Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 99043 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sumaryanto
"Permasalaban: sistem informasi secara nyata membantu upaya peningkatan mutu suatu rumah sakit. Orientasi pada mutu pelayanan harus terus dik:embangkan, sejalan tuntutan masyarakat yang terus bertambah karena masyarakat akan dengan mudah membandingkan pelayanan yang didapat. Peran alat bantu berupa DSS (Decision Support System) akan sangat berguua dalam menetapkan dan membantu adanya keputusan yang unggul. Rumah Sakit "X" sebagai saJah satu rumah sakit terbesar di Jakarta mempunyai sistem informasi yang mengintegrasikan seluruh data. Selama ini sistem telah berjalan dengan memenuhi fungsinya dalam memproses informasi-infonnasi yang ada, tetapi hal tersebut belum menjamin keamanan informasi yang ada.
Tujuan: mengetahui seberapa jauh penerapan keamanan sistem infurmasi (security system) di Rumah Sakit "X", menganalisis dan mendesain DSS (Decision Support System) untuk audit keamanan sistem informasi Rumah Sakit "X", dan melaksaaakan uji coba DSS (Decision Support System) di Rumah Sakit "X".
Metode Penelitian: analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif dengan pengujian DSS audit keamanan sistem informasi Rumah Sakit "X". Peogumpulan data menggunakan instrumen berupa pengisian kuisiODer dan form data pada DSS yang telah dibuat yang sebelumnya dilakukan pelatiban pengguaaan perangkat lunak: tersebut.
Hasil: basil audit keamanan sistem infonnasi Rumah Sakit "X" menggunakan DSS me unjukkan dengan jumlah nilai perolehan 75 (59".4).
Kesimpulan: kondisi keamanan sistem informasi Rumah Sakit "X" masuk dalam kategori kuraag aman, DSS pada audit

Problem Statement: the real information system helps to increase the quality of hospital. The oriented of service must be developed continually. According society needed more service, so that they can be easy to compare the service. The role of the tool DSS (Decision Support System) will be useful to state and help for getting excellent decision. "X" Hospital is one of the biggest hospital in Jakarta has information system that coverage's all data. The system has worked with its function in processing all information but it doesn't guarantee the security system.
Purpose: to know how for the application of security system at "X" Hospital, to analyze and design DSS for security system audit, and try out DSS in "X" Hospital.
Research Method: to analyze data on research using descriptive quantitative for testing DSS security system audit in "X" Hospital, to get data using questioner and form at DSS it has training for using this software.
Result: the result of security system audit in "X" Hospital uses DSS that show the security system at that hospital is unsafe with score 7S (S -"). of security system at "X" Hospital shows unsafe category, Audit DSS at "X" Hospital consist of S steps input, processing. information, analyzing and report DSS has been made it helps and make easier to lalwe audit for security system at "X" Hospital.
Recommendations: to give information about the essential audit for security system, using DSS software for security system information, to increase human resource quality.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T33478
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sunti Yogi Utami
"ABSTRAK
Proses pencatatan dan transaksi perusahaan yang semakin terkomputerisasi membuat kebutuhan akan audit sistem informasi meningkat. Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit sistem informasi pada entitas HIJ yang dilakukan oleh KAP JKLM dari tahap perencanaan sampai tahap pelaporan. Dalam proses audit sistem informasi ini, KAP JKLM mengkaji dan menganalisis pengendalian umum TI Entitas HIJ. Prosedur yang dijalankan oleh KAP JKLM sudah sesuai dengan teori yang ada dan pengendalian yang ada pada lingkungan TI entitas HIJ juga telah diterapkan dengan efektif.

