Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 145323 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andamsari
"Tesis ini meneliti intcraktivitas portal pcmbelajaran e-dukasi.net berupa fitur-fitur interaktif dan anggapan interaktivitas yang dihubungkan dengan karaktcristik dcmograti pengguna, intensitas penggunaan Internet dan e-dukasi.net, serta motivasi mengakses, yang didasari teori Uses & Gratfcations, didukung konsep ‘media baru’ yaitu komunikasi bersarana kornputer (CMC) dan intemktivitas. Penelitian kuantitatif dengan desain ekspianatif memperoleh 480 responden dari metode sm'vei oniine. Data dianalisis menggtmakan model persamaan struktuml (SEM), menunjukkan bahwa karakteristik demograti memiliki hubungan signiiikan dengan intensitas menggunakan Intemet dan e-dukasi.net. Fitur sistem, konten, dan komunikasi memiliki pengaruh yang kuat bagi pengguna dalam menggunakan fitur-fitur interaktif e-dukasi.net. 'Anggapan interaktivitas' oleh pengguna menempati posisi terlinggi pada intcraktivitas dalam sistem, disusul oleh interaktivitas dalam dokumen/konten, dan interaktivitas antar pengguna.

This thesis analyzes interactivity of learning portal of e-dukasi.net as interactive features and perceived interactivity linked with demography characteristic of user, intemet usage intensity and e-dukasinet access, and also accessing motivation. Based on theory of (Lees & Gratyications, supported by concept of new media which is computer mediated communication (CMC) and interactivity. Quantitative research with explanative design gets 480 respondents of online survey method. Data was analyzed by using Structural Equation Model (SEM), point out that demography characteristic have significant relationship with intensity of intemet usage and e-dukasi.net access. System, content, and communication features have adequate influence for user to utilize interactive features of e-dukasi.nct. Perceived interactivity by user stays at highest position on interactivity in the system, overtaken by interactivity in document or content, and interactivity among users."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33808
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Ruth Putryani
"ABSTRAK
Fenomena situs jejaring sosial menciptakan User-Generated Content
(UGC), sebuah evolusi penggunaan aplikasi internet yang memungkinkan penggunanya
berkolaborasi, aktif dalam menciptakan konten, menghasilkan pengetahuan,
dan berbagi informasi secara online. Maraknya UGC membuat batasan
antara produser media dan khalayak menjadi samar. UGC dinilai sebuah pembuktian
nyata kekuasaan pemirsa. Konsep Rutinitas Media digunakan untuk menjelaskan
adanya pergeseran atau perubahan dalam ruang redaksi televisi melalui
pengadopsian penggunaan UGC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah studi kasus instrumental terhadap rutinitas media di era UGC.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UGC mampu mengubah nilai-nilai
jurnalistik yang selama ini dipegang teguh oleh para jurnalis dan pelaku rutinitas
media. Di samping itu, UGC kini menjadi andalan bagi para produser dalam
mengedepankan kecepatan tayangan berita, sehingga berita yang tampil di layar
kaca tidak seluruhnya valid dan terverifikasi.

ABSTRACT
The phenomenon of social networking sites create User-Generated Content
(UGC), an evolution of the use of internet application that allows users to collaborate,
active in creating the content, generate knowledge, and share information online. The
rise of UGC makes the boundaries between media producers and audiences become
vague. UGC assessed as a real evidence of the viewers?power. Media Routines
concept is used to describe a shift or change in the television newsroom through the
adoption of the use of UGC. The method used in this research is a case study
instrumental to the media routines in UGC era.
The research resulted that UGC is able to change the values of journalism that
had been firmly held by journalists and actors of media routines. In addition, the
UGC has become a mainstay for the producers in prioritizing the speed of the news
program, so the news that appeared on the screen is not entirely valid and verified."
