Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14809 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Penelitian ini mengkaji respons getaran torsional model turbin
arus laut sumbu vertikal terhadap pola eksitasi momen puntir yang acak akibat variasi kecepatan arus laut. Model turbin terdiri atas 3 buah blade alumunium jenis NACA 0018 yang masing-masing terhubung pada poros, dengan dimensi chord 10 cm, chamber 1,8 cm dan
span 100 cm. Variasi kecepatan arus laut yang digunakan adalah 0,5 m/s, 1,0 m/s, 1,5 m/s, 2,0 m/s, 2,5 m/s dan 3,5 m/s. Model mempunyai 2 derajat kebebasan yang digambarkan dengan 2 persamaan diferensial orde-2. Penyelesaian eigenvalue menghasilkan nilai frekuensi natural model, yaitu 201,38 rad/s dan 457,91 rad/s. Deret
Fourier digunakan untuk mendefinisikan persamaan momen puntir eksitasi, sedangkan penyelesaian persamaan getaran menggunakan transformasi Laplace. Hasil analisis menyatakan bahwa tidak terjadi resonansi karena nilai frekuensi natural model tidak sama dengan nilai
frekuensi eksitasinya. Model mengalami puntiran statis dahulu sebelum bergetar. Respons yang terjadi diawali dengan respons transien, kemudian respon tunak (steady). Semakin besar eksitasi momen puntir menyebabkan semakin besarnya simpangan sudut dan amplitudonya.

Abstract
The current research aimed to study the torsional vibration response of Vertical Axis Ocean Current Turbine due to randomly torque excitation pattern, owing to the variety of ocean current velocity. The turbine model is composed of 3 aluminum blades of NACA 0018 connected to steel shaft. Turbine dimensions are 10 cm of chord, 1.8 cm of chamber and 100 cm of span. The variation of ocean current velocity is 0.5 m/s, 1.0 m/s, 1.5 m/s, 2.0 m/s, 2.5 m/s and 3.0 m/s.
The Model has 2 degree of freedom which is described into two 2nd order differential equations. The eigenvalue solution yields the model?s natural frequencies; 201,38 rad/s and 457.91 rad/s. Fourier series
is used to define the equation of torsional excitation, whilst the vibration equation is solved using Laplace Transform. According to analysis, there is no resonance occur. That because of the system?s natural frequencies is diverse to the magnitude of excitation frequencies. Model will be statically twisted first before vibrated. The response will be transient first then constantly steady. Furthermore, the bigger torque excitation will cause the bigger angular displacement as well the amplitude. "
[Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Politeknik Perkap alan Negeri Surabaya.], 2010
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ilyas
"Seiring berkembangnya teknologi, metode pemboran telah berkembang dari yang sebelumnya hanya pemboran vertikal menjadi pemboran berarah. Pengeboran berarah ada untuk menjangkau area yang sulit dijangkau menggunakan pemboran vertikal konvensional. Pada saat pemboran sedang berlangsung, getaran sering terjadi terutama pada bagian tali bor. Tali bor adalah komponen yang menghubungkan rig dan mata bor. Secara umum, getaran dibagi menjadi tiga jenis, aksial, lateral, dan puntir. Getaran puntir atau “stick-slip” sering dianggap sebagai salah satu mode getaran yang paling merusak. Getaran tersebut dapat mengakibatkan kegagalan atau kerusakan komponen pengeboran yang dapat mengakibatkan kerugian finansial dan waktu bagi perusahaan. Setiap objek bergetar pada frekuensi natural atau tingkat getaran. Sebuah tali bor memiliki banyak komponen yang terdiri dari beberapa sambungan pipa dalam dimensi besar yang masing-masing bagiannya memiliki frekuensi natural tersendiri. Tali bor juga harus berputar jauh dari frekuensi natural atau kecepatan kritisnya karena ini adalah jangkauan kecepatan dimana sebuah benda mengalami getaran parah yang dapat menyebabkan kerusakan tali bor. Gagasan dari makalah penelitian ini adalah membuat model tali bor dan menjalankan simulasi getaran tali bor pada sumur bor saat pengeboran vertikal dan terarah sedang beroperasi. Getaran tersebut terjadi karena adanya kontak antara tali bor dengan dinding sumur. Getaran yang diamati dalam makalah penelitian ini terbatas pada getaran puntir. Analisis getaran yang digunakan adalah analisis getaran paksa teredam menggunakan metode elemen hingga dengan perangkat lunak simulasi ANSYS. Metode elemen hingga digunakan untuk menghitung frekuensi natural dan mode shape dari tali bor dan juga untuk mengamati deformasi maksimum serta stress maksimum dengan variasi panjang tali bor. Model-model ini dapat digunakan untuk merepresentasikan dan mengukur kerusakan tali bor akibat getaran. Untuk membuat simulasi mendekati keadaan sebenarnya, parameter input untuk pemodelan dan simulasi akan dikumpulkan dari beberapa jurnal ilmiah yang telah dikonfirmasi melalui eksperimen sebelumnya. Parameter input tambahan lainnya yang akan digunakan juga akan mengacu pada buku, jurnal ilmiah, dan sumber lainnya. Untuk menyederhanakan simulasi, beberapa asumsi telah dibuat.

