Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61770 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Depok : Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
658.409 5 REN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tanzil Maharsi
Depok: Deopartemen Teknik Sipil FT-UI, 2007
658.401 2 TAN p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Mayariani
"1. PT X adalah perusahaan swasta yang bermitra dengan PT Telkom di bidang usaha jasa telekomunikasi (rincian tentang PT X terdapat pada lampiran 1). Tugas akhir ini berisi rekomendasi bagi perusahaan tersebut untuk mengatasi gejala inefisiensi, menurunnya produktivitas dan efektivitas jalannya perusahaan akibat adanya beberapa persoalan mendasar di dalam organisasi, yang gejalanya antara lain berupa: tidak adanya rencana kerja tahunan serta struktur organisasi yang jelas, tidak adanya peraturan perusahaan dan Standard Operation Procedures [SOP], tidak adanya sistem keuangan yang baik, serta tidak adanya laporan pertanggungjawaban tertulis tentang pelaksanaan pekerjaan.
2. Gejala-gejala yang disebutkan di atas secara teoritis dapat disebabkan oleh adanya masalah dalam pola-pola komunikasi, kepemimpinan, power dan politik di dalam organisasi, struktur formal dan budaya organisasi, kebijakan dan praktek sumber daya manusia, serta tingkat konflik yang ada di dalam organisasi. Hasil analisa data awal mengarah pada kesimpulan bahwa sumber masalah adalah adanya konflik pada level manajemen puncak (rincian analisis untuk membuat diagnosa awal ini disajikan pada bagian Uraian Pelengkap di halaman 17 s.d. 31).
3. Mengacu pada teori tentang manajemen konflik (tinjauan teoritis secara rinci disajikan pada bagian Uraian Pelengkap di halaman 3 s.d. 16), ada beberapa kemungkinan intervensi atau alternatif solusi yaitu menggunakan pendekatan problem solving style, forcing style, compromising style, melakukan pendekatan strukturat terhadap manajemen konflik, melakukan individual conflict coaching, melaksanakan conflict management training, dan conflict resolution program.
4. Analisis kelebihan dan kelemahan atau keuntungan dan kerugian masingmasing alternatif solusi (secara rinci disajikan pada bagian Uraian Pelengkap di halaman 32 s.d. 40) menunjukkan bahwa alternatif terbaik yang dapat direkomendasikan adalah program yang dirancang secara khusus (customized program), yang materinya mencakup gabungan dari berbagai alternatif solusi tersebut di atas.
5. Rincian rekomendasi mengenai implementasi solusi tersebut di atas disajikan pada bagian Uraian Pelengkap di halaman 41 s.d. 49. Program intervensi tersebut dikemas dalam bentuk top management workshop tentang evaluasi kinerja dan peningkatan produktivitas organisasi, dengan melibatkan peran CEO sebagai penggerak kegiatan."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T18583
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Wiisti Fenty Fevrieranty
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kepuasan komunikasi terhadap produktivitas kerja unit Call Center pada Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan Kring Pajak. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep Kepuasan Komunikasi (Downs dan Hazen, 1977) dan Produktivitas (Timpe, 2002). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner. Adapun populasi pada penelitian ini adalah 189 pegawai seksi operasional yang bekerja sebagai agen call center. Pemilihan sampel menggunakan total population sampling yang melibatkan seluruh populasi.
Hasil dari analisis faktor mengidentifikasi tujuh faktor baru dari kepuasan komunikasi, yaitu sebagai berikut: Organizational Information, Communication Climate, Personal Feedback, Communication with Supervisor, Horizontal Communication, Media Quality, dan Informal Communication. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kepuasan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas. Hasilnya juga menunjukkan bahwa faktor-faktor kepuasan komunikasi mempengaruhi produktivitas secara berbeda. Dua faktor yang berpengaruh positif terhadap produktivitas, yaitu Organizational Information dan Media Quality. Sedangkan, Horizontal Communication terlihat memiliki pengaruh negatif terhadap produktivitas. Dan hasil analisis pada faktor-faktor lainnya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh terhadap produktivitas.

