Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 181783 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pratiwi Anindita Adji
"Skripsi ini membahas strategi promosi jurnal elektronik di Layanan Pustaka dan Informasi Universitas Bahagia (Lapusi UB). Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi promosi jurnal elektronik dan kendala promosi jurnal elektronik di Lapusi UB. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lapusi UB melakukan promosi jurnal elektronik melalui personal selling dan direct marketing, tetapi Lapusi UB belum memiliki strategi promosi jurnal elektronik yang terencana. Penelitian ini menyarankan Lapusi UB untuk membuat perencanaan strategi promosi jurnal elektronik, melakukan kerja sama dengan unit pascasarjana UB untuk sosialisasi dan pelatihan jurnal elektronik, dan mengadakan evaluasi kegiatan promosi jurnal elektronik secara rutin.

This research discusses the promotion strategy of electronic journals at Bahagia University Library and Information Service (Lapusi UB). The purpose of this study is to describe the promotion strategy of electronic journals and its constraints at Lapusi UB. This research is a qualitative with case study method. The results of this research show that Lapusi UB has promoted electronic journals through personal selling and direct marketing, but Lapusi UB has not run a wellplanned promotion strategy of electronic journals. In hence, this research suggests Lapusi UB should manage a better plan of promotion strategy to promote electronic journals, regularly to cooperation with UB Magister Unit in socializing the electronic journals, carrying out some trainings and evaluating the promotion activities of electronic journals."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kharisma Nadya Mega
"Penelitian ini membahas mengenai perbandingan penggunaan fasilitas/layanan Perpustakaan Universitas Indonesia dengan fasilitas umum (tenant) oleh responden yang merupakan mahasiswa S2 UI. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret—Juni tahun 2013. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan fasilitas/layanan gedung Perpustakaan UI, fasilitas/layanan yang menjadi prioritas dan faktor strategi pemasaran yang mempengaruhi pemilihan suatu fasilitas/layanan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kuisioner dan didukung dengan wawancara serta observasi langsung di lapangan.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan fasilitas/layanan Perpustakaan UI lebih baik dibanding tenant , namun masih ada fasilitas/layanan Perpustakaan UI yang sedikit digunakan. Prioritas fasilitas/layanan responden adalah ruang baca dan diskusi, dan faktor strategi pemasaran yang paling berpengaruh adalah faktor place namun promosi masih kurang. Saran yang dapat diberikan adalah posisi strategis sebaiknya ditempati oleh fasilitas/layanan Perpustakaan UI dan promosi Perpustakaan UI lebih ditingkatkan dan diletakkan di tempat-tempat strategis.

This research describes the utility of building facilities and library facilities of UI Library, by respondents which are students of master degree in UI. The research takes place on March to June 2013. The purpose of this research is to reveal the utility and priority of building facilities and library facilities. The approach used in this research is Quantitative; it is by using survey methods. Data collected by questionnaire with 30 respondens.
The result shows that the first priority for the facility utility in the library building is the reading and discussion room. It shows the utility of library facilities better than building facilities. However, few of those library facilities are less in use and also, the library needs to be promoted way more than before. For advice, library facilities / services should be placed at a strategic position in the UI library building, and for the promotion, the UI Library should more enhanced and placed it in strategic places.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46175
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridwan Hanif Rahmadi
"Skripsi ini membahas evaluasi kualitas layanan Perpustakaan Mandiri Universitas Al Azhar Indonesia menggunakan instrumentasi LibQual+® oleh mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dan observasi. Instrumentasi LibQual+® mengukur kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi, yaitu: affect of service, information control dan library as place. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dengan menghitung skor layanan yang diterima, skor harapan minimum dan harapan yang diinginkan oleh pengguna. Dari hasil ketiga skor tersebut dilakukan penghitungan gap score yang terdiri dari adequacy gap dan superiority gap.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 94 responden menilai ketiga dimensi kualitas layanan Perpustakaan Mandiri UAI berada pada wilayah zone of tolerance,yaitu kondisi dimana nilai layanan yang diterima mampu memenuhi nilai harapan minimum, namun masih belum dapat memenuhi harapan yang diinginkan oleh pengguna.