2016
T46793
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bimo Deviantoputra
"Tulisan ini menganalisis bagaimana user-generated content (UGC) dapat menjadi pendukung strategi pemasaran media sosial dalam promosi karya serial WandaVision. Konsep yang dianalisis adalah pengaplikasian dari empat dimensi pemasaran media sosial serta enam tujuan strategi pemasaran media sosial. Selain itu menganalisa bagaimana UGC memberikan informasi dan merangsang aktivitas word-of-mouth kepada khalayak serta perilaku terhadap ekuitas brand. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan data dari perpustakaan umum serta melalui akun YouTube New Rockstar. Hasil analisis menunjukkan seluruh elemen UGC merangsang interaksi para penonton serial WandaVision, mendukung tujuan dan dimensi pemasaran media sosial, menstimulasi penjualan serta meningkatkan ekuitas brand. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menggunakan dimensi pemasaran media sosial lain terkait pemantauan dan analisis percakapan di media sosial, kajian dampak media dan studi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Selain itu diharapkan penelitian selanjutnya untuk melakukan perbandingan antara user-generated content serta sponsored content.

This paper analyzes how user-generated content (UGC) can support social media marketing strategies in promoting WandaVision series works. The concept that aims to be analyzed is the application of the four dimensions of social media marketing and the six social media marketing strategies. In addition, it analyzes how UGC provides information and develops word of mouth activities to the public as well as behavior towards brand equity. This study uses a literature study method by collecting data from the public library and through the New Rockstar YouTube account. The results of the analysis show that all elements of UGC promote the interaction of viewers of the WandaVision series, support the goals and dimensions of social media marketing, stimulate sales and increase brand equity. The suggestions for further research are to use other dimensions of social media marketing related to monitoring and analyzing conversations on social media, media impact studies and studies with quantitative and qualitative approaches. In addition, further research is expected to make comparisons between user-generated content and sponsored content."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Davi Ravindra Aziz
"Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia pada tahun 2020 berdampak pada bidang edukasi dimana diberlakukan kebijakan pembelajaran jarak jauh, baik untuk sekolah maupun kegiatan edukasi non-formal. Dikarenakan kondisi tersebut, portal pembelajaran daring di Indonesia semakin gencar mempromosikan layanannya pada media sosial yang dimiliki untuk mendapatkan pelanggan. Analisis deskriptif ini menganalisis unggahan media sosial oleh empat portal pembelajaran daring di Indonesia yang paling dikenal dan aktif dalam menggunakan media sosial, yang merupakan Ruangguru, Quipper School, Rumah Belajar, dan Kelas Pintar. Kerangka analisis yang digunakan untuk menganalisis unggahan media sosial portal pembelajaran daring dari tanggal 16 Maret hingga 16 April 2020 ini adalah tabel strategi konten pemasaran media sosial. Hasil dari analisis ini adalah unggahan media sosial oleh empat portal pembelajaran daring sesuai dengan strategi konten kreatif media sosial tersebut, dan Ruangguru merupakan portal pembelajaran daring di Indonesia yang paling aktif dalam menggunakan media sosial. 

The spread of Covid-19 in Indonesia in 2020 impacted the education system in the country where school from home regulations applies to formal and informal education activities. Due to these regulations, online learning platforms in Indonesia promoted more of their services through social media platforms they own. This descriptive analysis analyzes social media posts made by four online learning platforms in Indonesia that are most known and active on social media usage, which includes Ruangguru, Quipper School, Rumah Belajar, and Kelas Pintar. The analytical frame that is used to analyze the social media posts from March 16 through April 16, 2020 is the table of content strategies on social media marketing. The results of this analysis includes social media posts made by four online learning platforms are in line with the content strategies on social media marketing table, and the most active online learning platform on social media usage in Indonesia is Ruangguru."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Krismawati
"Open Government Data (OGD) adalah inisiatif yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengelola data yang dihasilkan oleh seluruh kementrian/lembaga untuk dapat dibagikan dan digunakan secara bebas serta tersedia dalam format yang terbuka. Penggunaan kembali (reuse) data oleh masyarakat akan meningkatkan partisipasi, interaksi dan keterlibatan masyarakat terhadap data yang dihasilkan pemerintah. Kebijakan data terbuka diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian dan keuntungan sosial melalui berbagai inovasi yang dihasilkan dengan pemanfaatan data yang tersedia Meskipun manfaat yang diharapkan dari pemanfaatan data terbuka pemerintah sangat banyak, namun pada kenyataannya dampak dari insiatif data terbuka belum dirasakan. Berdasarkan gap antara konsep manfaat yang dirasakan dari implementasi data terbuka pemerintah dengan kenyataan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor apa saja yang mempengaruhi keterlibatan pengguna dalam portal data terbuka. Pemahaman mengenai faktor-faktor yang mendorong keterlibatan pengguna pada inisiatif data terbuka dapat membantu semua pihak dalam memanfaatkan potensi dari data terbuka. Bagi pemerintah, pemahaman faktor-faktor ini dapat mendorong pemerintah untuk memgembangkan portal data terbuka yang lebih baik sehingga meningkatkan keterlibatan pengguna dengan pemerintah. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui media email. Jumlah responden penelitian ini adalah 1.237 responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisis CB-SEM menggunakan software AMOS. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan pengguna portal data terbuka adalah kualitas informasi (information quality), kualitas sistem (system quality), manfaat yang dirasakan pengguna (perceived usefulness), kepercayaan pengguna terhadap portal data terbuka (trust to open data), dan kepuasan yang dirasakan pengguna portal data terbuka (satisfaction).

