Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 208469 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Suhainti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalis kelemahan dan kebutuhan sistem informasi akuntansi pada Biro Hukum Setda DKI Jakarta untuk diberikan usulan perbaikan berupa rancangan sistem informasi yang dapat memenuhi kebutuhan pelaporan intansi pemerintahan tersebut.
Sistem Informasi Akuntansi untuk Biro Hukum Setda DKI Jakarta yang peneliti rancang diharapkan mampu menjadikan laporan keuangan organisasi ini menjadi mudah dipahami oleh pengguna dan penyaji laporan keuangan. Dengan begitu diharapkan penyaji laporan keuangan dapat mempercepat penyajian laporan keuangan sehingga para penggunanya dapat mempercepat pengambilan keputusan.
Penelitian dilakukan dengan cara studi lapangan berupa wawancara dengan beberapa karyawan dan melakukan observasi untuk mengenal lingkungan pekerjaan Biro Hukum Setda DKI. Analisis dan Perancangan yang peneliti buat menggunakan metode FAST yang menghasilkan rancangan desain logis berupa DFD context , DFD level 0 dan Flowchart.

ABSTRACT
This study aims to analyze the weaknesses and needs of accounting information systems at the Jakarta Legal Bureau of the Regional Secretariat for the proposed improvements are given in the form of information system design that can meet the reporting needs of government intansi.
Accounting Information Systems for Law Bureau of Secretariat Jakarta engineering researchers are expected to make this organization's financial statements to be easily understood by users and providers of financial statements. That way the presenter is expected to accelerate financial statement presentation of financial statements so that its users can speed up decision making.
Research carried out by field studies of interviews with several employees and make observations to recognize the work environment of Legal Capital Secretariat. Analysis and design of the researchers made use of the FAST method that generates the design logical design of a context DFD, DFD level 0 and Flowchart."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Eric Oktavianus
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai perancangan dan analisis sistem informasi akuntansi siklus pendapatan PT ABC (Perusahaan Kontraktor). Penelitian ini adalah penelitian studi kasus pada perusahaan kontraktor dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan dan analisis sistem informasi akuntansi pada siklus pendapatan PT ABC adalah wawancara dan observasi beserta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan sistem informasi akuntansi memudahkan proses pembelian material hingga penagihan proyek tercatat dengan komputerisasi sehingga perusahaan mengetahui laporan kinerja keuangan. Sistem informasi akuntansi membantu perusahaan untuk memantau proses pembelian material melalui data supplier yang berkinerja baik (kualitas tinggi, pengiriman cepat, dan murah). Manajemen dapat menarik laporan pendapatan dan pembelian material perusahaan secara akurat dan cepat melalui program sistem informasi akuntansi.

ABSTRACT
This thesis discusses the design and analysis of accounting information system related to the revenue cycle at PT ABC Company (Contractor). This research is a case study on the company's contractors using primary data and secondary data. The research method used were interviews and observations together literary study. The results showed that the design of accounting information systems is to facilitate the purchase of material recorded with computerized billing project so that the company knows the financial performance report. Accounting information systems help companies to monitor the purchasing process through data material suppliers that are performing well (high quality, fast delivery, and low price). Management can withdraw earnings reports and corporate material purchases accurately and quickly through the accounting information system."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T33767
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bramadhani Tribuana
"Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada tidak adanya sistem informasi akuntansi (SIA) yang memadai yang diterapkan pada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan terintegrasi dengan perencanaan anggaran, aset, dan sistem informasi persediaan. Fakta ini didukung oleh Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Indonesia (2016) yang menyatakan bahwa SIA yang ada tidak menyediakan fitur pelaporan yang lengkap sehingga tahapan penyusunan laporan keuangan masih dilakukan secara manual.
Penelitian ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi kebutuhan sistem informasi, serta menyediakan desain model logis SIA sebagai bagian dari (iFRAMES) yang secara grafis dijelaskan dalam Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, dan User Interface. 
Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan triangulasi data, termasuk wawancara dan telaah dokumen. Teori Kontingensi dan PIECES Framework digunakan dalam menganalisis kebutuhan organisasi akan SIA dan menggunakan Framework for the Application of System Thinking (FAST) yang dikembangkan oleh Whitten dan Bentley (2007) sebagai dasar untuk teori metode pengembangan sistem.
Studi ini menemukan bahwa tidak adanya SIA yang memadai berpotensi menyebabkan berbagai hal, termasuk siklus akuntansi yang tidak lengkap, meningkatkan risiko kesalahan dalam pencatatan dan klasifikasi akun, sehingga untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan Sistem Informasi yang terintegrasi antara Sistem informasi Akuntansi, Anggaran, Aset dan Persediaan.