ABSTRACT
The company recording and transcation process that become more computerized increase the needs of information system auditing. This report discussess the information system audit procedure on HIJ entity that is carried out by KAP JKLM from planning stage up to reporting stage. In the process of information system audit, KAP JKLM reviewed and analyzed HIJ entity rsquo s control related to IT general control. The procedure applied by KAP JKLM is in accordance with the existing theory and the controls in HIJ Entity rsquo s information technology environment have been effectively implemented. "
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Yanna
"ABSTRAK
Sebagai bagian dari audit atas laporan keuangan PT STU tahun 2016, KAP ABC melakukan audit atas sistem informasi. Audit sistem informasi menguji pengendalian atas risiko yang berkaitan dengan sistem informasi. Pengendalian yang dinilai dalam proses audit sistem informasi tersebut adalah pengendalian umum dan pengendalian aplikasi. Pada laporan ini, pengendalian aplikasi yang dibahas adalah untuk area penjualan, piutang usaha, dan penerimaan kas serta financial statement close process. Dari audit sistem informasi tersebut, diperoleh hasil bahwa pengendalian yang terkait dengan sistem informasi di PT STU telah berjalan dengan efektif.

ABSTRACT
As part of audit of financial statements in PT STU for 2016, KAP ABC performed information system audit. Information system audit tests internal control to address risks associated with information system. Those controls are divided in to general control and application control. However, in this report, the application control discussed is for sales, trade receivables, and cash receipt and financial statement close process area. The result of information system audit show that internal control associated with information system in PT STU have been running effectively."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Sistem dan aset informasi yang dilayankan kepada pemustaka menjadi tulang punggung dengan adanya peran teknologi informasi. Penerapan sistem informasi perpustakaan yang berkembang pesat menimbulkan resiko yang dapat mengancam disebabkan kegagalan pustakawan dalam menilai sumber ancaman risiko. Risiko dapat berupa kejadian dan kondisi yang mengakibatkan dampak layanan informasi menjadi terganggu dan berhentinya proses pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk pelayanan manajemen risiko sistem informasi perpustakaan di perpustakaan UGM dengan menggunakan kerangka kerja (framework) NIST SP 800-30 dan untuk mengetahui faktor-faktor yang memenis koleksi pengaruhi pelaksanaan manajemen risiko sistem informasi perpustakaan.
Untuk mengurangi dan menghilangkan dampak risiko perpustakaan UGM melaksanakan kegiatan peringanan risiko (mitigasi) dengan memindahkan risiko berupa server sistem informasi perpustakaan ke PSDI (Pusat Sistem dan Sumberdaya Informasi). Kegiatan evaluasi risiko dilaksanakan secara terus menerus dengan konsistensi dari pustakawan untuk melaksanakan kegiatan rekomendasi kontrol peringanan risiko sampai tahap yang dapat diterima oleh perpustakaan. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen risiko sistem informasi di perpustakaan UGM dipengaruhi oleh kebijakan dari lembaga universitas, persepsi kepala perpustakaan dan kemampuan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan teknis dalam bidang teknologi informasi."
BIPI 10:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Tinitah Kusumastuti
"PT. X merupakan perusahaan perdagangan alat-alat kesehatan yang bertempat di Jakarta. Saat ini sistem informasi pada siklus pendapatan PT. X belum terintegrasi sehingga menimbulkan beberapa masalah dalam pelaksanaan siklus pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi terintegrasi pada siklus pendapatan PT. X dengan harapan rancangan sistem informasi tersebut ketika diimplementasikan dapat mengurangi masalah yang terjadi pada siklus pendapatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode FAST (Framework for The Application of System Thinking) hingga tahap desain logikal berupa logical system model dan spesifikasi dari sistem yang akan dikembangkan.

