Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 129999 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harahap, Ayu Basoeki
"ABSTRAK
Dalam tulisan ini, peneliti akan membahas peristiwa alih-kode
dari sekelompok anggota arisan ibu-ibu bekas HIK Yogyakarta.
Pemilihan kelompok dwibahasa Indonesia-Belanda ini menarik
untuk ditelitim mengingat pada masa lalu bahasa Belanda termasuk
bahasa yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan kaum intelek
Indonesia pada awal kemerdekaannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa taraf keakraban penutur dengan lawan bicara benar mempertinggi kemungkinan adanya alih-kode; dan sebaliknya membuktikan pula bahwa semakin resmi situasi komunikasi (latar, setting) semakin kecil kemungkinan adanya alih-kode. Selain itu, juga bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai makna alih-kode secara budaya.

"
1989
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ohoiwutun, Paul
Jakarta : Kesaint Blanc, 1997
306.44 OHO s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Meity Taqdir Qodratillah
"Kajian ini bertujuan memperoleh gambaran yang jelas tentang pemakaian istilah oleh kalangan profesional kedokteran dan profesional keuangan. Penelitian ini mencoba menggabungkan sosiolinguistik dan terminologi, yang disebut sosioterminologi. Data dijaring melalui penyebaran kuesioner ke kalangan dokter dan profesional keuangan. Kerangka teori yang diterapkan dalam penelitian ini ialah teori perencanaan bahasa, yakni tentang pembakuan istilah, dan pembentukan istilah.
Pembakuan istilah merupakan proses yang kompleks yang memerlukan sejumlah proses, seperti penyeragaman konsep dan istilah, definisi istilah, pengurangan kehomoniman dan kesinoniman, penetapan penyebutan (designation), termasuk singkatan dan lambang serta penciptaan istilah baru. Dari dasar tersebut, saya mencoba membandingkan pemakaian istilah di kalangan profesional kedokteran dan keuangan. Bagaimana tingkat keseragaman istilah yang digunakan oleh kedua kalangan itu, baik dengan orang seprofesi maupun dengan orang tak seprofesi? Bagaimana sikap kedua kalangan profesional tersebut terhadap istilah Indonesia? Istilah serapan atau terjemahankah yang lebih cenderung dipilih?
Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat keseragaman pemakaian istilah di kalangan dokter, baik dengan orang seprofesi maupun dengan orang tak seprofesi tinggi, yakni 97.50% dan 90%. Sementara itu, tingkat keseragaman pemakaian istilah di kalangan profesional keuangan dengan orang seprofesi dapat dikatakan rendah (60%) dan dengan orang tak seprofesi sangat rendah (45%). Sikap dokter dan profesional keuangan terhadap istilah Indonesia positif. Namun, dari tingkat kepositifannya, sikap dokter lebih positif daripada sikap profesional keuangan. Ihwal istilah serapan dan terjemahan, keduanya cenderung memilih istilah serapan daripada terjemahan.

The aim of this study is to obtain a description of the usage of terminology by medical and financial professionals. The research has tried to combine two disciplines, i.e. sociolinguistics and terminology and thus it could be named socioterminology. The theoretical framework for in this study is the theory of language planning, especially the standardization of terminology, and term formation.
Standardization of terms is a complex process that entails a number of operations, such as the unification of concepts, the definition of terms, the reduction of homonymy, the elimination of synonymy, the fixing of designations, including abbreviations and symbols, and also the coinage of new terms. For these reasons, I have tried to compare the usage of terminologies between medical and financial professionals. To what extent is the usage of terminologies by each professional uniform? How does she or he think about the Indonesian terminologies? Which terminology has he or she chosen? Does he or she prefer borrowed terms or translated terms?