As technology developed, drilling method has evolved from what was previously known as vertical drilling to directional drilling. Directional drilling exists to reach areas that are difficult to reach using conventional vertical drilling. While drilling is in operation, vibration often occurs, especially in the drill string. Drill string is a component that connects the rig and the drill bit. Typically, vibration is divided into three types, axial, lateral, and torsional. Torsional or “slip stick” vibrations are often considered as one of the most destructive modes of vibration. These vibrations can lead to failure or damage of drilling components which can result in financial and time losses for the company. Every single object vibrates at a natural frequency or rate of vibration. A drill string has many components that consist of several connections of pipe in a large dimension that each part of it has its natural frequencies. A drill string should also rotate far from its natural frequency or critical speed as it is the range of speed where it experiences severe vibration which can leads to drill string failure. The idea of this research paper is to make a drill string model and run a simulation of a drill string vibration in the well borehole while vertical and directional drilling is in operation. The vibration occurs due to contact between the drill string and well’s wall. The vibration that is observed in this research paper is limited to torsional vibration. The vibration analysis used is damped forced vibration analysis using finite element analysis with ANSYS simulation software. The finite element analysis is used to compute the natural frequency of the drill string as well as its mode shape, and to observe maximum stress and maximum deformation with variations of drill pipe’s length. These models can be used to represent and measure the damage of a drill string due to vibration. To make the simulation close to the actual situation, the input parameters for the modeling and simulation will be gathered from several scientific journals that already confirmed through experiments. Other additional input parameters that will be used will also refer to books, scientific journals, and other sources. To simplify the simulation, several assumptions have to be made."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdur Rouf
"Turbin Angin Sumbu Vertikal (TASV) merupakan jenis turbin angin yang dengan kecepatan angin rendah dapat menghasilkan listrik dan cukup mudah diterapkan pada beban kelistrikan yang terisolasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain sistem TASV dan sistem pasokan listrik yang paling optimal baik secara teknis maupun ekonomis untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T). Dengan pendekatan statistik Ordinary Kriging, nilai kecepatan rara-rata tahunan di Raja Ampat diestimasikan berdasarkan data historis kecepatan angin yang berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika 2019 (BMKG) dan data National Oceanic and Atmospheric Administration 2019 (NOAA) sehingga distribusi kecepatan angin dapat diproyeksikan dengan menggunakan pendekatan distribusi Weibull dan Rayleigh. Parameter yang divariasikan meliputi spesifikasi turbin, kapasitas daya dan kecepatan angin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain TASV yang optimal untuk diimplementasikan di Raja Ampat adalah turbin 10 kW tipe darrieus dengan blade lurus, cut-in speed 1.5 m/s, kecepatan rated 9 m/s dan faktor kapasitas 20.9%. Untuk kebutuhan energi listrik rata-rata 1,074/pelanggan/tahun, Produksi Energi Tahunan sebesar 18,337 kWh/unit/turbin, 1-unit TASV dapat mensuplai energi listrik kepada 12 pelanggan atau 1-unit turbin dalam radius 1 km2 dengan kepadatan penduduk rata-rata 48 Jiwa/km2. Untuk memasok jumlah permintaan di Raja Ampat sebesar 459,797 kWh ditahun 2021, dibutuhkan sebanyak 25-unit TASV dengan LCOE 20.2 Sen USD / kWh / unit atau lebih rendah dari Biaya Produksi yang Diatur (21.34 sen USD / kWh). Hasil ini menunjukkan TASV merupakan alternatif yang tepat secara teknis dan ekonomis untuk beban kelistrikan di negara-negara kepulauan dengan banyak daerah terisolasi seperti Indonesia.

