Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 146818 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Brury Sulandra
"ABSTRAK
Sistem Call Center adalah bentuk penerapan Customer Relationship Management yang dapat meningkatkan hubungan Perusahaan dengan Pelanggan. Namun untuk membangun Sistem ini diperlukan biaya yang tinggi. Sistem Call Numbering menggunakan Platform Cloud merupakan bentuk penerapan Cloud Computing yang berfungsi menyerupai Call Center dan memerlukan biaya yang terjangkau. Dengan dibangunnya Sistem Call Numbering menggunakan Platform Cloud untuk Perusahaan Menengah Kebawah, maka hubungan dengan Pelanggan akan semakin terbina dengan baik. Karya ilmiah ini mengusulkan Pengembangan Aplikasi dan Analisis Bisnis Call Numbering berbasis Cloud. Pembangunan Sistem dilakukan menggunakan platform Web Hosting, Database Mangement System, dan Interactive Voice Response didalam Cloud dengan output berupa Aplikasi Web. Sedangkan Analisis Sistem menggunakan Tools Strategi “Samudra Biru”. Sistem Call Numbering menggunakan Platform Cloud yang telah dibangun memenuhi syarat kelayakan setelah diuji kualitasnya dengan menggunakan metode Pengambilan Data melalui Angket. Kemudian Sistem dianalisis mengunakan Tools Strategi “Samudra Biru” yang terdiri Analisis Kerangka Kerja Empat Langkah, Analisis Hapuskan-Kurangi-Tingkatkan-Ciptakan, Analisis Strategi Kanvas, Analisis Pemetaan Pioneer-Migrator-Setler, Analisis Rangkaian Strategi “Samudra Biru”, dan Analisis Tiga Tingkatan Konsumen. Hasil analisis menggunakan Tools Strategi “Samudra Biru” menyimpulkan bahwa Sistem Call Numbering menggunakan Platform Cloud memiliki keunggulan efisiensi biaya, peningkatan mobilitas, dan jaminan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan Sistem Call Center, Sistem ini juga dapat bertransformasi menjadi Call Numbering Mobile dan siap untuk dikomersialkan.

ABSTRACT
Call Center System is a Customer Relationship Management application form which can increase the Company's relationship with the customer. However, this system is necessary to build a high cost. Call Numbering system using Platform Cloud Cloud Computing is a form of application that functions like a call center and an affordable cost. By Call Numbering System built using Cloud Platform for Midsize Company Move Down, then the relationship with the customer will be nurtured well. This paper proposes Application Development and Business Analysis Cloud based Call Numbering. System development is done using the platform Web Hosting, Database Mangement System, and Interactive Voice Response in the Cloud with output in the form of Web Applications. While the use of System Analysis Tools Strategy "Blue Ocean". Call Numbering system using Cloud platform that has been built to meet eligibility requirements after quality tested using the method of data collection through questionnaire. Then analyzed using the System Tools Strategy "Blue Ocean" which consisted Four Steps Framework Analysis, Analysis Eliminate-Reduce-Raise-Create, Canvas Strategy Analysis, Analysis Mapping Pioneer-Migrator-Setler, Analysis of Strategies series "Blue Ocean", and Analysis of Three Consumer level. The analysis using the Tools Strategy "Blue Ocean" concluded that the Call Numbering System using Cloud Platform has the advantage of cost efficiency, improved mobility, and security better than the Call Center System, this system can also be transformed into Call Mobile Numbering and ready for commercialization."
2013
T35777
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rajagukguk, Marthin Adhiyaksa
"ABSTRAK
Teknologi Cloud diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas layanan data dan dapat menggantikan infrastruktur tradisional yang telah lama dipakai baik pada jaringan data maupun jaringan suara. Perusahaan yang menggunakan teknologi Cloud akan dapat mengurangi biaya operasional dan maintenance yang mahal. Penggunaan perangkat yang terlalu banyak juga dapat dikurangi. Pada tesis ini dilakukan analisis model bisnis berbasis teknologi Cloud yang diimplementasikan pada PT.XYZ yang mengganti jaringan tradisional dengan teknologi Cloud. Hasil analisis diperoleh bahwa dengan menambahkan teknologi Cloud dan mengganti infrastruktur tradisional di PT.XYZ telah meningkatkan revenue dan efisiensi bagi perusahaan.