The results indicate that the degree of uniformity in the usage of terminology by the professionals varies. The uniformity degree among the medical professionals is higher (97.50%) than that among the financial professionals (60%). A medical professional uses a different form when talking to his or her colleagues compared to the occasion when talking to someone who belongs to a different profession. The attitudes of both groups towards the Indonesian terms are positive, but the doctors' attitudes are more positive than those of the financial professionals. They prefer the borrowed terms to the translated terms.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11589
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asim Gunarwan
"ABSTRAK
Pandangan yang berterima di kalangan pakar pragmatik (dan juga di kalangan pakar sosiolinguistik) setakat ini ialah bahwa jika kita berbicara atau mengeluarkan ujaran (apakah ujaran itu berupa kalimat, frase atau kata), apa yang keluar dari mulut kita itu dapat dianggap sebagai tindakan. Tindakan itu dapat disebut sebagai tindakan berbicara, tindakan berujar atau tindakan bertutur. Istilah yang sekarang lazim dipakai untuk mengacu ke tindakan itu ialah tindak tutur, yang merupakan terjemahan dari istilah Inggris speech act. Yang lebih penting, yang juga berterima di kalangan pakar pragmatik, adalah pendapat bahwa di dalam melakukan tindak tutur itu, si penutur tidaklah asal buka mulut (kecuali jika ia memang abnormal, gila, sedang mabuk atau tidak radar). Artinya, sebelum melakukan meta tindak tutur, si penutur perlu mempertimbangkan beberapa hal, misalnya bagaimana hubungan sasial di antara si penutur dan si petutur, di mana peristiwa kominikasinya berlangsung, untuk apa tindak tutur itu dilakukan; tentang apa tindak tutur itu; dsb.
Faktor-faktor seperti mitra bicara dan latar komonikasi itulah yang perlu dipertimbangkan penutur sebelum bertutur. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan itu dapat juga bersumber dari prinsip kesantunan bertutur (kesopanan. berbahasa) yang berlaku di dalam masyarakat tutur atau masyarakat bahasa yang si penutur adalah anggotanya Prinsip kesantunan ini tentunya berkaitan dengan nilai-nilai budaya masyarakat itu, dan berdasarkan hal ini dapat kita sebutkan kesamaan pendapat di kalangan sosiolinguis bahwa perilaku berbahasa anggota -anggota suatu masyarakat tutur mencerminkan nilai-nilai budaya masyarakat itu. Dengan perkataan lain, ada hubungan di antara perilaku berbahasa dan nilai budaya atau kebudayaan itu sendiri. Walaupun ini bukan hal yang baru, tampaknya akan menarik untuk mengetahui seberapa jauh hal itu didukung oleh data empiric.
Setakat ini, tampakaya di Indonesia belum ada kajian yang membandingkan perilaku berbahasa dua (atau lebih) kelompok etnis dengan mengaitkannya dengan nosi kebudayaan. Ini dugaan. Yang tampaknya memang benar adalah bahwa setakat ini di Indonesia balum ada tulisan yang dipublikasikan yang melaporkan hasil penelitian mengenai topik tersebut (yakni perbandingan perilaku berbahasa sebagai cerminan perbedaan pandangan hidup) dengan pendekatan pragmatik. Jika asumsi ini benar, penelitian tampaknya mempunyai kemaknawian (significance) yang cukup.
Dipilihnya kelompok etnis Jawa dan Batak sebagai objek penelitian bukanlah tanpa alasan. Pemilihan itu berdasarkan pendapat awam bahwa, pada umumnya, di dalam perilaku berbahasa orang Batak itu lebih langsung (dalam anti lebih berterus terang) daripada orang Jawa Bahwa pendapat itu sudah "berterima" di kalangan masyarakat awam tidak berarti bahwa topik ini tidak boleh Jika kita bersikap ilmiah, pendapat itu perlu dibuktikan dengan mencari data empiris. Yang juga perlu didukung oleh data empiris ialah apakah perbedaan perilaku berbahasa orang Jawa dan orang Batak itu signifikan atau tidak dan, jika signifikan, berapakah derajat signifikansinya lagipula, perlu diketahui kemungkinan adanya keterpengaruhan budaya, yang dapat diinferensikan dengan membandingkan perilaku-perilaku berbahasa kelompok-kelompok Jawa Jakarta vs Batak Jakarta, Jawa Jakarta vs Jawa Semarang & Yogyakarta, Batak Jakarta vs Batak Medan, misalnya Di samping itu perlu dicari data empiris yang mungkin mendukung dugaan bahwa ada penibahan perilaku berbahasa menurut dimensi umur pada kedua kelompok etnis ini.