Purpose of this research is to verify the impact of communication satisfaction on productivity of Call Center unit at KLIP Kring Pajak. The used concepts are Communication Satisfaction (Downs and Hazen, 1977) and Productivity (Timpe, 2002). Data collection was done by using survey method through a questionnaire. The population in this research were 189 employees in operational section who work as call center agents. Sample selection using total population sampling that involves examining the entire population.
Factor analysis led to identification of seven new factors of communication satisfaction, all of which are: Organizational Information, Communication Climate, Personal Feedback, Communication with Supervisor, Horizontal Communication, Media Quality, and Informal Communication. The result of regression analysis shown that communication satisfaction had a significant impact on productivity. The results also indicate that factors of communication satisfaction differentially impacted productivity. Two factors had a positive impact on productivity are Organizational Information and Media Quality. While Horizontal Communication seem to have a negative impact on productivity. And the analysis result for the other factors shown that there is no impact on productivity."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T55225
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Muhammad Syafiq Wiraatmadja
"ABSTRACT
This study aims to examine the relationship between co workers relationship to job satisfaction in a gender diverse dominant group. In particular, this article studies job productivity by connecting it to job satisfaction and the importance of it using two factor theory and theory of needs and correlate the variable with co workers rsquo relationship moderated by situation and perceived feeling of gender diversity in a working group. The research is conducted with a total of 92 employees from both Netherlands and Indonesia, tested using linear regression model. The result of this study show that some models fit to the data while gender diversity isnt significant to the model. The research results in co workers relationship to significantly influence job satisfaction positively. Unfortunately, gender diversity resulted with a low reliability thus deemed as a problem and a lesson for future research. In the result, gender diversity has no significance to the relationship of the variables. The research shows that responses did not create much difference between Indonesia and the Netherlands. A thorough discussion regarding the relationship between variables is presented in this paper.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji relasi antara hubungan rekan kerja dengan kepuasan kerja dalam kelompok jenis kelamin yang beragam atau dominan. Artikel ini mengkaji produktivitas kerja dengan menghubungkan kepuasan kerja dan pentingnya kepuasan tersebut menggunakan Two-factor Theory dan Theory of Needs dan mengkorelasikan variabel tersebut dengan hubungan rekan kerja yang dimoderasi oleh situasi dan persepsi keragaman jenis kelamin dalam bekerja. Penelitian dilakukan dengan total 92 karyawan dari Belanda dan Indonesia, diuji dengan menggunakan Linear regression model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa model sesuai dengan data sedangkan keragaman antar jenis kelamin tidak menunjukkan hasil yang signifikan terhadap model. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara rekan kerja mempengaruhi kepuasan kerja secara positif dan signifikan. Tetapi, keragaman jenis kelamin menghasilkan reliability yang rendah sehingga variabel tersebut memberi kesulitan terhadap penelitian dan juga pelajaran untuk penelitian yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Dalam hasil penelitian, keragaman jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap hubungan variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan analisis antara Indonesia dan Belanda tidak signifikan. Diskusi menyeluruh mengenai hubungan antar variabel dipersembahkan dalam makalah ini."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panjaitan, Lidya Kemala Sari
"Performa akademik pada mahasiswa dapat juga dipengaruhi oleh hubungan interpersonal di lingkungan akademik. Ketika seseorang merasa diterima oleh teman sebaya di kampus, maka ia akan mempersepsi bahwa lingkungan belajar adalah tempat yang menyenangkan, sehingga performa akademik juga akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas intervensi kontak bayangan untuk meningkatkan penerimaan pada teman sebaya perantau. Studi baseline yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kurangnya penerimaan mahasiswa pada teman sebaya perantau di universitas swasta. Intervensi dirancang menggunakan teori kontak bayangan untuk meningkatkan penerimaan terhadap teman sebaya. Intverensi dilakukan terhadap 56 orang mahasiswa tingkat pertama non-rantau yang memiliki pengalaman dengan teman sebaya mahasiswa rantau sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan rata-rata nilai pre dan post test pada kelompok intervensi, meskipun peningkatan nilai tersebut tidak signifikan (sig. > 0.05). Hal tersebut terjadi karena beberapa batasan yang tidak dapat dikontrol, seperti situasi intervensi yang terjadi secara daring melalui zoom.