ABSTRACT
Cloud technology is implemented to improve the quality of data services and can replace traditional infrastructure that has long been used both on data networks and voice networks. Companies that use Cloud technology will reduce operational and expensive maintenance Costs. The use of too much devices can also be reduced. This thesis analyzed business model of Cloud technology that implemented on PT.XYZ which replace the traditional network with Cloud technology. Results of the analysis showed that by adding Cloud technology and infrastructure to replace traditional network in PT.XYZ has increased revenue and efficiency for the company."
2015
T43823
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Indra Pramadhana
"Saat ini, video call sudah tidak asing lagi digunakan dalam sehari-hari. Layanan video call tersebut diberikan oleh banyak layanan aplikasi OTT seperti WhatsApp, Line dan aplikasi berbasi client-server lainnya. Jumlah layanan video call berbasis end-to-end atau peer-to-peer seperti VoIP jauh lebih sedikit daripada layanan video call berbasis client-server. Hal tersebut dikarenakan adanya limitasi yang dirasakan baik oleh developer maupun user. Developer harus mengeluarkan biaya besar untuk membangun sistem VoIP, sedangkan user harus mempunyai perangkat khusus untuk bisa menggunakan layanan VoIP. Limitasi ini mampu ditangani oleh standar baru yaitu WebRTC yang menggabungkan teknologi web dengan VoIP, sehingga menghasilkan teknologi komunikasi baru yaitu komunikasi peer-to-peer berbasis web yang dapat dibangun dengan biaya yang jauh lebih rendah dan tidak membutuhkan perangkat khusus dalam penggunaannya.

Nowadays, video call are commonly used in daily life. The video call service is provided by many OTT application services such as WhatsApp, Line, and other client server based applications.The number of end to end or peer to peer video call service like VoIP are lesser in number than client server based video call service, due to the limitation felt by both developer and user. Developer have spend a large sum of money to build VoIP system, while user must have a special equipment to be able using VoIP service. The new standard WebRTC could overcome this limitation by incorporating web techologies with VoIP, which create new communications technology that is web based peer to peer communications that can be built with cheaper cost and does not require a special equipment to be used."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68893
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elmansyah
"Bring Your Own Device (BYOD) merupakan sistem e-learning yang memanfaatkan perangkat teknologi berupa laptop, netbook, smartphone/handhelds, tablet yang dimiliki sendiri oleh mahasiswa maupun dosen dalam proses belajar mengajar melalui jaringan Internet. Penelitian ini mengembangkan dan menganalisa sistem kelas pengajaran Bring Your Own Device (BYOD) berbasis cloud computing pada teknologi mobile smartphone Android. Pengembangan sistem terdiri dari perancangan aplikasi perangkat lunak berbasis Android, cloud computing menggunakan eucalyptus dan membangun aplikasi berbasis Web menggunakan moodle.
Hasil penelitian didapatkan melalui tiga skenario pengujian yang diikuti oleh 31 responden. Pada pengujian fungsional didapatkan hasil bahwa setiap menu dan fitur yang terdapat pada aplikasi yang dirancang dapat berjalan dengan baik. Pada pengujian User Acceptance Test, 86% responden menyetujui sistem ini mudah digunakan.
Dari pengujian unjuk kerja sistem, didapatkan hasil bahwa peningkatan jumlah pengguna saat mengakses sistem kelas pengajaran BYOD tidak mempengaruhi kinerja sistem cloud computing namun mempengaruhi mesin virtual Web server. Peningkatan jumlah pengguna menyebabkan penurunan performa mesin virtual web server sebanyak 55% pada saat beban server tinggi. Saat pengguna berjumlah lima orang beban kinerja mesin virtual Web server adalah 36%. Saat pengguna berjumlah lima belas orang beban kinerja mesin virtual Web server adalah 42%. Saat pengguna berjumlah tiga puluh satu orang beban kinerja mesin virtual Web server adalah 45%.

Bring Your Own Device (BYOD) refers to e-learning system technology devices, such as laptop, netbook, smartphone/handhelds, tablet which is utilizes by students or teachers for the purpose of learning through the Internet. This research developing and analysis of Bring Your Own Device (BYOD) teaching class system based on cloud computing using smartphone technology. This development system consist of software application design based on Android smartphone, cloud computing using Eucalyptus and Web based application using Moodle.
The results obtained through three scenarios of evaluation which is followed by 31 of respondents. Functional evaluation indicates that menu and fitures in applications is running well. User Acceptance Test evaluation shows that 86% of respondents stated that this application is easy to use.
Performance evaluation indicates that increase of users when accessing BYOD teaching class system was not affecting cloud computing performance. However it was affecting the performance of virtual machine Web server. An increase of users causes of virtual machine web server performance decrease of 55% on high load conditions. With five users, the load server is 36 %. With fifteen users, the load of server is 42 %. With thirty one users, the load server is 45 %.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T32609
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandytia Dwi Putra
"Tesis ini membahas mengenai analisis model bisnis cloud hospital information system. PT Buana Varia Komputama adalah perusahaan yang sudah lama terlibat dalam sistem informasi rumah sakit, sejak tahun 2000. Cloud hospital information system adalah rencana produk software baru dari PT Buana Varia Komputama yang membutuhkan model bisnis. Tesis ini menganalisis model bisnis yang dapat digunakan untuk rencana produk cloud hospital information system tersebut serta membahas langkah-langkah pembuatan model bisnis untuk produk tersebut.

