Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150218 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meilisa Garnisia
"ABSTRAK
Di Eropa saat ini, telah berkembang berbagai variasi bentuk angkutan transportasi
barang baik dalam paket kecil maupun menengah. Permintaan akan logistikpun
mengalami peningkatan setiap tahunnya terutama setelah krisis. Sudut pandang
tesis ini adalah meningkatkan sistem transportasi yang berorientasi pada teknologi
ramah lingkungan yang dapat meminimalisir polusi. Oleh karena itu, tujuan dari
proses penelitian ini adalah membuat studi kelayakan inovasi baru dari kendaraan
otomatis untuk pengangkutan barang, Vehicule Automatic Pour Marchandise
(VAM) atau dapat disebut juga, teknologi kereta kabel listrik yang ramah
lingkungan. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang pemilihan desain kereta
kabel dan manajemen waktu operasionalnya. Selanjutnya, penelitian ini juga
harus berdasar kepada supply chaine sustainability yang meliputi; kecepatan,
keamanan, biaya, dan dampak terhadap lingkungan. Dan penelitian ini dilakukan
di lingkup logistik antara DELTA 3 dan bandara Lesquin, Lille.

ABSTRACT
Recently in Europe, the freight transportation are developing in variety size as
small and medium packets. Logistics demand has also increasing every year after
the crisis. Based on viewpoint-oriented research, the fundamental element that
must accompany any research to improve the transport systeme is the
minimization of pollution. As part of this internship, the purpose is to demonstrate
the feasibilty of a new innovation for Vehicule Automatique des Marchandises
(VAM) or an electric cable propulsion technology which is environmnetal
friendly. In addition this research should also be based on supply chain
sustainability including : the speed, the security , the cost, and the impact for the
environment. There will be in the preparation design and operational time
management. And this study will be focus on logistics from Delta 3 as an an
European multimodal and logistics platform, set up in North of France and near
the urban area of Lille to Lesquin Airport or otherwise."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35537
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Merlando Yosua
"ABSTRAK
Potensi pengembangan transportasi kargo udara dimana transportasi udara memiliki
keunggulan lebih dibandingkan dengan moda lain seperti truk, tongkang dan kereta api
seperti penghematan waktu, mudah dalam pengemasan pada bongkar muat, efisien
untuk paket kecil dan menengah, mendukung perkembangan ekonomi dan industri
logistik . Integrasi yang baik antara area logistik dan bandara dapat mendukung
distribusi barang dari industri. Tesis ini memperkenalkan inovasi transportasi kabel
dalam rangka membangun desain sistem baru untuk pengangkutan barang yang
berkelanjutan tidak hanya fokus pada aspek ekonomi dan sosial, tetapi juga respek
terhadap lingkungan. Ini adalah peran transportasi dalam rantai pasokan.

ABSTRACT
The potential of development in air cargo transport that air transport has more
advantage than another mode like truck, barges and train as saving the time, easy on
packing with loading and unloading, efficient for small and medium package,
supporting the economic development and logistic industry. Good integration
between logistic area and airport could support distribution of goods from industry.
This thesis introduce the cable transport innovation in order to build the design for
new system to transport goods that sustainable not only focus on the economic and
social aspect but also respect for environment. This is the role transportation in supply
chain."
2013
T35535
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Fahroji
"Perkembangan transportasi logistik memiliki tren kenaikan sebelum krisis global pada tahun 2008. Hal ini dikarenakan perdagangan dunia menjadi pendorong semakin tumbuhnya transportasi logistik dengan transportasi multimoda. Namun untuk mencapai tujuan dari kebijakan pembangunan yang berkelanjutan, maka tidak boleh mengesampingkan terhadap dampak lingkungan. Sehingga dalam studi ini diajukan sebuah desain transportasi logistik baru yang menggunakan tenaga elektrik dan teknologi propulsi kabel baja (ropeway system). Karena saat ini teknologi ini lebih ramah lingkungan dan sudah ada sejak dulu dan juga sudah diterapkan sebagai sarana transportasi publik di perkotaan.
