Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141826 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melisa Azzahra
"Skripsi ini membahas mengenai pelaksanaan penyusutan arsip di KAPD Pemerintah Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penyusutan arsip di KAPD Pemerintah Kabupaten Bogor dalam rangka tercapainya pengelolaan arsip yang efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif berbentuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan penyusutan arsip masih belum dirasakan manfaatnya secara menyeluruh dikarenakan karena kurangnya pengetahuan kearsipan SDM yang ada membuat pengelolaan arsip di KAPD Pemerintah Kabupaten Bogor menjadi terabaikan, dan juga kurangnya prasarana yang menunjang kegiatan pengelolaan kearsipan. Hasil peneltian ini menyarankan upaya untuk meningkatkan jumlah SDM dan staf pengelola kearsipan yang mempunyai latar belakang pendidikan kearsipan, serta menambahkan prasarana demi tercapainya pengelolaan arsip yang efektif dan efisien.

This thesis discusses the implementation of records disposition in KAPD Pemerintah Kabupaten Bogor. The purpose of this study is to investigate the implementation archives depreciation in the KAPD of Bogor Regency Government, in order to make records management become effective and efficient. The method used in this research is descriptive research method shaped case study with a qualitative approach. The results of this study revealed that the implementation of depreciation records is still not perceived as a whole benefits because of a lack of knowledge of existing human resources make archival records management in KAPD be neglected, and the lack of infrastructure that support the management of archives. The results of this research suggest an attempt to increase the number of human resources and archival management staff that has the educational background of archives, as well as adding records management infrastructure to achieve effective and efficient."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tyan Hanriarseto
"Skripsi ini fokus terhadap otentisitas dalam pengelolaan rekod elektronik di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemprov DKI Jakarta yakni bagaimana otentisitas dalam suatu rekod elektronik dipertahankan atau dipelihara Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur dan mengidentifikasi upaya BPAD dalam mempertahankan otentisitas dalam pengelolaan rekod elektroniknya Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam observasi dan studi dokumen Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya BPAD untuk mempertahankan otentisitas terhadap rekod elektroniknya masih rendah namun hal tersebut bukan berarti BPAD tidak melakukan upaya apapun dalam mempertahankan otentisitas dari rekod elektronik telah ada beberapa upaya yang dilakukan namun disisi lain BPAD belum mempunyai prosedur yang rinci terhadap apa yang seharusnya dikerjakan

This study focus on discussion concerning managing electronic record authenticity at Badan Perpustakaan and Arsip Daerah Pemprov DKI Jakarta Focus on how to protect and maintain the authencity of electronic record The purpose of this study is to find out the procedures and to identify BPAD efforts for maintaining authenticity in managing electronic record This research applied qualitative approach with case study method Depth interview observation and study documents were technique that used as data collecting method The result of this research describe that BPAD efforts to maintain authenticity of electronic record were still low but it didn rsquo t mean BPAD made no attempt to maintain the authenticiy of electronic records there have been some efforts but on the other hand BPAD doesn rsquo t have a detailed procedure of what should be done "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52719
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hania Amani
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemeliharaan arsip vital di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor yang bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pemeliharaan arsip vital dan upaya perlindungan dari faktor penyebab kerusakan dan kemusnahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Analisis terhadap pemeliharaan arsip vital yang mencakup perlindungan, pengamanan, serta pemulihan akibat kerusakan yang terjadi pada arsip vital. Hasil penelitian menunjukan suatu organisasi perlu memiliki perencanaan pemeliharaan pada arsip vital yang dimiliki.

ABSTRACT
This research discusses the vital process of maintenance records at the Archives Office and Library Area of Bogor Regency which aims to describe the implementation of the maintenance of vital records and the safeguard of the factors causing damage and obliteration. This research used a qualitative approach with case study method. Analysis on the maintenance of vital records which includes the protection, security, and recovery from the damage caused to vital archives. The results showing an organization needs to have a plan of maintenance on vital records."
2016
S65277
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Budi Kurniawan
"Skripsi ini membahas penerapan Jadwal Retensi Arsip yang dilakukan di Kementerian Pertanian dalam pelaksanaan penyusutan arsip. Kegiatan penyusutan arsip terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pemindahan arsip dari unit pengolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip yang dilakukan di unit pengolah dan unit kearsipan, dan penyerahan arsip Kementerian Pertanian ke Arsip Nasional.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kegiatan pelaksanaan penyusutan dalam menerapkan Jadwal Retensi Arsip di Kementerian Pertanian dan memahami kendala-kendala yang muncul pada permasalahan penerapan Jadwal Retensi Arsip mencakup identifikasi permasalahan yang timbul dalam proses penerapan Jadwal Retensi Arsip.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan penyusutan arsip belum dilakukan secara maksimal sesuai pedoman, petugas tidak memiliki pengetahuan tentang penyusutan arsip, pemusnahan yang dilakukan secara manual (disobek) yang masih dapat terbaca, dan Sumber Daya Manusia di luar Bagian arsip yang tidak mengerti tentang siklus hidup arsip.