Vertical Axis Wind Turbine (VAWT) can generate electricity just by low wind speed and simply able to apply for isolated demands. This study aims to obtain the most optimal VAWT system design and power supply system both techno-economic to meet the demands in disadvantaged, frontier and outermost (3T) areas. By Ordinary Kriging method, the annual average velocity in Raja Ampat was estimated based on historical wind speed data from the 2019 Meteorology, Climatology and Geophysics Agency (BMKG) and the 2019 National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) so that the wind speed distribution can be projected using the Weibull and Rayleigh distribution. The varied parameters include turbine specifications, power capacity and wind speed. The results showed that the optimal VAWT design was the 10 kW straight blade Darrieus turbine, with a cut-in speed of 1.5 m/s, an rated speed of 9 m/s and a capacity factor of 20.9%. For demands an average of 1,074/customer/year, Annual Energy Production of 18,337 kWh turbine unit, then 1 unit can supply the demand for 12 customers or 1 units within a radius of 1 km2, with an average population density of 48 people/ km2. To supply the total demand in Raja Ampat of 459,797 kWh in 2021, 25-unit VAWT with a LCOE of 20.2 Cents USD/kWh or lower than the Regulated Production Cost (21.34 cents USD / kWh) were required. These results suggest that VAWT is a techno-economic viable alternative for electricity demand in archipelagic countries with many isolated areas such as Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kuntara Kautsar Ridwan
"Sebuah kajian eksperimental telah dilakukan untuk mengetahui karakteristikrespon dinamik yang berupa getaran pada struktur alat penukar kalor shell and tubetipe AES. Penelitian dilakukan dengan menggunakan aktuator getaran sebagai sumbereksitasi dengan frekuensi maksimum adalah 7.33 Hz pada alat penukar kalor tanpabeban aliran. Eksitasi dilakukan dengan arah horizontal pada tiga titik yaitu, noselmasuk, nosel keluar, dan bagian tengah. Pengukuran dilakukan secara horizontal,vertikal, dan aksial pada titik yang sama ditambah dua titik lain pada support struktur.
Ada dua hasil pengukuran getaran yaitu pengukuran overall dan pengukuran diskretyaitu dengan frekuensi spektrum dari masing-masing tiitk yang akan diklasifikasikanberdasarkan vibration severity chart dan table identifikasi karakteristik spektrumfrekuensi.
Hasil pengukuran secara overall menunjukkan secara umum pengukuranyang dilakukan secara horizontal akan menampilkan respon yang lebih besardibandingkan dengan pengukuran vertikal dan aksial. Pada pengukuran frekuensispektrum terjadi perbedaan sekitar 1 Hz pada frekuensi eksitasi dari aktuator getarandengan yang terukur. Pengukuran spektrum frekuensi secara vertikal dan aksialmenunjukkan adanya looseness pada struktur alat penukar kalor.

An experimental study has been developed to understand dynamic responsecharacteristic which is vibration in a shell and tube heat exchanger AES type.Experiment was done by using a vibration aktuator as the excitation source withmaximum frequency about 7.33 Hz in no flow condition. The direction of the excitationis only horizontal on three different excitation points, inlet nozzle, outlet nozzle andmiddle part of the heat exchanger. Measurements were done on the same points of theexcitation and two other points, on the support of the heat exchanger, horizontally,vertically, and in the axial direction.
There are two results of the measurements, theyare the overall vibration and the frequency spectrum on each point that will be classifiedbased on vibration severity chart and identification table of frequency spectrumcharacteristic. Generally the overall vibration measurement horizontally indicate thebigger response than the vertical or axial measurements.
The results of frequencyspectrum measurements can indicate there is a difference between excitation frequencyand response frequency about 1 Hz. Frequency spectrum measurements done verticallyor in axial measurement can indicate there is a looseness in the structure.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68852
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Billal Pizzaro A
"Pemanfaatan energi angin saat ini cukup meningkat sebagai energi terbarukan. Karena angin adalah salah satu bentuk energi alami yang paling mudah diakses dan tidak menghasilkan zat-zat berbahaya. Berdasarkan hasil pemetaan distribusi kecepatan angin, didapat kecepatan angin yang tinggi (6 - 8 m/s) di onshore terjadi di pesisir selatan pulau Jawa, Sulawesi Selatan, Maluku, dan NTT. Sementara kecepatan angin di daerah offshore menunjukkan angka lebih dari 8 m/s terjadi di Offshore Banten, offshore Sukabumi, offshore Kupang.[15] Turbin Angin sumbu vertikal (TASV) merupakan salah satu jenis turbin angin yang lebih mudah diaplikasikan pada tempat yang memiliki potensi angin tidak terlalu besar. [16] Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan potensi TASV pada kabupaten Sukabumi.