PT. X is a medical equipment trading company located in Jakarta. Currently, PT. X's revenue cycle information system has not been integrated causing some problems in implementing revenue cycle. The purpose of this study is to design an integrated information system on the revenue cycle PT. X with the expectation that the design of the information system when it’s implemented can reduce the problems in the cycle. The research was done by using FAST method (Framework for the Application of System Thinking) up to logical design phase in the form of logical system model and specification of the system to be developed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzul Umara Shidqi
"Laporan magang ini untuk mengevaluasi Prosedur Audit TI dalam Audit Sistem Informasi PT XXX oleh KAP ABC. Ruang lingkup audit secara khusus mengenai Information Technology General Control (ITGC) klien yang tergolong Audit Support. Kontrol akses ke fasilitas fisik, infrastruktur komputasi, aplikasi, dan data; bagian keamanan dan kepatuhan dari siklus hidup pengembangan sistem, kontrol manajemen perubahan, pencadangan, dan pemulihan, dan kontrol operasional atas sistem komputasi adalah bagian dari cakupan ITGC. Evaluasi dilakukan berdasarkan teori IT Audit Life Cycle in Core Concepts of Information Technology Auditing oleh James E. Hunton dan Information System Audit Standard yang dikeluarkan oleh ISACA. Metode evaluasinya adalah dengan membandingkan teori dan standar yang berlaku dengan praktek di lapangan. Berdasarkan evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar proses prosedur Audit TI yang dilakukan oleh KAP ABC mengikuti teori dan standar yang berlaku, namun hanya ada satu teori yang terdaftar yaitu terkait prosedur CAAT yang tidak dapat dilakukan, karena tidak wajib, relatif mahal dan membutuhkan keterampilan TI yang memadai. Laporan ini juga mencakup refleksi diri yang memungkinkan penulis untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dan juga area di mana penulis kuat. Refleksi diri ini akan menjadi batu loncatan bagi pertumbuhan penulis di masa depan.

This internship report is to evaluate the IT Audit Procedure in Auditing the Information System of PT XXX by KAP ABC. The scope of an audit was specifically regarding the Information Technology General Control (ITGC) of the client which is classified as Audit Support. Access control to physical facilities, computing infrastructure, applications, and data; security and compliance parts of the system development life cycle, change management controls, backup, and recovery, and operational controls over computing systems are all part of the ITGC's scope. The evaluation is carried out based on the IT Audit Life Cycle theory in Core Concepts of Information Technology Auditing by James E. Hunton and Information System Audit Standard issued by ISACA. The method of the evaluation is by comparing the applicable theory and standard with practice in the field. Based on the evaluation, it can be concluded that the majority of the IT Audit procedure process carried out by KAP ABC follows applicable theories and standards, however, there is only one theory listed regarding CAAT procedure that could not be performed, it is mainly because it was not mandatory, relatively expensive and requires sufficient IT skills. This report also includes self-reflection which enables the author to identify areas for improvement and also areas where the author is strong. This encounter will serve as a springboard for the author's future growth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Masjono Mukhtar
Jakarta: Rineka Cipta, 2002
025.04 ALI a (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abi Sarwana Putra
"Laporan ini menjelaskan mengenai penugasan audit sistem informasi yang dilakukan oleh tim dari divisi General Risk and Control (GRC) KAP FTW terhadap PT. XYZ yang bergerak di bidang pengembang kawasan properti dan wisata terpadu. Ruang lingkup penugasan berfokus pada area Pengendalian Sistem Informasi secara Umum (IT General Control) dan pada area Pengendalian Aplikasi Sistem Informasi (Application Control) sebagai bentuk dukungan kepada divisi audit keuangan dan sebagai bagian terintegrasi dari audit secara umum yang dilakukan KAP FTW terhadap PT. XYZ. Berdasarkan hasil audit yang sudah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pengendalian umum pada teknologi informasi PT. XYZ belum dilaksanakan secara efektif dan efisien karena ditemukan beberapa kelemahan pada sistem dan belum memenuhi beberapa indikator yang diterapkan oleh KAP FTW. Sementara pengujian terhadap pengendalian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi yang ada sudah berjalan dengan handal dan sesuai dengan prinsip keamanan sistem informasi.