1.2 Permasalahan
Seperti halnya istilah perkampungan mengacu ke sejumlah kampung (jadi bukan satu kampung), istilah permasalahan di dalam penelitian ini diartikan sebagai merujuk ke sejumlah masalah, yakni sejumlah masalah penelitian. Di dalam hal ini, sesuai dengan uraian di dalam buku-buku penelitian yang baik, permasalahan dibagi menjadi beberapa masalah tambahan, yang kesemuanya berkaitan dengan masalah utama tersebut.
Masalah utama dalam penelitian ini, di dalam bentuk pertanyaan, ialah: adakah perbedaan realisasi tindak tutur melarang di antara orang Jawa dan orang Batak pada umuinnya seperti yang tersirat dari pendapat awam bahwa orang Batak cenderung lebih berterus terang dalam mengungkapkan pikiran mereka daripada orang Jawa? Dengan menggunakan istilah pragmatik, pertanyaan itu dapat diparafrasekan .menjadi: adakah perbedaan di dalam hal kelengkungan/kelurusan garis ilokusi melarang di kalangan orang Batak dan di kalangan orang Jawa?
Masalah (utama) itu dapat dijabarkan menjadi sub-submasalah, yaitu:
1. Jika memang ada, seberapa signifikankah perbedaan itu?
2. Di mana letak perbedaannya (dan juga kesamaannya, jika ada)?
3. Apakah perbedaan itu disebabkan oleh perbedaan di dalam world view yang wujud di dalam perbedaan struktur sosial?
4. Adakah indikasi yang mengisyaratkan adanya pergeseran atau perubahan perilaku berbahasa? "
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Ratna Sophia
"Alih kode merupakan fenornena sosiolinguistik yang dilakukan oleh banyak orang. Fenomena tersebut juga banyak ditemukan di lingkungan pendidikan, khususnya pendidikan dengan dwibahasa. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk menganalisis fenomena alih kode di lingkungan sekolah, khususnya di sekolah inklusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi penggunaan alih kode guru di kelas, dan untuk menganalisis persepsi siswa berkebutuhan khusus terhadap alih kode guru. Lokasi penelitian ini yaitu SMP Mutiara Bunda Cilegon, Provinsi Banten, Indonesia. Kelas yang diamati adalah kelas XII sampai IX, dan respondennya adalah 23 siswa berkebutuhan khusus dari ketiga kelas tersebut yang ditentukan secara purposif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Hasil observasi menunjukkan adanya penggunaan alih kode oleh guru ketika proses pernbelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya ketika penyampaian materi. Kemudian, hasil angket menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan alih kode guru di kelas. Hal ini terjadi karena dengan alih kode, materi pembelajaran menjadi lebih mudah dipaharni oleh mereka."
Serang: Kantor Bahasa Banten, 2023
400 BEBASAN 10:1 (2023)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Azhar Umar
Medan: ustaka Widyasarana, 1994
401.9 AZH s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Atmelia Budiarti
"Skripsi ini membahas fungsi belahan otak kanan serta pemanfaatannya dalam pengajaran bahasa Cina untuk remaja. Melalui pengaplikasian pendayagunaan fungsi otak kanan yang berkaitan dengan kreativitas, warna, imajinasi dan dimensi ke dalam latihan empat unsur bahasa pada pengajaran keterampilan berbahasa Cina, skripsi ini telah menghasilkan contoh rancangan kegiatan pengajaran bahasa Cina yang menyenangkan dan menarik untuk remaja. Penulisan skripsi ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pustaka yang berdasarkan pada analisis deskriptif. Hasil penulisan skripsi ini menyimpulkan bahwa pengajaran bahasa Cina dengan mengoptimalkan fungsi otak kanan, tepat bila diterapkan untuk remaja karena pengajaran tersebut

Abstract
This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity;This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity This thesis discusses the function of right brain and its utilization in the teaching of Chinese language for teenager. By applying the utilization of right brain which related with creativity, color, imagination, and dimension into the four skill of Chinese language learning, this thesis has produced an example of Mandarin teaching activity scheme that is fun and interesting. This thesis uses the literature research method based on descriptive analysis. The result from this thesis_ research concludes that Chinese language teaching method, which maximizes the right brain function, is appropriate to be applied for teenager because such method of teaching will be able to cope with the students_ shortcomings and highlights their capacity"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S12860