Hasil dari penelitian ini adalah perspektif teknis langkah-langkah strategis dan operasional yang dapat digunakan untuk implementasi sarana transportasi logistik baru khususnya dalam operasi pada saat mode degradasi antara terminal multimoda Delta 3 dan Bandara Lesquin Lille.

The development of freight transportation have increased trend before the global crisis in 2008. International trade become pressure to the freight/logistic transportation within multimodal transport, but for achieving the sustainable development policy, it must reduce the impact to the environment. So, in this study proposed new system transportation by electric power and cable propulsion technology (ropeway system), because this technology is environmental friendly and have been used for urban public transportation.
The result of this study is the technical perspective of strategic planning and operational than can be used for the implementation the AVG : Automated Vehicle for Goods, that called in French, VAM : Vehicule Automatique pour Marchandises, especially in degraded mode of ropeway system between Delta 3multimodal platform and Lesquin Airport of Lille.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35940
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Nugraha
"KRL ekonomi Jakarta ? Bogor merupakan salah satu sarana transportasi cepat dan murah yang menjadi andalan para komuter menengah..kebawah. Oleh karena itu menjaga ketepatan jadwal dan waktu tempuh merupakan kewajiban bagi PT. KA sebagai operator.
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa hubungan waktu tempuh terhadap jarak yang terjadi pada KRL ekonomi Jakarta ? Bogor dan melihat sensitivitas waktu tempuh terhadap headway yang terjadi. Sedangkan tujuan akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan headway optimum yang terjadi pada kereta ekonomi Jakarta- Bogor, baik dari Jakarta Kota menuju Bogor dan sebaliknya. Data­data diperoleh dengan mencatat perjalan an aktual KRL ekonomi Jakarta-Bogor. Untuk mempermudah analisa, li ntasan Jakarta Bogor dibagi-bagi lagi menjadi 4 lintas kecil diantara stasiun Jakarta Kota, Manggarai, Pasar Minggu, Depok (Lama), dan Bogor.
Dari hasil analisa terhadap pengolahan data, didapat kesimpulan bahwa headway KRL ekonomi Jakarta ? Bogor mempengaruhi waktu tempuhnya dengan hasil yang bervariasi. Tidka semua kondisi berlaku hubungan headway-waktu tempuh yang berbanding terbalik, namun hubungan yang sebanding maupun yang tidak mempunyai hubungan sama sekali juga didapat dalam analisa. Hal ini terjadi karena lintasan Jakarta ? Bogor juga dilalui oleh KRL atau kereta api lainnya yang dapat mengganggu perjalanan KRL ekonomi. Oleh karena itu, tidak semua hubungan regresi antara headway KRL ekonomi dengan waktu tempuhnya pada setiap lintas kecil digunakan untuk menentukan optimum."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S35180
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihotang, Fransiscus Mintar Ferry
"ABSTRAK
Kebutuhan kereta api dan moda transportasi lainnya pada koridor transportasi perkotaan meningkat hampir di seluruh dunia. Meningkatnya kebutuhan akan moda transportasi kereta api pada dasarnya dipengaruhi oleh meningkatnya populasi penduduk, perjalanan bekerja dan pengembangan tata guna lahan. Aktivitas sosial-ekonomi, kemacetan lalulintas di pusat kota dan tingginya kebutuhan bahan bakar untuk mobil pribadi juga mempengaruhi pelaku perjalanan untuk menggunakan moda kereta api.
Angkutan umum merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan sosial-ekonomi dan pengembangan kota terhadap daerah di sekitarnya. Sejalan dengan hal tersebut, sebagai suatu moda kereta api yang beroperasi di daerah pinggiran kota (suburban) - kereta api regional (regional rail) mempunyai peranan untuk mendukung aktivitas sosial-ekonomi di pusat kota serta berpotensi untuk mengembangkan wilayah di sepanjang jalur operasionalnya.