This thesis discusses the service quality evaluation of Mandiri Library at Al Azhar Indonesia University by using LibQual+®. This research is a quantitative research that uses survey and observation methods. The LibQual+® instrumentation is used to measure the service quality of LibQual+® library based on three dimensions: affect of service, information control, and library as place. The data analyses in this research use descriptive statistics to calculate the received service score, minimum expectation score, and users' desired expectation score. Based on the result of those three scores, the researcher counts the gap scores which consist of adequacy gap and superiority gap.
This research finding states that 94 respondent’s rate the three dimensions of service quality of Mandiri Library at Al Azhar Indonesia University are on the zone of tolerance, a condition where the value of received service is able to meet the minimum expectation value, but still does not meet the users’ expectation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46022
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antoni Panji Purnomo Adi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai peran perpustakaan khusus dalam memenuhi
kebutuhan informasi peserta diklat di perpustakaan Lemhannas RI. Tujuan penelitian
ini adalah mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkan bagi peserta diklat dan
layanan yang diberikan Perpustakaan Lemhannas RI dalam memenuhi kebutuhan
informasi peserta diklat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan
wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah
kebutuhan informasi peserta diklat sangat beragam tergantung dari jenis pekerjaan
masing-masing peserta. Dari segi layanan yang diberikan perpustakaan Lemhannas
RI belum mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi peserta diklat.

ABSTRACT
This research examines about the role of special libraries in fulfilling the information
needs by training participants in National Resilience Institution RI. This research to
identify the need of information by training participants and the services provided by
Library of National Resilience Institution RI in fulfilling the need of information by
training participants. This research is a qualitative research with use case study
method. This study used data collection techniques with interviews, observation and
document analysis. The results of this research are training of participants needs of
information vary depending on the type of work each participant. In terms of library
services provided National Resilience Institution RI has not been able to fulfill the
need of information by training participants"
2014
S57445
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Rasiono
"Skripsi ini membahas tentang layanan perpustakaan bagi pemustaka berkebutuhan khusus pada Perpustakaan Nasional RI yang tentunya berhubungan dengan koleksi dan fasilitas perpustakaan. Latar belakang penelitian ini adalah butir pasal lima ayat tiga Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan yang menjelaskan bahwa masyarakat yang memiliki cacat dan/atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan yang disesuaikan dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perencanaan dan pewujudan inovasi dalam pembentukan ketersediaan aksesibilitas dan fasilitas dalam bentuk layanan yang diberikan oleh perpustakaan bagi seluruh pemustakanya baik yang pernah dilakukan, sedang dilakukan, atau akan dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, analisis dokumen,dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan beberapa kendala penting yang dihadapi oleh Perpustakaan Nasional dalam menyediakan fasilitas dan memberikan layanan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, antara lain: kebijakan, anggaran, perencanaan gedung, sumber daya manusia, pertimbangan pengembangan, dan pemustaka berkebutuhan khusus itu sendiri.
Sedangkan upaya yang akan dilakukan sebagai inovasi yaitu: Perpustakaan Nasional akan membangun gedung layanan baru sebesar 24 lantai, melakukan sentralisasi perpustakaan dengan menggabungkan sistem layanan terbuka dan tertutup, menyediakan lantai khusus dengan segala koleksi yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, menyediakan lantai khusus dengan segala fasilitas yang dibutuhkan bagi pemustaka berkebutuhan khusus, meningkatkan mutu pelayanan khususnya bagi pemustaka berkebutuhan khusus, dan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pustakawan maupun petugas yang ada berkenaan dengan pemustaka berkebutuhan khusus.

This thesis discusses about library services for special needs at the National Library of Indonesia which is certainly related to the collection and library facilities. The background of this research is the point section five, verse three of Undang-Undang 43 of 2007 about the library which explains that people who have disabilities and/or physical, emotional, mental, intellectual, and/or social are entitled to library services which costumized to the abilities and limitations.
The purpose of this study is to understand the planning and realization of innovation in the establishment of the availability and accessibility of facilities in the form of services provided by the library for everyone. The type of research used in this study is a qualitative research with case study strategy. Data collected through interviews, observation, document analysis,and triangulation of data. These results indicate that found some important obstacles faced by the National Library in providing the facilities and providing the services to the library user with special needs, such as: policy, budgets,building planning, human resources, development considerations, and library user with special needs itself.
The efforts or services innovations of National Library are: the National Library will build a new 24 floors buiding, the National Library will conduct a centralization of library services by combining open access and closed access systems, the National Library will provide a special floor for people with special needs, the National Library will provide an education and training for librarians and existing officers, etc.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Perdi Ridwan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas layanan Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Daerah Kota Tangerang Selatan di 7 kecamatan berdasarkan 3 dimensi yang dimiliki oleh LibQual+® yaitu; (1) Information Control, (2) Affect of Services, (3) Library as a Places. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung kepada 100 responden yang merupakan pengunjung perpustakaan keliling dan sebelumnya pernah menggunakan layanan perpustakaan keliling.
Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa kualitas layanan Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Daerah Kota Tangerang Selatan dinilai cukup baik oleh pengunjung perpustakaan keliling. Hal ini dapat diketahui dari kepuasan pengunjung perpustakaan keliling terhadap sebagian besar layanan yang diberikan oleh perpustakaan keliling. Saran terhadap kualitas layanan adalah menambah jumlah koleksi dan armada mobil perpustakaan keliling.