The utilization of wind energy as a renewable energy source has been increasing recently. This is because wind is one of the most easily accessible natural energy forms and does not produce harmful substances. Based on the results of wind speed distribution mapping, high wind speeds (6 - 8 m/s) onshore occur on the south coast of Java Island, South Sulawesi, Maluku, and NTT. Meanwhile, wind speeds in offshore areas show figures of more than 8 m/s occurring in Offshore Banten, Offshore Sukabumi, and Offshore Kupang[15]. Vertical axis wind turbines (VAWTs) are one type of wind turbine that is easier to apply in places with relatively low wind potential.[16] The purpose of this research is to prove the potential of VAWTs in Sukabumi Regency."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adryan Rizky Alviano
"ABSTRAK

Getaran merupakan suatu bentuk gerakan pada titik kesetimbangannya. Getaran pada mesin adalah hal yang tidak bisa dihindari. Dimana getaran adalah respon dari eksitasi sumber getaran. Getaran pada mesin diesel memiliki keunikan karena tekanannya yang besar. Penelitian ini dilakukan untuk mengenali karateristik getaran pada mesin diesel turbo 2000 cc penggerak mobil penumpang kecil. Sehingga dapat diketahui apa penyebab getaran dan frekuensinya sehingga dapat dilakukan pengembangan di masa yang akan datang. Kondisi mesin yang telah dibandingkan dengan standar menunjukan bahwa mobil dalam keadaan tidak baik tetapi masih dapat beroperasi. Respon getaran terbesar disebabkan oleh ledakan dalam proses pembakaran di mesin diesel. Dan respon getaran terbesar kedua disebabkan oleh katup valve.


ABSTRACT
Vibration is a form of movement at its equilibrium point. Vibration on the engine is something that cannot be avoided. Vibration is the response to the excitation of the vibration source. The vibration on the diesel engine is unique because of the great pressure. This research was conducted to recognize the vibration characteristics of a 2000 cc turbo diesel engine driving small passenger cars. So that it can be known what causes vibration and which frequency so that development can be carried out in the future. The condition of the engine that has been compared to the standard indicates that the car is not in good condition but still can operate. The biggest vibration response is caused by an explosion in the combustion process in a diesel engine. And the second largest vibration response is caused by the valve.

 

"
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Ikhsan Kamil
"Turbin arus air laut adalah turbin yang memanfaatkan energi arus air laut untuk menghasilkan listrik dimana beberapa penelitian yang ada terkait dengan turbin arus air laut telah dilakukan terutama pada desain turbin arus air laut untuk meningkatkan kinerja turbin. Desain turbin arus air laut ditingkatkan dalam berbagai metode, seperti menambah diffuser, memodifikasi sudut diffuser, dan menambahkan brim di ujung diffuser seperti yang digunakan pada turbin angin dengan tujuan menjauhkan vortex dari outlet turbin arus air laut sehingga dapat membuat laju aliran semakin banyak pada bagian dalam diffuser. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat efisiensi pada variasi ketinggian brim yang dilakukan berdasarkan nilai power coefficient yang dihasilkan. Penelitian dilakukan dengan memodelkan turbin arus air laut pada lima sudut diffuser dan variasi ketinggian brim pada 0,1D hingga 0,5D. Kelima sudut diffuser divariasikan mulai dari 10,43° sampai 35,97° dengan kecepatan arus laut sekitar 0,7 m/s yang sesuai dengan arus laut Indonesia. Model tersebut kemudian dianalisis dengan menerapkan pendekatan computational fluids dynamics menggunakan aplikasi ANSYS. Hal ini kemudian diharapkan untuk mengetahui dan meningkatkan nilai efisiensi atau power coefficient pada variasi tertentu di turbin arus air laut.