Pelayanan yang diberikan pengelola kereta api kepada pengguna moda ini, biasanya berada pada kondisi optimum dari keuangan yang diperoleh pengelola kereta api tersebut. Apabila keuangan yang diperoleh pengelola kereta api tersebut dikaitkan dengan tingkat kebutuhan perjalanan antar stasiun, pengadaan sarana dan prasarana perkereta-apian dan nilai dari rangkaian kereta api - maka akan diperoleh suatu panjang jalur kereta api yang optimum. Selain daripada itu, nilai terendah dari suatu pengeluaran biaya untuk setiap pengguna moda kereta api (the lowest value of passenger cost) akan menjadi acuan untuk menentukan jalur pelayanan yang optimum.

"
2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza PrastowoReza Prastowo
"ABSTRAK
Transportasi publik merupakan salah satu bentuk investasi publik yang sangat penting, akan tetapi mahal serta rendahnya tingkat kelayakan yang terdapat pada moda transportasi publik yang berbasis rel ini khususnya menjadi salah satu penyebab sulitnya perkembangan moda transportasi tersebut pada negara berkembang. Aerotrain, yang telah bertahan lebih dari 20 tahun di TMII ternyata memiliki tingkat investasi yang relatif murah jika dibandingkan moda berbasis rel lainnya. Sehingga peningkatan performa kelayakan pada moda transportasi ini sangat menjanjikan untuk dianalisa. Strategi finansial serta bantuan subsidi pemerintah dalam berbagai bentuk diperkirakan dapat meningkatkan performa kelayakan atas suatu investasi publik untuk menarik minat investor.

ABSTRACT
Public Transportation is one of the most important forms of public investment; however it’s very expensive and has a low rate of investment feasibility, especially when based on rail. This is one of the reasons that make this kind of transportation difficult to emerge in developing country. Aerotrain, the one that survived for over 20 years of services in TMII known to have a relatively cheaper investment than it’s competitor. Therefore a research that could improve feasibility performance on public transportation investment will be very promising to analyse. Financial strategy combined with government’s subsidies at any form is expected to improving its feasibility performance and become more attractive to investor."
2013
T34995
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmat Setiadi
"Pemohonan listrik merupakan salah satu penurunan kemampuan (degradasi) pada bahan isolasi padat berupa struktur mirip pohon, bercabangcabang akibat medan listrik tak seragam yang sangat tinggi antara bahan isolasi dengan konduktor atau induksi dari rongga Medan listrik lokal sebesar lebih dari 1MV/mm dapat muncul di daerah seperti ini. Penurunan kemampuan (degradasi) lokal akibat tekanan medan listrik seperti ini akan menginisiasi munculnya pemohonan listrik.
Pemohonan ini makin lama akan makin panjang yang akan menghubungkan elektroda atau bagian konduktor dengan konduktor lain. Bila hal ini terjadi maka biasanya isolasi polimer sudah tidak dapat lagi berfungsi untuk menahan medan listrik normal.
Pada skripsi ini, akan dibahas pengaruh tekanan medan listrik lokal pada isolasi XLPE pada kabel bawah tanah terhadap pertumbuhan pemohonan listrik Pada skripsi ini akan diamati pula pengaruh tegangan yang diterapkan dan jarijari ujung tonjolan pada permukaan tabir konduktor terhadap medan listrik lokal tersebut, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi pertumbuhan pemohonan listrik.
Electrical treeing is pre-breakdown phenomonen in insulation with structure like tree, branched by high divergen electrical field between insulation and conductor or partial discharge in void. Local electrical field above 1MV/mm can be appeared in this region. Local insulation degradation by such electrical field will initiate electrical treeing.
This electrical treeing will increase higher, ultimately that can bridged between electrodes. In this case, insulation won’t be longer withstand normal electrical field.
In this paper, local field effect toward electrical treeing growth within XLPE cable will be discused. In this paper, influence of voltage and protrusion tip radius toward such a local electrical field ultimately can effect treeing growth , will be observed.