Open Government Data (OGD) is an initiative conducted by the government to manage data produced by all ministries and government institution to be freely shared, used and available in open format. Reuse data by citizens will increase participation, interaction and involve the community in data that produced by government. Open data policies are expected to be the driving force for economy and social benefits through various innovations generated by utilizing data. Although the expected benefits of utilizing open government data are numerous, in reality the impact of open data initiatives has not been felt. Based on the gap between the concept of perceived benefits from the implementation of open government data and reality, this study aims to examine what factors influence user engagement to open data portals. An understanding of the factors that influence user engagement to open data portals can help all parties in exploiting the potential of open data initiatives. For the government, understanding these factors can encourage the government to develop better open data portals. This research was conducted by distributing questionnaires via email. The numbers of respondents in this study was 1.237. Data processing was performed by CB-SEM analysis with AMOS software. The result show that factors influencing user engagement on open data portal is information quality, system quality, perceived usefulness, trust to open data, and satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Devfanny Aprilia Artha
"Penelitian ini mengritisi peranan media dalam membentuk pemikiran masyarakat mengenai suatu realitas setelah zaman orde baru dan era liberalisasi pers berlangsung. Kecanggihan dan kemajuan teknologi informasi komunikasi pada akhirnya menyuburkan praktik media online di Indonesia yang tidak saja membawa dampak positif namun berbagai dampak negatif lainnya yang menarik untuk dikaji.
Kebebasan pers yang lahir di masa reformasi ini membawa berbagai perubahan, seperti: konglomerasi media dan pemusatan kekuasaan. Akhirnya media melakukan berbagai cara, salah satunya mengubah nilai guna menjadi nilai tukar (komodifikasi) di dalam pemberitaannya.
Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Wacana Kritis Wodak yang mengkaji beberapa level penelitian dengan unit observasinya portal berita www.liputan6.com dan pemberitaan mengenai FPI menjadi unit analisisnya. Hasilnya menunjukkan bahwa ada komodifikasi dalam pemberitaan mengenai FPI di media online. Komodifikasi ini diperkuat dengan berbagai faktor lain dalam organisasi media. Praktik ekonomi politik pada media online ikut memberikan sumbangsih dalam perpecahan dan pertikaian antarkelompok di dalam masyarakat.
This study criticized the role of media in shaping public opinion and thinking about a reality after Orde Baru and liberalization era took place authoritatively. The sophistication and advancement of information communication technology bring our mass media system from conventional to new media model. The practice of online media in Indonesia not only give positive impact but also various other negative that becomes important to be studied.
Freedom of the press brought many vital changes, such as: conglomeration and concentration of power. Finally, media do many ways to survive. One of their efforts is changing the useful values and norms in the news report into something that can give profit for them.