This research aim to identify the quality of the mobile library in South Tangerang at 7 (seven) district by three dimensional owned by LibQual+®, namely; (1) Information Control, (2) Affect of Services, (3) Library as a Places. This research using descriptive method , with quantitative approach, data collection techniques was done by distributing questionnaires directly to 100 respondents who were visitors of mobile library and had previously used this mobile library.
This research results a conclusion that quality of the mobile library in South Tangerang are good enough based on visitors judgment. This can be known from the visitors of mobile library satisfaction based on service which provide by mobile library South Tangerang. Suggestion this research are increase library collection and mobile library vehicle.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52483
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rengga Sendrian
"Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Mercu Buana Kampus D Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara SDM, koleksi dan sarana prasarana terhadap kualitas layanan perpustakaan di Perpustakaan Mercu Buana Kampus D Bekasi dan seberapa besar kontribusinya.
Penelitian ini termasuk penelitian metode kuantitatif berjenis korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket sebagai alat pengumpul data yang diperoleh dari responden. Teknik penentuan sampel penulis menggunakan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Adapun metode pengukuran instrument menggunakan skala likert, dan pengolahan data menggunakan SPSS Statistical Product and Solution versi 20.
Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sumber daya perpustakaan dengan kualitas layanan perpustakaan UMB Kampus D Bekasi. Hal ini ditunjukkan dari analisis korelasi melalui Tabel Uji Statistik F. Hasil Uji Statistik F menunjukkan Sig. 0,000."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T47042
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Novita Ernaningsih
"Perubahan paradigma perpustakaan dari konvensional menuju ke virtual, secara langsung maupun tidak langsung telah mempengaruhi peran perpustakaan dalam siklus transfer informasi, terutama bagi perpustakaan di perguruan tinggi. Perpustakaan Binus University atau disebut LKC (Library and Knowledge Center) merupakan salah satu perpustakaan yang mengalami perubahan tersebut, yaitu dari koleksi terpusat yang bersifat lokal dan umumnya berbentuk teks dalam format dan media yang berbeda-beda ke dalam koleksi yang terdistribusi secara virtual. Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh perpustakaan maupun pemustaka dengan diimplementasikannya virtual library sebagai media dalam transfer informasi, meskipun terdapat juga beberapa kendala yang harus dihadapi baik teknis maupun non-teknis terutama berkaitan dengan hak cipta, promosi dan faktor humanistik. Namun semua kendala itu dapat diminimalisir dengan menerapkan sistem aplikasi dan media transfer informasi yang berkualitas, interaktif dan ?ramah? terhadap pemustaka. "
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2014
020 VIS 16:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Alfian Dwi Santosa
"Skripsi ini membahas kegiatan membacakan cerita yang dilakukan oleh Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana di SDN 07 Jatinegara Kaum dalam upaya meningkatkan minat baca anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses persiapan hingga evaluasi serta pengaruh dari kegiatan membacakan cerita oleh pihak Yayasan Pustaka Kelana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam proses kegiatan membacakan cerita oleh pendongeng yayasan pustaka kelana dilakukan sebagai program dan membatasi ruang gerak kreativitas pendongeng. Yayasan Pustaka Kelana perlu melakukan evaluasi agar kegiatan membacakan cerita lebih menarik.

This undergraduate thesis discusses about storytelling activity that was carried out by a storyteller of Library of Yayasan Pustaka Kelana at SDN 07 Jatinegara Kaum in an effort to increase children?s reading interest. The purpose of this research is to describe a process of preparation until the evaluation and the influence of the activity storytelling by Yayasan Pustaka Kelana. This type of research is called a qualitative research with a case study method. The result of this research shows that the process of storytelling by Yayasan Pustaka Kelana depends on the program and the policy of the Yayasan Pustaka Kelana. Therefore, this program needs to be evaluated more interesting storytelling activity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S62274
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gardiner, Jewel
Chicago: American Library Association, 1954
025.5 GAR a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>