"
2008
S40539
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"In this study connection between cable and pylon in a cable stayed bridge was experimentally
investigated A structural model of cable stayed bridge was manufactured where connection between
cable and pylon was pulley, sliding or hinged type. Pulley connection is a connection which is able to
rotate without any function between cable and pylon. To obtain longitudinal stifness and dynamic
characteristics (such as fundamental natural frequency and damping ratio), static load test and free
vibration test were carried out. Dynamic responses of bridge structure were obtained Font harmonic
forced vibration test. Using a shaking table, excitation in the longitudinal direction was applied to that
model. Then longitudinal deflection at the top of pylon was measured Results of the model test shown
that the pylon with hinged connection Ls more rigid and its deflection could be minimal but has low
damping ratio. While sliding type connection is more flexible but has high damping ratio. Damping ratio
was strongly influence by functions occurred in the bridge.
"
Jurnal Teknologi, 19 (4) Desember 2005 : 278-287, 2005
JUTE-19-4-Des2005-278
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rinda Ramardhiani
"Mobil listrik merupakan mobil ramah lingkungan yang menjadi salah satu solusi sebagai mobil alternatif pengganti mobil konvensional. Sama halnya dengan mobil konvensional, mobil listrik juga dilengkapi dengan panel indikator pada dashboard yang merupakan tampilan sebagai sumber informasi yang mengkomunikasikan antara pengemudi dengan kondisi mesin secara aktual. Namun kebutuhan informasi yang dibutuhkan antara panel indikator pada mobil listrik dengan mobil konvensional tidak sama. Maka dari itu, dilakukannya penelitian ini guna merancang dan melengkapi kebutuhan informasi desain panel indikator untuk mobil listrik dimana objek yang dijadikan dalam penelitian ini adalah Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia. Aspek yang menjadi dasar dalam melakukan perancangan ini adalah aspek dari sisi preferensi konsumen, dengan menggunakan metode conjoint analysis yang menghasilkan 3 kombinasi desain terbaik, dan juga dari sisi ergonomi, dengan melakukan pengujian terhadap 3 kombinasi desain dari hasil conjoint analysis menggunakan metode eye tracking, agar nilai guna dari panel indikator untuk Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia semakin baik serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Electric car is an environmental friendly car that become alternative substitute for conventional car. Similar to conventional car, it is also completed with indicator panel on its dashboard which is a display to present information to connect machine and human on a real time. However, there are some differences information required between electric car's indicator panel and conventional car's indicator panel. This research is conducted to find the proper design and also to complete information requirements of indicator panel of electric car, and the object of this research is University of Indonesia's National Electric Car. This research conducted based on two major aspects, that is consumer's preferences, using conjoint analysis to obtain top three design, and also ergonomic, by testing three combinations of indicator panel design which produced by conjoint analysis using eye tracking method, in order to enhance the value of indicator panel for University of Indonesia's National Electric Car and also to meet consumer's preferences and needs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diba Amalia Harits
"Penelitian ini membahas mengenai penanganan pengaduan akibat gangguan operasional kereta rel lisrik Jabodetabek oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek (PT. KCJ). Teori yang digunakan adalah penanganan pengaduan Commonwealth Ombudsman. Penelitian menggunakan pendekatan post positivist dengan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penanganan pengaduan akibat gangguan kereta rel listrik belum dilakukan dengan baik. Dimensi culture tidak terlaksana dengan baik. Indikator responsiveness, acknowledgment, dan respond tidak terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu PT. KCJ perlu memperbaiki penanganan pengaduannya.

This thesis discusses the complaint handling of rail disturbance by PT. KAI Commuter Jabodetabek (PT. KCJ). The theory that used in this research is complain handling by Commonwealth Ombudsman. This thesis is done in post positvist with a descriptive approach. The result of this research indicate that the complaint handling of rail disturbance by PT. KCJ is not well enough. The dimension of culture has not done properly. The responsiveness, acknowledgment, and respond in the complaint handling is not fulfilled. The complaint handling needs to be improved."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61307
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>