This thesis is about application of achieve retention schedule. It is conducted in the ministry of agriculture, specifically in the implementation of archives shrinkage. The activities of archive shrinkage consist of three activities such as archive transference from archival processing unit into archive unit, archive destruction which is held in archival processing unit and archive unit, and archive submission of ministry of agricultural to the national archives.
The intentions of this study is provide an overview about the implementation of activities in applying shrinkage records retention schedule in the ministry of agriculture and get to know about the constraints that arise in the application of problem records retention schedule includes identifying problems that appear in the process of applying archives retention schedule.
This research is a qualitative study which is used case study method. The result of the study indicates that the activities of archive shrinkage have not done optimally as the guidelines. The officers didn’t have rich information about archive shrinkage. The archive destruction is done manually that can still be read. The human resources outside archives department don’t understand about the life cycle of archives.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52930
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gurning, Bona Ariyanto
"Informasi yang terekam dalam arsip dinamis merupakan asset yang vital disetiap Perusahaan. Kehilangan dan atau ketidakmampuan untuk mendayagunakan informasi secara tepat dan optimal akan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan kegiatan bisnis bahkan akan mengalami resiko kerugian yang besar bagi perusahaan. Untuk hal tersebut pengembangan dan implementasi manajemen arsip dinamis menjadi prioritas disetiap perusahaan yang ingin berkompetisi dan menang di pasar global.
Pemerintah melalui Undang-Undang No.8/l997, mewajibkan kepada seluruh badan usaha/perusahaan untuk tetap menyimpan dan mengelola dokumen keuangan selama 10 tahun dan dokumen lainnya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sample bertujuan dalam kegiatan wawancara yang melibatkan 10 (sepuluh) orang informan di lingkungan perusahaan Serta pengamatan pelaksanaan manajemen arsip dinamis semi aktif dan inaktif.
Arsip dinamis dalam siklus hidupnya akan mencapai fase semi aktif dan inaktif dimana arsip dinamis tersebut sudah tidak terlalu sering lagi digunakan narnun masih tetap harus disimpan sesuai masa retesinya. Seiring dengan berjalannya operasional perusahaan dari waktu ke waktu, maka kegiatan temu kembali arsip dinamis semi aktif dan inaktif tersebut menjadi hal yang sangat diandalkan dalam menyajikan informasi yang berkenaan dengan kegiatan atau transaksi yang telah lewat untuk kebutuhan pembuktian ataupun lainnya.
Pemanfaatan manajemen arsip dinamis untuk kebutuhan pembuktian sering menjadi alasan utama dalam pelaksanaan manajemen arsip dinamis. Namun untuk dapat memperoleh hal tersebut masih terdapat tantangan dalam pelaksanaannya, sumberdaya manusia, Sarana dan prasarana serta dukungan dari manajemen merupakan hal yang sering diucapkan oleh para informan. pada penelitian ini juga ditemukan bahwa agar dapat berjalan secara konsisten maka perusahaan perlu memiliki unit kerja yang secara khusus berfungsi sebagai manajemen arsip dinamis perusahaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
T22886
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yossua Hot
"Skripsi ini membahas implementasi Jadwal Retensi Arsip di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Jadwal Retensi Arsip di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga tercapainya pengelolaan arsip yang efektif dan efisien. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Informasi yang diperoleh dengan melakukan wawancara dengan unit-unit pengelola kearsipan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan fakta dilapangan bahwa implementasi Jadwal Retensi Arsip ini belum dilaksanakan secara merata dikarenakan masih ada unit-unit kearsipan yang belum melakukan penyusutan. Kurangnya kesadaran pimpinan yang menyebabkan permasalahan ini timbul. Jadwal Retensi Arsip dibuat tanpa diberikan fasilitas seperti sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan kearsipan dan Sumber Daya Manusia masih ada yang tidak mengerti kearsipan atau tidak berlatar pendidikan kearsipan sehingga menyebabkan lambat dalam implementasi.

