Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 165241 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yuga Nugraha Daskian
"Saat ini industri tekstil di dalam negeri sedang berkembang. Dengan perkembangan ini terdapat tuntutan peningkatan kualitas tekstil dan produk tekstil dengan biaya yang kompetitif. Salah satu usaha manajemen dalam hal ini adalah peningkatan penggunaan fungsi anggaran, yaitu untuk melakukan kegiatan pengendalian biaya dan volume produksi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana 'Flexible Budget' membantu pelaksanaan pengendalian biaya dan volume produksi perusahaan. Juga diteliti faktor-faktor lain yang menunjang pelaksanaan kegiatan ini. Metode Penelitian dilakukan melalui dua cara, yaitu penelitian lapangan ( untuk memperoleh data keuangan perusahaan dan penelitian kepustakaan untuk memperoleh teori yang menunjang penulisan skripsi ). Penerapan Flexible Budget yang dilakukan di PC GKBI Plumbon mengungkapkan penyimpangan sejumlah unsur biaya sebagai akibat dari perubahan tingkat produksi. Hal ini diketahui setelah dibuat anggaran dengan tingkat produksi yang sarna dengan realisasi pencapaiannya. Masalah yang lain adalah klasifikasi biaya yang berbeda dari anggaran dengan laporan realisasi tersebut. Penerapan Flexible Budget sangat di tentukan oleh akurasi dari asumsi yang ditetapkan oleh manajemen dalam pemrosesan Flexible Budget. Asumsi ini akan mempengaruhi Eva luasi manajemen atas kondisi perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa Flexible Budget dapat diterapkan pada perusahaan dengan tingkat produksi yang sering bervariasi dari rencana semula. Hal ini dapat dicapai apabila terdapat klasifikasi yang sama dari perincian biaya dalam anggaran dengan laporan realisasinya. Masalah pengendalian biaya dan volume produksi di PC GKBI Flumbon tidak dapat seluruhnya diatasi dengan penerapan Flexible Budget. Terdapat masalah lain yang juga mempengaruhi performance perusahaan (diluar jangkauan dari manfaat yang bisa diberikan oleh fungsi anggaran)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1992
S18393
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1990
S18121
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
S18188
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muljatno Sudiro
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1983
S17037
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achyar Rusli
1987
S17614
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dio Rama Adirasa
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai penerapan teknis analisis biaya, volume produksi, dan keuntungan pada perusahaan rintisan. Analisis dilakukan melalui pengklasifikasian serta penentuan komposisi biaya variabel dan biaya tetap, lalu selanjutnya memberikan rekomendasi penentuan harga jual yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan. Selain itu, penelitian ini sekaligus memberikan gambaran mengenai pengaruh ketidakpastian kondisi ekonomi di masa yang akan datang terhadap pengambilan keputusan terkait profitabilitas perusahaan.
Penelitian ini merupakan studi kasus dengan objek penelitian perusahaan rintisan BIT yang bergerak di bidang teknologi informasi. Data diperoleh melalui studi literatur, dokumen internal perusahaan, serta wawancara dengan pihak terkait.
Penulis menemukan bahwa meskipun jumlah ekspektasi penjualan mengalami penurunan sebesar 30%, penetapan harga jual sebesar Rp30,000 dapat menghasilkan nilai margin of safety yang lebih besar jika dibandingkan dengan penetapan harga jual sebesar Rp25,000. Begitu pula dengan penambahan biaya tetap guna meningkatkan penjualan sebesar 30%, menghasilkan nilai margin of safety yang lebih besar. Hal tersebut mengindikasikan bahwa opsi-opsi tersebut dapat berdampak positif pada kinerja finansial perusahaan yaitu dengan berkurangnya resiko terjadinya kerugian.

The purpose of this study is to provide a technical application of cost-volume-profit analysis on a startup company. Analysis is carried out through the classification and determination of variable costs and fixed costs, then provide recommendations for determining the selling price that should be done by the company. In addition, this study also provides information about decision making related to the profitability of the company.
This research is a case study with the object of research is BIT startup, which engaged in IT industry. Data is obtained through literature studies, internal company documents, and interviews with related parties.
