Ditemukan 122948 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Aziiz Muhaajir
"Laporan magang ini membahas tentang evaluasi investasi sistem informasi ERP yang diterapkan oleh PT XYZ. Evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk menyarankan arahperkembangan teknologi informasi perusahaan, serta untuk meningkatan nilai dari sistem informasi yang telah diimplementasikan, sehingga investasi yang dilakukan perusahaan tidak menjadi beban saja. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan evaluasi yang dilakukan menggunakan IT Strategic Impact Model, IT Investment Management maturity model, serta critical success factor. Secara umum, masih terdapat kekurangan dalam pengelolaan sistem informasi PT XYZ, sehingga diberikan beberapa saran untuk meningkatan pengelolaan sistem informasi yang dilakukan perusahaan.
The focus of this internship report is to evaluate the investment of ERP information system implemented by PT XYZ. This evaluation is meant to give suggestion to the company's information system development, and to increase the value of the information system implemented. This is a qualitative study, which is done using three IT evaluation models, they are Strategic Impact Model, IT Investment Management maturity model, and 10 ERP implementation critical success factors. Evaluation shows that PT XYZ's information system governance is somewhat lacking. A number of suggestions are given In order to increase the quality of information system governance implemented by the organization."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nisrina Aulia Rachmanti
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan prosedur perikatan asurans selain audit atau reviu atas informasi keuangan historis pada implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) modul Financial Accounting SAP oleh PT XYZ. PT XYZ selaku konsultan dari klien, menggunakan kontrak pekerjaan antara klien dengan penyedia jasa sebagai basis dalam melakukan penilaian dan untuk pemberian rekomendasi. Analisis prosedur perikatan asuransi selain audit atau reviu atas informasi keuangan historis disesuaikan dengan standar yang berlaku, yaitu International Standard on Assurance Engagement (ISAE) 3000 yang dikeluarkan oleh Internal Federation of Accountants (IFAC) atau di Indonesia aturan ini diadopsi menjadi Standar Perikatan Asurans (SPA) 3000 yang ditetapkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Selain standar tersebut, juga berlaku aturan dalam pelaksanaan audit sistem informasi yaitu Standar Audit Sistem Informasi (SASI) yang dikeluarkan oleh Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia (IASII). Dari hasil observasi yang penulis lakukan, implementasi sistem ERP modul financial accounting menggunakan produk SAP dengan jenis S/4 HANA yang berbasis cloud serta dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan prosedur yang dilakukan oleh PT XYZ telah sesuai dengan standar terkait yaitu SPA 3000 dan Standar Audit Sistem Informasi - IASII.
This report aims to evaluate the implementation of assurance engagements procedures other than audits or reviews of historical financial information on the implementation of the Enterprise Resource Planning (ERP) Financial Accounting module SAP system by PT XYZ. PT XYZ as the client`s consultant, uses a work contract between the client and the service provide as a foundation to valuate and to give recommendations. The analysis of assurance engagement procedures other than audits or reviews of historical financial information is adjusted to applicable standards, namely the International Standardson Assurance Engagement (ISAE) 3000 issued by the Internal Federation of Accountants (IFAC) or in Indonesia this rule was adopted as the Standar Perikatan Asurans (SPA) 3000 set by Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). In addition to these standards, an implementation of technology audit also applies, namely Standar Audit Sistem Informasi (SASI) issued by Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia (IASII). From the analysis that the author made, the implementation of ERP financial accounting module uses SAP product type S/4 HANA cloud based and it can be concluded that overall the procedures performed by PT XYZ complies with related standards, namely SPA 3000 and Standar Audit Sistem Informasi - IASII."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Listya Zufri
"
ABSTRAKProses order management merupakan salah satu proses pada supply chain management yang memiliki peran penting terkait dengan kepuasan pelanggan dan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan. Untuk dapat terus bersaing dengan kompetitor dan dapat responsif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan diperlukan rekayasa proses bisnis dengan metodologi Business Process Reengineering (BPR) demi meningkatkan efisiensi proses. Metode IDEF0 digunakan untuk memetakan dan menganalisis proses bisnis saat ini. Dari penelitian, yang dilakukan dengan empat skenario, menghasilkan rancangan proses bisnis baru dengan penurunan 22,45 hari.
ABSTRACTOrder management process is one of supply chain management process, which has an important role related to the customer satisfaction and profit of the company. The company should reengineering their business process to compete with other company and responsive to customer needs using Business Process Reengineering (BPR) in order to efficiency improving their business process. IDEF0 method is used tomap, review, and analyze existing business process. In this research, the existing and new business process design is simulated using Igrafx and the result shows reduced process time by 22,45 days."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62074
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Sonya Marthayori
"Penelitian ini menganalisis tentang Critical Success Factor yang berpengaruh terhadap implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ dan peran stakeholder PT XYZ dalam mendukung keberadaan Critical Success Factor tersebut dilihat dari perspektif pengguna ERP di PT XYZ. Critical Success Factor dalam penelitian ini terdiri dari 13 faktor dan penulis dapatkan dari salah satu jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 faktor tersebut, semuanya berpengaruh terhadap implementasi ERP di PT XYZ. Penelitian juga menunjukkan bahwa peran stakeholder akan sangat menentukan keberhasilan implementasi ERP di suatu perusahaan.