This research was performed using the method of critical discourse analysis of Ruth Wodak. This kind of analysis reviewed several levels of observation units at www.liputan6.com and reporting on the FPI news into the unit analysis. The results show that there are many reality construction and commodification in the news about FPI in the media online. Commodification and this construction are reinforced by various other factors in media organizations.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bimo Deviantoputra
"Tulisan ini menganalisis bagaimana user-generated content (UGC) dapat menjadi pendukung strategi pemasaran media sosial dalam promosi karya serial WandaVision. Konsep yang dianalisis adalah pengaplikasian dari empat dimensi pemasaran media sosial serta enam tujuan strategi pemasaran media sosial. Selain itu menganalisa bagaimana UGC memberikan informasi dan merangsang aktivitas word-of-mouth kepada khalayak serta perilaku terhadap ekuitas brand. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan data dari perpustakaan umum serta melalui akun YouTube New Rockstar. Hasil analisis menunjukkan seluruh elemen UGC merangsang interaksi para penonton serial WandaVision, mendukung tujuan dan dimensi pemasaran media sosial, menstimulasi penjualan serta meningkatkan ekuitas brand. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menggunakan dimensi pemasaran media sosial lain terkait pemantauan dan analisis percakapan di media sosial, kajian dampak media dan studi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Selain itu diharapkan penelitian selanjutnya untuk melakukan perbandingan antara user-generated content serta sponsored content.
This paper analyzes how user-generated content (UGC) can support social media marketing strategies in promoting WandaVision series works. The concept that aims to be analyzed is the application of the four dimensions of social media marketing and the six social media marketing strategies. In addition, it analyzes how UGC provides information and develops word of mouth activities to the public as well as behavior towards brand equity. This study uses a literature study method by collecting data from the public library and through the New Rockstar YouTube account. The results of the analysis show that all elements of UGC promote the interaction of viewers of the WandaVision series, support the goals and dimensions of social media marketing, stimulate sales and increase brand equity. The suggestions for further research are to use other dimensions of social media marketing related to monitoring and analyzing conversations on social media, media impact studies and studies with quantitative and qualitative approaches. In addition, further research is expected to make comparisons between user-generated content and sponsored content.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Annisa Bagustari
"Pendekatan adaptif pada riset antarmuka pengguna semakin berkembang dengan personalisasi. Adaptive user interface (AUI) menjadi salah satu bentuk personalisasi yang memberikan perubahan pada suatu sistem untuk bisa memenuhi kebutuhan pengguna, termasuk pada sistem pembelajaran daring (e-Learning). Dari segi faktor manusia, adaptasi ini masih bersifat universal dalam kaitannya dengan interaksi siswa. Riset ini memodelkan integrasi dari komponen AUI dengan prinsip desain dalam sistem pembelajaran daring yang dipersonalisasi. Dengan melakukan pendekatan metode campuran, baik data kuantitatif dan kualitatif terlibat dalam penelitian ini. Evaluasi dari penelitian dilakukan secara time-series, dengan teknik uji pre-test dan post-test. Untuk mengimplementasikan adaptivitas dalam model awal, sistem pembelajaran daring dibentuk melalui sebuah analisis komprehensif. Evaluasi pertama adalah untuk menguji model awal dengan metode kualitatif dengan mengombinasikan wawancara kontekstual dengan uji usabilitas, dan metode kuantitatif dengan System Usability Score (SUS) dan kuisioner AUI. Partisipan penelitian melibatkan 76 mahasiswa dari rumpun ilmu eksakta dan humaniora. Pada iterasi pertama, pengembangan sistem fokus pada pengelolaan komponen AUI sesuai dengan gaya belajar siswa. Terdapat lima aspek AUI yang menjadi perhatian, yaitu konten pembelajaran, desain visual, navigasi, petunjuk, dan struktur. Nilai SUS pada model awal yaitu 66.14 (di bawah rerata ideal) dan model final bernilai 71.27 (di atas rerata).