This thesis describes about Implementation of the Records Retention Schedules in the Ministry of Education and Culture. The purpose of this research is knowing the implementation Schedule Retention Archives at the Ministry of education and culture trough they can to reach the effectiveness and efficient of records management and efficiency. This is qualitative research with case study methods. The information was taken by doing an interview with executive of archival unit in the ministry of education and culture. Information obtained by conducting interviews with archival management units in the Ministry of education and culture.
The results of this research reveal that fact in field implementation of The Records Retention Schedule has not been implemented because there are still evenly-archives that have not been doing depreciation. Lack of awareness of the leadership is the lead of the problems. Records Retention Schedule was made without any facilities and infrastructures that support the archival activities. Also human resources are still the one who don't understand the archival or not set archival education thus causing slow in implementation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47032
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Eka Putri
"Penelitian ini membahas mengenai fungsi akses dan keamanan pada Sistem Informasi Arsip (SIAR) di unit kearsipan DPR RI. SIAR merupakan sebuah sistem yang mengelola kumpulan rekod elektronik yang berasal dari 21 unit pengolah di bawah Sekretariat Jenderal DPR RI. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah fungsi akses dan kemanan dalam SIAR DPR RI telah memenuhi standar persyaratan fungsional untuk ERMS. Untuk itu, adanya penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan kesesuaian fungsi akses dan keamanan sistem pengelolaan rekod di SIAR DPR RI dengan ISO 16175. Penelitian ini hanya akan mengacu pada 5 poin pertama kelompok kontrol dan keamanan yang memuat 20 persyaratan fungsional ISO 16175. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara terstruktur dan observasi partisipatif. Teknik pemilihan responden dalam wawancara ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 20 persyaratan fungsional terkait fungsi akses dan keamanan ISO 16175, SIAR DPR RI dapat memenuhi 14 persyaratan yang ditetapkan. SIAR telah melakukan pengendalian akses dalam upaya menjaga keutuhan dan keamanan rekod di dalam sistem.

This study discusses the access and security functions of the Sistem Informasi Arsip (SIAR) in the DPR RI filing unit. SIAR is a system that manages a collection of electronic records originating from 21 processing units under the Secretariat General of the DPR RI. The formulation of the problem in this research is whether the access and security function in SIAR DPR RI meets the standard functional requirements for ERMS. For this reason, this research is aimed at describing the suitability of the access and security functions of the records management system at SIAR DPR RI with ISO 16175. This research will only refer to the first 5 points of the control and security group which contain 20 functional requirements of ISO 16175. The method used in this research is the qualitative method with a case study approach. The research was conducted using structured interview techniques and participatory observation. The technique used for selecting respondents in this interview is purposive sampling. The results of this study indicate that of the 20 functional requirements related to the access and security functions of ISO 16175, the SIAR DPR RI has met 14 of the specified requirements. SIAR has also implemented access control in an effort to maintain the integrity and security of records in the system."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Resmita
"Tesis ini membahas tentang pelaksanaan manajemen arsip dinamis di IKM batik Kube Mukti Rahayu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Data penelitian diambil menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Periode pelaksanaan penelitian dimulai Februari 2021 hingga Desember 2021. Wawancara dilakukan kepada ketua, sekretaris, dan pengganti bendahara. Data diperoleh untuk mengidentifikasi faktor manajemen arsip dinamis dan untuk mengetahui dampak apa yang ditimbulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen arsip di IKM batik Kube Mukti Rahayu belum ditunjang dengan fasilitas yang memadai dan petugas pencatatan yang belum memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang kearsipan. Keadaan tersebut menimbulkan dampak negatif kepada organisasi. Oleh karena itu, IKM batik Kube Mukti Rahayu perlu untuk lebih memperhatikan pada pelaksanaan manajemen arsipnya. Hal yang perlu diperbaiki seperti menambah fasilitas penunjang manajemen arsip dan mengikutsertakan petugas kearsipan untuk mengikuti pelatihan manajemen arsip. Upaya tersebut agar pelaksanaan manajemen arsip dinamis di IKM batik Kube Mukti Rahayu lebih terorganisir, temu kembali arsip dapat terlaksana dengan lancar dan meningkatkan kepercayaan anggota