This research was conducted based on the absence of an adequate accounting information system (AIS) that can be applied to the Regional Public Service Agency (BLUD) on Jakarta Provincial Government and integrated with budget planning, asset, and inventory information system. This fact is supported by the Indonesian Supreme Audit Institution (BPK) report (2016) that states the existing AIS does not provide complete reporting features, and as a consequence, the stages of preparing financial statements are still done manually.
This research is expected to help identify information system needs, as well as provide logical model designs of AIS as a part of Integrated Financial Reporting and Management Information System (iFRAMES) that are graphically described in Data Flow Diagrams, Entity Relationship Diagram, User Interface. 
This research use case study with data triangulation approach, including interviews and document review. Contingency Theory and PIECES Framework are used in analyzing organizational needs for AIS and using the Framework for the Application of System Thinking (FAST) developed by Whitten and Bentley (2007) as a basis for systems development method theory.
This study found that the absence of an adequate AIS has the potential to cause various things, including incomplete accounting cycle, increasing the risk of error in recording and classifying account. In order to overcome this, an integrated Information System is needed between Accounting, Budget, Assets and Inventory Information System.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Izaz Hafizh Shabhi
"Laporan magang ini fokus membahas mengenai perancangan bagan alir akun belanja operasional yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dari sistem dan prosedur (SISDUR) akuntansi yang sedang dilakukan pembaharuan. Bahan materi yang digunakan dalam melakukan perancangan didapatkan penulis selama melaksanakan kegiatan magang di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta. Fokus tujuan dari laporan ini yaitu untuk menampilkan rancangan bagan alir yang telah penulis buat, serta evaluasi kesesuaian pembahasan akun belanja operasional dalam draf SISDUR dengan peraturan standar akuntansi pemerintah dan kebijakan akuntansi yang berlaku. Penulis menyajikan tinjauan litetatur mengenai dasar pembuatan APBD, basis akuntansi yang digunakan, jenis serta aturan terkait belanja operasi yang ada dalam aturan-aturan yang berlaku, dan penggunaan simbol-simbol dalam bagan alir yang juga sudah mengikuti panduan yang berlaku umum. Berdasarkan evaluasi yang telah penulis lakukan, pembuatan draf SISDUR saat ini sudah mengikuti kaidah-kaidah aturan akuntansi pemerintahan yang berlaku. Selain itu, laporan ini juga membahas mengenai refleksi diri terhadap seluruh rangkaian kegiatan magang yang telah dijalani di BPKD DKI Jakarta.

This internship report focuses on the design of a flowchart for operational budget accounts within the framework of the Jakarta Provincial Government, specifically addressing the ongoing accounting system and procedures (SISDUR) undergoing revision. The material for the design was gathered by the author during the internship at the Regional Financial Management Agency (BPKD) of DKI Jakarta. The primary objective of this report is to present the designed flowchart created by the author and to evaluate the alignment of the discussion on operational budget accounts in the SISDUR draft with government accounting standards and applicable accounting policies. The author provides a literature review on the fundamentals of budgetary preparation, the accounting basis employed, the types and rules governing operational budget within relevant regulations, and the use of symbols in the flowchart, following established guidelines. Based on the evaluation conducted, the current drafting of SISDUR adheres to the principles of prevailing government accounting regulations. Additionally, this report reflects on the entirety of the internship activities undertaken by the author at BPKD DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Febrian
"Tesis ini membahas analisis dan rancangan sistem informasi akuntansi yang tepat untuk perguruan tinggi swasta sesuai dengan karakteristiknya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan disain studi kasus pada Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil interview dengan bagian yang terkait, hasil observasi dan dari dokumen-dokumen yang berhubungan. Penelitian ini memberikan hasil analisis sistem inforrnasi yang sedang berjalan dengan menggunakan model PIECES, analisis sebab akibat dan analisis tujuan perbaikan sistem. Penelitian ini juga memberikan hasil rancangan prosedur dalam bentuk flowchart, rancangan model proses dalam bentuk Data Flow Diagram, rancangan model data dalam bentuk Entity Relationship Diagram berikut atribut yang terdapat di dalamnya, dan rancangan antarmuka input, output dan dialog dengan menggunakan microsoft infopath. Kesimpulan dari penelitian ini agar PTS membuat rancangan sistem infomiasi akuntansi sesuai dengan karakteristik organisasinya.

