Ditemukan 12139 dokumen yang sesuai dengan query
"Tujuan Kedudukan etik dalam kurikulum fakultas kedokteran adalah sangat esensial tetapi metode pengajaran etika kedokteran tidak begitu banyak berubah. Kaidah dasar bioetika merupakan pengetahuan yang relevan untuk membangun pemikiran kritis mahasiswa tentang etika kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efek pengaruh penambahan diskusi kelompok kecil pada metode kuliah konvensional terhadap tingkat pengetahuan dan retensi dari materi kaidah dasar bioetika. Penelitian ini merupakan uji kasus-kontrol, acak, dengan desain paralel. Tes Kaidah Dasar Bioetika digunakan untuk mengukur tingkat kognitif dan retensi dari pengetahuan kaidah dasar bioetika. Kelompok kontrol akan diberikan kuliah secara konvensional, sedangkan kelompok intervensi selain kuliah akan dilanjutkan dengan diskusi kelompok kecil. Hasil Kuliah umum konvensional, dengan atau tanpa penambahan diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan tingkat pengetahuan dan retensi tentang kaidah dasar bioetika (masing-masing P= 0.001 and P= 0.000). Terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan tingkat retensi antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi (P= 0.000, P= 0.000, masing-masing). Simpulan Metode pengajaran dengan tambahan diskusi kelompok kecil lebih baik daripada metode kuliah konvensional dalam meningkatkan pengetahuan dan retensi kaidah dasar bioetika.
AbstractAim Body mass index (BMI) at 5th-84th percentiles according to the BMI-for-age charts from Center for Diseases Control and Prevention (CDC) is considered as normal BMI for children and adolescents. However, Guo et al found that BMI at 75th-84th percentiles already had a possibility to be adult overweight and obese. This study aimed to determine anthropometric measurements, laboratory findings, and health risk differences to find an ideal BMI group according to the BMI charts. Methods Normal BMI according to adult classification from the World Health Organization (BMI at 18.5-24.9) is used as a reference group. Results & Conclusion Our study showed BMI value at 50th-74th percentiles in boys and at 75th-84th percentiles in girls had higher anthropometric measurements and laboratory findings than the reference group. However, the health risks of those BMI percentiles did not significant different compared with the reference group. "
[Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Universitas Riau. Fakultas Kedokteran], 2009
pdf
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Morris, I.
London: Macmillan, 1950
420.7 MOR t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Gulley, Halbert E.
New York: Holt, Rinehart and Wiston, 1960
063 GUL d
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Galanes, Gloria J.
New York: McGraw-Hill, 2013
302.34 GAL e
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Dian Kurniasih Wahyu Sari
"Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa melalui metode diskusi kelompok berdasarkan tipe kepribadian dan kemahiran berbicara siswa. Penelitian dilakukan pada salah satu universitas negeri di Jawa Timur dengan melibatkan 35 siswa. Peneliti hanya berfokus pada siswa introver yang memiliki kemampuan berbicara rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (action research) yang dilakukan selama 6 siklus. Data awal tipe kepribadian diambil menggunakan kuesioner tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) sedangkan data awal kemahiran berbicara siswa introver dinilai menggunakan rubrik penilaian berbicara yang diambil saat kegiatan diskusi kelompok berlangsung. Siswa dikelompokkan menjadi 3 kelompok sesuai dengan persamaan tipe kepribadian dan kemahiran berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan yang signifikan pada kemahiran berbicara siswa introver yang memiliki kemahiran berbicara rendah, 2) siswa introver yang memiliki kemahiran berbicara rendah mengalami peningkatan paling tinggi baik pada fase pertama maupun fase kedua adalah ketika siswa dikelompokkan dengan kelompok yang terdiri 2 siswa ekstrover yang memiliki nilai tinggi dan 1 siswa ekstrover yang memiliki nilai sedang dan 3) siswa menunjukkan persepsi yang positif terhadap penggunaan metode diskusi kelompok berdasarkan tipe kepribadian dan kemahiran berbicara.
This research is an effort to improve students' speaking skill through group discussion method based on personality type and the difference of students speaking skill. The research was conducted at one of the State Universities in East Java involving 35 students. Researcher focuses only on introvert students who have low speaking skill. The type of research used is action research in 6 cycles. Preliminary personality type data were collected using a Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) personality questionnaire whereas preliminary data of introvert students' speaking skill were assessed using the scoring rubric taken during group discussion activities. Students are divided into 3 groups according to the equality of personality type and speaking skills. The results showed that: 1) there was a significant increase in speaking skill of introvert students who had low speaking skill, 2) introvert students who had low speaking skill showed the highest increase in both the first and second phases when students were on a group that consisting of 2 extrovert students with high speaking ability and 1 extrovert student with moderate speaking ability and 3) students showed positive perception of group discussion method using based on personality type and speaking skills."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T52087
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Irwanto
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006
374.2 IRW f
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Suzie Sri Suparin S. Sudarman
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, [Date of publication not identified]
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Brown, Douglas
San francisco: Pearson Longman, 2007
418.007 6 BRO p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Borich, Gary D.
New York: Prentice-Hall, [date of publication not identified]
371.3 BOR e
Buku Teks Universitas Indonesia Library