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Kusuma Dewi
"Penelitian ini membahas alih kode yang terjadi dalam ?Ini Talk Show? di NET TV yang difokuskan kepada tuturan dua pembawa acara, yaitu Andre dan Sule. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik penelitian dilakukan dengan cara mengamati ujaran-ujaran Andre (A) dan Sule (S) yang mengandung alih kode. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan jenis-jenis alih kode yang muncul dalam data, menjelaskan pola-pola bahasa yang muncul seperti apa, dan menjelaskan penyebab munculnya alih kode. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat jenis alih kode, yaitu alih kode antarkalimat, alih kode ekstrakalimat, alih kode intrakalimat, dan alih kode kata tunggal. Alih kode muncul dalam berbagai pola, mulai dari pola bahasa Indonesia ke bahasa Inggris atau sebaliknya, pola bahasa Indonesia ke bahasa daerah (Sunda dan Jawa) atau sebaliknya, dan pola bahasa Sunda ke bahasa Inggris atau sebaliknya. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa penyebab munculnya alih kode yang dilakukan oleh A dan S.

This study discusses code switching that occurs in NET TV program titled ?Ini Talk Show? focusing on two presenters of the show, Andre and Sule. The research uses descriptive qualitative method in which Andre (A) and Sule (S)?s utterances containing code switching throughout the show are observed. The purpose of this study is to further explain the types of code switching that appear in the result of data, explaining the patterns that appear in the data and explaining the causes of code switching. It is indicated that there are four types of code switching; inter-sentential, extra-sentential, intra-sentential, and single word. Code switching appears in a variety of patterns, ranging from Indonesian pattern to English and vice versa, Indonesian pattern to local languages (Sundanese and Javanese) or vice versa, and Sundanese pattern to English language and vice versa. Moreover, the reasoning behind the use of code switching performed by A and S are also found and discussed in this study.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65697
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadeak, Christine Permatasari
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pcnguasaan sonkeigo dan kenjougo dalam kehidupan sehari-hari di kalangan mahasiswa Universitas Ryukyu dan hubungannva dengan jenis kelamin responden, yaitu laki-laki dan perempuan.
Metode Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan dara menggunakan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample, yang merupakan bagian dari nonprobability sampling.
Dan analisa penelitian ini dapat disimpulkan bahwa responden tidak menguasai penggunaan sonkeigo, secara tidak langsung mereka juga tidak menguasai kenjougo dan teineigo. Responden yang tidak tahu atau salah menggunakan sonkeigo biasanya salah mengekspresikan rasa hormat dengan kenjougo atau hanya dengan teineigo saja. Kemudianditemukan kecenderungan mengubah bentuk hormat yang sudah ada ke bentuk RARERU dan penggunaan ekspresi hormatat sonkeigo dan kenjougo dimana rasa hormat cukup hanya dengan teineigo saja (berlebihan, tidak ada hubungannya dengan pembicara).
Dan hasil penghitungan statistik didapat hasil bahwa kalimat no 3,6,7 dan 10 mempunyai hubungan dengan jcnis kelamin responden. Artinya responden laki-laki dan perempuan menpunvai peluang yang berbeda untuk menjawab kalimat angket yang ada.

"
2001
S13517
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatmawati Adnan
"Kepak Sayap Bahasa: Kata, Makna, dan Ruang Budaya merupakan kumpulan esai yang mengangkat pernak-pernik kebahasaan yang “berkeliaran” mengelilingi kehidupan manusia Indonesia. Persoalan bahasa memang penuh warna dan lika-liku, meski kadangkala diabaikan tetapi terkadang membahana dengan letusan yang dahsyat. Bahasa itu universal, tetapi unik dan klasik. Berbeda dengan warisan budaya lainnya yang diturunkan nenek moyang kepada generasi penerusnya, bahasa bersifat lebih dinamis, fleksibel, dan senantiasa berkembang."
Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2021
814 FAT k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>