The focus of this study are to analysis and design accounting information system for private universities based on their characteristics. This research is qualitative descriptive interpretive. The data were collected by means of deep interview with related parties, observation and collect any related documents. This research result the analysis of existing accounting information system with PIECES model, problem analysis phase and system improvement objectives. This research also design procedure with flowchart, design process model with Data Flow Diagram, design data model with Entity Relationship Diagram completed by their atributte, and design interface of input, output, dialog with microsoft infopath. The researcher suggest that an organization should design an accounting information system based on their characteristics."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33232
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rhesa Adrian Pratama
"Laporan Magang ini adalah hasil dari program magang yang dilakukan di PT Jakarta Tourisindo, sebuah Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta yang beroperasi di bidang industri hotel dan pariwisata. Selama magang, observasi terhadap sistem akuntansi penggajian di perusahaan tersebut telah dilakukan. Laporan magang ini mendiskusikan tentang hal-hal yang terkait dengan sistem akuntansi penggajian di perusahaan tersebut, termasuk teori-teori terkait dengan topik laporan ini.
Hasil magang ini menunjukkan bahwa siklus penggajian di perusahaan tersebut telah berjalan baik dengan didukung sistem yang memadai. Akan tetapi, masih ada beberapa kekurangan yang dialami perusahaan yang menyebabkan ketidakefisienan dalam sistem penggajian, yang harus diminimalisir dan dipecahkan oleh perusahaan, termasuk kesalahan manusia yang masih sering terjadi.

This internship report is the outcome of internship program done at PT Jakarta Tourisindo, a regional-owned enterprise in DKI Jakarta that operates its business in hotel and tourism industry. During the internship, payroll accounting system applied in the company was observed. This internship report discusses the related issues about the payroll accounting system in the company, including the applicable theory of the subject.
The internship proved that the company has been running well with the adopted adequate system that supports all the activities related to the payroll cycle. However, there are several shortcomings that cause inefficiency to the payroll system, that have to be minimized and solved by the company, including common human errors.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wilkinson, Joseph W.
Jakarta: Erlangga , 1990
657 WIL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Almas Sahid Dwifardani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi akuntansi beserta risikonya dan kontrol internal yang telah diterapkan oleh perusahaan outsourcing yang bergerak di dalamnya distribusi tenaga outsourcing ke perusahaan lain. Penelitian ini menggunakan deskriptif metode analisis sebagai metode penelitian dengan menggunakan sumber data seperti dokumentasi, hasil wawancara, dan studi literatur tentang aturan dan peraturan yang mengatur adanya kegiatan sumber daya. Analisis dilakukan dengan membandingkan prosedur sistem informasi akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran perusahaan dengan teori yang ada, melihat risiko yang ditemukan dalam outsourcing perusahaan PI X dan membandingkan komponen COSO (2013) serta peraturan yang terkait dengan data diperoleh. Berdasarkan analisis, PT X Outsourcing Cornpany memiliki prosedur untuk mendapatkan uang tunai penerimaan dan pengeluaran yang belum efektif dan tidak sesuai dengan peraturan yang ada, memiliki beberapa risiko dan memiliki kontrol internal yang masih dimiliki kelemahan dan pelanggaran dalam peraturan yang berlaku