A tidal turbine is a turbine that utilizes the energy of ocean currents to generate electricity where several existing studies related to seawater current turbines have been carried out, especially on the design of sea water current turbines to improve turbine performance. tidal turbine design has been improved in various methods, such as adding a diffuser, modifying the angle of the diffuser, and adding a brim at the end of the diffuser as used in wind turbines with the aim of keeping the vortex away from the turbine outlet of the sea current to make the flow rate increase in the interior of the diffuser. This study aims to see the level of efficiency in variations in the height of the brim which is carried out based on the resulting power coefficient value. The research was conducted by modeling seawater current turbines at five diffuser angles and variations in brim height from 0.1D to 0.5D. The five diffuser angles are varied from 10.43° to 35.97° with a tidal current speed of about 0.7 m/s which is in accordance with Indonesian ocean currents. The model is then analyzed by applying a fluid dynamics computational approach using the ANSYS application. It is then expected to find out and increase the value of efficiency or power coefficient on certain variations in seawater current turbines."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rabbani Reksoprodjo
"ABSTRAK
Produksi bodi kendaraan bertipe monocoque semakin meningkat pada setiap tahunnya. Penggunaan motor diesel pada kendaraan penumpang kecil mulai digunakan oleh para piham manufaktur kendaraan. Dalam aspek desain mekanika getaran merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan, terutama dalam mesin yang bersentuhan langsung dengan manusia. Penelitian karakteristik getaran pada kasus seperti ini belum banyak dilakukan dalam dunia industri otomotif, terutama pada bodi berjenis monocoque. Penelitian ini dilakukan dengan melacak titik ukur yang dianggap memiliki respons getaran yang relatif besar dibandingkan dengan titik lain pada bodi. Pengambilan data getaran berupa RMS keceatan pada titik ukur dan data spektrum. Data RMS kecepatan yang diperoleh kemudian disesuaikan dengan standard getaran IRD Severity Chart dan dilakukan transfer path analysis untuk mengetahui peredaman getaran yang terjadi pada struktur kendaraan. Analisis spektrum juga dilakukan untuk melihat eksitasi apa saja yang memberikan respons getaran terhadap struktur bodi kendaraan.

ABSTRACT
The production of monocoque body type vehicles is increasing every year. The use of diesel motors in small passenger vehicles is being used by vehicle manufacturing companies. In the design aspect vibration mechanics is one of the things considered, especially in machines that come in direct contact with humans. Research on vibration characteristics in such cases has not been done much in the world of the automotive industry, especially in the monocoque type bodi. This research was conducted by tracking the measuring points which are considered to have a relatively large vibration response compared to other points on the bodi. The retrieval of vibration data in the form of speed RMS at the measuring point and spectrum data. The speed RMS data obtained is then adjusted to the IRD Severity Chart vibration standard and transfer path analysis is performed to determine the vibration reduction that occurs in the vehicle structure. Spectrum analysis is also performed to see any excitation that response to vibrations to the bodi structure of the vehicle."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maryam Muthiah Karimah
"Pada tahun 2013 rasio elektrifikasi di Indonesia hanya 78,06%, artinya masih banyak daerah yang belum teraliri oleh listrik. Padahal sumber daya energi terbarukan di Indonesia mencapai 1,2 x 109 MW, tapi yang termanfaatkan hanya 4.679,37 MW. Hal ini menunjukkan perlunya optimalisasi terhadap sumber daya energi terbarukan di Indonesia, salah satunya adalah energi yang berasal dari laut. Energi lautan terdiri dari beberapa sumber energi, yakni energi arus laut termasuk energi pasang surutdi dalamnya, energi ombak, energi yang berasal dari perbedaan kadar garam, energi hasil konversi energi dari perbedaan panas laut, dan lainnya. Salah satu yang kini sedang dikembangkan adalah Pembanggkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) dengan menggunakan teknologi Vertical Axis Turbines yakni, Turbin Darrieus.
Turbin Darrieus merupakan salah satu teknologi PLTAL yang dinilai paling cocok dengan kondisi di Indonesia, yakni dengan kecepatan arus laut yang tidak begitu besar, serta arah arus laut yang bidirectional yang disebabkan oleh gaya coriolis. Salah satu daerah yang berpotensi yakni, Selat Larantuka. Menurut perhitungan ACDP, kecepatan rata-rata arus di Selat Larantuka pada kedalaman 5 meter sebesar 1,84 m/s dengan rapat daya 3.192,62 watt/m2. TurbinDarrieus yang digunakan berdiameter 3,6 m dan tinggi 2,5 m dengan efisiensi sebesar 40% dapat menghasilkan energi listrik sebesar 3,39 kW pada kecepatan 1,84 m/s. PLTAL ini dapat menjadi sumber energi alternatif yang dapat terhubung off-grid maupun on-grid untuk memenuhi beban daya.

