah AS di era Bush, gerakan milisi sayap kanan Amerika, dan sistem kapitalis serta tokoh-tokoh Amerika Serikat selama tahun 2000-an. Perbandingan ini memberikan wawasan tentang situasi sosial-politik Amerika Serikat tahun 2000-an. Perbandingan ini juga menunjukkan bagaimana struktur, perilaku, dan opsi faksi yang mereka berikan kepada pemain melalui pencarian memungkinkan pemain untuk mendapatkan wawasan tentang pandangan permainan tentang konteks sosial-politik Amerika tahun 2000-an."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahman, Fazlur
Bandung: Pustaka, 2000
297 RAH i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>