Student’s academic performance might be affected by interpersonal relations in the academic environment. Students from other towns need to make more effort to build a positive relationship with their academic environment at college. Peer acceptance at college can build a perception that their social network and academic environment are fun and enhance academic performance as well. The purpose of this research is to test if the imagined contact will be efficient to enhance peer acceptance for out-town college students. This research involves 56 first-year local college students that have experiences interact with students from another town. The main result showed there are no significant differences (sig. >0.05) from the average score before and after the intervention. There are some limitations of this research that can be improved for the next research."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifah Indalika Mulyadi Razak
"Perilaku prososial merupakan modal penting untuk berhasil beradaptasi dalam kehidupan sosial (Berns, 2010). Keikutsertaan dalam kegiatan taman kanak-kanak memperluas mikrosistem anak dan menuntut pengembangan perilaku sosial sesuai dengan situasi sosial yang berbeda dan lebih luas. Upaya sistematik perlu dilakukan di tingkat prasekolah untuk memastikan bahwa perilaku prososial berkembang sesuai dengan harapan. Upaya menumbuhkembangkan tingkah laku prososial pernah dilakukan dengan menerapkan berbagai metode, antara lain, bermain peran, bermain konstruktif, pembacaan cerita dan metode bercerita shared reading. Metode shared reading dengan komponen membacakan cerita (C), berdiskusi (D) mengenai isi cerita serta mempraktekkan langsung informasi yang terdapat dalam isi cerita (K) akan diterapkan dalam Program Cerita Prososial Aktif rancangan peneliti. Efektivitas program cerita prososial aktif yang secara konseptual merupakan implementasi dari metode shared reading, akan diuji melalui penelitian eksperimental yang berdesain before-and-after . Partisipan berjumlah 20 murid taman kanak-kanak berusia antara 4-5 tahun. Penelitian dilakukan terhadap 1 kelompok eksperimen (CDK) yang diintervensi dengan metode shared reading dan 3 kelompok kontrol berturut-turut: kelompok CD, C dan CG. Kelompok CD diintervensi dengan cerita dan diskusi, kelompok C dibacakan cerita oleh peneliti dan CG dibacakan cerita oleh guru murid-murid tersebut. Dilakukan intervensi selama 15 sesi. Perilaku prososial diukur melalui observasi terhadap 15 item senarai tingkah laku prososial. Program Cerita Prososial Aktif yang menggunakan metode shared reading ternyata efektif meningkatkan tingkah laku prososial anak prasekolah secara signifikan (Z=-2.032) setelah dilakukan 5 sesi intervensi dan tingkahlaku prososial secara konsisten terus meningkat frekuensinya sampai penelitian berakhir. Metode bercerita tanpa diskusi dan kegiatan efektivitasnya paling rendah.

Adaptation to social interactions in a larger social environment is determined by individual?s prosocial behavior (Berns, 2010). With their expanding microsystem prosocial behavior of preschool children need to be develop accordingly, to establish and enhance the repertoire learned in their home environment. Various methods had been implemented in the enterprises of developing prosocial behavior of preschool children i.e.. role play, constructive play, story reading and shared reading. Cerita Prososial Aktif (CPA) that implements shared reading method presumably more effectively increases prosocial behavior considering that the prosocial story reading (C) is complemented with discussion (D) and relevant activities (K) for the children to apply prosocial behavior. With the before and after experimental design, this study aims at comparing the effectiveness of shared reading (CDK) method against active story telling (CD) and story telling without discussion(C). Prosocial behavior was measured by observation using prosocial behavior checklist consisits of 15 items. After 5 sessions the experimental gourp (CDK) showed significantly higher increase of prosocial behavior, while the other 3 control groups: treated with story and discussion (CD), C (story telling by investigator) and story telling by teacher (CG) showed no significant increases. After 15 sessions CDK group showed highest increase compared to CD, C or CG groups. Significant increase of prosocial behavior was achieved after 15 sessions of listening to prosocial story without discussiion and relevant activities, with the lowest size compared to CDK and CD groups.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T43054
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>