This thesis explores the design of the business model for cloud hospital information system. PT Buana Varia Komputama is an Indonesian company that has been involved in hospital information system software for a long time, since year 2000. Cloud hospital information system is a planned new software product from PT Buana Varia Komputama that needs business model. This thesis analyzes the usable business model for the planned cloud hospital information system product and discusses the steps of the creation of the business model for that product.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christian Hardianto
"Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam jangka waktu yang cukup singkat, hal itu memicu pengembangan aplikasi yang memanfaatkan sistem cloud computingkarena mampu mengefisiensikan pengeluaran biaya dan sumber daya yang digunakan untuk aplikasi. Pada penelitian ini dilakukan pengujian performansi pada SIMPLE-O yang diterapkan pada cloud computing. Dari hasil dua pengujian performansi SIMPLE-O didapatkan bahwa untuk pengujian dengan metode GET yaitu pada saat pengguna hanya mengakses halaman utama dari aplikasi, performansi SIMPLE-O pada layanan cloud computing lebih baik dibandingkan dengan shared hosting, dimana cloud computing mengalami error sebesar 1,70 % dari 6000 request yang terkirim dengan response time rata-rata sebesar 32,62 s. Sementara shared hosting mengalami error sebesar 18,04 % dari 6000 request yang terkirim dengan response time rata-rata sebesar 36,27 s. Namun untuk pengujian dengan metode POST yaitu pada saat aplikasi SIMPLE-O melakukan proses penilaian otomatis terhadap jawaban yang dikirimkan, performansi SIMPLE-O pada layanan cloud computing sedikit lebih buruk dbandingkan dengan shared hosting, dimana cloud computing mengalami error sebesar 1,60 % dari 1000 request yang terkirim dengan response time rata-rata sebesar 63,95 s. Sedangkan shared hosting mengalami error sebesar 0,30 % dari 1000 request yang terkirim dengan response time rata-rata sebesar 52,67 s.

The development of information technology have progress very rapidly in a relatively short period of time, it triggers the development of applications that take advantage of cloud computing systems because have more efficient cost and resource for application.From the results of two performance testing SIMPLE-O, for the testing with GET method it was found that when the user only access the main page of the application, the performance of SIMPLE-O in cloud computing services is better than shared hosting, where cloud computing has an error by 1.70% from the 6000 request that sent with average response time in 32,62 s. While shared hosting has an error by 18.04% from the 6000 request that sent with average response time in 36,27 s. However, for testing with POST method, that when the application SIMPLE-O doing aautomatic process to assessment the exam’s answer from the user, the performance of SIMPLE-O in cloud computing services slightly worse than shared hosting, where cloud computing which has an error by 1.60% from 1000 request that sent with average response time in 63,95 s. While shared hosting has an error by 0.30% from 1000 request that sent with average response time in 52,67 s."
2013
S46001
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhi Kusnanto
"Cloud computing adalah sebuah paradigma komputasi yang berkembang dari teknologi yang ada, seperti grid computing, virtualisasi dan Internet. Cloud computing memberi ilusi sumberdaya komputasi yang tak terhingga, yang dapat diakses dari mana saja, kapan saja. Meskipun cloud computing berpotensi memberikan manfaat yang besar, namun masalah keamananya masih menjadi pertanyaan, yang mana menghambat adopsinya. Persoalan keamanan pada cloud computing menjadi semakin rumit karena karakteristik cloud computing yang khas seperti kelenturan alokasi sumberdaya, dan pengguna yang jamak.
Jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus banyak diterapkan pada fasilitas cloud privat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi hambatan atas pelayanan jaringan cloud akibat serangan yang terarah (targeted attack), pada sistem jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus. Pengujian menunjukan adanya peningkatan waktu respon hingga 2863,22% akibat serangan terarah terhadap layanan web administrasi.
Penerapan pembatasan dan kendali laju data (rate control, rate limit) pada penelitian ini merupakan solusi untuk mengurangi dampak serangan terarah. Dengan langkah mitigasi ini peningkatan beban dapat dikendalikan sehingga tidak memengaruhi pelayanan. Pengujian kerentanan menunjukan layanan jaringan cloud berbasis platform Eucalyptus tidak memiliki ancaman kerentanan yang berpotensi menjadi serangan keamanan.