This thesis discusses the implementation of records management in IKM batik Kube Mukti Rahayu. This research is a descriptive study using a qualitative approach and case study method. The research data were taken using interview, observation and document analysis techniques. The research implementation period started from February 2021 to December 2021. Interviews were conducted with the chairperson, secretary, and substitute treasurer. The data obtained to identify the records management factors and to find out what impact it has. The results of this study indicate that the application of records management in IKM batik Kube Mukti Rahayu has not been supported by adequate facilities and registrars who do not have knowledge and expertise in the field of records. This situation raise a negative impact on the organization. Therefore, IKM batik Kube Mukti Rahayu needs to pay more attention to the implementation of records management. Things that need to be improved such as adding supporting facilities for records management and involving archiving officers to take part in record management training. These efforts were conducted so that the implementation of records management in IKM batik Kube Mukti Rahayu is more organized, record retrieval can be carried out smoothly and increasing member trust."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Bagus Novandi
"Penelitian ini membahas mengenai proses pemindahan arsip dinamis inaktif di dalam lingkungan Kementerian Pertanian RI. Kegiatan pemindahan ini dimulai dari unit pengolah kepada Unit Kearsipan I, kemudian dilanjutkan dari Unit Kearsipan I ke Unit Kearsipan Kementerian. Dalam proses pemindahan antara unit pengolah ke Unit Kearsipan I dan Unit Kearsipan I ke Unit Kearsipan Kementerian, memiliki kesamaan tata cara dan tahapan. Kementerian Pertanian RI menggunakan sebuah SOP dalam melaksanakan kegiatan pemindahan arsip dinamis inaktifnya tersebut. SOP ini digunakan untuk membuat suatu keseragaman proses pemindahan arsip yang ada di lingkungan Kementerian Pertanian RI. Namun, pada praktiknya, unit pengolah seringkali tidak melaksanakan kegiatan pemindahan arsip ini sesuai dengan SOP Pemindahan Arsip Kementerian Pertanian RI. Hal ini disebabkan oleh belum adanya kesadaran akan pentingnya arsip dari masing-masing unit pengolah. Selain itu, belum adanya Surat Keputusan resmi mengenai tugas unit kearsipan di lingkungan Kementerian Pertanian RI membuat unit pengolah merasa belum ada peraturan yang baku dan khusus untuk melaksanakan kegiatan pemindahan sesuai dengan SOP yang telah diberikan.

This thesis is discussing about transfer inactive records process surrounding Ministry of Agriculture Republic of Indonesia. This activity started by unit pengolah to Unit Kearsipan I, then Unit Kearsipan I to Unit Kearsipan Kementerian. In order to doing this process, both of them unit pengolah to Unit Kearsipan I and Unit Kearsipan I to Unit Kearsipan Kementerian have the same way or stage. Ministry of Agriculture Republic of Indonesia using a procedure standard or SOP to execute their own inactive records. The goal of this procedure standard is to make similarity when implement transfer inactive records in Kementerian Pertanian RI. However, the fact is unit pengolah oftentimes not following this instruction. This cause by they have no records awareness of each unit pengolah. In addition, there is no legal statement from Ministry of Agriculture Republic of Indonesia to implement this procedure, and finally, unit pengolah do not want to follow this procedure."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66237
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Dwi Pratama
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Penyusutan Arsip Dinamis Departemen Safety,
Health and Environment Perusahaan XYZ. Penyusutan arsip dinamis di
Departemen SHE dilakukan oleh Departement Records Contact dibantu oleh
Records Management Team dan mengikuti pedoman penyusutan yang dibuat oleh
Local IMS. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses penyusutan
arsip dinamis di Departemen SHE dan mengidentifikasi kesesuaian praktik dengan
pedoman penyusutan yang berlaku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan
penyusutan arsip dinamis di Departemen SHE sudah cukup baik sesuai dengan
pedoman transfer dan pemusnahan, walaupun dilakukan oleh DRC yang bukan
merupakan records admin, karena didukung oleh Local IMS yang secara rutin
berkoordinasi langsung dengan DRC dan memberikan pelatihan pengelolaan arsip
dinamis dengan baik. Namun pelaksanaan penyusutan juga masih memiliki
beberapa kendala seperti pelaksanaan penyusutan yang sering tertunda.

ABSTRACT
This study discusses the records disposition in Safety, Health and Environment
Department of XYZ Company. Records disposition in SHE Department conducted
by Departement Records Contact assisted by Records Management Team and
follow the disposition guidelines created by Local IMS. The purpose of this study
was to obtain a records disposition process in the SHE Department and to identify
conformity of practice with the guidelines disposition. This study is a qualitative
research using case study method. The results indicate that the implementation of
records disposition in SHE Department is good enough accordance with the transfer
and destruction guidelines, although carried out by the DRC which is not an records
admin, as supported by Local IMS. However, the implementation of disposition
also still have several problems such as disposition implementation is often delayed."
2014
S53887
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>