The author found that even though the number of sales expectations decreased by 30%, the selling price of Rp30,000 could result in a greater margin of safety compared to the selling price of Rp25,000. Likewise with the addition of fixed costs to increase sales by 30%, also resulting in a greater margin of safety value. This indicates that these options can have a positive impact on companys financial performance by reducing the risk of losses.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17471
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Suprapto
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17054
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tati Purwiati
"Biaya pemasaran merupakan komponen biaya terbesar setelah harga pokok penjualan pada perusahaan yang bersaing. Tujuan untuk meneliti metode akuntansi, penyusunan anggaran tahunan, pengendalian biaya pemasaran serta mencari hubungan antara biaya pemasaran dengan penjualan. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data--data melalui analisa statistik sederhana, mewawancarai pihak perusahaan untuk memperjelas data--data yang masuk. Membandingkan penerapan akuntansi dan pengendalian biaya pemasaran dengan teori yang mendasarinya. PT unilever mengklasifikasikan biaya pemasaran menjadi dua hagian yaitu theme dan scheme. Theme adalah usaha pemasaran yang menuniang penjualan yang pengaruhnya bersifat jangka panfang, sedangkan scheme adalah usaha pemasaran yang menunjang penjualan yang mempunyai pengaruh jangka pendek. Pembebanan biaya pemasaran ke masing-masing ionic produk, untuk mengukur besarnya biaya pemasaran per jenis produk. Penyusunan anggaran pemasaran tahunan seefektif mungkin dan pengendalian biaya pemasaran dengan membandingkan ke anggaran dan menciptakan cistern usulan biaya pemasaran yang terseleksi. Selain aktivitas tsb juga dengan menganalisa perbedaan-perbedaan yang timbal, untuk mengetahui sebab-sebab penyimpangan. Dengan menggunakan analisa statistik sederhana dapat menunjukkan hubungan positif antara biaya pemasaran dengan penjualan. biaya pemasaran terhadap penjualan cukup tinggi, hampir mendekati 20 % pada akhir tahun 1992 dan secara absolut meningkat pesat dari tahun ke tahun. Aktivitas pemasaran perlu untuk produk-produk barn maupun produk yang sudah lama dikenal masyarakat pada kondisi persaingan. Aktivitas pemasaran yang berpengaruh jangka panjang lebih mendapat perhatian daripada yang berpengaruh jangka pendek. Walaupun secara administratif pengelolaan biaya pemasaran cukup baik, namun belurn dituniang oleh kecepatan pelaporan aktivitas dan analisis biaya pemasaran. Akhirnya FT X yang sebagian besar produksinya merupakan leading product tidak akan lengah terhadap strategi pemasaran untuk produknya yang bersifat sangat kompetitif. Tekhnik-tekhnik, rnetode serta strategi pemasaran masih memerlukan pengembangan dalam menghadapi tantangan zaman. Tentu saja administrasi yang baik juga memerlukan perhatian untuk menunjang semuanya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18924
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susana Dewi
"Maksud dan tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk memberikan sumbangan pengetahuan mengenai penerapan anggaran berdasarkan aktivitas yang dikenal dengan Activity-Based Budgeting dan analisa varians secara singkat. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif- interpretatif atas data dari laporan manajemen hotel X per bulan dan data-data sekunder yang relevan dengan penelitian analisis di dalam skripsi ini yaitu untuk departemen Room dan F&B di hotel X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Activity-Based Budgeting dapat diterapkan untuk anggaran biaya operasional di hotel X, terutama bagi departemen F&B. Kesimpulan terpenting yang dapat diambil adalah manajemen dapat menerapkan Activity-Based Budgeting bagi anggaran biaya operasionalnya dengan mempertimbangkan-cost-benefit yang akan terjadi dalam jangka panjang. Kepada pihak-pihak yang berperan dalam penentuan kebijakan pembelian kebutuhan hotel disarankan untuk mempertimbangkan lagi pemberian margin of preference sebesar 10% kepada pemasok dalam rangka pengendalian biaya yang lebih efisien."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18983
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>