Cloud computing is a computing paradigm that evolve from existing technology, such as grid computing, virtualization and the Internet. Cloud computing provides an illusion of unlimited computing resources, which can be accessed from anywhere, anytime. Despite the potential gains achieved from the cloud computing, the model security is still questionable which hindered adoption. The security problem becomes more complicated under the cloud model as new dimensions have entered into the problem scope related to the model architecture, multi-tenancy, elasticity, and layers dependency stack.
Eucalyptus based cloud network service widely deployed as private cloud infrastructure. Experiment on this paper focused on finding potential denial-ofservice (DoS) and the impact on ability to provide services during attack. We observe an increase on response time up to 2863,22% during targeted attack to the web-based management service.
Mitigation effort by implementing rate control and rate limit on cloud controller help on reducing average system load to an acceptable level, which prevents disruption of the service. Vulnerability testing in this research shows that Eucalyptus web-based management does not have exploitable security hole.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34855
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laili Gita
"Data kehadiran adalah data yang penting baik di lingkup sekolah, universitas, maupun perkantoran untuk karyawan. Presensi yang berupa tandatangan dapat dipalsukan oleh siapa saja dan kapan saja. Sehingga dibutuhkan sebuah perangkat yang dapat mempermudah proses absensi sekaligus mendeteksi keterlambatan siswa/pegawai sebelum memasuki ruangan. Skripsi ini mengembangkan Smart Presence System berbasis Face Recognition dengan machine learning yang dirancang dengan komputasi pada awan (Cloud Computing) dan komputasi pada sebuah node/titik (Fog Computing). Skripsi ini melakukan perbandingan performa Smart Presence System yang dibangun dengan Cloud Computing menggunakan layanan AWS Face Rekognition dan Fog Computing yang ditulis menggunakan bahasa Python dengan library OpenCV yang menggunakan perangkat Raspberry Pi sebagai titik komputasi. Penulis telah melakukan pengujian perbandingan waktu komputasi, penggunaan memori, serta penggunaan biaya antara Cloud Computing dan Fog Computing. Pengujian waktu komputasi dilakukan dengan menggeser router/titik uji sejauh 3 meter, 5 meter dan 7 meter dari sensor kamera. Pengujian waktu komputasi pada Cloud Computing didpat sebesar 11.02 detik, 2.99 detik dan 3.02 detik dengan total penggunaan memori sebesar 0.0042 MB dan total biaya yang diperlukan untuk membangun rancangan Cloud Computing sebesar Rp2.819.516 dalam penggunaan 12 bulan. Dan rata-rata waktu untuk komputasi pada fog sebesar 0.723 detik, 0.99 detik, 1.94 detik dengan total penggunaan memori sebesar 540MB dan total biaya untuk membangun rancangan ini sebesar Rp2.220.00 dalam penggunaan 12 bulan.

Attendance document is an important thing in schools, universities, and offices for employees. Attendance is usually done by giving a signature on a piece of paper, and it can be forged by anyone. In school, attendance is usually done manually by the teacher and it takes time. So we need a device that can simplify the attendance process and can not be forged. This thesis has developed a Smart Presence System with machine learing designed with Cloud Computing and Fog Computing. This Thesis compared the performance of The Smart Presence System that built with Cloud Computing using AWS Rekognition and Fog Computing that built in Raspberry pi and written in python and library Opencv. The author has tested the comparison of Cloud Computing and Fog Computing in Computing Time, Memory usage and Cost. Computing time testing is done by shifting the router/test point as far as 3 meters, 5 meters, and 7 meters. The computing time on Cloud Computing were 11.02s, 2.99s, and 3.02s with total memory usage of 0.0042MB and the total cost is Rp.2.819.516 in 12 months of use. And The computing time on Fog Computing were o.72s, 0.99s, and 1.94s with the total memory usage of 540MB and the total cost to build this architecture is Rp2.220.000 in 12 months of use.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Hafiz Bachtiar
"ABSTRAK
Galera MySQL adalah perangkat lunak open source yang digunakan untuk cluster
basis data MySQL. HAProxy adalah salah satu load balancer yang cukup banyak
digunakan. Skripsi ini menganalisis implementasi sistem deteksi plagiarisme pada
cloud computing dengan memanfaatkan kedua aplikasi tersebut guna menunjang
peningkatan kinerja sistem. Pengujian pada sistem dilakukan dengan
membandingkan kinerja penambahan node. Pengujian difokuskan pada
kemampuan sistem dalam menjawab permintaan pengguna, waktu pemrosesan,
serta kemampuan sistem dalam memproses banyaknya data. Hasil peningkatan
kinerja yang paling terlihat adalah pada kemampuan sistem dalam menjawab
permintaan POST pengguna. Tercatat peningkatan kinerja sistem dalam
menjawab permintaan POST pengguna hingga 20,97% pada sistem dengan 4-
node dibandingkan dengan sistem node tunggal.