This research analyzes Critical Success Factor that influence the implementation of Enterprise Resource Planning (ERP) system at PT XYZ and role of PT XYZ stakeholders in supporting the existence of these Critical Success Factor based on ERP users perspective at PT XYZ. These Critical Success Factor consist of 13 factors and obtained from one of scientific journal. This research shows that all of 13 factors had an impact on ERP implementation at PT XYZ. This research also shows that the role of stakeholders will greatly determine the success of ERP implementation in a company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
M. Abdurrachman Irfandi
"Tesis ini meneliti mengenai faktor penentu kesuksesan terhadap implementasi sistem Enterprise Resource Planning atau biasa disebut ERP. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan faktor penentu kesuksesan terhadap implementasi sistem ERP di PT XYZ. Selain itu penelitian juga bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor tersebut beserta korelasi antar faktor. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan framework Delone & McLean sebagai kriteria faktor dengan variabel System Quality, Information Quality, Use, User Satisfaction dan Net Benefit. Selain itu, peneliti melakukan analisa terhadap data menggunakan Structural Equation Model. Selanjutnya, faktor-faktor tersebut akan berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi sistem ERP di PT.XYZ.
This thesis examines the key success factors of Enterprise Resource Planning system implementation or called ERP. The purpose of this research is to identify and determine the key success factors of ERP system implementation in PT XYZ. In addition, this research using these factors to analyze along with the correlation between factors. In this study, researchers using the Delone & McLean framework as a factor criteria with System Quality, Information Quality, Use, User Satisfaction and Net Benefit variables. After determining key success factors and their correlation, the researchers analyzed data using the Structural Equation Model. Furthermore, these factors will have a positive and significant impact on the implementation of ERP system in PT.XYZ."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Hikariati, Yoshiko
"Tesis ini mengidentifikasi risiko yang mempengaruhi pasca implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) melalui persepsi para operator dan pengguna layanan sistem ERP di PT Indofarma Tbk terhadap aspek kemungkinan, dampak dan frekuensi terjadinya peristiwa risiko yang timbul pada tahap pascaimplementasi sistem ERP.
Hasil penelitian menemukan 34 risiko harus dicermati oleh perusahaan dalam rangka perbaikan layanan sistem ERP di masa mendatang. Diantara 34 risiko tersebut, risiko yang paling mempengaruhi pascaimplementasi sistem ERP perusahaan didominasi oleh risiko yang berhubungan dengan organisasi dan sumberdaya manusia yang terlibat dalam sistem ERP baik sebagai operator maupun pengguna sistem bukan risiko yang berakar dari permasalahan teknis.
This thesis identifies risks that could affect post-implementation system of Enterprise Resource Planning (ERP). The risks were identified as a result from the perception of the operators and user ofERP system at PT Indofarma Tbk on the probability, impact and frequency of risks that occurred post-implementation of the ERP system.This study also identifies 34 risks that should be carefully monitored by the Company in order to improve the ERP system in the future. Amongst these risks, it was evident that the most critical risks to post implementation of the ERP system is related to organization and human resources that are involved in the ERP system both who functions as the operators and system users which implies that these risks are not originated to technical matter."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32283
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Eva Wijayanti
"Informasi memegang peranan penting dalam perusahaan. Software ERP sebagai metoda yang mengintegrasikan dan mengotomatisasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi perusahaan.
Penerapan ERP sangat berpengaruh terhadap integrasi dan otomatisasi informasi sehingga perlu dilakukan identifikasi faktor-faktor internal dan eksternal melalui kuesioner untuk kemudian dianalisis sehingga ERP dapat diterapkan dengan baik pada perusahaan.
Penelitian dilaksanakan melalui survei terhadap sejumlah responden. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa sebesar 58% kecepatan perolehan data dipengaruhi oleh faktor eksternal kemampuan teknis konsultan, faktor eksternal sistem informasi yang ?user friendly? dan faktor internal kualitas sosialisasi.
Information has significant role in an enterprise. ERP software is a method to integrate and automate business process related with operation, production and distribution aspect of an enterprise. ERP application has significant influence to information integration and automatisation. It is important to identify and analyze internal and external factors for best implementation of ERP in an enterprise. Research is done by survey method. From analysis data, 58% of data integration is affected by external factor consultants technical ability, external factor user friendly information system and internal factor communication quality."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24938
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Aloysius Bramono Wisnumurti
"Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan rekomendasi perancangan pengembangan atau penyempurnaan sistem informasi yang saat ini digunakan oleh PT. Bank XYZ, Tbk., sehingga siklus keuangan dan pengeluaran dapat dikelola dengan efektif dan efisien oleh Manajemen Bank. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan lebih menekankan pada aspek pendalam data untuk mendapatkan kualitas dari penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sistem informasi Spend Management System (SMS) adalah usulan perancangan yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan proses penganggaran, pengadaan dan penerimaan barang dan/atau jasa dan pembayaran, termasuk mengintegrasikan transaksi non pembayaran seperti pengelolaan beban akrual, status uang muka dan kas kecil dengan pembayaran terkait. Usulan perancangan sistem informasi SMS ini menggantikan proses permohonan persetujuan pembayaran dari semula menggunakan kertas dan dibutuhkan tanda tangan basah menjadi paperless melalui sistem tersebut, termasuk memberikan informasi terkini status setiap proses dan persetujuan yang dilewati.