In 2013 electrification ratio in Indonesia is only 78.06%. This percentage shows there are still many areas that has not access to electricity. However, renewable energy resources in Indonesia reach 1,2 x 109 MW, but only 4.679.37 MW that can be utilized. Therefore, the optimize of renewable energy resources in Indonesia are needed. One of them is Ocean Energy. The Ocean Energy consisting various energy such as tidal energy, wave energy, Ocean Thermal Energy Conversion (OTEC), and salinity gradient energy. The one that is being developed is the ocean current power plant by using technology of vertical axis turbine, namely Darrieus Turbines.
Darrieus turbines is one of the ocean current power plant technology which is consideredsuitable with Indonesia's condition. For instance, the speed of ocean current that are not so high and the direction of ocean currents that bidirectional caused by coriolis force. One of the potential areas is Larantuka Strait. According to the calculations of the ACDP, the average speed of the current in Larantuka Strait at a depth of 5 meters, amounting to 1,84 m/s with a power density 3.192,62 watts/m2. Darrieus turbine that is used has diameter 3,6 m, high 2,5 m with an efficiency of 40% that can generate electrical energy to 3,9 kW. The ocean current power plant can be alternative energy sources,it can be connected to off-grid or on-grid to meet the power load.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60452
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Surya Herlambang
"Sejak tahun 2003 diperkenalkan sebuah teori baru mengenai torsi yang disebut dengan modèle couplè dimana dalam teori tersebut dinyatakan momen torsi yang bekerja pada balok-tipis penampang terbuka (open cross-section thin-walled) berhubungan erat dengan bending momen sehingga menyebabkan penyimpangan sudut torsi dan shear center mengalami displacement searah sumbu horisontal. Teori ini membantah teori klasik VZ. Vlasov yang menyatakan tidak ada displacement pada shear center. Teori modèle couplè ini masih dikembangkan hingga tahun 2012 dengan pembuktian secara eksperimental dan numerik. Hasil pembuktian itu ternyata mendukung teori modèle couplè.
Dari studi pustaka dan penelitian pendahuluan didapati beberapa kekurangan dalam prosedur eksperimental. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian kembali dengan memperbaiki prosedur eksperimen sekaligus ingin membuktikan apakah hasil eksperimental sesuai dengan teori Vlasov atau teori modèle couplè. Analisis penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil uji eksperimental, pemodelan numerik menggunakan software, prosedur analisis teori Vlasov untuk balok-tipis, teori modèle couplè dan teori torsi yang umum.
Hasil penelitian ini memperlihatkan sudut torsi dan shear center analisis numerik sesuai dengan teori Vlasov sedangkan hasil uji eksperimental masih sama dengan hasil eksperimental terdahulu yang mendukung teori modèle couplè. Walau hasil uji eksperimental ini mendukung teori modèle couplè, bukan berarti teorema modèle couplè telah terbukti. Untuk itu disampaikan pula saran-saran perbaikan yang perlu dilakukan jika eksperimen serupa akan dilakukan kembali.

Since 2003 introduced a new theory called the torque modèle couple where the theory expressed in torsion moment acting on the open cross-section thin-walled are closely related to the bending moment causing deviation angle of torsion and shear center experienced displacement in the direction of the horizontal axis. This theory denies the classical theory VZ. Vlasov stating there is no displacement of the shear center. Couple modèle theory is still being developed by 2012 with evidence experimentally and numerically. The results turned out to support the theory of proof modèle couple.
From the literature study and preliminary research found several deficiencies in the experimental procedures. Based on this, the research conducted again by correcting the experimental procedure at the same time trying to prove whether the experimental results according to Vlasov theory or theories modèle couple. The analysis is done by comparing the test results of experimental, numerical modeling using the software, the analysis procedure Vlasov theory for thinwalled, modèle couple theory and general theory of torque. The results of this study show the torque angle and shear center in accordance with the numerical analysis of Vlasov theory while the experimental test results are still the same as previous experimental results that support the theory modèle couple.
Although these experimental results support the theory test modèle couple, is not mean theorem has been proved. For it is also presented suggestions for improvement that need to be done if similar experiments will be performed again.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T39306
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>