ABSTRACT
Galera MySQL is an open source software that is used to cluster the MySQL
database. HAProxy is one load balancer that is widely used. This mini-thesis
analyze the implementation of plagiarism detection systems on cloud computing
by utilizing both application to support enhanced system performance . Tests on
the system is done by comparing the performance of additional nodes. Testing
focused on the ability of the system in responding to user requests, processing
time, and in the ability to process the amount of data. The most visible resulting
increase in the performance is the system's ability to answer the POST request.
Noted that system performance increases in answering the users? POST request up
to 20.97% at the 4-node system compared to a single node system ."
2016
S64507
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Pratama
"Waktu merupakan hal yang penting khususnya bagi mahasiswa, oleh karena itu dibuatlah aplikasi bikunin untuk memperkirakan waktu datangnya bikun (Bis Kuning) pada setiap halte, sehingga waktu yang digunakan untuk menunggu bikun dapat dimanfaatkan dengan lebih baik. Selain itu, aplikasi bikunin juga memiliki fitur lain seperti pesan dan tracking bikun untuk lebih memudahkan user mengetahui kondisi dan lokasi bikun. Perancangan dan pengimplementasian aplikasi bikunin menggunakan metode HCI (Human and Computer Interaction) untuk memudahkan user menggunakan aplikasi bikunin dan memberikan tampilan yang menarik.
Dari hasil pengujian didapatkan bahwa rata-rata hasil eksekusi waktu pada fitur tracking bikun adalah 936,5 milliseconds untuk kartu Smartfren dan 500,7 untuk kartu Axis. Sedangkan waktu pemrosesan rata-rata untuk melakukan pengiriman pesan kepada 20 user adalah 11492,1 milliseconds, untuk 10 user adalah 6305,1 milliseconds, untuk 5 user adalah 3902,7 milliseconds, untuk 1 user adalah 2792,6 milliseconds. Waktu pemrosesan rata-rata untuk menampilkan estimasi waktu kedatangan Bis Kuning pada halte berikutnya adalah 13971,9 milliseconds untuk kartu Smartfren dan 15935,1 untuk kartu Axis.
Hasil pengujian responden menunjukkan bahwa tingkat kepuasan responden sebesar 83,1% untuk fungsi utama, 77,1% untuk fitur-fitur serta 74,6% untuk tampilan antarmuka. Secara keseluruhan tingkat kepuasan responden sebesar 78,8 %.

Time is important, especially for students, therefore we made an bikunin application to estimate the arrival time of bikun (Bis Kuning) at each bikun shelter, so the time spent waiting bikun can be optimized. In addition, the bikunin application also has other features such as messaging and bikun tracking to assists the user to find out the location of the Bis Kuning. The design and implementation of bikunin applications employs HCI (Human and Computer Interaction) principles to allow users to use the bikunin application easily and provides attractive appearance.
From the test results, it is showed that the average execution time on the bikun tracking features is 936.5 milliseconds for Smartfren card and 500.7 milliseconds for Axis card. While the average processing time for sending messages to the 20 users is 11492.1 milliseconds, whereas for 10 users is 6305.1 milliseconds. Meanwhile for 5 users is 3902.7 milliseconds, and 2792.6 milliseconds for one user. The average processing time to provides the expected arrival time of Bis Kuning to the next shelter is 13971.9 milliseconds for Smartfren card and 15935.1 milliseconds for Axis card.
The test results shows that the respondents' satisfaction level is 83.1% for the main function, 77.1% for features and 74.6% for the interface. Overall satisfaction level of respondents is 78.8%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S64858
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>