Penelitian ini membahas untuk menganalisis sistem informasi akuntansi terkait risikonya dan kontrol internal yang telah diterapkan oleh perusahaan alih-alih yang bergerak di bidang distribusi tenaga outsourcing ke perusahaan lain. Penelitian ini menggunakan deskriptif
metode analisis sebagai metode penelitian dengan menggunakan sumber data seperti dokumentasi, hasil wawancara, dan studi literatur tentang aturan dan peraturan yang mengatur tentang kegiatan sumber daya. Analisis yang dilakukan dengan membandingkan prosedur sistem informasi penerimaan kas dan merilis perusahaan dengan teori yang ada, melihat risiko yang ditemukan dalam perusahaan outsourcing PI'X dan membandingkan komponen COSO (2013) serta peraturan yang terkait dengan data yang diperoleh. Berdasarkan analisis, PT X Outsourcing Cornpany memiliki prosedur untuk mendapatkan uang tunai penerimaan dan pengeluaran yang tidak efektif dan tidak sesuai dengan peraturan yang ada, memiliki beberapa masalah dan memiliki kontrol internal yang masih memiliki kelemahan dan memperbaiki dalam peraturan yang berlaku.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iis Mariam
"ABSTRAK
Besarnya pengaruh krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak tahun 1997 terhadap industri pariwisata Indonesia, telah menyebabkan adanya perubahan kinerja perusahaan Biro Perjalanan Wisata. Di wilayah DKI Jakarta, perusahaan Biro Perjalanan Wisata yang mengalami perubahan kinerja diantaranya adalah Pantravel dan Vayatour. Untuk itu, pembahasan dalam tesis ini yang menggunakan metode Balanced Scorecard, diharapkan dapat diketahui : (a) bagaimana kinerja Biro Perjalanan Wisata Pantravel dan Vayatour, (b) aspek pengukuran yang paling menentukan dan (c ) bagaimana strategi untuk meningkatkan kinerja pads Biro Perjalanan Wisata Pantravel dan Vayatour.
Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara terperinci dengan pihak informan perusahaan sebagai nara sumber, juga pihak di luar perusahaan seperti pihak Deparsenibud dan ASITA. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa melalui penggunaan metode Balanced Scorecard, kinerja perusahaan BPW Pantravel dan Vayatour tersebut dapat diukur bukan hanya aspek keuangan saja namun juga dapat diukur dari aspek lain yaitu: aspek proses bisnis internal, aspek pelanggan dan aspek pembelajaran dan bertumbuh. Baik BPW Pantravel maupun Vayatour dalam penelitian ini memberikan gambaran bahwa aspek yang terpenting di dalam mengukur kinerja perusahaannya adalah aspek `Pelanggan'. Hal ini sangat logis karena dengan pelayanan pegawai yang profesional dan memuaskan akan menentukan keberhasilan kinerja perusahaan jasa semacam Biro Perjalanan Wisata.
Selanjutnya penelitian ini telah menghasilkan beberapa rekomendasi untuk kedua perusahaan tersebut, yaitu :
Untuk Pantravel :
Pantravel perlu meningkatkan efektivitas sosialisasi Visi dan Misi perusahaan, dalam rangka peningkatan produktivitas dan profesionalisme pegawai serta peningkatan daya inovasi pegawai agar perusahaan dapat memenangkan persaingan.
Dalam pemasaran produk maka Pantravel harus lebih memfokuskan pada pangsa pasar selain golongan menengah dan golongan atas juga pelanggan yang berasal dari instansi baik pemerintah maupun swasta. Selanjutnya untuk lebih mengefisiensikan biaya maka pihak Pantravel perlu melakukan penjualan dari beberapa aktiva tetap yang kurang berperan di dalam kegiatan operasional perusahaan.
Untuk Vayatour.
Pemahaman mengenai Visi dan Misi perusahaan yang sudah baik oieh pegawai Vayatour yaitu : "Menjadi Pelaku Pariwisata di Indonesia yang Terbaik" perlu dipertahankan di masa yang akan datang sehingga kemampuan pegawai di dalam mendapatkan dan mempertahankan pelanggan akan semakin baik.
Bentuk penanaman citra atau image perusahaan perlu diperluas dengan cara lebih mensosialisasikannya dengan promosi pada media cetak dan peristiwa - peristiwa penting lainnya baik peristiwa olah raga maupun kesenian.

"
1999
T16703
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esica Regita
"Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan suatu sistem yang memudahkan aliran informasi untuk kepentingan akuntansi dan pengambilan keputusan. Untuk memastikan bahwa SIA berjalan dengan baik, diperlukan pengendalian internal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SIA dan pengendalian internal pada siklus produksi yang diterapkan perusahaan manufaktur dan merekomendasikan perbaikan atas kelemahan sistem yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus pada sebuah perusahaan pembuat kapsul. Hasil penelitian menyarankan bahwa perusahaan masih perlu berkomitmen untuk menerapkan pengendalian internal di siklus produksi secara konsisten.

Accounting Information Systems (AIS) is a system that facilitates the flow of information for accounting and decision making purposes. Hence, it is needed to have internal controls to assure that AIS is well proceeded. The purpose of this research is to analyze the AIS and internal control on production cycle as applied in manufacturing company and also to recommend corrective actions and improvement due to the lack of its system. This research is based on case study in a manufacturer of hard gelatin capsules. The researcher suggests that the firm should commit to implement internal control consistently."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45826
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>