Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9668 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
729.5 KAR (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Iriantine Karnaya
Jakarta : Oanitia Pameran Patung Iriantine Karnaya , 1996
730.74 KAR p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fontein, Jan
Washington, D.C.: Board of Trustees, National Gallery of Art, 1990
R 730.959 8 FON g
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Qamara
"Kerajaan Majapahit sebagai salah satu kerajaan kuno terbesar di Indonesia dikenal sebagai peradaban yang relatif maju, salah satunya dalam bidang gaya seni arca. Arca-arca Majapahit dikenal memiliki ciri khusus yang mampu menandakan identitasnya, namun hal tersebut sering dijumpai pada arca-arca dewa saja. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana gaya seni pada arca bukan dewa masa Majapahit Koleksi Museum Nasional serta menjelaskan persamaan dan perbedaan gaya seni antara arca-arca tersebut dengan arca dewa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Terdapat 15 arca yang dijadikan data, seluruhnya diklasifikasikan ke dalam tiga kategori figur; yaitu laki-laki, perempuan, dan lain-lain. Berdasarkan penelitian ini, gaya seni arca-arca yang tidak memiliki ciri dan atribut dewa masa Majapahit koleksi Museum Nasional dapat diketahui melalui dua aspek, yaitu ukuran dan atribut. Ukuran arca-arca tersebut adalah chala atau yang mudah dipindahkan, sedangkan dari aspek atribut berupa perhiasan atau busana, terdapat variasi kelengkapan dan jenis tergantung dari kelompok figur arca tersebut. Tidak ada gaya seni atau aturan ikonografi yang mutlak pada arca-arca yang tidak memiliki ciri dan atribut dewa masa Majapahit.

The Majapahit Empire as one of the biggest ancient kingdoms in Indonesia known as a relatively advance civilization for its time, of which one of the fields is the sculpture art style. The sculptures of Majapahit are known to have distinct character which set their identity, but these traits are only found on the gods sculptures. This research is conducted to find out the characters of the non-god sculptures of Majapahit from the national museum collection and to explain the similarities and differences they have with their god type counterparts.The method used in this research is the descriptive analysis. There are 15 sculptures used as data, they are classified into three categories; male, female, and others. Based on this research, the sculpture that do not have the characteristics and attributes of the gods of the Majapahit era, the National Museum collection can be identified through two aspects; size and attributes. The size of the statues is a chala or other word movable, while from the aspect of attributes in the form of jewelry or clothing, there are variations in completeness and type depending on the group of statues. There are no sculpture or absolute iconographic rules on statues that do not have the characteristics and attributes of the gods of the Majapahit era."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: BP ISI, 1992
730.92 SEN (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
M. Saleh Arief, translator
Jakarta: Proyek Media Kebudayaan Jakarta, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1980/1981
730.598 12 SAL s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Satyawati Suleiman
Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, 1999
730.959.81 SAT s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Kusneri Prasetiani Ekawaty
"Ruang publik merupakan tempat dimana orang-orang dapat berkegiatan dan bersosialisasi di dalamnya. Untuk mewujudkan suatu ruang publik yang dapat berfungsi dengan baik, perlu adanya keterlibatan karya seni publik di dalamnya. Patung merupakan salah satu bentuk karya seni publik yang sering ditemui pada ruang publik. Arti kehadiran patung tersebut menjadi penting, karena bukan hanya berfungsi sebagai elemen penambah estetika ruang saja. Kehadiran patung di dalam ruang publik seharusnya juga dapat memberikan begitu banyak manfaat seperti menciptakan rasa senang, bangga dan kagum akan kehidupan pada lingkungan di mana ia berada, merangsang kreativitas, dan juga memacu komunikasi antar individu yang berkegiatan di sekitarnya. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, diperiukan adanya pengetahuan mengenai cara-cara penempatan karya seni publik yang baik pada sebuah ruang publik, sehingga keberadaan karya seni tersebut dapat lebih terasa di dalamnya.

Public space is a place where people can do their activities and socialize. To make a better functional public space, it needs the involvement of public art work within. Sculpture is one kind of public art which often can be found at some public spaces. Its presence become valuable when it is not only being aesthetical element. Its presence suppose to be more meaningful by giving sense of happiness, proud ness and admired by its surroundings, it can also desiring sense of creativity and can be connecting peoples working on it. For this purpose, it is require the knowledge about how to place this sculpture as public art in a public space in a good and right way, so its presence become meaningful."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S48633
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hario Eka Nugroho
"ABSTRAK
Penelitian ini memberi gambaran mengenai denotasi, konotasi, dan mitos yang hadir di dalam patung Hero, Leader, God karya Alexander Kosolapov. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analisis dengan pendekatan teori semiotik milik Roland Barthes denotasi, konotasi, dan mitos . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan Lenin dengan mitosnya sebagai ikon komunisme, Mickey Mouse dengan mitosnya sebagai industri, dan Yesus dengan mitosnya Tuhan. Mitos-mitos tersebut kemudian disatukan dengan gestur bergandeng tangan yang memiliki makna rasa hormat dan pertemanan, juga dukungan, kewibawaan, dan membimbing. Selain itu dihadirkan juga ukuran/ketinggian patung yang memberi makna kedudukan dengan kedudukan Yesus paling tinggi disusul Lenin dan kemudian Mickey Mouse. Penempatan Mickey Mouse di tengah juga memberikan arti bahwa industri yang sangat mendominasi harus berjalan seiringan dengan Ketuhanan dan ideologi. Maka sesuai dengan judul karya Mickey Mouse sebagai Hero, Lenin sebagai Leader, dan Yesus sebagai God.

ABSTRACT
The purpose of this research is to describe the denotations, connotations, and myths that are present in the sculpture rdquo Hero, Leader, God rdquo by Alexander Kosolapov. This research is using descriptive analysis method with Roland Barthes rsquo s semiotics theory approach denotation, connotation, and myth . This research found that Lenin has myth as an icon of communism, Mickey Mouse rsquo s myth as an icon of industry, and Jesus, which is perceived to be a God. These myths and their representations are then united with a gesture of helding hands that have the meaning of not only respect and friendship, but also support, authority, and guidance. In addition, the height of each statue symbolises the order of importance, with the highest is Jesus followed by Lenin and then Mickey Mouse. The placement of Mickey Mouse in the middle has meaning that industry must work together with divinity and ideology. In this case Mickey Mouse representing hero, Lenin representing Leader, and Jesus representing God as the title of sculpture is Hero, Leader, God."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>