Ditemukan 190234 dokumen yang sesuai dengan query
Zahra Habibah
"Perguruan tinggi saat ini bersaing untuk mendapatkan sumber daya yang dapat mendukung keberlangsungan mereka, dimana student loyalty menjadi salah satu solusi. Penelitian yang dilakukan oleh Latif et al. (2021) di Pakistan menemukan perkembangan student loyalty dapat dipengaruhi oleh penilaian mahasiswa terhadap praktik University Social Responsibility (USR) dengan dimediasi oleh student satisfaction. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran student satisfaction sebagai mediator terhadap hubungan penilaian mahasiswa terhadap praktik USR dan student loyalty di Indonesia. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah USR Short Version Scale dari Latif et al. (2021), alat ukur Student Satisfaction yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Abdallah (2013), dan alat ukur Student Loyalty yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Hadi (2018). Melalui metode kuantitatif dan desain korelasional, data dari 133 partisipan diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian praktik USR dapat memprediksi student satisfaction secara signifikan (ß = 0.297, p < 0.001), student satisfaction dapat memprediksi student loyalty secara signifikan (ß = 0.647, p < 0.001), dan terdapat direct effect yang signifikan antara penilaian praktik USR dan student loyalty (ß = 0.192, p < 0.001). Analisis mediasi sederhana dengan model ke-4 dari PROCESS Hayes versi 4.2 menemukan bahwa student satisfaction memediasi hubungan penilaian praktik USR dan student loyalty (ß = 0.192, 95% CI [0.119, 0.268]). Saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah partisipan penelitian lebih heterogen dan bagi perguruan tinggi untuk menerapkan USR dalam rangka meningkatkan student loyalty pada mahasiswa.
Higher education institutions are currently competing to obtain resources that support their continuity, with student loyalty being one of the solutions. This research aims to examine the role of student satisfaction as a mediator in the relationship between students’ assessments of USR practices and student loyalty in Indonesia. This research utilized USR Short Version Scale by Latif et al. (2021), the Student Satisfaction scale developed by Tuan (2012) and translated into Indonesian by Abdallah (2013), and the Student Loyalty scale developed by Li (2013) and translated into Indonesian by Hadi (2013) as its measurement tools. Data from 133 participants were analysed using quantitative methods and a correlational design. The results showed that the assessment of USR practices significantly predicts student satisfaction (ß = 0.297, p < 0.001), student satisfaction significantly predicts student loyalty (ß = 0.647, p < 0.001), and there is a significant direct effect between assessment of USR practices and student loyalty (ß = 0.192, p < 0.001). A simple mediation analysis using PROCESS Hayes version 4.2 model 4 found that student satisfaction mediates the relationship between the assessment of USR practices and student loyalty (ß = 0.192, 95% CI [0.119, 0.268]). Future research is recommended to obtain a more heterogeneous sample and higher education institutions are encouraged to implement USR as a way to enhance student loyalty."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
"
ABSTRAKSebagaimana telah dimaklumi sejak 1 April 1988 telah diberlakukan pelaksanaan peraturan baru tentang angka kredit bagi tenaga pengajar perguruan tinggi sebagaimana diatur di dalam (1) Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 59/Menpan/1987 tanggal 13 Juni 1987; (2) Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan AparaturNegara Nomor 13/Menpan/1988 tanggal 27 Februari 1988; (3) Surat Edaran Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara Nomor 61395/MPK/1987 dan Nomor 21/SE/1987 tanggal 28 September 1987; (4) Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 095/U/1988 tanggal 16 Februari 1988; dan (5) Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2492/D/C/88 tanggal 20 Desember 1988.
Dengan tujuan memperoleh keseragaman pengertian, memudahkan pemahaman, dan untuk melancarkan pelaksanaan peraturan tersebut di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, maka disusunlah Petunjuk Teknis Peraturan Tentang Angka Kredit bagi Jabatan Tenaga Pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini"
Jakarta: UI-Press;, 1989
P-Pdf
UI - Publikasi Universitas Indonesia Library
Jakarta: UI-Press, 1996
P-Pdf
UI - Publikasi Universitas Indonesia Library
Jakarta: UI-Press, 1996
P-Pdf
UI - Publikasi Universitas Indonesia Library
Jakarta: UI-Press, 1993
P-Pdf
UI - Publikasi Universitas Indonesia Library
Widia Ari Wardani
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2009
S24970
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
A. Hanief Saha Ghafur
Jakarta: UI-Press, 2009
378.101 HAN m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Marzuki Mahmud
Jakarta: Rajawali, 2012
378.101 MAR m (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Teuku Haekal Luthfi
"Beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) pada program studinya. Ketiga SMM tersebut memiliki kesamaan prinsip dan teknik manajemen. Tapi sayangnya Perguruan Tinggi tersebut melakukan pengelolaan secara terpisah, baik dalam sistem proses manajemen, tata kelola, maupun dalam pendokumentasiaannya. Hal ini mengakibatkan sistem kerja atau proses manajemen terutama dalam pendokumentasiannya tidak terstruktur dengan baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang SMM khususnya sistem pendokumentasiannya secara terintegrasi dengan mempertimbangkan persyaratan ISO 9001:2008, BAN-PT dan AUN-QA pada program studi/perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini diawali dengan menganalisa tingkat keterkaitan antara klausul ISO 9001:2008, standar BAN-PT dan kriteria AUN-QA. Hasilnya terdapat kesamaan prinsip yang mendukung dalam pengintegrasiannya, terutama prinsip P-D-C-A. Selanjutnya penelitian ini melakukan identifikasi dokumen yang dipersyaratkan ketiga SMM tersebut. Identifikasi tersebut digunakan untuk merancang sistem proses manajemen program studi/perguruan tinggi.
Several state universities in Indonesia has implemented a Quality Management System (QMS) ISO 9001:2008, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi / BAN-PT (the National Accreditation Agency for Higher Education in Indonesia), and the ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) on this management. All these QMS have in common principles and management techniques. Unfortunately the universities manage this QMS separately, both in systems management processes, governance, and in documentation. This condition resulted poor structure in a working system or process management, especially in documentation. Therefore this study aims, to design a specific Integrated Quality Management System that include ISO 9001:2008, BAN-PT and AUN-QA on a Higher Education in Indonesia. This study begins by analyzing the links between QMS ISO 9001:2008, BAN-PT and AUN-QA. The results showed that there are similiarities in principles that support the integration, especially the principle of PDCA. Furthermore, this study identifies the documents required by these three QMS. Identification is used to design Process Management System in Higher Education. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T30135
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Ade Armando
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library