The aim of this research is to provide a recommendation of system design to develop or enhance existing information system that being used by PT. Bank XYZ, Tbk., thus financial cycle and expenditure can be managed effectively and efficiently by the Bank Management. This research is using qualitative method approach and emphasize data. The research method used is a qualitative method with more emphasis on deepening aspects of the data to get the quality of the research conducted. The results of the study concluded that the Information System Management System (SMS) is a system design that can be used to integrate the budgeting process, procurement and receipt of goods and/or services and payments, including integrating non-payment transactions such as accrual expense management, cash in advance status and petty cash that related to its payments. The proposed design of the SMS information system replaces the process of requesting payment approval from paper and requires a wet signature to be paperless through the system, including providing up-to-date information on the status of each process and approval passed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dhomas Setia Pramudhita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan. Kerangka konseptual penelitian didukung oleh teori Teknologi-Organisasi-Lingkungan (TOE) untuk mengeksplorasi fenomena dan menjawab pertanyaan penelitian. Desain kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang diperoleh dari wawancara dengan 11 narasumber, sementara proses triangulasi digunakan untuk memvalidasi data keuangan perusahaan terkait dengan rasio keuangan. Temuan mengungkapkan bahwa adopsi teknologi ERP di PT XYZ didorong oleh perceived benefit, perceived compatibility, dan perceived complexity Selanjutnya, manajemen puncak, ketersediaan sumber daya perusahaan, dan dukungan pemerintah memiliki peran penting dalam mendorong adopsi teknologi. Kesimpulannya, penelitian ini menemukan bahwa perusahaan mengalami peningkatan rasio gross profit nargin setelah mengadopsi teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) daripada sebelumnya
This research is aimed at investigating into factors that drive the adoption of Enterprise Resource Planning (ERP) at PT XYZ and their impact on firm performance. The conceptual framework of the study is underpinned by Technology-Organization-Environment theory (TOE) to explore phenomena and answer research questions. A qualitative design is utilized to collect and analysis data that are derived from 11 interviews meanwhile triangulation process relies on corporate archives that are related to financial ratios. Findings reveal that technology adoption of ERP at PT. XYZ is driven by perceived benefit, perceived compatibility, and perceived complexity Furthermore, top management, the availability of corporate resources, and government support has an important role in fostering technology adoption. In conclusion, the study finds that company experiences higher gross profit margin ratio after adopting ERP technology than before."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Arief Rahman Ar-Ridho
"Laporan magang ini berisi pembahasan mengenai evaluasi terhadap penerapan manajemen proyek terintegrasi pada proyek implementasi sistem Enterprise Resource Planning di PT HOPE, sebuah perusahaan penyedia jasa keuangan berbasis teknologi digital di Indonesia. Proyek ini melibatkan PT INFO sebagai konsultan teknologi dan pengembang sistem ERP PT HOPE. Tujuan proyek adalah mengintegrasikan sistem informasi akuntansi PT HOPE dengan WISH Holdings Inc. sebagai entitas induk. Evaluasi dilakukan melalui penilaian terhadap kelengkapan komponen dan kesesuaian dengan tujuan setiap proses pada manajemen proyek terintegrasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa manajemen proyek terintegrasi telah diterapkan pada keseluruhan proyek. Namun, terdapat ketidaksesuaian pada proses pemantauan dan penutupan proyek yang berdampak pada kelancaran operasi sistem setelah Go-Live dilakukan, sehingga dirumuskan rekomendasi yang bisa diterapkan pada proyek-proyek lainnya. Bagian akhir laporan magang ini berisi refleksi diri berdasarkan pengalaman yang dijalani selama magang karya akhir serta rencana pengembangan diri usai laporan magang ditulis.
This internship report contains discussion over the evaluation of project integration management practice within the implementation of Enterprise Resource Planning system at PT HOPE, a digital technology-based financial services provider in Indonesia. This project involved PT INFO as the technology consultant and developer of the system for PT HOPE. The objective was to integrate accounting information system between PT HOPE and Wish Holdings Inc. as its holding entity. Evaluation is performed through an assessment over component completeness and conformity with the objective of each project integration management process. The result showed that project integration management had been practiced throughout the whole project. Though a number of discrepancies were identified in the monitoring and closing processes of the project that impacted system operation after Go-Live, thus recommendations were formulated to be applicable in other projects. The last part of the report contains self-reflection based on the experiences gained during the internship accompanied by a self-development plan to be carried out after this report is completed."
2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library