Adaptive approaches in the art of user interface research has been developing to create a personalization to users. Adaptive user interface (AUI) drives to have some changes on the system appearance to meet individual needs, including in e-Learning. On the importance of human factors, this adaptation still missed to consider universal aspect in which the students tend to interact. This research proposed to create a model with the integration of AUI components with the design principles in personalized e-Learning systems. This research used a mixed method approach in collecting both quantitative and qualitative data. Using the time-series approach, the evaluation of this study are generated through the pre-test and post-test technique. The comprehensive analysis regarding the adoption of adaptivity is managed to form the preliminary model of personalized e-Learning. In the preliminary model, the first evaluation is analyzed by using both qualitative and quantitative method. This research uses the combination of contextual interview and usability test to analyze the qualitative data, while the approach of quantitative is also analyzed using the Usability Scale (SUS) score and the questionnaire of the proposed integrated AUI model. By the diversity of study program STEM (Science, Technology, Engineering and Math) in higher education, there are 76 students involved in this study. During the first iteration, the development of the system focuses on managing the AUI components that are in line with the user’s learning style. There are five AUI aspects as an interface consideration during this development; learning contents, visual design, navigation, guidance, and structure. The SUS score in this preliminary model is 66.14 (below average) while the post model valued 71.27 (above average)."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasintongan, Job Richard
"[ABSTRAK
Kebutuhan berita dewasa ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari dari masyarakat yang semakin haus akan informasi. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi yang selalu berkembang pesat, masyarakat kini beralih ke sistem digital untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.Kebiasaan masyarakat yang selama ini mendapatkan berita melalui surat kabar sudah cenderung ditinggalkan.Telah banyak dijumpai situs berita yang dapat diakses secara onlineyang berbasiskan website melalui media perantara internet, hal ini dikenal dengan istilah portal media online. PT. XYZ merupakan salah satu dari sekian banyak portal media online yang ada di Indonesia. Tetapi dalam prosesnya PT. XYZ masih belum mampu unggul dalam bersaing dengan portal media online lainnya yang telah lebih dahulu dikenal masyarakat. Hal ini yang menarik untuk diangkat dalam penelitian ini. Permasalahan utama yang dihadapi PT. XYZ yaitu karena masih belum memiliki strategi e-bisnis dalam melakukan persaingan di insustri ini. Dengan menggunakan metodologi Chaffey, akan diidentifikasi karakteristik PT. XYZ, posisi bisnis dari PT. XYZ dalam persaingannya di industri media online, hingga nantinya disusun strategi e-bisnis yang dapat digunakan PT. XYZ dalam bersaing dengan portal media online yang lainnya. Penelitian ini akan menghasilkan strategi e-bisnis untuk PT. XYZ, memberikan gambaran dari posisi PT. XYZ di antara pesaingnya serta meningkatkan keunggulan bersaing dari PT. XYZ. Dengan demikian diharapkan PT. XYZ dapat mencapai target yang telah dirumuskan dalam rencana strategis tahunan yang dimiliki.

ABSTRACT
The needs of today's news very closely related to the daily life of a communities increasingly hungry for information. In line with the development of information technology always evolves rapidly, communities now turn to digital system to get the information they wanted. Habits of the people who have been getting news through newspapers has tended to be abandoned. Has been mostly can be found a website can be accessed online that is based website through the medium of an intermediary the internet it is known as online media portal . PT. XYZ is one of the many online media portals that exist in Indonesia. But in the process of PT. XYZ is still not able to excel in competing with other online media portal that had previously known to the public. It is an interesting to be appointed in this research. The main problems PT. XYZis because still has not had the strategy e- business in conducting competition in this industry. By using Chaffey’s methodology, will be identified characteristic PT XYZ , business position of PT. XYZ competition in the online media industry , until later arranged e-business strategy that can be used of PT. XYZ in compete with online media portal the others. This research will produce a e-business strategy to PT. XYZ, Provide an illustration from a position PT. XYZ among competitors and improve competitive advantage of PT. XYZ. Therefore, PT. XYZ can achieve the target was formulated in the strategic plan annual owned.;The needs of today's news very closely related to the daily life of a communities increasingly hungry for information. In line with the development of information technology always evolves rapidly, communities now turn to digital system to get the information they wanted. Habits of the people who have been getting news through newspapers has tended to be abandoned. Has been mostly can be found a website can be accessed online that is based website through the