This report describes about the assignment of information systems audit conducted by the team from General Risk and Control (GRC) Division of KAP FTW against PT. XYZ which engaged in Real Estate industry and Integrated-Tourism area development. The scope of the assignment focusing on areas in General Information Systems Control ( IT General Control ) and in the area of Application Control Information System (Application Control ) as a form of support to the financial audit division and as a part of integrated general audit which is conducted by KAP FTW against PT. XYZ. The result of audit concludes that general controls on information technology of PT. XYZ are still not implemented in an effective and efficient way because some deficiencies on the system are found and it has not yet met some of the indicators applied by KAP FTW. While the result of test of control against application control concludes that the existing application already running reliably in accordance with the principles and security of information system."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rasnila Lahay
"Tesis ini bertujuan mengembangkan Sistem Infomiasi Penccgahan dan Pemberantnsan penyakit Demam Berdamh berbasis wilayah yang dapat memudahkan dalam proses analisis data yang bermanfhat dalam proses monitoring dan evaluasi program di Kota Bekasi. Pengernbangan sistem dilakukan dcngan mctode .System Development LW Cycle (SDDC) yang terdiri dari tahapan analisa sistem, perancangan sistem dan ujicoba prototipe. Pengembangan dilakukan di tingkat Dinas Kesehatan Kota Bekasi. Hasil penelitian ini adalah pengembangan sistem yang menghasilkan informasi untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi program bennpa keluaran indilcator kepadatan, ABI, Endemilas dan Fogging sehingga dapat memberikan infcnnasi yang bermanfhat bagi para pengambil keputusan.

This thesis focusing on the Development of Infomation System on The Prevention and Elimination of Dengue Fever based on Regions that can help the process of analyzing data for monitoring and evaluating the programme in Kota Bekasi region. The development of the system used System Development LM? Cycle (SDLC) methode that consist of Analyzing system, Designing System and prototype testing. The development was done in the Health department administration level. The result of this thesis is that the development of the system has produced the indicator output that can be use for monitoring and evaluating the programme. The indicator are the population density, the number of free mosquito-larva, Endemitas ofthe DBD case and Fogging that can be use to support the decision making process."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
T34261
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Sri Martini
"Payroll System yang merupakan sub-sistem dari Management Information System memerlukan informasi, apakah itu jumlah pegawai, besarnya gaji dan tunjangan yang dibayar, besarnya pajak dan lain-lain. Mengingat kebutuhan informasi yang begitu banyak tidaklah mengherankan jika Payroll System perlu ditunjang oleh alat bantu yakni komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang dengan kemampuannya dapat mengolah data dengan cepat menjadi informasi. Dengan dasar inilah akan dijelaskan bagaimana komputer berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan dalam Payroll System. Penelitian dilakukan lewat penelitian kepustakaan serta peneli-tian lapangan yakni dengan melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang menangani payroll pada PT "X", serta observasi langsung untuk memperoleh data. Hasil studi menunjukkan Total Payroll System yang merupakan salah satu perangkat lunak aplikasi, dapat memenuhi kebutuhan informasi dalam Payroll System. Total Payroll System terdiri dari menu-menu Personnel, Overtime, Potongan Jam Kerja, Allowance, Insurance, Bonus, Loan, Potongan Lain, Calculation, Report, Utilities dan Housekeeping. Lewat menu-menu ini Total Payroll System dapat melakukan pencatatan dan penghitungan gaji pegawai. Untuk menghindari masalah kelebihan dan kekurangan pembayaran pajak, Total Payroll System menyediakan fasi1itas untuk mengestimasi pajak yang harus dibayar pada satu tahun, sehingga pihak manajemen dapat melakukan tax adjustment. Di samping menyediakan laporan yang sifatnya intern, Total Payroll System juga menyediakan laporan yang sifatnya ekstern seperti Surat Pemberitahuan Tahunan untuk pajak penghasilan pegawai. Total Payroll System dapat memberi informasi kepada pihak yang berkepentingan, apakah itu pihak manajemen, pegawai, pemerintah dan lain-lain. Total Payroll System mampu mengolah data dan membuat laporan kepegawaian yang bersifat bulanan dan tahunan. Dan dengan kemampuannya mencetak Surat Pemberitahuan Tahunan bagi kepentingan perpajakan, Total Payroll System jelas akan sangat membantu kelancaran administrasi penggajian pegawai."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>