medium of an intermediary the internet it is known as online media portal . PT. XYZ is one of the many online media portals that exist in Indonesia. But in the process of PT. XYZ is still not able to excel in competing with other online media portal that had previously known to the public. It is an interesting to be appointed in this research. The main problems PT. XYZis because still has not had the strategy e- business in conducting competition in this industry. By using Chaffey’s methodology, will be identified characteristic PT XYZ , business position of PT. XYZ competition in the online media industry , until later arranged e-business strategy that can be used of PT. XYZ in compete with online media portal the others. This research will produce a e-business strategy to PT. XYZ, Provide an illustration from a position PT. XYZ among competitors and improve competitive advantage of PT. XYZ. Therefore, PT. XYZ can achieve the target was formulated in the strategic plan annual owned., The needs of today's news very closely related to the daily life of a communities increasingly hungry for information. In line with the development of information technology always evolves rapidly, communities now turn to digital system to get the information they wanted. Habits of the people who have been getting news through newspapers has tended to be abandoned. Has been mostly can be found a website can be accessed online that is based website through the medium of an intermediary the internet it is known as online media portal . PT. XYZ is one of the many online media portals that exist in Indonesia. But in the process of PT. XYZ is still not able to excel in competing with other online media portal that had previously known to the public. It is an interesting to be appointed in this research. The main problems PT. XYZis because still has not had the strategy e- business in conducting competition in this industry. By using Chaffey’s methodology, will be identified characteristic PT XYZ , business position of PT. XYZ competition in the online media industry , until later arranged e-business strategy that can be used of PT. XYZ in compete with online media portal the others. This research will produce a e-business strategy to PT. XYZ, Provide an illustration from a position PT. XYZ among competitors and improve competitive advantage of PT. XYZ. Therefore, PT. XYZ can achieve the target was formulated in the strategic plan annual owned.]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iqra Alfi Zahrin
"ABSTRAK
Pilkada DKI Jakarta menjadi momentum kemunculan media massa baru. Tulisan ini membahas mengenai pembentukam ujaran kebencian yang dilakukan oleh media massa yang bersifat hyperpartisan. Media hyperpartisan secara masif memproduksi berita dan opini menyangkut calon gubernur DKI Jakarta. Media hyperpartisan tersebut terbagi dalam dua kubu, yaitu kubu pemerintah dan non-pemerintah. Tulisan-tulisan yang diproduksi pada media tersebut memiliki unsur ujaran kebencian yang bertujuan untuk memprovokasi masyarakat. Media hyperpartisan melakukan upaya konstruksi realitas tentang makna subjektif untuk saling membenci satu sama lain dengan menggunakan konten-konten berisi hate speech. Terdapat dua media hyperpartisan yang cukup berpengaruh dalam pembentukan konstruksi realitas media yaitu seword.com dan portal-islam.id. Konten yang diproduksi pada media tersebut akan dilihat melalui analisis framing oleh Robert Entmant. Analisis tersebut untuk membuktikan bahwa konten media tersebut memiliki unsur partisan dan frasa ujaran kebencian. Tulisan ini juga akan membuktikan bahwa proses konstruksi realitas media pada kedua media massa hyperpartisan seword.com dan portal-islam.id menggunakan unsur hate speech. Sehingga, dapat diketahui bahwa media hyperpartisan ini merupakan sebuah instrumen yang memanfaatkan situasi polaris pada Pilkada DKI Jakarta, sebagai realitas objektif lalu didistribusi pada teks yang bersifat subjektif. Hal tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai yang menjadi tujuan dari media tersebut.

ABSTRACT
Jakarta rsquo s Government Election became the momentum of the emergence of new mass media. This paper discusses hate speech forming by hyper partisan mass media. Hyper partisan media massively produce news and opinion around the governor candidates of DKI Jakarta. These hyper partisan media are divided into two sides, the government side and the anti government side. The articles that are produced on those media have elements of hate speech that aims to provoke society. Hyper partisan media try to construct the reality of subjective meaning on hating each other by using hate speech content. There are two hyper partisan media that is quite influential in the forming of media reality construction seword.com and portal islam.id. Contents that are produced by those media were analyzed with Robert Entmant rsquo s framing. This analysis aims to prove that the content does have partisan elements and hate speech phrases. This paper will also prove that the construction of reality in these hyper partisan media, seword.com and portal islam.id, using hate speech. Therefore, it can be seen that these hyper partisan media are instrument that utilizes the polarized situation on DKI Jakarta election, as an objective reality that is distributed as a subjective text. The purpose is to instill values meant by the media."
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>